TMCBLOG.com – Bro sekalian, entah kenapa MotoGP Argentina lebih sering diwarnai Drama dari tahun ketahun. . . dan drama yang terjadi di gelaran tahun ini sudah di awali bahkan sebelum lampu start dipadamkan ( race dimulai ) Yakni dengan disepakatinya pola Quick start yang berbeda . . . Bila mengacu pada buku kuning Pedoman dan regulasi MotoGP, Jika ada penggantian Motor maka pembalap akan start dari PitLane . . namun Kali ini ada 21 pembalap yang start dari pitlane yang menimbukan kekhawatiran Dorna akan alasan safety saat 21 Pembalap berada dalam satu line sempit di mulut Pit lane sehingga dilakukan pola starting grid dengan mundur 5 Row kebelakang Kecuali Jack Miller. . . . Pro Kontra pun hadir, Pembalap WSBK Jonathan Rea sempat melayangkan kicauan di akun Twitternya bahwa keputusan ini tidak Fair Buat Miller, Namun akhirnnya race pun tetap di mulai dan seperti yang sobat bisa baca time line per lap di artikel sebelumnya, Pedrosa melakukan start yang cepat di mana hampir semua pembalap menggunakan kompon karet medium-medium slick.

Pack terdepan yang ‘ anti mainstream ‘

Pasca jatuhnya Pedrosa di Lap pertama dan harus menjalani penalty masuk Pitlane Marquez, Praktis Pack terdepan hanya dikuasai oleh 4 pembalap yang notabenannya bukan pembalap Mainstream . . . Crutchlow, Miller, Rins dan Zarco . . bahkan hanya satu pembalap dari team factory disana yakni Alex Rins . .. Jika dilihat dari Grafik di atas, Laptime jack Miller sepertinya yang paling labil di antara ke-4 pembalap yang berada di posisi Top 4 ini

Setelah jack Miller melakukan kesalahan di lap 18-19 . . Praktis Front row saat itu hanya akan memungkinkan antara Crutchlow, Zarco dan Rins yang akan mengisi Posisi podium . . . dan Jika sobat lihat Grafik di atas, Untuk Alex Rins walaupun terlihat bagaimana konstantnya ia membawa Suzuki GSX-RR di setengah Lomba, namun di setengah lomba kedua laptimenya agak fluktuatif bila dibandingkan Zarco dan Crutchlow.

Bagaimana Zarco VS Crutchlow ? . . . dari Grafik terlihat sebenarnya di sekitar 4 lap terakhir ada upaya Push dari Zarco untuk bisa mencuri Podium 1 dari Crutchlow . . Namun berbekal hasil Free PRactice yang lumayan positif saat berlangsung di Track kering serta pengalaman paling senior di pack terdepan sepertinya membawa mentalitas Crutchlow lebih percaya diri dan mempercayai Honda RC213V 2018nya seraya menutup celah celah overtake yang mungkin bisa diambil Zarco dengan Yamaha M1 2017. . sampai akhirnnya pembala Inggris ini bisa finish 0,251 detik di depan Zarco dan berhak mengumandangkan “God Save the Queen” di Termas De Rio Hondo

Lagi . . . Yamaha Factory VS Satelit

Yamaha M1 satelit yang dibesut Johann Zarco VS Yamaha M1 Factory yang dibesut Vinales dan Rossi. Jika dilihat dari data diatas, terlepas data impuls Valentino Rossi di lap 20 akibat #TermasClash terlhat bahwa Johann Zarco memang Unggul di awal awal race . . . laptime Zarco jauh lebih kompetitif dari Vinales dan Rossi yang memang semenjak hari pertama di termas ini merasakan Struggle. Namun begitu, seperti juga di race Qatar, entah kenapa pace Maverick Vianles berlahan lahan membaik di setengah race kedua ??

Mentalitas, Pebuktian Marc Marquez .. namun ia kudu ingat, Safety First !

Kita Bisa ingat bahwa Marc Marquez mengalami Mati mesin saat menuju grid start, ia mencoba mendorong motornya di starting grid dan memang berhasil walaupun harus dua kali dorong dan sampai harus sempat membalikkan arah Honda RC213V. Point berbalik arahnya inilah yang membuat Marc harus kena penalti masuk Pitlane walaupun ia sempat bertanya kepada marshal di Grad start apakah ia harus ke pitlane atau tetap di Grid, Namun race keburu mepet untuk dimulai . . saat membaca pesan Ride Through penalty di Dashboard sepertinya Marc Marquez agak kaget dan tidak menyangka sehingga terlihat konsentrasinya agak ambyar di lap ke 6 . . whooble, out wide dikit . . namun akhirnnya ia masuk pitlane dan keluar dengan posisi merosot dari awalnya memimpin sampai harus berada di posisi 19.

Keluar dari Pitlane, sepertinya entah mentalitas atau ambisi Marquez terpacu . . . entah apa Yang sedang dipikirkannya, beberapa kali Juara dunia 2017 ini melakukan aksi overtake di tikungan dengan jarak yang sangat tipis dan lumayan banyak korban Overtake Marquez ini .. tercatat Aleix Espargaro, Takaaki Nakagami, Morbidelli, sampai akhirnnya korban terakhir Valentio Rossi yang sampai Yamaha M1nya kepleset dan jatuh di rumput Termas de Rio Hondo. Tagar #TermasClash pun menjadi hangat mengacu pada aksi Marquez ke Rossi ini . .

Menurut tmcblog sepertinya Marc Marquez sedikt lupa bahwa ada hal paling penting dalam race yang harus ia bawa dan berhubungan dengan dirinya, dan team yakni bisa finish dengan baik . .. mengenai Potensi, Marc Marquez dan Honda RC213V sebenarnya boleh dibilang sangat positif di Seri termas De Rio Hondo ini dan Boleh dibilang Honda RC213V MY2018 yang dibesut 3 pembalapnya ( terlebih Marc Marquez ) termasuk yang paling dominan di Track kering race weekend #ArgentinaGP 2018 Kali ini.  . . . silahkan lihat saja perbandingan Laptime Marc Marquez VS Top 3 . . . tetap saja sebenarnya Marc Marquez Superior semalam !

Cal Crutchlow membawa hasil positif ini ke mentalitas terbaiknya dimana ia merasa sangat percaya diri di race ini . . walaupun mungkin kalah straight dengan Desmosedici Jack Miller ataupun kalah long corner dengan yamaha M1 Zarco, Crutchlow tetap PD dan 100% percaya dengan RC213V yang ditungganginya . . hasil positif pun menjadi reward bagi mentalitas positif ini.

Sedangkan menurut TMCBLOG, Marc Marques di Termas sepertinya lupa akan potensi RC213V di Termas ini yang jika dikombinasikan dengan karakter riding dirinya yang secara umum lebih agresif dari crutchlow akan menghasilkan sesutu yang lumayan mengerikan dalam kacamata pace. Kalo soal Percaya sama performa RC213V sih tetap, namun terlihat menurut tmcblog ada letupan emosional yang sedikit mengalahkan mentalitas positif Marquez yang sudah terbangun dari hari Jumat. Yap memang sih letupan emosional ini bisa jadi adalah buah psikologis akibat Drama yang terjadi semenjak race dimulai.

Jika Kita lihat data di atas . . . secara umum Pasca Marc Masuk Pitlane dan terperosok ke posisi 19 untuk seterusnya berusaha merangsek sedikit demi sedikit ke posisi di atasnya .. terlihat memang Laptimenya ngeri dan merefleksikan seperti apa Pace Marquez ( dan Honda lainnya ) di sepanjang race weekend saat termas De rio Hondo kering ..

Secara umum Laptime Honda RC213V yang dibesut Marquez lebih cepat dari Dua yamaha M1 yang dibesut Vinales dan Rossi . . . memang sih di Dashboard Marquez nggak ada info bahwa pace/ laptimenya lebih cepat dari Maverick maupun Rossi ataupun pembalap lainnya .. namun jika Kita semua berfikir betapa Marquez bisa memotong jarak 1 detik hanya dengan satu-dua lap saja artinya memang laptime ia sudah sangat di atas rata rata Laptime pembalap lainnya. Dan Secara umum TMCBLOG percaya sepertinya Marc pun secara kasar bisa punya ancer ancer seperti itu . . .

Mengenai aksi tersebut Valentino Rossi akhirnnya mengeluarkan pendapatnya saat media debrief . Menurut Rossi apa yang dilakukan Marquez ” destroy The sport “ dan Selain mengatakan bahwa ada sinyalemen bahwa ia sengaja melakukan terhadap dirinya agar jatuh Rossi pun kembali mengeluarkan banyak catatan catatannya terhadap kelakukan Marquez yang ternyata selama ini dicatatnya seperti apa Agresifitas yang dilakukan Marquez di Qatar2018 terhadap Zarco lalu Di Race Argentina 2018 sampai akhirnnya Rossi menyebutkan ada sekitar 15 Seri kebelakang marquez melakukan Hal ini yang menurutnya membahayakan dan ada sinyalemen bahwa secara umum menueut rossi Marquez kurang Respec terhadap Lawan.

Mengenai Opini Rossi Di atas, Marquez langsung menjawab juga di media Debrief yang pada dasarnya ia tidak perduli tentang apa Yang dikatakan rossi tersebut ia hanya mau fokus terhadap apa yang dilakukannya, dan ia akan selalu 100% menyerang saat di Track . . mengenai opini Rossi bahwa Marquez sengaja melakukan terhdap Rossi, Marquez jelas jelas menolak opini Rossi tersebut. Marquez mengatakan bahwa ia tidak pernah berniat melakukan hal hal seperti itu . .. dalam kejadian seperti itu menurut Marquez kadang posisi sangat dekat dan kadang cukup space untuk melakukan clean Overtake

Yap soal Marquez – Rossi di atas tmcblog nggak mau berada dalam posisi menanggapi keduanya . .  namun balik lagi seharusnya dengan ancer ancer kasar yang tmcblog tambahkan data Pace di atas Jika Marc Marquez memikirkan lebih panjang kedepan, Maka sebenarnya menurut tmcblog melewati Rossi hanya perkara waktu dan tempat saja karena secara kalkulasi matematis Pace Marc saat itu sudah lebih cepat dari Rossi . . tinggal cari tempat paling safe, paling luas . . namun sepertinya ada yang lebih menguasai pemikiran Logis Marquez .. entah seperti apa, sehingga akhirnnya #TermasClash pun terjadi yang memang menurut tmcblog murni kesalahan pemaksaan diri Marc Marquez dalam melakukan Overtake. Terlihat memaksakan diri dan marquez pun secara terang terangan mengakui bahwa ia melakukan beberapa kesalahan

Marc Marquez sepertinya harus mereset kembali mentalitas dirinya bahwa ada hal yang lebih penting lagi dibanding apa yang ia lakukan selama mungkin 20-19 lap di Race Termas kemarin yakni menurut tmcblog adalah Point Championship, Point Team, Point Manufaktur dan kekondusifitasan championship . . Secara umum tmcblog paling nggak demen suasana kayak gini yang punya potensi mirip seperti 2015 dan mengajak kita semua pecinta MotoGP jangan ikut berpanas panasan apa lagi sampai debat kusir atau bahkan goreng menggoreng yang bisa mengalahkan banyak hal yang lebih penting seperti contohnya  silaturahmi .. . semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

292 COMMENTS

    • Ambisi boleh tp tetap harus menghargai yang lain..jangan merasa di atas lalu injek bawah sikut kanan kiri

      Guest
    • Seharusnya dg kecepatan rcv nya marc bisa mendulang poin bagus, sayang irresposible riding behavior nya parah, jadi malah kena hukuman

      Guest
    • Justru dg adanya #clash justru bikin motogp makin d liat banyak org krn bnyk yg penasaran, makin seneng nih dorna

      Guest
    • karma itu nyata sodara-sodara *LAGUNA SECA ’08 *TERMAS DE RIO HONDO ’15 *SEPANG ’15

      Guest
    • Yang muda grusa grusu, yang tua baperan … eh bukannya yang tua 10 – 15 taon yg lalu kelakuannya juga kaya yang muda

      Guest
    • FBR : Marc curang. Harusnya black flag keluarin dari balapan.
      FBM : Kenapa di hukum 30s? Dulu Rossi tetep dianggap finis & dapet point? Start dari belakang lebih ringan. Makanya kalau lemot minggir.

      Lalu kita berdepat tidak hentinya. MotoGP suka karna renting mereka naik. Kita dapat apa?
      Kamu FBR? yg sudah ya sudah. Toh masih panjang kedepan. Kalau kalian yakin rossi mampu, apa pun rintangannya nanti juga bakal jurdun, toh marc penantang terhebatnya aja sama ga dapet point.
      Kamu FBM? Ya sudah toh. Anggap saja tidak adil. Hidup memang penuh ketidak adilan kan? Makanya kita harus belajar adil. Kejuaraan masih panjang. Masih banyak jalan merebut kemenangan. & harusnya kalian bersyukur marc ngalamin ini. Seperti yg sudah sudah, dia akan belajar kedepan. Beruntung ini terjadi diawal musim, lebih cepat introspeksi & kedepan semakin baik.

      Rosi kena karma? Atau mau nyumpahin Marc kena karma?
      sebentar, coba di cek (buat muslim) Karma itu ada di surat apa? ayat berapa? Engga ada. Itu konsep agama sebelah.

      Guest
    • @Abk_GriyaMotor
      Jangan sara om, si rossi juga bukan muslim, ok kita ganti karma ke azab. Toh artinya mirip

      Guest
    • Bener, Wak… Jek grusa grusu cah bau kencur iku nek kpepet, sing Legend sampek d kepret ngunu 😅

      Tp sing pnting jagoanq juara!!! 😂

      Guest
    • ekekeekek

      terjawab sudah kenapa
      MM93 gak punya fans
      balap zaza gaya ngojek pengkolan

      😂😂😂😂

      Guest
    • Apapun itu jika dilihat secara bisnis, DORNA siap-siap kipas keuntungan.
      Tapi dari sisi Sport, saya pernah jadi pembalap bisa merasakan apa yg jadi “emosional reason” MM93. Walaupun itu tidak membenarkan pula bahwa dia boleh membahayakan lawan ( walau kita sadar, saat siap balap, maka kita harus siap celaka ).

      BTW tidak menyesal rasanya begadang semalam utk lihat balapan paling kontroversial di awal seri tahun ini..

      Guest
    • Kejadian clash begini bikin rating Moto GP naik signifikan dan menguntungkan Dorna.. Tapiiiii akan lebih baik Moto GP ratingnya naik bukan karena drama negatif ala sinetron begini.. Cukup sinetron sama artis Indonesia yg terkenal karena sensasi/ keburukannya.. Semoga masalah Rossi – Marquez lekas usai..
      Salam sportifitas

      Guest
    • Awas bernasib sama kayak, marco simoncelli, dud diatas aspal sirkuit,… Jangan grusa grusu disumpahin banyak orang, kejadian dehhh,… Ingat om marco juga sama grusa grusu,…

      Guest
    • Kalo motornya performanya buruk biasanya marquez struggle dan tidak berani attack. Tapi dalam race kali ini berharap motornya marquez dalam posisi performa buruk aja dah,, daripada performa motornya bagus kasihan pembalap lain pada di overtake dr posisi 19 sampai posisi 5. Kasihan juga honda sudah kasih motor bagus tapi pembalapnya sangat emosi, tapi saya sadar betapa emosinya marc sudah di paling depan di suruh balik ke pos 19.

      Guest
    • Better take another perpektip.
      It was something differently amusing laagh
      Really amusing
      Joss Gebonce

      Guest
    • Nope! It was as a usual race as always.
      Marc did what rossi had been used to do.
      It was quite Joss Gebonce laaagh…

      Guest
  1. Setuju Wak, saya sebagai penonton mantau aja.. sadar diri kali sampai banting tv harus beli lagi hihihi..

    Guest
    • Heyyy kid… You ain’t must say that.
      It was just an amusement.
      Joss Geboncely Amusing

      Guest
  2. Bisa makin panas kalau Zarco jadi pindah ke Honda dan kompetitif dengan RC213V. Makin brutal dah balapan antara Marc sama Zarco wkwk…

    Guest
  3. Tahun kemaren waktu dimas ekky ditabrak remmy gardner, fans boy onoh malah nyalahin dimas ekky yg menurutnya terlalu pelan hmmm 😕

    Guest
  4. HRC kehilangan orang yg bisa support sisi humanis nya kayak duet suppo dan Shuhei,yg puig masih belum bisa lakukan

    Guest
  5. Manttaapp wak..
    Tapi sebenernya yg paling di khawatirkan adalah…kekondusifan championship yg sudh d utarakan wak haji.
    Saya tidak tau,knapa pembalap sekaliber dan se legend mbah rossi selalu dan selalu memberi opini atau pernyatan provokatif,yg menyebabkan penggemar motogp terpecah.
    Apa karna masih ada ambisi juara dunia yg ke 10?
    Ndang pension kono mbah,rabi, nduwe anak..eling mbah ros..sampean iku wes tuwek.
    Biarkan motogp move on dr generasi anda ke generasi sekrang.
    #motogpgakbisamoveon
    Shame on this championship.

    Guest
    • Heleh. .ente bela junjungan langsung mendadak beg* (bukan beg* beneran ya). .ente dikata ini kasar di komen aja paling langsung bales, apalagi ente lagi balapan di motogp, dibikin jatuh dan kehilangan point oleh orang yg membalap tanpa rasa hormat terhadap yg lain??? ada kalimat rossi yg memang salah seperti menuduh mm sengaja terhadapnya. .padahal mm sengaja terhadap semua lawannya. .tapi kalau ente yg jadi rossi? Pasti seluruh nama hewan sudah keluar dr mulut ente. .

      Guest
    • sorry2 nih, tapi entah kenapa ada feeling Uccio lah menjadi otak dibelakang komentar2 provokatif si mbah legend. Lawan yg mencelakai harus dibikin jatuh mentalnya dengan provokasi “dibelakang layar”.

      Gila aja menuduh seorang pembalap menarget pembalap lain untuk ditabrak.
      Sama gilanya ama teori konspirasi Fanboy jaman dulu yg mengatakan Bautista sengaja nabrak Mbah Legend di Mugello 2013.

      Guest
    • Memang betul..misuh2 itu perlu. Tapi ya cukup misuh2 saja,jangan melempar pernyataan provokatif yg faktanya belum diketahui. Minimal sambut lah permintaan marquez,dan bukan malah mewek dan mencak2. Jadilah sebgai stoner,yg walau d jatuhkan mbah legend ttap menerima maaf sambil sedikit sarkas “ambisimu melebihi kemampuanmu”. Mungkin itu lebih bijak dan elegant ketimbang nuduh2 ssuatu yg belum tntu benar.
      Mana ni,jiwa seorang legend?

      Guest
    • anda tahu knp rossi ga nikah2 pdhl udh mau 40, karena dia homo,si uccio itu pasangannya

      Guest
    • Klo rrozzy dituduh sengaja nabrak simoncelli apa yo terima???

      Jelas2 ban motornya mengenai helm simoncelli

      Guest
    • Kalau ane sih liatnya wajar sebagai manusia kaya gitu kenapa?
      1. Komplikasi dari problem di musim-musim sebelumnya.
      2. Mm minta maaf sesaat setelah selesai race yg artinya rossi masih emosi total
      3. Semua udah kenal gaya balap mm yg emang kasar dan sampai sekarang malah belum berubah.
      4. Ya mungkin rossi hatinya tidak sebesar stoner, kalau stoner emang beda ‘sifat dan gaya balapnya’. Bahkan kebalikan dari mm, safety first, tenang, mungkin kalau stoner 1 race sama mm, mm bakal jadi orang yg paling dibenci stoner. .lah stoner aja pensiun karena kasarnya kaya gini ‘orang-orang lebih senang melihat pembalap crash dibandingkan menikmati proses dan tekhnik dalam balapan tsb’.

      Guest
    • Marc emang salah kali ini dan terlalu memaksa, tp rosi seperti tidak bercermin tentang sepang clash 2015 dengan mengeluarkan statement seperti itu.

      Guest
    • dan semua drama ini bermula dari hanya satu kalimat di konferensi pers MotoGP Philip Island 2015…

      Guest
  6. harus diinvestigasi juga bagaimana zarco menekan pedrosa ditikungan dan jatuh,hingga tidak dapat melanjutkan lomba..biasa aja dalam balapan

    Guest
    • terlihat sepertinya tidak ada contack kalo saya lihat
      lalu jatuhnya pedrosa karena ban belakang dani menyentuh tarck bagian yg basah jadi slide dan Hiside, cmiiw

      Administrator
    • Kasus DP26: The wet patch is part of the track. Kasus VR: The grass is not part of the track.

      Guest
    • ini komen resmi #26 di web HRC

      “There’s not much to say about the race. I think we did a great job during the weekend, and I was also riding very well. My race ended before I finished the first lap. Race Direction needs to look after every rider’s safety. Right now I have a lot of pain in my right wrist. I’ll have it checked again in Barcelona on Tuesday.”

      jelas ada pengaruh Zarco, kalau lihat replay memang tidak ada kontak mungkin, karena Pedrosa menghindari tubrukan, kalau Pedrosa maksa, Zarco pasti jatuh juga.

      hampir persis sama Marquez vs Rossi, bedanya Rossi tetap di line racing.

      passing bleh waelah, cuma kondisi damp gitu ..

      Guest
    • Nah tuh bedanya….pedrosa ngalah demi safety, sedang rossy menutup racingline gak mau ngalah! Dan pada intinya atitude rossi muda dan marc sama saja, bahkan lihat rekaman saat duel salah satunya sama hohe dulu tabiat rossi selalu menggiring lawan keluar track, dan suka menutup celah dengan Kasar! Dah gitu saja ndak usah provokatif dan baperan!!

      Guest
    • @rs84 setuju bro, memang zarco dan marquez sama2 super agresif cuma bedanya yg jadi korbannya aja 😁

      Guest
    • Masih debatable,
      Kadang ada rider didepan sengaja ngalah supaya menghindari kontak…

      Mungkin sdh sadar pacenya sudah gak cukup utk melawan rider dibelakangnya…

      Tapi yg jelas no kontak, daaan …. Semua terserah komentator2 dimari…wkwkwk

      Guest
    • Tambahan

      “We saw Johann make a less than correct move to pass Dani, pushing him aside. Race direction didn’t even investigate it”.

      Pernat

      HRC gak begitu peduli agaknya dengan Pedrosa ya . . ckckck kacian euy 🙂

      Guest
  7. Iya sih rating MotoGP pasti bakal melonjak,tapi nggak suka atmosfirnya
    Moga bisa cepet membaik kayak pertengahan seri 2017 yg rivalitasnya tetap sportif,nama Dovi langsung terjun bebas nggak ada yg ngomongin

    Guest
  8. Betul, sebetulnya Marc hanya perlu sabar untuk melewati Rossi.

    Pembalap yang bagus itu bukan hanya tentang cara mengendalikan motor dan kecepatan, tapi harus tau juga aturan tentang keselamatan balapan. Karena menyangkut nyawa pembalap lain juga.

    Kalau kejadian ini jelas-jelas Marc 100% salah, tapi di media luar negeri sana Marc menyangkal dan itu murni balapan. Otomatis tweet dari banyak netizen yang membully Marc.

    Guest
  9. Kenapa rossi bawa2 race qatar segala, dan menuduh marquez sengaja menjatuhkannya? Menurutku hukuman pengurangan waktu 30 detik udah cukup berat (dibanding start dari grid paling belakang di seri berikutnya dan poin tidak dikurangi sama sekali..)

    Guest
    • Tdi sempat baca artikel di UC browser. rossi mnyinggung runutan insiden marc trhdap rider lain sbelum insiden ini mnimpanya. dan mmng bnar adanya sih, Rossi mnyebutkan marc menabrak kaki zarco cukup keras di straight saat para rider msih crowded dan bersenggolan dgn petrucci. Tidak hanya di qatar.. di sesi FP 1 dan 2 argentina, rossi jg mlihat marc mlakukan manuver ekstrem trhadap vinales. Yg sketika vinales outline atau kluar dari line nya agar tak trjadi benturan yg merugikan.

      Guest
    • Waktu yg sruduk kaki zarco dan senggolan ma petrucci itu di Qatar ya bro.. bkn di argentine.. tar slah persepsi. Hehhe..

      Guest
    • Yg paling ngeri asli vinales bro, yg nyaris kena ekornya or bannya rcv marc, marc motong jalur Vina dgn agak kasar motongnya, klo ane liat di gk ngikut racing line pembalap lain yg teratur, makanya si Vina lepas/keluar dri jalur supaya gk berbenturan, si marc jg otomatis keluar krn kaget n mnunggu Vina dluan jalan lg

      Guest
    • Bukannya Vina keluar duluan ya?
      Baru mau masuk
      Eeeh ada Marq outwide dgn kecepatan yg membahayakan

      Guest
  10. Padahal nyalip di lintasan lurus juga yakin bakal kesalip, tapi kenapa mesti membahayakan grusak grusuk ditikungan, yakin motor Marq lebih superior di top speed dan kestabilan berbelok.

    Guest
  11. yah namax jg apes bro,,apes di dp, mm, vr, rins, zarco, miller,,,krg ndungo kale?

    cmn cc yg get lucky,,

    Guest
    • pengen top atmosphere,,,yo jo rebutan,,po jo balapan,,,po ndang diceramahi ngono wong2e,,, 😀 ;-D

      Guest
  12. Justru kejadian seperti ini wak yg membuat adrenalin kita sebagai penonton ikut terpacu, buktinya kursi saya saja ikut bergerak, waktu awal race saya merasa duduk berjauhan dengan tv, ketika mendekati akhir race tahu2 sudah dekat dgn tv.

    Guest
    • Ya kalau yang lain ngebalapnya ga pakai mikir kaya mm mungkin laptime nya kurang lebih aja. .yg lain menyelip dengan mencari celah dan mempertimbangkan faktor safety baik dia maupun lawannya sehingga mencari peluangnya lebih lama daripada mm yg ga mikir sama sekali soal safety dan respect. Akan jauh lebih membanggakan ketika lawan-lawanmu memberi applause ketika kamu kalah namun bertarung dengan hebat daripada menang, mendapat tepuk tangan dr fans tetapi hampir semua lawanmu mencemoohmu karena caramu mencapainya. Ingat, lawanmu lebih tau dan merasakan bagaimana di lap daripada fansmu.

      Guest
    • Kecewa dengan pebalap2 lain kenapa ga berlaku sama kaya valencia 2015 yg pada ngasih jalan ke rossi walau pace nya ga bagus2 amat, lah ini pacenya jelas beda jauh tapi pada nutup rapet2 racelinenya

      Guest
    • Valencia 2015 beda kasus bro..
      Ini awal musim,, belum kelihatan pertarungan tittle contender sesungguhnya. Semua masih berpeluang. Ya ga ada yang ngalah lah,,wong dia bukan backmarker, semua masih sah buat mempertahankan racing line nya

      Guest
  13. markez jelas gada maksud njatuhin rossi, gila aja. tuduhan ta berdasar. krn markes melewati beberapa rider dengan cara yang sama. alasan yg benar adalah ya karena terbawa suasana dramatis sejak awal mau start. sematang2nya markez masih tetap anak muda yg kadang kala dalam momen tertentu lebih dominan emosi. gausah jauh jauh dengan, mbah rossi aja juga kadang demikian. ya toh? itulah mengapa dia sulit bisa rengkuh juara dunia ke 10.

    Guest
    • Emang ga ada maksud sengaja, tapi habitnya mm emang sradak sruduk.
      Dia kan bilang,,kalo ara kesempatan sedikit aja,,diambil. Dan beberapa kali memang clean. Tapi banyak juga yang missed

      Guest
    • Waktu 2015 rossi nunggu, bru jatohin marc, sekarang lain, rossi nunggu, marc yg jatuhin..
      salut dgn MM rider yg bisa blas budi….
      buat fumiyem.. sakitnya di jatuhin…..
      wkwkwkwk……

      Guest
  14. Usul wak untuk race selanjutnya MM93 suruh balapan sendirian saja, karena terbukti kolaborasi MM93 + RC213V terlalu superior dibanding yang lain.

    Guest
    • superior atau enggak peduli aturan? enggak beda jauh kok, soalnya banyak rider yg bisa mencetak waktu cepat kalau tidak memperhatikan aturan dan keselamatan.

      Guest
    • setuju dengan ente bro. semua bisa di atas marc kalo asal betot gas dan srudak sruduk. yang terpenting safety seportifnya bro bukan sekedar nyari point dan nyengolin semua lawan

      Guest
  15. Dr awal udah asoe keputusannya race direction nya,mending gak usah ke pitlane tapi langsung start kayak biasa,kalo yg mau ganti motor ya harus rela flag to flag,disini Miller yg paling dirugikan dia udah gambling dan secara gentleman tetep berpegang teguh sama keputusan,tapi yg didapat cuma beberapa grid yg sangat gak fair

    Jadilah mentality broken yg banyak di alami para rider,dan marc yg paling menderita karena ditambah stall,udah gelap dan tuh pikiran

    Nah disini udh jelang y paling salah ya Dorna

    Guest
    • ya saya befikir memang harusnya lebih fair, FLAG To Flag adalah jawabannya . .. imho . . .
      Nggak a a yang dirugikan dan tidak mengubah tense

      Administrator
    • betul sekali kang kalau cuman start 5 grid kebelakang ga akan beda jauh, coba ditambahin lagi dengan waktu start delay 30 detik baru fair itu

      Guest
    • alasan start delay nya itu lo yg gak jelas, padahal kalo gak ada “opening drama” n start biasa, hasil akhir bakal beda..
      (Anti-klimaks for jackass)

      BTW, marzuki badass ni.. dapet rider sekelas zarco atau hohe mantep ni si marzuki..

      Guest
    • Memangbaneh sedari awal. …tp yaitu dorna sang pemilik sirkus punya wewenang. Dorna lagi kipas2 karena suasana makin panas. Rating naik drastis…

      Sekarang motogp gak beda jauh lah sama bola …atau tinju …yang penting rating penonton naik

      Guest
    • Harusnya dihitung, perbedaan waktu antara start dari grid sama start dari pitlane. Berapa second. Start rombongan belakang di delay beberapa detik ke belakang

      Guest
    • Yup,kita aja yg nonton mencak2 Lo pas start delayed apalagi pembalap yg ada di trek
      apalagi Marquez yg pake mesin mati segala,udah sumpek tu kepala marah ama kondisi,marah ama diri sendiri,marah ama race direction bergejolak semua,helmnya ada banteng nya lagi lengkap sudah 😂😂

      Guest
  16. masih inget rossi waktu masih muda? atau masa jaya2nya waktu seruduk sete? dan ngewipe out stoner? sama dong brati karakternya.

    Guest
  17. di warunk sebelah dan artikel tmc sebelumnya, banyak banget salez dari warung sebelah. ogah dah baca di situ, kebanyakan pada ngebanggain irresponsible riding.

    logikanya kemana ya??? mungkin karena kebiasaan sehari-hari mereka yang suka melanggar rambu-rambu lalu lintas.

    Guest
    • Warung sebelah cukup dibaca judulnya aja bro..isinya ya gitu2 aja…kebun binatang dan sumpah serapah kaum gak jelas…

      Komen2 yg asal nguap yg bikin warung itu jadi ancuur…

      Guest
  18. sangat disayangkan dan mungkin ini akibat dari seringnya marc bertindak kurang clean dalam overtake, akan merusak citra kejuaraan moto gp sendiri. apakah akan ada hukuman yang lebih berat.. ?

    Guest
    • Dari era 600 cc kelakuan Mark ya emang gitu…ingat ratapark, Pol espargaro dsb..
      Jadi serasa liat emak2 yg pemetaan ruangnya kurang..

      Guest
  19. masih menunggu hasil investigasi antara zarwo dan dani. kasian mas dani gak dianggep, padahal sudah jelas salahnya zarwo

    Guest
  20. Markues emng salah. Udah di adili sesuai prosedur dan udah final.

    Lo kan udah tua yaaaaa makin matang lah jangan emosian

    Guest
    • Rossi… ambition outwieghted his talent..by : casey stoner 😛

      I made a mistake and had to brake early or I would have crashed,” said Rossi, explaining why he slowed so suddenly in front of the Spaniard. “I did not even feel Sete touch me. He was very angry, but I explained what happened.” by Rossi 2004

      So..what is the problem dude..? 😛😂

      Guest
  21. hm hm hm, aku kudu piye tho mbah, lha mergo sampeyan mbalape kurang buanter, njajal taq salip neng tikungan tibae tibo sampeyan, aku yo panggah gas poll wae lah mba timbange ngurusi sampean. Balapan liane ngko aku nganggo klakson bis sugeng rahayu, ben morat marit sisan.

    Guest
    • Sama biagi itu mah keren. Nastpro asuro. Disikut sampe balapan di rumput, berdebu ngebul tanahnya.

      Guest
    • Fans VR46 Karbitan.. eh lu nonton ga jaman rossi muda dulu? Gimana ngawurnya rossi? #MENOLAKLUPA.
      Justru seharusnya sebagai legend, waktu marc datang ke pit mau minta maaf tu harusnya lebih bijak. #ane fans rossi jg tp gak suka liat polah fans rossi kaya elu yg suka menjelekkan pembalap lain.

      Guest
    • lah yg ngak ikut balapan aja panas gini,

      palagi rider yg ikut balapan, balapan dimulai kacau, tensi tinggi,

      Guest
    • ada yang bilang mm kena karma sepang15 . padahal mbah rossi dulu juga 11 12 sama kayak marq semalem .

      saya juga fans rossi sejak kecil , dan yang saya nggak suka dari rossi ya itu kadang ‘mewekan’ + nggak mau kalah .

      nickname VR46 Fans mungkin baru nonton motogp dari 2010 . dan fix anda FBR Kovlak

      Fans Rossi Sejati apalagi yang karatan dari tahun 2000 kebawah pasti bisa mikir logis.

      Guest
    • Please gunakan bahasa yg enak dibaca mas…jangan jadikan warung ini jadi hina seperti warung sebelah…

      Guest
    • Nah..malu kan lu FAN VR46 karbitan…😛

      Nih th 2004 waktu rossi habis sleeding Sete Givernau dg santai di pers conv ngomong :

      I made a mistake and had to brake early or I would have crashed,” said Rossi, explaining why he slowed so suddenly in front of the Spaniard. “I did not even feel Sete touch me. He was very angry, but I explained what happened.”

      So…what the problem , kid…??😂😂😂😂

      Guest
  22. padahal marc bisa melewatinya dengan mudah seperti kala dia di moto2 start paling buncit namun tidak grasak grusuk seperti sekarang. sangat disayangkan sih, tapi apa mau dikata race sudah berakhir dan semoga race kedepannya bisa lebih baik.

    Guest
    • Tapi kayaknya emang susah banget salip salipan di sirkuit Argentina salah dikit langsung keluar jalur ditambah masih banyak spot yg basah,nggak kayak PI atau yg lain walaupun banyak kontak dan bikin kesalahan tapi konsekwensinya nggak terlalu besar
      Tapi Maq harusnya bisa lah bersabar dikit dan cari jalur yg clean,walaupun kita tau Rossi kalo nutup line jago banget

      Guest
  23. Istilah wak haji asek, selain mengunyah-ngunyah ada hal baru yakni menggoreng-goreng. semoga tidak berkepanjangan. Dan keputusan Race Direction MotoGP dapat berlaku adil di masa mendatang. mengingat korban kali ini disinyalir lebih dari 2 orang.

    Guest
  24. ingat, dorna juga bikin kacau, mestinya dia juga ganti rugi ke miller.

    wong hujan deras aja tetep start kok,

    ini malah di tunda hanya karena aspal msh basah,

    kan tinggal ganti motor spt biasanya

    Guest
    • Harusnya model flag to flag tp klo flag tk flav ntar fanboy sebelah pasti uring2an karena MM juga jagonstrategi flag to flag

      Pengenew dorna semua ganti motor trus mulai bareng2 lg startnya tp yo naneh juga ngapain maksa ganti motor

      Guest
  25. marc pembalap cepat dan ga sabaran di tambah motornya yang cepat sangat di sayangkan..
    asal push aja dia
    padahal sudah jelas2 dia punya motor bagus,…
    andai aja overtake mbah rossi di trek lurus pun saya rasa bisa dengan kecepatan motornya,
    tapi ya sudah lah darah muda di sini yang berbicara,..

    Guest
    • darah muda, darah nya para remaja.. yang selalu merasa gagah, tak pernah mau mengalahhhh ha~ ha~ ha~.. darah mudaaaaa~~..

      #BreakFromTermasClash
      #GodSavetheQueen
      #BullTakeDowntheKing

      Guest
  26. vr juga ngak lebih baek dari jl ato stoner kalu nyalip,

    jl dn stoner serta pedro termasuk rider yg plg jarang overtake membahayakan.

    klu vr kan pernah jaman lawan sete dan 27, memaksa lawan harus minggir.

    Guest
    • Bener banget, dan Rossi masih bisa senyam senyum sambil gak merasa bersalah, fans dia sorak2. Tapi giliran dia jadi korban mewek, sesumbar ini itu dan gak mau terima maaf Marquez. Rossi ngerusak MotoGP yang tadinya ajang balapan bagi fans jadi ajang perang fansboy. Fans siapa yang kalau pembalap jatuh malah pada tepuk tangan giliran idolanya jatuh ngamuk? Rossi perusak MotoGP.

      Guest
  27. Wak, dibahas juga donk kenapa ducati factory struggle banget, jika kondisinya inkonsisten spt ini, susah buat AD04 jadi juara dunia…

    Guest
  28. hahaa,, di mana2 selalu aja marc yg salah, padahal sepang 2015 lebih katro lagi, rosi terang2an nendang marc dan hasilnyaa marc juga lah yg harus disalahkan,, udah di fitnah sekongkol ama jolor, di tendang ampe jatoh, dan akhirnya di salahkan atas rosi start buncit di valencia hahaaha.. rosi memang harus cepet pensiun, bukan karena skill balap nya yg menakutkan, hahaha rosi udah karatan sekarang.. tapi skill rosi dalam memainkan kondisi sehingga akhirnya dia bisa menang dan benar , dan rider lain lah yg kalah dan salah … good job, emang ga salah di sebut de dakter… haha

    Guest
    • Bukan marc aja, hampir setiap rider yg clash ama rossi pasti yg disalahkan, jadi inget th lalu pas hampir clash sama pedrosa di straight, ga terlalu rame karena fans pedrosa kya ridernya, kalem

      Guest
    • Lha iya padahal lebih bahaya manuver vr46 saat straight jecepatan tinggi motong racingline .. Jafi inget kaya muklada di arrc 250 tuh juga motong ditrack lurus

      Tp khan muklada tuh emak emak ..harap maklum sein kanan aja belok kiri kog

      Guest
  29. Sudah saatnya mbah Rossi menikmati masa tuanya. Jadi pengganti Nick Harris juga bagus, jadi commentator di tv7 jg bagus sekali. Saatnya mbah Rossi ngopi dipinggir sirkuit & lihat balapan sudah tiba.

    Guest
  30. Kalo g nyoba MM g bisa tidur HA HA
    Dg gaya asli MM bisa bawa 4 jurdun , suruh merubah gaya , TIDAK !
    Pendapat sy kedewasaan markonah sedikit di atas rossidin,maaf… 🙂

    Guest
  31. disini terlihat artikelnya memihak dan mengagung2kan markewer… emang keliatan kok dari dlu warung ini selalu memihak honda or markes??
    INGET DISINI ROSSI KORBAN CRASH AKIBAT MARKESSETT YANG GA PUNYA ATITUDE!!!! rossi tetap dihati mau markess juara ribuan kali kalo caranya kotor

    Guest
    • Bukan warung ini memihaak marquez, tapi warung sebelah yang valeban pekok, artikel copasan, dari nama warungnya aja udah baperan

      Guest
    • Korban crash argentina 2018 iya bener.
      Pelaku crash last corner gibernau, IYA BeNER juga.
      Pelaku crash last lap Stoner, iya BENER sekali.
      Ingat perebutan juara Rossi sama lorenzo? Rossi sopan kah nyalip lorenzonya?
      Maksain sampai tepi2 pitch juga kan.

      Marc was the VR young in reflection.
      It because both of them are Special Boy at that time.

      Guest
  32. Kasian rosi disikat anak kmarin sore padahal cpat ato lambat m1 juga bkal ktinggalan, Makin banyak yg kesemsem mo jadi pengganti pedro nih melihat potensi rcv

    Guest
  33. Race kali ini emang chaos banget, dorna kayak promotor kemarin sore, jelas miller paling dirugikan kemarin. Seharusnya marq karena engine stall waktu digrid harus start dari pit lane la ini malah putar balik , marq udah tanya ke marshall malah tetep start di grid ini jelas membingungkan.

    Guest
  34. Tapi salut sama kompon ban michelin yang dari kering ke basah ke kering lagi tapi tetep ga ada massive crash kecuali rossi sama smith aja ya klo ga salah?
    Jaman Bridgestone mah ada grimis dikit langsung ambyar..

    Guest
  35. namanya balapan pasti ada clash…balapan nya wajar saja…rosi aza banyak bacot lupa dia juga begitu dulunya

    Guest
  36. Dia bikin kontroversi biar pas tua buku biografi dan film dokumenternya laku keras,
    Teori koplakversi 😂😂😂

    Guest
  37. Termas De Rio Hondo 2018 , Terlalu banyak kekecewaan pada acara ini di semua sisinya

    1.Dorna sendiri
    2.Ulah Marquez
    3.Sikap Mbah Rossi dan crew YFR

    ttd. Voltia | ….(Rindu Persaingan Sehat Moto Gp)

    Guest
  38. Mosok gak elinv legenda hifupmu saat seumuran marquez kaya apa gaya balapnya …po maneh mbasan tuekk malah mewekan

    Guest
  39. Ane sengaja gak nonton race semalem karna prediksi bakal tricky tracknya wak… eh ternyata hasilnya diluar dugaan. Byk drama terjadi dan jd pengin liat siaran ulangnya…. btw #termasclash membara lagi. Ane berpikir awal ini aksi revenge marc ke rossi dan mgkn bs berlanjut k seri2 berikutnya. Semoga saja ane salah wak 😁

    Guest
  40. Sisi positif nya dia udah ga gampang ndlosor kayak julukan Marc marcrash dulu,sisi negatifnya harus ada tumbal diantara kita jadi Marc Makingcrash dah 😂😂

    Guest
  41. tapi pernyataan rossi sangat disayangkan wak.
    yang bilang marquez bisa merusak olahraga motogp dan marquez sengaja menciderai pembalap lain terutama dirinya (rossi).
    sepertinya dia tidak berkaca pada kasus dia dulu terhadap biaggi, gibernau dan stoner.

    btw pedrosa pasca crash semalem highside dan mendarat bahu kanan terlebih dahulu. dia hari ini langsung terbang ke barcelona muat menjalani pemeriksaan secara mendalam karena ada tanda tanda bermasalah dibekas operasian dia dulu.
    haduh baru udah 2 seri, apes bgt pedrosa kalo harus absen 😅

    Guest
    • Mungkin kalo gini terus dia bakal pensiun dini😢,drpd direkrut pabrikan lain win win salucci eh solution (salucci kan org yg ggak tau perannya apa tapi bisa slonjoran di paddock,padahal gak ada hubungan darah apa2 kayak Julia Marquez,mencurigakan 😂)

      Dapat pesangon nggak ya😂😂

      Guest
  42. Kekacauan itu bermula dari salahnya aturan dari Dorna!! 😁😁

    Kerja kerasnya team seperti gak berguna sekarang karena ketika harusnya race berjalan normal & yang salah memilih ban tetap diuntungkan karena peraturan salah dari Dorna.

    Mereka yang salah menggunakan ban bukannya ganti motor dengan cara flag to flag malah harus start biasa & hanya mundur beberapa grid itu Percuma & merugikan Rider yang sudah benar memilih ban sehingga kerjanya team jadi tak berguna.

    Buat apa ada aturan flag to flag kalau begitu?

    Guest
  43. tapi semalem rada kecewa juga sama dorna.
    harusnya biarkan saja flag to flag toh katanya mereka sudah merancang safety sedemikian rupa walaupun nanti paddock ramai. tapi malah gak diterapkan semalem, jadi yang selama ini mereka rencanakan dan merancang hanya isapan jempol belaka kah ?
    padahal seru karena hanya miller yg dari awal memakai ban slick.

    Guest
  44. Yg lain di overtake mm ok2 aja, giliran rossikil mgkin yg udah grogi dan gemetar di overtake mm trus melambat dan nutup line di corner, hilang mental tp masih licik tuh rossikil haha 😂

    Guest
    • Yepp rossi entering corner emang agak out wide tiba-tiba melambat buat nutup celah, tapi marq tetep aja salah sih terlalu maksa. Overall race termas ini seru dahh meski dorna kaya promotor kemarin sore buat keputusannya

      Guest
    • Kasusnya sama kaya rossi yg di overtake zarco kmaren, eamng saatnya rossi pensiun skarang, kok kesannya terlalu banyak kekhawatirannya ketimbang fightny

      Guest
  45. Bijak banget wak haji, disaat yang lain cari visitor dengan judul dan tulisan yang mengintimidasi tapi beda banget sama wak haji nih.
    #teamTMCBlog 😁

    Guest
  46. ok fair and square, mm salah mutlak, tapi hikmah terbesar adalah memaafkan dan mengambil lesson learned dari kesalahan tersebut, menuduh ada kesengajaan tanpa ada bukti jelas jelas bukan bagian dari memaafkan dan mengambil lesson learned. tuduhan tanpa dasar tidak pernah menyelesaikan masalah, malah memperlebar masalah.

    hampir 20 tahun berkarir dan belum bener bener nangkep apa arti sportmanship sesungguhnya? menyedihkan. tidak ada kredit positif apapun dengan menolak permintaan maaf seseorang yang bersalah. hanya semakin mempertegas siapa dia sesungguhnya. sama sekali tidak memperbaiki keadaan.

    i always think wisdom goes along just fine with ages, i’m wrong

    Guest
    • @ddy
      its just sport dude, its just a game, gak usah telalu serius and after all, nobody get physically injured, seketika/semakin cepat minta maaf, semakin menunjukkan bahwa dia memang bersalah dan tulus mengakui kesalahannya, justru kalo nunggu 1 hari, 2 hari, atau 1 minggu, justru aneh, itu berarti sudah tidak tulus lagi, publik malah berpikir mungkin dia minta maaf karena tekanan dari luar, atau sesuatu yang bukan dari dirinya sendiri.

      logika berpikir ente justru aneh, coba otak ente dibawa dulu ke bengkel body repair.

      Guest
    • Hahahha… @ddy mengikuti cara berpikirnya Lin Jarvis… Padahal tahun 2015 pihak Marc yang dirugikan tidak berkata banyak sama media. Padahal jelas jelas insiden itu disengaja.

      Guest
    • Ada yg punya video rossi sengaja nabrak reporter gak? Sebarin dong dimari biar panasss

      Guest
    • ddy April 9, 2018 at 15:01
      ekekekek

      bukan waktu yg tepat minta maaf seperti itu

      ujug2 minta maaf ?? kug rasanya “gampang” bgt

      semua orng bakal hal yg sama diposisi Rossi…

      In this kind of sport.
      Asking for forgive is always at the end of race, eventhough not all the mistake rider doing that.

      Look at ianone vs dovi clash. Rossi vs gibernau etc.

      Guest
  47. Kayak kalian gk pernah muda jha !
    Apa kelakuan kalian ber atitude saat muda dulu ! Klo ada yg jawab “iya” berarti lu org gk tau diri.

    Suudzonku, mbah rossi sengaja menutup racing line. Seperti sepang sengaja melepas gas.sudah tau lebih lambat mbok ya kasih jalan…bilang jha yg tua iri sama yg ingusan anak kemaren sore !

    MM membahayakan keselamatan ? Ya jelas harus !

    Guest
    • Moto GP disuruh pake spion aja, biar kalo ada yg mau nyalip keliatan, jadi bisa minggir dulu tu bagi yang motornya pelan.

      Guest
    • Percuma ujung2 nya juga dilipet kalo tau trennya di Indonesia bs nambah power sekian HP,plus safety condition takut ngeplak kepala pembalap lain pas lagi side by side
      😂

      Guest
  48. Saya rasa 93 memang salah, mengakuinya dan langsung minta maaf itu gantle sportif bisa saya bilang dewasa, terlepas dari kesalahan yg dia buat(namanya juga manusia).
    Yg komen kebanyakan fbr yg sakit hati jadi hanya melihat sisi buruk dan membesar2kannya

    Guest
  49. Saya rasa 93 memang salah, mengakuinya dan langsung minta maaf itu gantle sportif bisa saya bilang dewasa, terlepas dari kesalahan yg dia buat(namanya juga manusia).
    Yg komen kebanyakan fbr yg sakit hati jadi hanya melihat sisi buruk dan membesar2kannya.

    Guest
  50. saya pribadi nyalahin race direction aja, semua berawal dari rece direction yng mengeluarkan keputusan absurd, yang berdampak pada psikologis para rider

    Guest
  51. Balapan yg paling buruk tapi seru lah, ada intertaint tambahan yg mungkin akan meningkatkan nilai komersial motogp, buntut2nya yg di untungkan d*rn*.

    Guest
  52. Kalau rossi tidak jatuh, ceritanya bakal beda lagi.
    mbah rossi mungkin kesal dia gak dapat poin.
    marquez perlu belajar sabar lagi, dilihat dari videonya sepertinya ada celah sedikit dari rossi yang sempat agak melebar, makanya marquez coba paksa masuk tetapi memang sangat beresiko benturan.

    Semoga masalah ini cepat selesai tanpa ada ketegangan lanjutan.

    Guest
  53. saya fans mm tp liat dr sejak awal FP 1 dan FP 2 asli MM brutal banget gaya balapnya….di.FP aja vinales yg hampir jadi korban…..bener bener tindakan yg sangat bodoh …lanjut race lebih bodoh lagi tindakannya membahayakan pebalap lain….kalau begini jadi kurang respek sama MM untung stoner udah pensiun kalau ga udah di kasi jotos smaa stoner….harusnya dihukum beberapa seri ga ikut balapan aja biar tambah dewasa MM nya….. bravo MM

    Guest
  54. bad attitude show by marquez
    shame on VR46 karena selalu memberikan opini yang offensive banget dan belum tentu benar sehingga menciptakan bola liar…

    Buat saya yang pure nikmatin balapan (gak mihak brand atau pembalap), lama-lama kok Motogp jadi kyk acara politik?
    Mending WSBK kalau dramanya gaje gini.

    Guest
  55. MM93 adalah baby alien = manusia yang di cuci otak di doktrin dan otaknya penuh ambisi menjadi human robot oleh harece

    Guest
  56. Ketika balapan motogp sekelas balapan alun-alun, diduga mesin resikv213 tanpa radiator hunda semakin panas semakin kencang (fbh model blo’on), nyeruduknya mm karna kanvas remnya banyak mengandung asbes kayak kanvas rem motor sayap buatan lokal tidak ngegrip disaat jalan basah, tidak pakem disaat butuh hard braking

    Guest
  57. Sepertinya Honda berhasil meredam Marquez di dua musim belakangan. sayang di Argentina 2018 segel gaib-nya lepas. Marc kembali seperti marc tahun 2015 ke belakang. mudah mudahan Honda bisa langsung nyegel lagi sebelum seri Amerika.

    Guest
  58. Dani Pedrosa apes karena saat diovertake zarco agak melebar ke aspal yg basah, akhirnya crash. Sama kejadiannya kaya Rossi saat diovertake Marquez masuk ke lintasan yg agak basah dan lewat rumput, akhirnya crash juga. Lebih apesnya lagi Marquez saat overtake melakukan kesalahan krn terlalu kencang di posisi dalam, orang akan melihatnya grusa grusu. Klw aspalnya kering mungkin ceritanya beda gak akan terjadi semua itu (crash), malah jd asyik Krn saling overtake. Opini pribadi

    Guest
  59. kayaknya zarco pake m1 2016 ya wak? bukan 2017…, cuma untuk fairing + engine memang sudah update, frankestein bike

    Guest
    • di IG juga, bingung gw….terlalu mendewa2kan…fans bole, tapi gak usah segitunya lah…

      Guest
  60. neh race dari awal emang udah penuh emosi
    pas MM mogok jga ada gesture tidak suka dari MV

    what a raceeee

    Guest
  61. 93 vs 46: mm nyenggol, rossi melebar dan jatuh karena ban menginjak rumput = heboh banget

    99 vs 29: si ian nyundul ban Jl dan JL terbang. Kurang heboh.

    Guest
    • Aktornya yg beda, lgian hohe lbh cerewet sm masalah motor ketimbang komenin rider lain, kecuali yg lain mulai duluan, waktu rossi nendang marquez jg gak seheboh ini

      Guest
  62. Atmosfir Motogp era modern emang harus bgini wak…nanti juga biasa kita nerimanya 😁…ini semua berawal musim 2013, naik kelasnya pembalap yg “berani” melawan tradisi kalo rookie ga boleh langsung jurdun di tahun pertama! Dan selanjutnya cuma marquez yg berani lawan rossi di lintasan dengan gaya dan mentalitas yg mirip dengan rossi sendiri…dan kehadiran uccio di balik team rossi jadi tambah brantakan Yamaha sendiri!

    Guest
    • Rookie sekaligus juara dunia di tahun yg sama bukannya udah dilakuin freddie Spencer,tapi emang umurnya lebih muda waktu mm ngelakuinnya

      Guest
  63. sisi positif atas insiden termosclash ups #termasClash adlah motogp 2018 tidak klah heboh dengan piala dunia 2018

    Guest
  64. opah shuhei nakamoto kluar, mr livio suppo kluar jadi deh tidak ada lgi yg menjinakkan marquez+rc213v.

    klau d periksa, bisa jadi “JANTUNG MARC MARQUEZ berdetak lebih cepat dibanding PISTON RC213V-nya” saat race termas de rio hondo kemarin, mkany akal sehatnya seperti hilang, nalar dan urat respeknya sperti putus akibat jantung nya berdetak super cepat sehingga sehingga yg tersisa hanyalah andrenalinenya semakin tercapu.

    Guest
  65. mungkin MM93 lagi stress kepikiran sama tagihan2 bulanan yg makin nggilani bro… jadi gag konsen di balapan deh.. gpp MM93, I feel you bro…..

    Guest
  66. MM93 terlalu agresif, IYA, tapi untuk sengaja berniat menjatuhkan sih, GAG lah, dia ga mgkn berpikiran sependek itu dan mengorbankan nama besarnya.. tapi mgkn kalau di perhatikan dari race2 sebelumnya, kalau dikatakan kalo dia kurang respect dgn rider lain mgkn bisa jadi memang.. Yah kita tau kadang ada saat nya juga VR46 menang “jahil” dan bikin emosi lawan, tapi sebagian besat waktunya dia menang dengan fair play dan lbh byk respect ke pembalap lain..
    Saat start dr grid blkg pun Rossi ga sradak sruduk rider lain tuh, padahal ketinggalan 20 pembalap lain di depannya, tapi akhir nya bisa merangsek ke posisi 4 dengan aman2 aja tuh, ga pake nyolot2 dgn rider lain…
    Mungkin memang faktor U MM93 yang membuat nya kadang blm stabil karakter dan emosi nya..
    tapi tetap, kedua rider itu baik MM93 maupun VR46 tetap adalah pembalap hebat kelas dunia, ga bisa di pungkiri..

    #sebuahpendapatdarifanboyRossi

    Guest
  67. drama kayak gini bikin berkah buat blogger karna banyak viewer dan komen, tapi percaya aja dgn wak haji kredibilitasnya dpt dipercaya, beda dengam warumg judulnya aja udah ngajak berantwm, udaj gitu kolom komen ga diurua, diberi kritik mbangun malah kena moderasi..

    Guest
  68. Kasus Sete, or Jorge peluangnya 50: 50, masih ada space, klo td malam sih ane kira sudah gak ada space…

    #BukanBermaksudMembelaVale
    #GueFansHarada

    Guest
  69. Kalo cuma bang ocid yang jadi korban mungkin bisa dimaklumi kale dan bisa dibilang dendam tempo hari,,, tapi apa yang terjadi, pembalap lainpun jadi korban keganasan MM93,,, apakah ini masih bisa dibilang dendam atau karma.

    Guest
  70. Setuju sama paragraf terkahir paling kagak demen suasana begini ini Wak Haji, jadi g kondusif Rossi yang senior juga statementnya lsg begitu amat yak kurang bijak dah ahh kek udh nahan emosi bgt begitu ada kesempatan lsg meledak gitu, si Marqnya juga sama aje udh kek orang bego udh tau tuu yamaha lagi lemot segala pake dijatuhin padahal tinggal setingkungan juga dia bisa menggagahi rossi dengan cara yang lebih elegan. Inget kite semue yg cuman nonton jangan sampe ikutan panas ini Dorna menang banyak kalo ada drama gini jadi 😂 IMHO

    Guest
  71. Yg kasian itu si pedrosa, udh jatoh eh gak ad yg ekspose beritanya, malah sampai cedera katanya, kalah sama yg katanya icon motogp yg kepeleset rumput

    Guest
    • hahahaaa… zarco-dani, trus Aleix-Danillo juga ga diinvestigasi… apa-apa yang nyenggol simbah langsung diinvestigasi, apalagi simbah kelakuan ama mulutnya percis emak-emak. Baperan ama comel…

      Guest
  72. Kembali lagi ke mentalitas seorg rider wak aji memang jika qta lihat dari drama seri race subuh tadi awal titik mula yg membuat mental marquez jebol ya gara” mati motor itu dn finalti yg membuat dia tdk mampu menguasai pikiran’a hmm… Kesalahan yg seharusnya tk marquez lakukan melihat dari segi performa jelas tunggangan marquez di atas semua rider motogp subuh tadi bisa di blg hampir sempurna tapi syg akal sehat yg kurang seimbang membuat smw’a jd malapetaka dn ini yg bikin kedepan’a fans MM dan rossi makin panas dingin smg race selanjut’a dia bisa belajar lebih sabar toh dia punya motor tak sprti rossi dn vinales jd santai tp pasti aja champions masih bisa di raih yg penting kedewasaan dn akal sehat lebih di utamakan ketimbang egoisme tinggi yg hnya akan menghancur kan gelar juara dunia taun ini ingat targetmu marq skrg adlah melewati mick doohan 5kali juara berturut” dn kamu hrs bisa oke boss dgn mental juara dn kedewasaan😊

    Guest
  73. Di warung webeh lagi nyalain kompor broh..
    Blog kog gak bahas motojipinya…
    Mlah gosip yang di yg di up.

    Guest
    • Blog itu cuma ngangkat rate visit aja, dan akhirnya si pemilik blog diuntungkan dari itu. Kalian yang berkunjung kesana sangat2lah rugi karena baca konten tak bermutu tapi ngasih rejeki ke orang.

      Beda dengan yang ini. Puas baca hasil analisa dan opininya pun sangat bernas.

      Guest
    • hahha betul, blok banyak viewer dan komen, tapi isi sampah..pengelolaan jg ga bener, yg penting duit ngalir

      Guest
  74. Racr director gimana nih?

    Zarco pedrosa ga di investigasi?
    (Yang katanya gara2 pedrosanya yg wide terus injek path yang basah? Yang gara2 awal ngegiring ke path basah siapa? Yah udah tau basah, harusnya lawan dibelakang juga pikir2 jgn overtake disitu masih banyak spot lain yg kering dan aman, sama kaya kasus marq cuman marq kontaknya bener2 kena. Pedrosanya cidera loh? Oiya kan yg jatoh bukan legend yakkk…)

    Petrux aleix ga di investigasi
    (Dari sisi aleixnya sendiri dia puas sama sanksi ke marq yang menurut dia adil, tapi gak sama petrux yang ga ada sanksi sama sekali yang disini bikin dia ga dapet point!! Seribu kamerapun terasa percuma aja kata si aleix(liat IG aleix), oiya yang jatoh kan aleix, bukan legend yakkk.. hmmmm)

    Guest
    • Bener bro… mereka tidak terlibat insiden dengan simbah aja. Giliran simbah yang salah pun, cuma bisa berkilah this is racing. Lagu lama..

      Guest
  75. wekekeke pada ribut zaza kelen, tuh liat jolor jadi juru kunci race argentina wkwkwkwkw
    sudah saatnya jolor pindah wsbk ato ikut mancing stoner

    Guest
  76. Heheheeee…. Ya begitulah mm93 yg sukanya dompleng populariyas vr46, klo gk gangguin vr46 mm93 gk balal terkenal, lihat aja jl99 sekarang udah gk kedengeran namanya krn kagak ganguin vr46…. Eeeekekekekekekek

    Guest
  77. Saya malah mikir sebelum kejadian marq yenggol pak tua. Kenapa team Marquez gak peringatin dia lewat dashboard, supaya dia lebih tenang
    Sejak clash Sepang saya masih parno kalau marquez mau nyalip rossi, kalau ada apa2 urusannya bisa panjang

    Guest
  78. Hehehe sama saja dengan sepang clash 2015. Apa girinh pembelap ke gravel tindakan legal? Beruntung saja tendangan kungfu hustle nya di kuci sama dorna hehe

    Guest
  79. mulai ilfeel sih sama motogp… atau dorna tepatnya ya..
    terlalu banyak yg unfair buat pabrikan dan rider…
    pembekuan sana sini, aturan yg ga fixed, unify software jg ga efektif lah ( bajak2an engineer magneti, akhirnya sama aja, yg punya duit yg berkuasa)
    terus ya akhirnya begini nih, championship nya acak2an.. ridernya ribut2, fansnya pada panas,
    .
    udah ga ada lagi bahas skill, bahas sportsmanship, bahas teknologi, bahas race strategy
    .
    semua mikirin omongan sono sini, kondisi idealis
    .
    ga seru ahh

    Guest
    • benerkan…salah dukati ini pokok nya.
      kalo ga maksa ikut gp krn belum mampu bikin ga jadi gini.

      sama kek pak tua, kalo ga maksa jurdun ga bakal nyusahin orang

      Guest
  80. Marquez harus belajar dari Reza Danica waktu melorot kena pinalti AP250.. gimana caranya overtake tapi gak nyenggol.. ..😂

    Guest
  81. Setidaknya dari komentar warung wak haji saya mengambil kesimpulan bahwa…. penonton MotoGP lebih suka dramanya daripada balapnya. Coba flashback ke belakang ketika race adem, komentator maupun media sepi, dorna pun banyak mikir apa yg terjadi jika race tanpa drama, apalagi jika rossi atau marc gak ada

    Guest
  82. Marquez pindah WSBK aja,, cari suasana baru, . … .. buat keputusan kontoversi macam Stoner tiba” pangsiun

    semoga terjadi.. Amin

    Guest
  83. hahaha..

    entahlah secara garis besar motogp memang gak punya aturan tegas dan labil…. balap motorsport sudah berubah menjadi bisnis… dan ternyata yang berlaku aturan bisnis is bisnis… motogp sekarang bukan olahraga ketangkasan lagi…

    1. saat start seharusnya yang ada di trek itu cuman jack miller… aturan kau yg buat kau yg langgar… harusnya jack miller yang jadi juara…
    2. banyak insiden lain yg gak diurus kombayana eh dorna… johan zarco pun harusnya kena pinalty 30 detik… karena pedrosa ga protes jadi kombayana diem saja ??
    3. marquez memang layak dapat penalty. dan soal rossi terjatoh dan ga usah baper rossi sendiri bukan pembalap bersih di motogp… bahkan kelakuan rossi di sepang tetap sebagai kelakuan pembalap terburuk di motogp…

    mari kita saksikan episode dagelan motogp berikutnya… ga usah dibawa baper buat orang indonesia… karena mustinya malu kalah dari malaysia….

    mana pembalap indonesia ????? padahal dulu indonesia punya pembalap level dunia…

    huahahaha

    Guest
  84. &apabila yg djatohin bkn 46 psti g bkl rame,,itu nandain klo motogp ud dtinggal 46 bkl garing…lah situ bocah braniny sm aki2,,tp sampean lupa yg djatohin tu legend jd dgn kt laen mw nunmpang tenar sm aki2yak??

    Guest
    • marq ga butuh dompleng nama rossi dia udah punya jiwa super star, ini hanya scara kebetulan aja keduanya ada dalam 1 sirkuit yg sharusnya si tua udah pensiun,
      Andai kata ini terjadi pada rossi dijamannya doohan apakah rossi ama fansnya menerima dengan pernyataan sampeyan yg trakhir ntu,, klo ngomong warass dikit mass,, klo gob*** jngan di umbar
      Ini masalah waktu aja yg
      Kaya ga tau rossi aja dijaman jadul

      Guest
  85. sedih liatnya….. ber harap kedepan marq ngalah aja…. ga usah agresif. ga usahbnyalip di tikungan trek lurus aja marq… benerpun km salah aplagi salah… seandainya kmu di hukum 3 race ato lbih… sya yakin ratting tv turun dan itu adil bikin bshagia mereka…… sabar, ambisimu tk sbesar ambisinya…. 93 di film kmu penjahatnya…. tapi klo penjahatnya cemen jagoanya terasa hambar….

    Guest
  86. Makcezz.. Makcezz..
    Niat sekali ente balas dendam ke Rossi atas Argentina 2015 dan Sepang 2015. Tp bukannya balas dendam yg ente dapet malah 3x pinalti. Dan mau minta maaf? Sayang sekali ditolak.. Wkwkwwk..
    Udahlah, mending ngecez aj Mak

    Guest
  87. pmblp alay dr starrt mtr mogok sdh alay…

    alay 1.
    mtr mogok sesuai rule dorong ke pit .laah putar balik,,ini gk patut d tiru..klo skelas blp jlnn okelah…

    alay 2 push mtr..oke nyalip gk pake otak..room gk da gas nyempil..ngedorong pmblp lain sangt tdk fair.korbn aleix, slnjutnya luthi morbidelli..alay dewa.

    oke…mkin pnas hati mm93 gnjar masuk pit!
    balik trck dg emosional ala ala anak labil…gas pol lagi..

    intinya hrus podium..
    emosi msh lbil…

    blm legend….blm bs jd ikon motogp.
    mnrt sy mm93 ini…adalh aib motogp…

    knp bgtu?
    dr race 1 pek pmungkas valncia lbh bnyk bully drpda rspect.

    klo km gk d respect.pcma km dptin semua rekor!
    dg mnghllkn sgla cara!
    itu alay skli.

    ngotot boleh otsk jg d pakai biar elegant kyk vr46.9 kli juara motogp yg nmnya sndri lbh besar dr mtgp.

    Guest
    • Yg paling melegenda adalah “Kaki Rossi” dalam Sepang 2015,drama yg akan dikenang & melegenda sepanjang masa…

      Guest
  88. Trik yg sama dilakukan rossi di assen 2015&austin 2017(zarco) itu namanya “Mouse Trap”, bisa di bilang manuver “tutup pintu”, ibarat memberikan celah overtake hingga marc push throttle agar masuk ke trapnya, tapi begitu rossi nutup,marc langsung deep brake lalu lose balance.
    Beda lagi kalo Dovi, dia bisa ngakalin gaya agresif Marc dengan selalu membiarkan Marc lewat secara nekad tanpa ‘tutup pintu’ dan setelah Marc lewat pasti bisa diambil lagi dengan bersih karena Marc pasti melebar setelah menikung secara maksa.
    So, IMHO insiden itu 50:50, lagi pula marc jg udah menjalankan semua pinalti nya, jadi gak perlu dah masalah ini dibesar2kan lagi.

    Guest
  89. udahlah.. yang muda belajar lagi, yang tua minggir jangan ngalangin. imho, insiden murni kealfaan MM, tp tidak harus juga si mbah nuduh itu adalah kesengajaan. introspeksi wae lah…

    Guest
  90. Thanks opininya… Memang Marc salah,krn ga bs kendalikan emosi, wajar dia panen penalti. Sehebat apapun dia di atas motor,tetap aja no body perfect!!! Msh syukur korbannya ga ada yg cidera

    Guest
  91. itu khan cuma masalah rebutan racing line, terlihat rossi agak keluar, makanya mm mencoba masuk, wajarlah di balapan rebutan race line, kalo gak rebutan namanya touring mas bro, beda dengan alex yang ketika itu mm males ngerem

    Guest
  92. andai ada data racing line dari masing2 rider jadi bisa liat yang salah siapa. dibandingin tiap lap beda atau sama racing line ny.

    Guest
  93. Ah mau benar mau salah asal peran utamanya si rossi din pasti z yg lain d salahin dan jdi penjahatnya kan s rossi din peran utamanya

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.