TMCBlog.com – Sobat sekalian, mendengar kata ‘Katana’ pasti sangat sangat identik dengan Jepang. Yes, salah satu pedang terkuat di dunia ini memang mahsyur di telinga kita. Tapi ketika disandingkan dengan merk Suzuki, kebanyakan orang Indonesia langsung mengingat mobil Suzuki Jimny Kayana yang populer di tahun 1990 an. Beda lagi sama yang ini, Suzuki Katana yang merupakan sosok Superbike legendaris Suzuki yang hiatus selama bertahun-tahun akan memulai debutnya kembali dengan memilih ajang Intermot di Jerman awal Oktober nanti.

Wait! Hiatus apaan tuh maksudnya? Hiatus itu istilah di dunia je-Jepang-an yang maknanya adalah suatu keadaan dimana sebuah karya akan berhenti atau diberhentikan dengan beberapa alasan. Nah Suzuki memang sudah sejak sangat lama banget tidak memproduksi kembali Katana. Dulu, Katana merupakan motor populer dengan beragam kubikasi mesin. Dan kini Suzuki akan membangkitkan Katana kembali dengan segala macam fitur modern dan teknologi canggih dengan desain futuristik namun kental unsur ‘Katana’ nya.

Sebetulnya sudah ada konsep yang Suzuki namakan Katana 3.0 sejak pameran EICMA Milan 2017 silam. Ya bisa dijadikan referensi awal cikal bakal all new Katana nanti. Lalu sejak bulan September 2018 ini Suzuki rutin menyebar video teaser berdurasi hanya beberapa detik. Dan kali ini TMCBlog mengambil gambar yang telah Young Machine hadirkan di laman website mereka sosok jelas bin gamblang sang all new Katana. Sok disimak Sob…

Dari potongan gambar video di atas gambalng banget kan sob model bagian depan samping hingga belakang. Asli! Mirip dengan Katana original alias jaman baheula, atau 40 tahun yang lalu ketika tahun pertama-tama Suzuki menjual Katana.

Bocoran sedikit nih, basis yang Suzuki gunakan dalam membangkitkan kembali Katana di tahun 2019 ini menggunakan Suzuki GSX-S1000 yang sudah banyak seliweran di jalanan saat ini. Dari sasis hingga swing arm yang terpantau pada video teaser memang sangat identik dengan GSX-S1000. Jadi ada kemiripan strategi yang dilakukan Kawasaki pada Z900 RS dimana motor dengan desain retro modern yang membalut sasis dan mesin motor baru. Smart..

Kalau untuk detil fiturnya sih belum ada info Sob, besar kemungkinan dan memang logis kalau fitur Katana nanti akan melebihi GSX-S1000. Tapi masih wajib menunggu sampai Intermot nih kita. Sebentar lagi kok.

Model fairingnya pun senada dengan Katana jaman dahulu. Namanya apa yah? Half fairing atau bikini fairing, kalau gak salah sebut. Hehehe. Dengan visor yang tidak tinggi, praktis hanya melindungi bagian panelmeter dan setang. Pada posisi Tuck in pun kepala rider masih tetap kena terpa angin ini sih. Headlampnya berbentuk kotak namun dengan dual cluster atas dan bawah yang sudah full LED. Keren!

Sabar buat sobat yang penasarannya sudah sampai ke ubun-ubun sama Katana ini. Suzuki menjadwalkan tanggal 3 Oktober 2018 (jika estimasi tersebut tidak meleset) dan insyaallah TMCBlog akan berusaha untuk mengabarkan secara update semua produk yang baru diluncurkan di pameran Intermot di negara Jerman sana. Sementara segini dulu sob sampai ada official specification sang All new Katana. Bakalan dimasukkin ke Indonesia gak yah sama PT. SIS?

Nugi TMCBlog

24 COMMENTS

  1. berharap yg 400 juga dibikin lagi,biar bandit 400 sekalian dihidupkan lagi,hehe
    kalo ga salah katana 250 4 silinder juga ada dulu,tapi kalo kumpul klub paling diremehin soalnya replika paling kecil kayak di bakuon lupa episode berapa 😂😂😂

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.