TMCBlog.com – Bro sekalian, seperti Kita ketahui bahwa sepanjang Test Pra-Musim AP250 ARRC dan Seri 1 yang bertempat di sirkuit Chang Buriram Thailand, Anupab Sarmoon boleh dibilang cukup dominan .. Namun Tidak seperti di race Race tahun 2017 dimana Ia dan Pasukan AHRT kadang melesat jauh berada di depan Pembalap lainnya, di Seri pertama 2018 boleh dibilang sudah seperti race UB150 dan race Moto3 dimana Pack pertama sangat padat baik di race 1 maupun race 2 yang menandakan bahwa secara kualitatif baik Yamaha, Honda, maupun kawasaki sama sama kompetitif . . namun seberapa kompetitif dan seberapa perubahan Yang terjadi di masing masing pabrikan . . .?

untuk menjawabnya kita akan kupas satu persatu pembalap Masing masing team Factory Pabrikan Yang membalap di Race terakhir AP250 ARRC 2017 dan race Perdana AP250 ARRC 2018 yang sama sama berlangsung di Sirkuit Chang . . . Rencanannya Yang tmcblog akan analisa perubahannya adalah dari Yamaha [ Anupab ] Honda [ Muklada – Rheza Danica ] dan Kawasaki [ Andi M Fadly ] . . total ada 4 artikel . . . dan untuk artikel pertama kita akan bahas dari Kubu Yamaha dulu sob Yakni dari data anupab Sarmoon . . Cekidot deh . .

Dari data di atas dapat tmcblog simpulkan, dengan melepas semua Faktor perbedaan mother nature seperti kelembaban, suhu dan lain lain yang terjadi diantara dua Event balap ( Race Finale AP250 2017 dan race Pembuka AP250 2018 ) Maka TMCblog simpulkan sementara bahwa sebenarnya secara Laptime di race pembuka 2018 ini, secara laptime Anupab berhasil menorehkan Laptime lebih cepat yakni 1:53,909 di Lap kedua 2018 . . . dan Lap 1:53-an sama sekali belum pernah diperoleh anupab selama dua race di Finale 2018 yang lalu . .

Secara umum kencangnya pace anupab ini bisa jadi dikarenakan ia telah lebih mahir karena lebih sering lagi latihan di Chang, atau karena Motornya lebih kencang. Seperti sobat sekalian mahfum, Secara umum, Sisi aerodinamika dari Yamaha R25 Yamaha Thailand boleh dibilang punya potensi lebih yahuud dibanding Tahun 2018 yang lalu . .. Namun . . eit koq ada namunnya ?

Namun Secara umum Pace Anupab di dua race Finale 2017 boleh dibilang lebih stabil dibanding Pace anupab di dua race perdana akhir pekan kemarin . . . kira kira kenapa ? TMCblog punya dua analisa. . yang pertama adalah kemungkinan karena memang performa pasca perubahan radikal dari yamaha R25 Milik anupab, yang kedua karena Kompetisi di Pack pertama semakin ketat sehingga anupab lebih sering memperoleh kejadian fight yang menyebabkan ia kehilangan Pace akibat tidak memperoleh racing line sempurna di Chang . .. kalo sobat punya pendapat lain silahkan di tambahkan . Next article kita akan bongkar data Pembalap Lain . .. Stay tuned yaaa . .

Taufik of BuitenZorg

81 COMMENTS

    • saya tanya ke team, tidak ada perubahan sama sekali, perubahan besar adalah Gerry Salim diganti Mario SA itu saja 😀

      Administrator
    • brarti belum menggunakan slipper clutch wak. buka bukaan dulu kan cuma pakai quick shifter aja

      Guest
    • Jgn bilang stuck dong, kena bc cbr potensi opreknya lbh kecil dri r25 ,mkanya standar2 an aja sama fby berabe ente gan 😂

      Guest
    • Kalau saya pribadi melihat, ada sedikit perbedaan di bagian Front Cowl dan dekat Air Intake, bentuknya adgak beda dibanding tahun lalu. Saya melihatnya pada saat race, entah pada saat test kayak gitu apa nggak. Mungkin bagi orang awam gak begitu terlihat.

      Guest
  1. R25 sub framenya sudah pke almunium
    Otomatis beratnya udah berkurang makanya bisa fight
    Juga radiatornya ditambah
    Kenapa ga sekalian pake 5 radiator biar makin kenceng
    Wkwkwkwkw

    Guest
    • Cbr di IRS pake speck standard pabrikan aja menang lawan yamaho r25 full oprek …katanya alay2 yamaho spek irs adalah lebih dewa dari ap250 krn full oprek….tapi tetep aja kalah sama cbr standard akhirnya mewek minta copot usd sekalian copot rodanya yah ngoahahahaha

      Guest
    • Sabar Kelly…..kan cibocor emang keluar lbh belakangan dr r25. Nnti jg kembali kehabitatnya lemot lagi. Liat aja dr mulai cbr1000 sampe 150 semua diketekin sm R-Series.

      Guest
    • logikanya new r6 lebih kencang dri cbr600rr juga karena new r6 lahir belakangan dri cbr600rr. lihat tuh arrc ss600 yg regulasinya semi standart(super stock) entah berpa tahun berturut-turut r6 dan zx6r klah mulu dri cbr600rr..

      Guest
    • ekekekek

      dan akhirnya cbr600
      disuntik mati
      karena mencemari udara eropa

      😂😂😂

      Guest
    • @Paton JR

      Dan sayangnya itu gk berlaku utk kakanya bung yakni cbr1000rr yg nyatanya kemampuannya malah dibawah pas facelift bahkan dibawah versi 2012 nya LoL 😂

      Guest
  2. Regulasi musti d rombak Ulang.. Harusnya pengurangan Bobot pada Motor d hapus untuk yamaha r25. krna mereka merubah aerodinamika Motor dengan Fairing. dan parahnya lai Merubah Posisi Udara Masuk tidak seperti Motor Produksinya. Dengan kata lain. Regulasi yg dlu di Tekan Yamaha dan kawasaki akan berdampak pada motor mereka sekarang yg malah Menguntungkan mereka. Klo kawasaki mungkin sudah tidak perlu lgi regulasi itu krna sudah motor Baru. R25??? Motor Lama. Ubah fairing dan Posisi intake+ keuntungan Bobot ringan krna regulasi yg mereka dapat.. ( R25 apakah layak di bilang balap Motor Produksi? Bentuknya aja sudah tidak Sama dgn yg di jual di jalanan..udh lbih mirip Prototype..

    Guest
    • R25 Layak di sebut blp mtr produksi..karena masih mnggunkn shock teleskopik dmn d blp prototipe tdk d gunakn..jg masih tali gas kolor ijo..yg d blp prototipe tdk d gunkn.
      Jg blp prototipe itu ukuran klep dan spek kaki kaki pasti d smkn…
      Dan di ap 250 d biarkn tdk sm ..jd masih mtr produksi😄

      Guest
    • Selama regulasi memperbolehkan kenapa situ yg sewot. Di WSS300 ada yg pake cbr500cc ngak ada yg komplain

      Guest
    • Dah biarin aja yamaho r25 full oprek…tetep aja kalah sama cbr standard….itu buktinya kalah sama perempuan …wkwkwkwkwk….malu2in

      Guest
    • gak semuanya motor prototipe itu shock depannya usd, masih ingat kan unit r25 bebrrpa thun yg lalu yg d test sama media/blogger yg power nya gede?? itu motor prototipe juga!!! banyak juga motor prototipe yg masih pkai kbel gas kawat biasa, gak ada yg tau ukuran pasti diameter klep sesama motor balap prototipe yg sekelas kyak nsf250rw vs rc250gp d moto3 atau m1, rcv, desmo dll d motogp, regulasi hanya memuat ukuran minimal-maximalnya,…

      Guest
    • Prototype dr lab ya beda to mas sama yg buat balap di motogp…
      Klo dr lab ya pasti produksi massal
      Klo dr motogp ya selamnya disono…kalopun rilis macem RCV1000R ya gak plek persis kayak di motogp
      Piye tooo…

      Guest
    • Kalopun yg pure shock depanya masih teleskopik ya jaman2 dulu macem RS125 GP tahun 1990an…(mskipun jg lengkap dengan Dampernya)
      kalo 1994 up mulai USD
      Rata2 masih teleskopik…unit yg dipesen buat drag jaman segitu jg bukan USD…

      Guest
    • honda menang= curang, gak sah, gak adil…
      ymha menang= adil seadil-adilnya, blpan pling hebat dll… itu titah haters honda

      lihat tuh cbr250rr vrsi masspro vs versi blap arrc posisi stang nya masih sama, yg lain??? cbr250rr versi maspro vs versi blap arrc sama2 pkai air ram, yg lain?? aplgi desain fairingnya,..

      Guest
    • Jangan pada RIBUT…
      CBR menang di balapan…
      R25 menang di penjualan total.. (KELAS GLOBAL YA)… udh gitu aja ADIL kan??

      Guest
    • ekekeekk

      kalo regulasi udah disepakati
      kenapa salesnya pada demo ??
      ehh sales kan bukan tim balap

      😂😂😂😂

      Guest
    • Regulasi udah disepakati, tapi klo Yamaha kalah regulasi harus diubah sampai Yamaha menang.

      Hahahaha…

      Yamaha banget deh

      Guest
  3. yg pasti,
    klo yahaha Thailand yg menang, fby yg jingkrak2 kegirangan.
    gak peduli bukan pembalap indo, pokoknya yahaha yg menang.

    Guest
    • masih mending udaranya nubruk windshield daripada kena badan rider yg koefisien dragnya jauh lebih besar.

      Guest
    • masih mending udaranya kena windshield daripada kena badan rider yg koefisien dragnya jauh lebih besar.

      modeterasi gaje nih

      Guest
  4. kalo liat grafiknya tahun ini ga lebih kencang si R25 walau uda banyak rubahan2.

    kemungkinan besar bukan CBR yang kencang dimusim lalu tapi pebalapnya. (gerry)

    Guest
    • Susah bro.. klo disetarain sama pembalap cowo pasti gmn2…
      Klo di bilang calon emak2 ya gmn ya…
      Tapi emang klo ga salah hampir semua bidang olahraga di negri lediboi emang begitu..
      Cb klo event asean.. hampir semua atlit tha i
      Pasti rata2 curang..
      Aplagi ini asia production…
      Ekkejwjwwe

      Guest
    • hhaa.. bner bro.. bakalan tambah ngeri klo minimal ada 2-5 org kya muklada di AP bisa crash massal tuh 😂😂

      Guest
  5. klau menurut saya sih secara performa motor gak berubah signifikan, skrg persaingan lebih kompetitif krna skill rider ny bisa d bilang merata, beda sama tahun lalu dimna ada gerry salim, koyama, yamamoto yg sama2 kita tau mereka bertiga ini ap250 bukan klasnya lgi, anupad thun kemarin kencang krna sering ngikut gerry koyama dan yamamoto.
    rheza sebenarnya cukup kencang tpi inkonsisten, sering kedodoran/membuat kesalahan d lap2 akhir, tahun kemarin pun msalah itu yg mnjadi kekurangan rheza. yg banyak peningkatan performa motor mungkin ap honda thai

    Guest
  6. Udah keburu gak ada respect sama rider Thailand.. sejak musim perdananya AP250. . Apalagi seri kemarin.. . jadi hampa ja ngeliat nya..

    Cuma pengen liat AP250 kalo semua motor udah sama spek, .. USD semua minimal .. biar gak ada yg koar” menang USD …karena liat R25 udah Total Modif .. ..Gak ada tuh sisa sisa R25 yg murni .. .. beda sama CBR/NINJA masih bisa kita lihat perawakan Aseli CBR/NINJA.. .. ..

    Salam RaceRapett

    Guest
    • susah bro, krna bagi kawasaki indonesia suspensi usd itu MAHAL & BERAT,.. bayangin aja new ninj250 yg skrg aja blum pkaii usd harga dan bobotnya mepet cbr250rr yg udah pke usd, aplgi klau new ninj250 pkai suspensi usd bobot dan harganya jadi berpa ntar tuh??? beruntunglah yg membeli r25 krna dengan hrga yg jauh lebih murah mereka sudah mndapatkan spek kaki2 yg sedikit lebih advance dri new ninj250, dan sangatt beruntung bagi yg beli cbr250rr krna dengan harga yg beda tipis bahkan lebih murah (versi abs) mereka sudah mrndapatkan spek yg jauhh lebih advance, sebut sja suspensi depan usd showa, arm sudah aluminium semi banana, sasis twinspar terallis dll

      Guest
    • yg ke4: rata2 rider honda arrc ap250 adlh rookie atau baru memasuki tahun kedua keikutsertaan mereka d klas ini pling senior udah tuh(musim ini), ymha?? jebolan moto2 wc pun ada, ada juga yg udah balung tuwo, bpak2 dll. msak bpak2, jebolan moto2 blapam melawan emak2 dan bocah?? malu dong klau masih klah!!!😀

      Guest
    • wkwkwk jebolan moto2 wc kata blog sebelah mantep gan bisa ngalahin pembalap yang motornya pake upside down.
      tapi gimana yak, seharusnya masih muda masih bisa berkembang. ini malah turun kelas terjun bebas dari moto2 wc ke AP250. si gerry dari SS600 ke AP250 fby banyak yg ngegerutu wkwkwk

      Guest
  7. sebenernya sih saya bikin minta dibikinin artikel wak wkwkwk.
    perbandingan antara AP250 dengan JP250 (balapan dijepang khusus motor produksi 250cc) dari sisi regulasi dari sisi waktu, pas banget tuh kedua kejuaraan tersebut bakalan balapan disirkuit suzuka jepang tp kayanya rada sulit sih nyari informasi JP250nya hehehe.
    sekalian penasaran kenapa tim tim jepang yang turun dikelas AP250 kaya trickstar/ikazuchi lalu akeno speed gak turun lagu di AP250 karena faktor regulasi yang selalu bisa berubah” ditengah jalannya musim balap.

    Guest
  8. Team Jepang , Pebalap Jepang juga udah ogah fokus di AP250.. .. HARGA DIRI , di kalahin Indonesia 🇮🇩, plus di Oprek Mulu regulasi di pertengahan seri,, ….

    AHRT juga baiknya 2019 angkat kaki saza…. bahaya buat keselamatan Rider … Banyak jalan lain.

    Guest
  9. Mesin yg menggunakan durasi camshaft standar >260° performanya ngak sebanding dgn mesin yg menggunakan durasi camshaft < 260°.
    Makanya regulasinya bisa disetting, istilahnya "regulasi sesuai kesepakatan".

    Efek balapan pake durasi camshaft full standar, kompensasinya pengurangan bobot?

    Guest
  10. Fairing cuma kopas R6, tapi terlalu dibesar2kan di blog ini. Kenapa gak bahas salah satu tim yang tinggi setang sama joknya disamain sama GP250 aja? Itu lebih “teknikal”. Ketimbang hal sepele yg dibahas terus2an dan dipaksain jadi artikel teknik

    Guest
    • bikin blog sendiri aja bro, lalu bhas materi sesuai keinginan anda,…
      yg saya tau tinggi rendahnya posisi stang kemudi motor itu lebih tergantung ke gaya balap sang pebalap, sedangkan klau masalah fairing itu butuh banyak pertimbangan bukan hanya dari segi tampilan tpi dri segi aerodinamis dri motor itu yg pastinya itu bukan merupkan hal yg sepele… tim tim d motogp aja sampe pusing2an tuh keplanya hanya untuk meriset desain fairing yg baik khusuany dri segi aerodinamik

      Guest
    • Iya tim MotoGP emang pusing, dan layak buat dperbincangkan. Tapi fairing depan R25 Thailand ini cuma kopas R6, apa yang patut dibahas bahkan sampai berjilid2? Kayak seolah kurang bahan artikel teknik sampai hal simpel di bahas seolah rumit biar blog keliatan serius bahas teknik. Ergonomi gak sekedar gaya balap, tapi lebih kompleks. Karena nyangkut ke masalah sasis, suspensi bahkan traksi ban. 99% setting sasis dan suspensi akarnya ya dari ergonomi. Hayden aja langsung jadi pembalap papan bawah begitu jok sama setang RC212V dibikin rendah ala RS250, karena gak cocok buat bobot dia dan mesin. Gitu juga Moto3, walaupun sekecil GP125 dan sekilas sama tapi jok lebih tinggi dan setang lebih rendah karena bobot keseluruhan lebih berat, itupun harus pake profil ban lebih tebal dari sebelumnya 115/70 (GP125) jadi 115/75 (Moto3). Artinya apa? Tinggi jok dan setang gak sesederhana naik matic yang joknya ditipisin atau setang ditekuk pendek. Nah, sekarang paham kan kenapa posisi jok lebih layak buat dibahas berjilid2 dibanding bahas fairing depan kopasan moge? Tinggal cari tahu saja wak haji tim mana yang saya sebut, kalau paham teknik pasti lebih tertarik bahas ini ketimbang gede2in masalah fairing kopasan seolah itu fairing revolusioner. Kan katanya jurnalis terakreditasi. Masa kalah sama mekanik bengkel pinggiran tukang ngopi yang kebetulan pernah ngobrol sama tim2 Melayu😅

      Abis ini jangan nuduh saya FBH ya. Susah ngomong jujur disini. Ngomong tentang Honda kalo kebetulan nyinggung FBH langsung dituduh FBY. Giliran ngomong jujur tentang Yamaha yang agak nyinggung FBY langsung disemprot FBH. Saya bukan FBY karena gak punya mio, saya juga bukan FBH karena gak koleksi grand.

      Guest
    • Setuju kang … JL bisa win din2 seri jg ada kemungkinan dari posisi ergonomi yg lebih cocok sama dia … (gonta ganti firing tetep jeblok)

      Guest
  11. Setuju kang … JL bisa win din2 seri jg ada kemungkinan dari posisi ergonomi yg lebih cocok sama dia … (gonta ganti firing tetep jeblok)

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.