TMCBlog.com – Entah kenapa sinyal TMCBlog soal tetapnya Hafizh Syahrin bersama Monster Energy Tech 3 Yamaha Team itu kuat bener sob. Pasalnya performa yang ditunjukkan oleh Syahrin selama 3 hari sesi uji coba di sirtkuit Chang International Thailand tersebut setara dengan performa pembalap Rookie MotoGP lainnya ketika sama- sama berinteraksi pertama kali dengan motor bertenaga 250 dk. Hal tersebut menjadi salah satu dasar TMCBlog memprediksi bahwa Syahrin akan menjadi pembalap MotoGP dari negara Malaysia yang akan berada di grid start kelas premier MotoGP.

Awal berinteraksi dengann motor MotoGP yaitu Yamaha M1 milik Monster Tech 3 team, Syahrin menorehkan waktu lebih lambat sampai dengan 4 detik dari posisi teratas Timesheet di hari Jumat 16 Februari di trek Chang International. Bisa dibilang Syahrin masih mencoba mengenal lebih jauh sambil mencari settingan dasar untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya diatas jok Yamaha M1. Dan benar saja sob, di hari pertama test, meskipun posisi akhir Syahrin ada di urutan paling buncit namun selisih jarak dengan cal Crutchlow sebagai rider tercepat hari pertama #ThaiTest ada diangka 2.3 detik.

Makin hari Syahrin membuktikan kepada orang-orang yang meragukan kompetensi dirinya diatas motor MotoGP dengan semakin mempertajam waktu test, hari kedua dirinya ada di posisi 23 dari 24 pembalap dengan gap 2.029 detik dari Marc Marquez di posisi pertama. Dan di hari terakhir sesi test Syahrin ada di posisi 21 dengan selisih 1.756 detik lebih lambat dari Dani Pedrosa, dengan hasil kombinasi tiga hari test dirinya meninggalkan Buriram di posisi 22 dari 24 pembalap. Hasil yang berhasil membungkam orang-orang yang meragukan Syharin nih.

Pasca keputusan direkrutnya Syahrin ke Tech 3 oleh Poncharal, banyak sekali pihak yang meragukan performanya, gak heran juga karena Syahrin rookie di MotoGP 2018 yang belum pernah memenangi balapan di Moto2 seperti halnya Morbidelli, Luthi, Simeon dan Nakagami. Tetapi dengan penampilan yang impresif selama 3 hari test TMCBlog rasa sudah cukup untuk membuktikan bahwa dirinya layak bersanding sebagai rekan satu tim Johan Zarco.

“Tidak mudah beradaptasi gaya balap dengan motor MotoGP., tapi saya terus belajar dan terus mencoba untuk mengubah gaya balapku. Yang kamu perlukan adalah membawa motor secepat mungkin keluar dari tikungan dan membuka gas seawal mungkin. Pada akhirnya, Saya menemukan feeling yang baik dengan motor MotoGP.” Ujar Syahrin

Saat ditanya mengenai status dirinya untuk musim 2018 ini, dengan diplomatis dan rendah hati Syahrin menjawab dengan tenang: “Saya tidak tahu, saya harap bisa sampai di Qatar [seri pertama MotoGP], karena saya sudah jatuh cinta dengan motor ini. Juga tim bekerja seperti keluarga. Hal ini sangat penting bagi saya, karena setiap orang perlu memiliki hubungan yang baik, serta mendapatkan dukungan yang baik untuk mendapatkan hasil yang baik pula. Tapi kita akan lihat, untuk saat ini, saya datang ke sini untuk sesi test [Thailand], dan saya berharap bisa tiba di Qatar [untuk balapan].”

Kalau dari Poncharal sih sinyalmen Syahrin akan berstatus sebagai rider Tech 3 Yamaha sudah kuat; “Saya tahu semua orang menungg-nunggu keputusan mengenai Hafizh Syahrin, namun yang bisa saya katakan sekarang adalah bahwa dia sudah melakukan pekerjaan yang fantastis selama tes di Thailand ini, ia menunjukkan motivasi yang besar dan mau belajar serta sanggup tampil kencang di track dengan tetap menciptakan suasana yang benar-benar baik dengan crew team.”

Nah, ini ada bocoran foto-foto yang TMCBlog dapat dari Malaysia.

Sepintas memang pada foto diatas adalah kegiatan rutin dan sangat wajar ketika sesi tes atau race weekned berakhir. Namun satu hal yang bikin penasaran adalah, crate tersebut akan diterbangkan dari trek Chang Thailand langsung menuju sirkuit Sepang Malaysia.

Lengkap kan bro keterangan consignee (nama pihak penerima cargo) yang menempel pada crate tempat menyimpang motor saat pengiriman/transportasi logistik. Milik Monster Yamaha Tech3 dengan tujuan Sepang International Circuit berisi sepeda motor YZR-M1-B-1808.

Menarik untuk disimak ketika tidak ada lagi sesi pengetesan resmi di Sepang, lalu bisa mudah disimpulkan bahwa motor tersebut untuk Syahrin menjalani private test di Sepang. Dipastikan hal tersebut adalah usaha team untuk membuat Syahrin makin menyatu dengan Yamaha M1, dan sirkuit Sepang dipilih karena sebagai home track Hafizh Syahrin dan juga team memiliki data yang banyak untuk trek Sepang, terlebih lagi lokasi yang dekat dengan Chang, Thailand sehingga tidak memberatkan dari sisi logistik. Lah kalau tidak akan berstatus pembalap reguler MotoGP, buat apa team melakukan test di Sepang, atau Zarco kembali test di trek yang sudah dicobanya 28-30 Januari 2018 kemarin.

Jadi nih bangsa Melayu punya pembalap MotoGP, Indonesia kapan yah? Ah nanya lagi.. Jawabannya masih akan sama. Jakabaring dulu deh jadiin.. #Uppss

Nugi TMCBlog.

24 COMMENTS

  1. 10 tahun lg insya allah terealisasikan…….. Sirkuitnya ??, bru deh mencetak pembalap ke motogpnya 10 tahun stlh jakabaring terealisasikan….?

  2. emangnya boleh ya test private sendiri,alokasi bannya gimana?
    apa karna belum di resmikan sebagai rider reguler jadi bisa test kapanpun

    • Nah itu juga yg jadi pertanyaan gue..bedanya dimana aja tes private dgn tes resmi…boleh brapa kali tes privatenya.. Coba dikupas tuntas diartikel lain kang taufik/mas nugie…

  3. perasaan malah Yamaha deng yg jarang banget ngorbitin pembalap asal negerinya sendiri,
    terakhir siapa norick Abe ya yg langsung dari yamaha,untung fbeye Jepang nggak se agresif FB FB disini yg kalo ga bawa anak negeri langsung di cap jualan doang,ga berkontribusi

  4. hihi si syahrin grogi banget itu pas hari pertama. ada kan itu videonya di IG yang pas pertama kali nyoba M1 motornya dinyalakan sama teknisi tech3 sama syahrin digas lama kagak jalan motornya terus teknisinya ngasih kode kalo persenelingnya belom dimasukin gigi wkwkwk

  5. memang sudah resmi kayanya jadi pembalap tech3 hanya tinggal pengumumannya saja.
    karena memang dari awal petronas & sepang internasional sirkuit manajemen berambisi sekali bawa syahrin ke motogp. kita tau yang pertama kali kan gagal pas nego” sama marc vds karena bentrok sponsornya antara total sama petronas.
    oiya itu gak cuma syahrin & tech3 doank yang test disepang karena pembalap malaysia yg lain kaya zulfami dimoto2 dan adam noroodin dimoto3 juga bakalan test disepang.

  6. Yamaha motornya, malaysia pebalapnya wkwkwk
    Paling gak di ngerti arti “semakin di depan”. Ngefans banget sama dia sejak ngamuk pas jadi wildcard di moto2 sepang.

  7. memang harus diakui negeri sebelah kita sudah siap, kalau indonesia benar harus punya satu sirkuit dulu yang berkelas internasional baru akan lebih di lihat oleh Dorna, kalau skil pembalap2 indonesia saya rasa mereka tidak kalah dengan pembalap lain, semoga jadi pemicu semangat dunia balap indonesia

  8. di helm-nya sdh ada logo sponsor dari Monster Energy Drink, pdhl sptnya wkt di moto2 blm ada logo tsb, apa pertanda bahwa Monster Energy Drink sdh setuju bhw pengganti Folger adl. Hafizh Syahrin?

  9. Mungkin kalau mau lihat tren, di F1 Alex Yoong debut tahun 2001. 15 tahun kemudian 2016 Rio Haryanto menyusul debut F1.

    Kalau di MotoGP Syahrin tahun 2018 debut. tahun 2033 Indonesia baru punya pembalap MotoGP.

  10. dan 1 hal yg lngsng dikagumi syahrin canggihnya launch control yg gak ada di Moto2.
    open the throttle full and directly release the clutch, the bike start normally, it’s an alien experience. katanya wkwkk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here