TMCBLOG.com – Bro seklaian, seperti yang tmcblog sudah tuliskan di artikel Sebelumnya Hasil test Resmi Jerez 2018, Marc Marquez yang tidak tembus Laptime Sub 1:38 dan hanya berada di posisi ke -5 tercepat mengaku lebih fokus ke pengetesan Fairing Baru di test Jerez ini . . namun Yang menarik adalah secara fisik, Bentuk Fairing yang digunakan Marc Marquez ini bukanlah Front Fairing Hammer head . . Namun seperti terlihat pada foto di atas . .

Pict : @shooterbikes

Yap Jika sobat Lihat foto yang sempat diabadikan MotoGP , terlihat fairing yang digunakan Marc Marquez Boleh jadi Saat First Sight impression tidak mengejutkan dan pasti akan membuat sobat sobat sekalian berkata ‘ ahh kayak yang pernah lihat aero-Fairing seperti itu tapi di motor apa yaaa ? ‘ heheheh

Yap, terlihat Dani Pedrosa pun mencoba Bentuk Aero-fairing yang sama . . Sekilas memang benar, Mirip Aero fairing yang digunakan di Yamaha M1 dimana pertama kali diperkenalkan di pertengahan November 2017

Yamaha M1 Gunakan Fairing Aero baru di valencia test . . Mirip Winglet 2015 atau Ducati ?

Yap, fairing yang ditest Oleh Marc marquez dan Dani Pedrosa ini memang sepertinya punya bentuk dan fungsi yang mirip dengan winglet gentleman Moustache yang pernah heboh dipakai di yamaha M1, namun bentuk ujung dari Winglet ditekuk ke bawah sehingga ujung ujung dari aero-part ini dibuat tidak bersudut dan berbahaya dalam sudut pandang safety.

Hasil Pengetesan Fairing Baru Positif

Pict : GPOne

Marc Marquez seperti yang disampaikan ke Crash.net mengatakan bahwa saat di test jerez ia dan Team tidak fokus ke set-up mesin, elektronik dan lain lain,Marquez mengaku hanya fokus ke pengetesan banyak hal yang berhubungan dengan aerodinamika. Marc Marquez mengaku telah mencoba paling tidak 3 jenis Fairing sepanjang Hari dengan tujuan untuk meningkatkan performa saat menikung dan meminimalisasi wheelie.

Marc Marquez mengatakan bahwa Repsol Honda, terutama dirinya hanya memperoleh kesempatan sekali saja untuk menghomologasikan aero- fairing baru disepanjang musim 2018 ini sehingga mereka harus benar benar yakin akan segi positif dan negatif dari kehadiran fairing tersebut. Marc Marquez menyebut nama Tempat gelaran Seri berikutnya yakni MotoGP Le-Mans sebagai tempat yang krusial untuk menentukan bentuk Aero-fairing yang akan diguankan karena karakter sirkuitnya yang menuntut banyak kerja dari Anti wheelie.

Marc Marquez jajal fairing baru Honda RC213V dengan Moncong Ram Air lebih lebar Tanpa Winglet

Benar Kata Marc Marquez, Untuk sobat ketahui, Bukan hanya Aero-Fairing dengan bentuk Inner winglet yang lekukan nya mengarah ke arah bawah yang dipakai Oleh marc Marquez, di foto resmi yang di share oleh Repsol, terlihat Marc Marquez juga menggunakan Aero-Fairing depan berwarna HitamΒ  tanpa winglet, dan satu lagi foto yang sempat di post GPOne fairing hitam dengan winglet kecil di kanan dan kiri.

ini mengingatkan tmcblog pada Fairing dengan moncong panjang yang pernah ditest Marquez di Qatar, Oh ya Marc Marquez mencoba fairing Fairing baru ini juga dengan kombinasi swing arm belakang yang masih alumunium, berbeda dengan yang mereka gunakan di Jerez RaceΒ  yakni swingarm Carbon . . . hmmm mau pakai yang mana ya di Le-mans nanti . .

Pict : GPOne

BTW Repsol Honda saat ini terbang ke Italia guna persiapan test Di Mugello bersama Ducati, suzuki untuk lebih meyakinkan Pilihan Fairiag dan setup Sasis yang mana yang akan mereka fix Gunakan Untuk seri Le-mans yang racenya dilakukan 20 Mei 2018 nanti . . . Silahkan dikunyah kunyah dan semoga berguna sob

Taufik of BuitenZorg

63 COMMENTS

    • Yg dicari bukan tampilan..
      tapi FUNGSI…! Lihat betapa anehnya tampilan F1…tapi fungsinya..?

      Guest
    • SALAH!! di F1 semua sdh diatur lbh dulu sm regulasi utk safety, downforce, mengurangi drag dll jd semua fungsi sdh jelas, beda sm winglet di motogp keluar dlu pas dikira β€˜bahaya’ baru dibuat regulasinya..

      Guest
  1. selain sisi sepan yang tambah “monyong”, lubang di sisi fairing yang berfungsi mengeluarkan hawa panas radiator juga lebih dalam lekukannya…

    Guest
    • Kalo winglet bener jadi dilarang, mungkin nanti ada pabrikan yg mindah knalpot ke bagian depan n lubangnya ngadep atas + dimodif biar bisa ngasi downforce (dibuat kayak jet)

      *cuma imajinasi liar aja

      Guest
    • Hayuuk,kekuatan Tagar lebih ampuh daripada surat bermaterai sekalipunπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
      #2019BannedInnerWinglet
      ~~~~
      [email protected]
      Malah jadi truk Optimus prime dong,knalpotnya diatas,akakakak

      Guest
    • Dilarang ada sayap dalam bentuk apapun di motor motogp. Termasuk gambar sayap, ha ha ha…

      *maap bercanda doang, jangan anggap serius

      Guest
    • awalnya sempet yakin itu proposal bakal disetujui tapi setelah tahu kemarin orang ducati kepilih jadi ketua MSMA motogp jadi gak yakin. hahahaha
      ducati pabrikan yg paling gak setuju kalo winglet dihapus, terus petingginya jadi ketua MSMA. berat berat wkwkek

      Guest
    • Hapus aja tuh winglet. Aturannya ga jelas, cenderung subjektif.
      Efeknya kecil, tapi bikin budget membengkak ga karuan

      Guest
  2. hahaha… aero fairing punya yamehek.
    dunia balap bajak rider lawan boleh, contek teknologi tetangga boleh, bajak tim teknis lawan boleh, hehehe boleh semua yg penting bisa menang. jozzzzzzz

    Guest
  3. Kesimpulan nya…Rcv sudah tidak kesulitan dengan ECU Pirelli, dan ban Mingecelin, plus engine Rcv yang udah Bisa beringas di straight dan Stabil di corner, kuat di exit corner… .. ..

    seperti itu kah????…

    hmm keram

    Guest
  4. honda PR nya cuman tinggal memanfaatkan jatah aero fairing aja sepertinya, soal mesin kayaknya mereka udah puas dan PD. Misalpun winglet total dibanned, gakkan berlaku musim ini, so nothing to lose buat ngetes winglet cuman buat musim ini doang, honda kan duitnya banyak … bikin partnya terus ga kepake juga udah biasa kayaknya, hasil riset kan siapa tau bisa dipake buat produksi massal.

    Guest
    • Ahh meraka cuma bikin perang psikologis aja .. biar tim laen ikut2an terpecah konsentrasinya …liat aja ntar moyor honda klopun pake aero fairing paling cuma sak uplik ..

      Guest
    • Atau mungkin cuma buat dapetin data downforce bermacam-macam Aerokit di sirkuit Eropa secara langsung,buat Fireblade 2020 yg di youngmachine pake inner winglet

      Guest
    • Klo opini sy itu winglet buat ngebandingin seberapa besar power yamaha. Mungkin HRC mau tahu kekuatan dari motor yamaha. Ini sama persis ketika winglet Ducati di test di motor Marquez, ya tujuannya buat tahu kekuatan motor Ducati. Tujuan akhirnya HRC mau komparasi motor mereka sm kompetitor biar tahu posisi mereka ada dimana dan bisa development agar motor mereka unggul. Itu sih.

      Guest
  5. Selama tidak melanggar aturan apa salahnya???? Toh yg namanya tekhnologi terus berkembang dan kalo ada manfaatnya yg signifan ….ya pake aja…

    #2018 GAKR (gitu aja kok repot)

    Hehe

    Guest
  6. Anjayyy pasukan Majapahit baru mau keluar wkwkwk..tp jangan lupa mandi dulu.ntar masih bau looπŸ€—

    Guest
  7. Ternyata muncul lg artikel winglet/aero fiariang….
    tp knp yg namanya winglet/aerofairing posisi wingnya disamping ? Klo emng berbahaya knp posisinya gg pas di moncong depan dibawah air intake ? Ya mirip rc200/390 lah lebih aman tp ya konsekuensinya ya mungkin dilihat bibirnya jd dower + monyong. Soalnya dianggap berbahaya karena klo ada kontak/insiden pasti yg bersinggungan dari samping jarang bgt nabrak ke depan

    Guest
  8. berharap inner winglet aero fairing dan sejenis d larang total saja sperti yg d usulkan ktm. tpi dengan d tunjuknya salah satu petinggi ducati sebga ketua MSMA, kok saya jdi pesimis ya inner winglet/aero fairing dan sejenianya bkal d larang total???

    Guest
  9. Paling yg d pake fairing sak jumprit..apalagi pedrosa nggk pake aero fairing aneh2..
    Cuma guyon aja test fairing bagi Honda grup

    Guest
  10. oot.. gerry salim di overlap 2x oleh can oncu, tatay dan salac ya di race redbull rookies jerez kemarin, gak tanggung2, dari 24 pembalap gerry finis ke 23 dengan gap 2lap dari top3 finisher. mlah van eerde lebih bagus dari gerry, melihat van eerde sih, kyaknya mario aji lebih berpotensi ketimbang gerry di ajang rbrc ini. pantsan gak ada d update wak hji hasil racenya, tidak memuaskan toh..

    Guest
    • Gerry di Eropa udah tuai kontroversi dari orangtua peserta RBRC karena udah ketuaan dan gak ada alasan konkrit kenapa masih di bolehin main di RBRC, mereka saking sensinya sampai bilang kalau anak kita udah ketuaan tinggal jadikan aja Indonesian citizen maka masalah (gak lolos RBRC karena alasan usia) terselesaikan. So far Gerry gak layak buat ikut RBRC, bahkan kalau dia disuruh ikut jalur seleksi pasti gak akan lolos.

      Guest
  11. Kenapa tdk diisi fairing di spakboard roda depan saja ya sehingga angin memberi tekan kebawah ke ban depan.. isi winglet kecil gitu kanan dan kiri..

    Guest
  12. duit duit duit yg bicara,sekali test 3 model fairing sekaligus..aje gile.mau di bikin kayak apa regulasinya ya tetep aja yg banyak duit yg bakal menang hehe.

    yamaha ketar ketir
    #2019rugibandar

    Guest
  13. Ducati yang pertama serius di winglet, tapi pada akhirnya Yamaha yang bentuknya paling banyak ditiru. Memang Ducati pioneer, tapi bentuknya kocak. Aprilia aja masih lebih elegan dan enak diliat walaupun akhirnya sekarang jadi mirip M1 juga. Mendingan segala bentuk wing dilarang aja, percuma unified software kalau endingnya tim2 besar buang duit juga di area lain

    Guest
  14. Penasaran: Winglet, sebagai piranti aerodinamik, baru akan optimal di kecepatan tinggi kan? Maka di kecepatan berapakah winglet yang mungil itu bisa mulai terasa manfaatnya?
    Ngebayangin di kecepatan setinggi itu masih bisa wheelie… the power…

    Guest
  15. Honda cuma becanda aja pake winglet, cuma buat psywar ke lawan aja, pada akhirnya tiap race tidak dipake itu winglet

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here