TMCBlog.com – Bro sekalian, Kawasaki kini memiliki petarung tangguh di kelas Sport fairing 250 cc twin silinder yang barusan di launching di Indonesia dengan seabrek keunggulan dan juga sebuah Ninja 250 yang benar-benar baru bukan hanya sekedar facelift. Mempunyai garis design yang agresif serta didukung dengan teknologi turunan dari Ninja big bike membuat all new Ninja 250R sangat siap untuk fight di kelasnya. Disini TMCBlog ingin coba mengulas sedikit apa saja yang berbeda dari All New Ninja 250R dibandingkan generasi pendahulunya.

Headlamp LED

Desain body sudah pasti berubah total dari generasi sebelumnya, New Ninja 250 kini makin agresif dengan mengambil DNA dari Ninja H2. Lalu headlamp tidak mau ketinggalan dari kompetitornya, Kawasaki pun ikut membenamkan teknologi LED untuk lampu utama.

Bulan kemarin saat peluncuran pertamanya di Tokyo Motor Show, banyak yang bilang kalau desain depan mirip dengan Yamaha R25. Tapi saya bisa jamin kalau foto-foto yang kalian lihat telah menipu mata kalian, karena pas ketemu langsung tuhh beda banget, gak ada kemiripannya sama sekali. IMHO.

Beberapa detail memang masih mengambil desain dari Ninja 250 generasi sebelumnya, sebut saja bentuk spion dan juga lampu sein depan yang belum berubah. Sepertinya Kawasaki masih merasa bentuknya tetap up to date dengan perkembangan zaman now.

Sektor buritan dari New Ninja 250 menggoda banget, dari sudut ini kok ada pengaruh dari Panigale V Twin yah. Tapi lebih banyak kemiripan dengan abangnya yang 4 silinder 1,000 cc sang jawara WSBK 3 kali berturut-turut deng Kawasaki ZX10RR . Nah lampu sein belakang sudah kena sentuhan, meskipun belum pakai LED tapi bentuk berubah ketimbang Ninja sebelumnya.

Ada pengaruh bentuk ZX-10R di lampu belakang

Beralih ke sektor kemudi, eh area stang kemudi maksudnya. Tampilannya racy banget segitiga yoke atas sudah berlubang dan stang kini sudah menganut model clip on, dengan sudut stang yang lebih kearah dalam (mendekat ke rider) yang memberikan feel berkendara lebih mengapit khas motor superbike.

Stang model clip-on
Kunci kontak masih sederhana

Untuk kunci kontaknya masih sangat sederhana, tanpa pengaman dari magnet atau apapun apalagi dibekali remote untuk answer back system misalnya.

Master rem depan New Ninja 250

Master rem depan All New Ninja 250 tidak lagi berbentuk persegi panjang seperti motor bebek, kini dengan model yang lebih manis seperti milik keluarga Z650 ke atas dengan tetap memberikan performa maksimal untuk menghentikan laju sang Ninja di lintasan.

Panel instrumen mengadopsi dua tipe yakni digital dan analog, mirip dengan panel meter Z650 yang generasi terbaru. Lalu di bagian switch atau tombol saklar di stang masih sama seperti yang generasi sebelumnya. . ..  Informasi di MIDnya pun lengkap, ada Gear indicator, Odometer, Ducal trip meter, remaining range, Konsumsi bahan bakar current dan rerata, Temperatur coolant, Eco Riding indicator dan Jam . .

Tutup tangki bensin rata dengan tangkinya dengan bentuk yang oke banget, gak mainstream, serta pemakaian warna hitam malah menambah kesan modern dari keseluruhan motor. Detil yang cukup berpengaruh nih buat nambahin kegantengan all new Ninja 250.   . . Oh ya dibandingkan dengan Model terdahulu, Tangki bbm New Ninja 250 ini 3 liter lebih kecil volumenya ..  ada penyusutan dari 17 liter ke 13 liter maksimum Volume . . dan dengan modal 14 liter ini KMI menjamin bisa tetap riding sampai sejauh 400 km ( kayaknya ada syarat kecepatannya nih hehe )

Ninja 250 standard
Ninja 250 KRT Edition

Pada saat peluncurannya, PT. KMI menyediakan dua Kawasaki All New Ninja 250 standar yang berwarna merah dan satu lagi New Ninja 250 KRT atau Kawasaki Racing Team Edition. Selain berbeda warna dan juga striping, ada satu hal kecil yang membedakan kedua versi yakni power outlet untuk charging handphone. Bila yang versi special edition KRT dibekali power outlet sedangkan yang standar gak ada sob.

Single Seat cover Ninja 250 KRT Edition

Kalau kalian beli Ninja 250 KRT sudah otomatis dapat singel seat cover, bahan serta kualitasnya pasti terjamin dan pemasangan presisi juga deh.

Jok rider dirancang ulang pada Ninja 250 baru ini, kini busanya lebih tebal sekitar 30 mm dan sekaligus bagian depan yang dekat dengan tangki bahan bakar sudah ramping. JAdi tidak mengganjal dibagain paha pengendara, pertimbangannya untuk mengakomodir rider yang tidak begitu tinggi sehingga masih merasakan kenyamanan saat riding dengan nie Ninja 250 ini.

Bahan kulit pelapis jok juga nyaman, tidak licin supaya rider tidak mudah merosot gitu yah. . . Kenapa Jok Ninja 250 MY2017 ini bisa ramping?

Salah satunya bisa terjawab oleh Vlog yang pernah Kang taufik hadirkan bahwa ada pemindahan Air Box Filter dari awalnya di bawah jok menjadi di area Fuel Tank depan

Baagian mesin . . . berbeda banget . . asli ini Ninja 250 bener bener baru bahkan dari mesinnya sekalipun  . . dimensi dan bentuk fisik mesin Ninja 250 sebelum ini sangat berbeda dengan Ninja 250 Yang abru saja di rilis . ..  lebih ringkas, dengan sistem pendingin yang menggunakan pipa eksternal lebih pendek . .

Mesinnya bener bener mengahsilkan Power on CrankShaft yang melonjak . .. dari 32 ps ke 39 ps sob . . asli 7 PS klaim kawasaki kenaikkannya . . namun begitu, torsi juga naik sob dari 21,5 Nm ke 23,5 Nm . .

Bagian kaki-kaki dari new Ninja 250 juga kena update seperti kaliper rem yang kini pakai vendor Nissin dengan dual piston baik di depan maupun belakang. Piringan cakram cakep, naksir saya, hehehe dan sudah lebih besar/ lebar dibanding kan Versi Terdahulu Ninja 250 yakni naik dari diameter 286 mm ke 310 mm ( sama kayak ZX-14R ) … sudah memakai tipe floating dengan pegangan 5 bolt ke velg yang juga berubah desainnya dan bobot yang lebih ringan ketimbang Ninja 250 generasi sebelumnya.

Ada yang nanya kenapa All New Ninja 250 tidak dikasih front fork tipe upside down? Itu semua sudah ditanyakan dan dijawab langsung sama yang merancang motor ini sob, Kunihiro Tanaka selaku Project Leader Ninja 250 bilang “Pakai upside down akan membuat bobotnya lebih berat, jadi kami tidak memakai upside down supaya ringan. Pakai sokbreker upside down bisa bikin Ninja 250 lebih mahal lagi.” Terjawab sudah ya, jadi karena alasan bobot motor keseluruhan dan juga pertimbangan harga jual dipasaran sebagai alasan Kawasaki tidak melengkapi all new Ninja 250 dengan sok depan tipe upside down. . .

Namun begitu jangan khawatir, karena Kawasaki Juga akan menghadirkan feel riding yang berbeda sejalan dengan naiknya ukuran diameter Fork Teleskopik depan dari 37 mm ke 41 mm . . oh y suspensi belakang Uni Trackndengan setingan preload yang bisa diseting dan dengan menggunakan Fulida dari Gas ya sob.

Footpeg Ninja 250

Footpeg atau footstep dari New Ninja 250 berubah, kalau yang dulu kelihatan banget stepnya menempel langsung, generasi baru ini terlihat lebih kompleks, IMHO, mirip sama Z650 atau Z900 ya.

Swing Arm Ninja 250 2017

Swing arm nya masih pakai bahan besi dengan bentuk mengotak dan simetris antara bagian kanan dan kirinya. Cakram belakang wave dan ada sensor kecepatan di roda belakang. Foto diatas bukan varian Ninja 250 ABS, jadi sudah pasti bukan sensor pengereman ABS tuh ya. . . sepertinya data dari speedometer depan diperoleh dari speed sensor ini ya ?

Footpeg boncenger menggantung pada sub-frame dengan posisi bolt atau baut yang menghadap ke bawah. Terlihat lebih simpel, ringkas dan modern nih.

 

Knalpot New Ninja 250

Saluran buang dari mesin 250 cc paralel Ninja 250 mengadopsi bentuk heptagonal atau segi tujuh. Ada kemiripan dengan Ninja 250 SL, tapi lebih besar. Knalpotnya slip on juga, jadi kalau ada yang mau ganti knalpot masih diberikan pilihan oleh Kawasaki untuk sekedar slip on tanpa merusak knalpot bawaan atau full system sekalian.

Di judul artikel kan menyinggung soal teknologi Ninja H2 di Ninja 250 ini, beneran ada kok teknologinya. Terlihat simpel tapi teknologi inilah yang menjadi salah satu kelebihan pada New Ninja 250.

Teknologi turunan dari Ninja H2 bukan pada supercharger nya sob, tapi ada pada teknologi sasis. Mungkin jarang yang memperhatikan, tapi ini kelebihan all new Ninja 250 ketimbang kompetitornya. Begini, posisi swing arm bukan hanya ‘dipeluk/dijept’ oleh sasis tapi juga swing arm ‘memeluk/menjepit’ sebuah plat berbahan die cast selaku mounting dari engine juga sob. Bisa diperhatikan gambar diatas.. Plat itu bukan bagian dari crankcase mesin loh ya.

Ternyata tidak hanya swing arm, link sokbreker belakangpun juga bergantung pada plat tersebut untuk bolt bagian atas monoshock dan juga linkage bagian bawahnya.

Frame parts catalog Ninja H2

Sedikit saya jelaskan ya sob, plat tersebut (yang dilingkari merah pada gambar) sebagai mounting dari mesin dan juga seperti semacam penyambung ke bagian swing arm dan linkage suspensi belakang pada Ninja H2 dan H2R. “Teknologi ini membuat wheelbase sedikit lebih pendek jadi efeknya handling Ninja 250 bisa lebih lincah. Keuntungan lain, motor lebih stabil dan rigid jadi bagus untuk handling,” terang Kunihiro Tanaka, Project Leader Ninja 250. . . Mantabbbb thooo, jadi ya memang buat yang lihat hanya body, sepertinya nggaka da yang berubah, namun jika melihat detail baru akan ngeh

Terbukti karena wheelbase punya All New Ninja 250 ini memang sedikit lebih pendek 30 mm ketimbang generasi sebelumnya yang punya wheelbase 1.400 mm sedangkan generasi terbaru ini hanya 1.370 mm. Sumbu roda pendek, bobot motor yang ringan, hasilnya bisa jauh lebih agile nih buat nikung-nikung.

Sampai ke pemilihan bentuk desain velg pun difokuskan untuk memperingan bobot motor secara keseluruhan sob . . Jika kalian Lihat , bentuk palang Velgnya pun berubah, jadi kecil banget, namun KMI menepis kekhawatiran dengan mengkonfirmasi bahwa palang Velg sekecil itu sudah diuji dan digaransi Durable . .

TMCBlog.com ( Nugie & Taufik )

91 COMMENTS

    • Kengerian itu telah datang
      Cebong 106rr belum setahun penjualan sudah nyungsepp Ngerii!!
      Cebong 106rr ngak lolos ekspor Ngerii!!
      Cebong 106rr baru 209km udah bocorr Ngerii!!
      Dua bengkel resmi angkat tangan Ngerii!!
      Belum balik modal dihajar old dan new Ninja, Ngerii!!
      Belum balik modal dihajarr X max 250 Ngerii!!
      Tahun depan dihajarr new R25 40Hp Semakin Ngerii!!

      Ninja250 lifetime 5,5 tahun
      R25 lifetime 3,5 tahun
      Cebong106rr lifetime belum setahun penjualan nyungsepp. Ngah ngah Ngah

      Guest
    • Nantikan touring ahm bung …

      Ingat dulu ahm pernah touring 8220 km dengan cb150r, verza, dan megapro dengan pencapaian topspeed 151 km/jam dan bbm tembus 87km/liter …

      Nah …

      Guest
    • Mau lawan pake fitur paling canggih, ora ngaruh buat ninja…
      Cebong tinggal Nama, riset gak balik modal, yang beli bayarnya pake KTP! Selamat gulung tikar, bentar lagi cebong diskon 50%

      Guest
    • fitur yg paling canggih di dunia, fitur ngecaz hp. super joss bror

      nanti ngecaz hp-nya pake lubang air-ram direct technology dari hidung e fb yamamprol. dijamin ngecaz gak sampe 5 menit full tank batere-nya bror.
      #cekikikikikikkkk

      Itu

      Guest
    • Nah honda sudah melakukan teknologi hybrid penginduksi gatal bung …

      Ingat, gesekan yg membuat gatal pada jok menghasilkan aliran listrik, yg kemudian muaranya membantu kinerja mesin sekaligus bisa dibuat sebagai charger dengan aksesoris tambahan yg ditempel pada gasket tempat pengeluaran oli … Ingat bung … Semakin gatal -> panas -> gahar …

      Nah …

      Guest
  1. 400 km dg bbm 14 liter, pastinya kecepatan mesti ditahan maksimal 60 km/h kang

    Itu

    Guest
    • Cukup dilawan dengan honda, top speed terus bertumbuh + tembus 87 km/liter dengan kondisi jalan terjal dan macet …

      Nah …

      Guest
    • perlu ditambal elastek gak kie ? mumpung bakul e elastek ana nang kene kiye. diskon ta bror ??

      Itu

      Guest
  2. “Pakai upside down akan membuat bobotnya lebih berat, jadi kami tidak memakai upside down supaya ringan. Pakai sokbreker upside down bisa bikin Ninja 250 lebih mahal lagi.”

    berarti ……..

    Itu

    Guest
  3. Dari sekian blog tentang new ninja 250 fi 2018, baru blognya wak haji yang ulasannya bener-bener detail dan teknis tapi mudah dicerna bagi orang awam. Good job wak haji…

    Guest
  4. Rangka minimalis, arm kotak, shock standar, berat total beda tipis ama cbr yg usd, arm almu, sasis kokoh, ram air, tbw harga juga beda tipis
    Bener2 cuma jual nama aja ni ninja

    Guest
    • moge; bener pean bror. status ckd loh ini. berarti …..

      Itu

      Guest
    • Baru jg mau nulis gitu om.. sependapat. Jual nama ninja. Itu hanya alasan marketing saja biar bobot ringan, pdhl cost jg sangat2 pwngaruh (dan dia akui sendiri dampak ke harganya jd mahalan). Masih worth it cbr250rr dengan fitur dan mesinnya jg.

      Guest
    • harga segitu..minim fitur.. dll. tapi kunci kontak kalah dgn Gsx150 , arm tahu sumedang, dll..saya rasa dg harga segitu msih bisa dioptimalkan lagi fitur2 baru nya. jadi gak terkesan jual nama ninja doang

      Guest
    • kalo permintaan sampean dituruti, nanti kawak untung fulusnya tifis bror

      Itu

      Guest
    • di karenakan efek triple crown bror

      banyak yg memilih untuk minggir. you know lah mereka ini

      Itu

      Guest
  5. Penjualan bulan oktober

    X max 1700unit
    Sport fairing 250 2 silinder gabung 3 pabrikan cuma 850 unit

    Export global R25 2000 unit

    Jelas KMI smart pengen mandi dollar kaya YIMM.
    Ngapain pake usd dan alumunium arm buat new ninja250 Wong buat passar global seperti R25 karena pasar global ngak Ada cebong106rr jadi belum urgent untuk di Pakai. Ngapaiin cuma mikirin pasar lokal yg sebulan di gabung 3 pabrik penjualan ngak sampai 1000unit tergeruss dimakan X max 250. Think kipas kipas dollar jangan ngikutin sayap yg jualan mentok lokal dan gagal lolos ekspor Ngah ngah ngah

    Guest
    • kipas dollar bro sampe karyawannya kalah makmur sama astra ya bro,,kasian makanya dibeli bro jangan bacot doank,,

      Guest
    • Mau kerja di astra pun kalo cuma pegawai rendahan ya sama aja. 2 tahun kena tendang.
      Tidak usah membangga-banggakan astra.
      Yang jauh lebih sejahtera banyak.
      Tapi ya, mendinglah daripada salesnya, dikejar target banyak.

      Guest
    • YG penting bagaimana perusahaan menganggap karyawan itu sebagai partner , bukan cuma tenaga kerja yg bisa digonta ganti.

      dari sisi ini ahm lebih baik om dibandin pabrikan yg kipas kipas dollarnyaa melayang ke jepang kena kibasan kipas

      Guest
  6. R25 harga OTR saat ini non ABS 56JT
    CBR250RR harga OTR saat ini non ABS 64JT
    Ninja250 MY 2018 OTR non ABS 61,9JT

    Kalau dilihat secara harga R25 yang masih banyak punya peluang bakal yang jadi paling superior dikelasnya ada selesih 8Jt antara R25 VS CBR250 rr. Selesih 8 JT masih banyak yang bisa diupgrade/dimainin oleh YIMM untuk R25 MY2018 dari Design R series terbaru, Power 40ps, Fitur USD 41MM (Terbesar) + TC + ASC + Velg dan Ban terlebar + Pilihan Crossplane atau VVA + Underyoke.

    Bukan hanya omong kosong lihat saja Old R15 terakhir dijual 31,500JT dan R155 VVA dijual OTR 34,500 ada selesih 3 JT tapi yang didapat Value For Money (VVA namabah 2 HP + ASC + Velg + Ban terlebar dikelasnya + USD 37mm + Spido Full Digital + FulL LED + Design New R series + Underyoke + New Rangka Deltabox lebih lebar + New Design Knalpot . Perubahan yang nyata dengan selesih 3 JT dari Yang lama.

    Ditunngu hadirnya New R25 MY 2018 nya

    Guest
    • Selagi ekspor masih moncer mah jangan harap R25 segera berbenah.
      Kalo ekspor oriented biasanya malah lebih concern di harga jual yang reasonable, toh secanggih2nya motor 250cc tetep aza di sono kenanya beginner’s bike, tarohlah tambah fitur harganya mefet CBR250RR di mari,,mau berapa harganya di Luar sana? untuk Yamaha aza sdh ada MT07 series, Honda ada CBR500, Suzuki ada SV650 yang tjiamkik

      Guest
    • Deltabox?
      Gak mungkin…
      Klo 4 silinder mungkin bisa deltabox.
      Tapi ragu juga, skrg motor2 cari bobot ringan.

      Guest
  7. Baru di blog ini aza yang nyinggung masalah teknis..
    Blog lainnya malah mau mulai terompet berjamaah dengan tagline #overprice #mendingcbr

    Guest
  8. memang perubahannya di performa bukan di tampilan, oke aja sih mnurtku, bahwasannya memang major change itu tidak melulu soal penampilan, good job kawasaki

    Guest
  9. ini yg lucu fby.. motor sesembahanya yg cuma laku 24 biji koar2 106 biji.. gak punya kemaluan apa yak.. bukanya muja sesembahanya malah ngetek kaoskaki.. makanya banyak dealer yahama tutup

    Guest
    • Ekekekek
      24 unit bukan d tahun pertama jualan
      Cbr belom setahun udah jeblok mbing,akibat org kayak kamu nyuongor doang

      Guest
  10. Pengurangan bobotnya seicrit padahal udah :
    Rangka minimalis, velg palang lidi, arm tahu, shock telekopik, tangki nyusut, no ram air
    Beratnya cuma beda tipis ama cbr yang udah :
    Rangka cakep, arm almu, tbw, air ram, USD.
    WTF?? Diet ngibul ini mah kawi

    Guest
  11. Maaf Wak haji atau Kang Nugie mau tanya,
    ini soal Swing Arm belakang, kok dilihat ga pake as lagi yah swing arm nya ??? apa betul itu atau saya saja yg salah lihat?

    Guest
  12. Tau gk alasan ninja masang harga nya di harga segitu yg bisa dibilang gabeda jauh dgn yg current ??? Krn ninja current harganya dh dipatok tinggi, di 60 jt, kawak bingung mw ditaro harga brp ninja 250 baru ini mw ditambah usd, n gimmick fitur lainnya harganya bisa terlampau jauh dri kompetitor, pdhl ninja current udh ckd, yg harganya msh bersahabat cuma r25 ini, tp tinggal liat taun dpn apakah r25 new ini mampu all out dgn harga yg all out (bersaing di 250cc) juga

    Guest
    • Kualitas alakadarnya…. emg sampeyan ikut ngedevelop n ngembangin r25 bro di pabriknya?? Jgn bilang ente ngomong gitu gra2 adanya berita recall r25, recall bkn brarti mengacu pada kualitas, kualitas n recall dua hal yg bertolak belakang, ente bc boleh tpi gunakan akal yg diberi tuhan, sayang nya akal ente malah ente buang sptnya ente gabeda jauh dgn bangsa kera 😁😁

      Guest
    • sekarang gini aja deh bro, kualitas/ketebalan plastik r25 dibanding kompetitor gimana ? suspensi belakang pake link ga ? pengereman kalo dibandingin kompetitor gimana ? ente ga usah ngelak soalnya ane punya r25 dirumah jadi ane tau gimana +-nya dan gw akuin bahkan jika dibandingin ninja 250 yang lama, r25 kualitasnya masih dibilang ala kadarnya, tapi kelebihannya bisa menekan harga, jadilah konsumen yang smart

      Guest
    • Ente tau gk alasan yamaha gk pake suspensi pro link?? Saya user cbr250rr,juga cukup sering makai r25 krn kebetulan tetangga kaka adik dua2nya mke r25, plastik?? Halah cbr250rr dibagian buntut juga msh krg kokoh plastiknya, klo soal kekokohan plastik ninja 250fi yg current lbh baik, yg cbu. Ente pernah getok plastik xmax?? Itu juga parah bodi plastiknya kok, calm saya bkn fansboy akut kek disini n disono, motor gua gk cuma honda, suzuki, yamaha gua ada semua, gua cuma penikmat roda dua n roda empat, pengalaman gua juga bkn sebatas anak kmrn sore kok diroda dua hehe

      Guest
  13. kawasaki malah tidak menonjolkan kelebihan mesin barunya yang sudah menggunakan sistem downdraft air intake, kenapa ya? padahal tipe downdraftnya udah kaya supersport beneran, air boxnya ada di atas mesin, jadi aliran udaranya hampir vertikal. enggak kaya r25, walupun sudah downdraft tapi airboxnya masih di bawah jok.

    Guest
  14. Ga usah kebanyakn ini itu..

    Mending test aja nnti
    CBR 250RR.
    NINJA 250 2018.
    R25 2018.
    SUZUKI GSX 250 2018

    mana yg kenceng.. kan klo udh tau yg plng kenceng.. brarti paket yg ada di motor dari body, rangka dan mesin itu berfungsi baik.
    udh gtu aja beres..

    Guest
  15. wew mesin baru. motor ini lebih cocok dipake di AP250, karena bisa pake fairing custom. kalo buat harian mah mending Ninja RR malah hahaha, bodinya serba nanggung.

    Guest
  16. Jujur ninja ini lebih ganteng klo pake USD ,underyoke,dan arm banana,klo ini mah bukan lawan cbr250rr yg serasa super sport/superbike klo ini kelas touring ,,ingat fans boy yg ngejelekin cbr250rr klo elu ingin ninja lebih baik lu harus berkaca dari cbr bukan malah ngejeblokin jadilah konsumen cerdas cbr juga bukan tanpa kekurangan ,tapi cbr lebih baik tampilanya ala moge banget ,masa ninja kelas turing di banggain buat kebut2tan klo mesin sih oke tampilan no ,,, klo di buka fairingnya cbr paling kelihatan moge ini jujur gan bukan nge BC ,saya cuman kecewa klo kawasaki masih teleskopik dan arm kotak ,masa motor sport 250 kalah moge sama r15 dan xabre

    Guest
    • ekekekek

      lihat langsung sazaa cbr gak ada aura mogenya
      malah Cbr mogenya pada teleskopik bro…justru R15 lebih moge dr pd cbr

      Ninja dr dulu emng sport touring
      justru Kawasaki Jeli strong poinya ada di ergonomi

      hayayayayya

      Guest
    • ninja series kan emang sport touring, kalo versi full sport ya ZX series, sayangnya ZX400 ataupun ZX250 udah gak dibikin Kawasaki padahal eksotik. Kawasaki emang bikin motor pake mesin lama dan dijual di Indonesia tahun ini tapi cuma W175 yg harganya 2 kali lipat dibanding kualitas barangnya

      Guest
    • Open your mind
      Ngapain pake usd dan alumunium arm buat new ninja250 Wong buat passar global seperti R25 karena pasar global ngak Ada cebong106rr jadi belum urgent untuk di Pakai. Ngapaiin cuma mikirin pasar lokal yg sebulan di gabung 3 pabrik penjualan ngak sampai 1000unit tergeruss dimakan X max 250. Think kipas kipas dollar jangan ngikutin sayap yg jualan mentok lokal dan gagal lolos ekspor Ngah ngah ngah

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here