Bro sekalian, Yamaha Mio merupakan Satu skutik Yang cukup lama eksis di blantika market skutik Indonesia. Namun dari seklian lama motor ini eksis perubahan yang terjadi nggak terlalu signifikan, seperti contohnya (diluar perubahan dinamika striping :mrgreen: ) perubahan lampu penambahan ‘lampu smile’ di tebeng dan perubahan handle grip. Sampai sekarang pun motor ini masih menggunakan basis mesin yang itu itu aja . . . namuan YMKI sadar . ..  Brand Mio sudah semakin Mature . ..  namun ditengah hingar bingar market skutik yang kian berdarah darah, YMKI sepertinya berfikiran bahwa ini Brand Mio butuh Rejuvenasi (peremajaan )

Seperti kita ketahui bersama Life cycle suatu brand itu masuk terbagi menjadi 4 tahap Yakni perkenalan (introduction), perkembangan (growth), dewasa (mature) dan penurunan (decline) . . . dimanakan Mio berada, jujur wlaupun di paragraf 1 tmcblog bilang Mio sudah semakiin Mature, namun tmcblog belum merasa sudah cukup berilmu untuk menentukan dimana tepatnya letak life cycle time line mio ini . ..  Namun bicara Rejuvenasi, strategi ini bisa dilakukan baik saat growth, mature dan bahkan saat Decline . . . tujuannya untuk menjaga momentum agar Nama Mio tetap nempel di mindset

Namun menarik mendengar beberapa info bahwa sepertinya yamaha kembali membidik Wanita menjadi sasaran utama market dari MIO ini. Hal ini sebenarnya ngak heran, karena di saat awal awal Mio rilis .. .  skutik ini memang diperuntukan bagi kaum wanita .  . nah karena lebihd ari 5 tahun berlalu . . . Mindset skutik yang ramah wanita kian luntur . . . makanya butuh revitalisasi . . . pemberian energi baru sekaligus rejuvenasi seraya mengingatkan kembali bahwa MIO itu adalah Skutik Wanita. Bila benar demikian, sepertinya badan riset internal YMKI melihat bahwa sebenarnya ada potensi market besar dibalik kekuatan para wanita ini. Realnya Gimana Bro . . . silahkan cek deh . . . beberapa pekan yang lalu sebagai lanjutan dari Event Suka suka . . . Yamaha menggelar kontest Lady Mio . . . naaah klop kan? silahkan dikomentari dan semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

 

 

90 COMMENTS

  1. tampilan m teknologi mio msh pas d indonesia. Yg jelas mio sdg dlm fase mengeruk untung sebuanyak banyak y.untk matic low end dgn range harga 14 jtaan gk ad fitur lbh yg bs d harapkan. Rugi bandar klo pke fitur wah.

  2. Ymki sangat hati2 mengganti model mio, ga ada perubahan yang signifikan. Anehnya masih laku aja, padahal dari sisi manapun sebenarnya dah di wakili sama kompetitor. Desain, fuel consumption, bahkan harga. Jadi ymki sepertinya sebisa mungkin mempertahankan model mio sekarang ini selama mungkin, karena diversifikasi produk yang dilakukan seperti mengeluarkan Soul dan Xeon tidak berhasil menggantikan nama mio.

    Saya sih cuman saran aja, tolong lah benahin fuel consumptionnya, matik boros dah bukan alasan lagi. Kompetitor buktinya bisa ekonomis dan tetep bertenaga.

  3. Mio memang skutik wanita yg disukai pria (maksudnya wanitanya disukai pria).
    jawara skutik memang yg bentuknya mio style (imut) seperti mio dan beat.
    dinegara asalnya (thai) udah gak diproduksi. disini digandrungi. tinggal ganti mesin yg lebih modern (yg gak nembak kenalpotnya) udah rejuvenasi deh. ukuran jangan berubah. tetap oye maknyus. mio dilawan……..

  4. langkah pertama sudah tepat, kembalikan mio ke peruntukannya = wanita & ibu2 yg suka motor simple & manis, biar konsumen anak muda lain gak lari, keluarkan 1 produk entry level dgn bodi segaris beat (lebih menyiku& jangan nyontek) utk menarik konsumen beat, spacy gk usah direken

  5. menurut ane mio udah terlaku uzur untuk bisa bersaing di blantika permotoran tanah air.

    ibarat manusia, mio itu spt nenek2 renta yg dipaksa bedakan biar bisa bersaing dgn para abg. tetep aja rasa gak bisa boong…..!!

    di tempat ane aja populasi mio baru udah semakin sedikit.., malah klo ada yg bawa mio sering jd bahan ejekan temen2 kantor…

  6. rejuvenasi = peremajaan…
    setau ane kalo pohon diremajain biasanya di potongin tuh cabang2 yg “elek” biar trubus lagi dg cabang yg bagus. klo mio berarti dipotong: konsumsi bbm, bbrp body part, dan tentunya harga 😀

  7. @paton
    Tak lekang oleh zaman?
    Menyalahi hukum alam, coba saja pakai model yang sama 1 – 2 tahum lagi pasti akan ditelan zaman. Coba kalau YMKI berani.

  8. ada dealer resmi di surabaya yang bosen jual nih motor. Masak lima tahun gak ganti-ganti (kecuali spion, tutup knalpot dan tentu saja striping). Saking bosennya , sampe mereka datengin body Fino langsung dari Thailand. Body Mio dipreteli dan diganti baju Fino. Dijual seharga 16 juta, dan laku ….. Coba YMKI dulu brojolin Fino ketimbang latah ngeluarin betik Lexam ….. Sebuah kesalahan skala prioritas yang patut disesali !!!

  9. Mio dr awal emang menyasar pasar cewek, tp krn kencang malah yg cowok2 pd beli, abisnya skutik atpm sebelah lemot2 & full fitur “BLETAK!!!” sih, blom lg suara fairing oblak, mirip gerobak sampah 😀

  10. kl menurut ane sih yamaha udah semakin jauh ketinggalan dalam hal motor2 baru palagi kl ngebandinginnya ma honda yg notabene pelurunya sangat banyak….ayo yamaha bangkit dong kl ga mo bisnisnyaa ancurrrrrrr

  11. jgn kemakan isu, matik irit, selama masih karburator, gak ada namanya matik irit, rata2 sama, hahaha
    jajal vario,techno,beat,skupi,mio,mio soul hasilnya sama,
    boros semua, hahahaha

  12. yg tau benar adlh pengguna,
    Saia merasakan mio generasi pertama, mesin kurang oke buat harian, tenaga dapat jk gas agak tinggi, alhasil suara mesin rasanya kencen terus, ya boros gitu deh.
    Kemudian ambil mio smile 2008, posisi riding beda rasanya lho dg yg awal, jok bagian belakang agak lebih tinggi, lebih irit, mesin gak gerung tinggi kalau mau mulai jalan, dah oke.
    bulan lalu ambil mio lg, (september) bener2 gak kecewa, mesin sdh beda banget dg generasi awal, torsi didapat di putaran rendah, gas kecil aja dah gerak, tenaga besar buat nanjak walaupun gas rendah, jok bagian belakang lebih tinggi dr sblmnya, body kerasa lebih ringan utk handling baik mesin hidup atau mati.

    Saia bs bilang gn krn motornya ada semua disini dan bisa langsung dibandingkan

  13. rejuvenasi striping maksudnya? terus aja diremajain tuh striping sampe 2020 sekalian, sekalian pas peringatan pabrik yamaha tutup. udah 7 tahun kok ndak ada perubahan, udah gitu ngaku2 di depan lagi? HIDUP KAWAK!

  14. Legend matic tu BUKAN mio…, legend matic tu VESPA CORSA. VESPA CORSA adalah pelopor SCOOTER MATIC sejati di tanah air INDONESIA.. YG LAEN CM NGAKU2….alias palsu…

  15. kemarin liat cewek naik BeAt..
    stiker belakangnya ..”haloow Brothers..”

    mengartikan :
    1. kalo yang empunya BeAt adalah cewek..dan cakep juga ternyata
    2. cewek gak harus naik MiO
    3. wkwkwkw…

  16. matik memang pasnya dipake sama cewe, kelihatan lebih lucu & imut-imut (baik merek h ato y).. kalo liat cowo naek matik..

    huueeekkkk….

  17. 45. sapujagad – Oktober 5, 2011

    kemarin liat cewek naik BeAt..
    stiker belakangnya ..”haloow Brothers..”

    mengartikan :
    1. kalo yang empunya BeAt adalah cewek..dan cakep juga ternyata
    2. cewek gak harus naik MiO
    3. wkwkwkw…

    ======================================================

    Yang elo liat itu ladyboy bro hahahaha

  18. setuju aja klo untuk peremajaan, memang sepertinya mio ini skutik utk kaum hawa tapi desain yg dinamis jadi kaum adam pun ikut memakai, ini mungkin yg jadi daya tarik mio itu, wlwpun sudah ada mio soul yg pertama kali launching di peruntukan bwt khusus kaum adam tpi smpai skrg justru mio sporty yg dominan dlm penjualan, strateginya tetap menyasar kaum hawa sbnrnya sudah tepat dan mmg awal muncul kan mmg tuk perempuan dan skrg dah ada mio soul/xeon yg diperuntukan kaum adam.

  19. ymki emang hebat dalam penjualan skutik nya,,
    mudah2an skutik nya tambah bagus,,
    tetep bersaing dengan honda,,

    btw cakep2 ya cewek nya.. 😛

  20. 45. sapujagad – Oktober 5, 2011

    kemarin liat cewek naik BeAt..
    stiker belakangnya ..”haloow Brothers..”

    mengartikan :
    1. kalo yang empunya BeAt adalah cewek..dan cakep juga ternyata
    2. cewek gak harus naik MiO
    3. wkwkwkw…
    =====================
    Yang naik pasti cewek ABG, masak ABG mau naik matic emaknya?
    Yang naik mio cewek tuwek kan belinya tahun 2003.

  21. kalo gak ganti bisa senasib ama noki…

    alasan kenapa penjual nokia jatuh drastis!!!
    =========================
    kopas dikit isi artikelnya:
    =========================
    Ada dua pelajaran penting yang bisa kita petik dari drama kejatuhan Nokia ini. Pelajaran pertama : sang raksasa pun bisa dengan mudah jatuh. Dengan kata lain, mempertahankan kedigdayaan ternyata bukan hal yang mudah. Kejayaan yang bisa terus dipertahankan itu ternyata bukan taken for granted. Itulah kenapa kita mesti memberikan applaus kepada perusahaan yang selama puluhan tahun tetap bisa menjadi leader seperti Teh Botol Sosro, televisi Sharp, printer HP, sepatu Bata, Bank BRI, sabun Lifebuoy, dan lain-lainnya.

    Pelajaran kedua adalah munculnya apa yang bisa disebut sebagai innovator dilemma (tema ini diuraikan dengan amat mendalam oleh Clayton Christensen dalam buku best seller berjudul : The Innovator’s Dilemma: The Revolutionary Book that Will Change the Way You Do Business)

    Inti dari innovator dilemma adalah ini : para penguasa pasar itu ragu melakukan inovasi lantaran takut produk inovasinya itu akan meng-kanibal atau menghantam balik produk utamanya yang masih laku di pasaran.

    Dan dilema itu berkali-kali datang : dulu GM ragu mengembangkan mobil ukuran kecil lantaran takut justru akan “meng-kanibal” produk utamanya (akhirnya Toyota yang menang). Dulu Gudang Garam dan Djarum takut melakukan inovasi rokok mild lantaran takut akan menghantam balik produk utamanya (akhirnya Sampoerna yang datang). Dulu Honda ragu melakukan inovasi motor skutik (akhirnya Mio yang datang; untung Honda segera mengejar balik).

  22. Mio, skutik imut, manis dan feminin, Cowok naek mio?? Berarti cowok sok imut, sok manis, dan sok feminin…

    Mending Beat lah… Walau imut tapi Sporty desainnya…

  23. Mio modelnya emang ga bosenin,elegan mgkn itu yg disuka!Pnjualanya jg terhitung bagus utk produk yg udah lbh 6 th,org ga pduli boros,ga stabil dll karna twnya metik yg mio sbg pioner.Perkara mw regen itu urusan ymh.Sdngkn hon mampu bersaing dgn diferensiasi produk plus modalnya gede.

  24. umur meong liat dijalan2….klo dah lwt 3taon….wedeeew hrs nyiapin dana 5 jutaan untuk kmbl segar ….dijualpun agak susah…boroooos lagi……tp aneeh banyak yg suka…tapi rasaain luuu hihihi

  25. sy suka tersenyum..klo ada yg mengunggulkan prodak yamaha… padahal sy juga pake yamaha…waduuuh borosnya minta ampuun…. cuma kuat 1 taun….ane ganti merk lain

  26. @ pak lurah

    merk matic ap yg dipake bikin pegel n sakit pantat/bujurrr,orang sunda mode on. 😀 1.honda beat 2.yamaha mio

  27. Wanita naik MIO serasi dan pantas,tapi kalo cowok yg naik MIO gak ada pantas2nya……………………kurang macho.
    Beda banget sama BEAT,dinaikin pria dan wanita tetep aja pantes.
    BEAT motor semua golongan…………………………………………………

  28. Istilah REJUVINASI (peremajaan) biasanya dipakai pada perkebunan kopi, kopi yg sudah tua dan tdk produktif langsung dipotong miring kurang lebih 30cm dari tanah dg harapan akan tumbuh tunas baru dan tunas tersebut yg diharapkan utk peremajaan, daripada tanam pohon baru yg butuh waktu lama dan cuma tumbuhan kopi aja yg peremajaan pakai sistem seperti ini klu yg lain ganti pohon.
    Kalau MIO yg di rejuvinasi alias dipotong kira2 apanya??????

  29. ade gw cewe pake skywave putih, yang satu lagi skydrive biru, bini gw demenya spin gw sendiri skywave biru hitam, abang gw skywave merah hitam, motor pertama gw shogun 110 ’97, RGR 96, RGR ’98, smash biru, Satria RU120 2002, yg merek lain hysung RX125 2004, Mandiri Extreme 125 2009, ………

  30. @Tiger250: hahahah pede amat cowok naek beat lebih macho, klo cowok bocah cocok deh, tapi klo cowok dewasa jgn harap macho yg ada tuh motor dah kaya sepeda mini+dengkul mentok. dirmh pny keduanya, mio umur 3.5thn beat baru 6bln.mslh boros sama aja tuh. beat irit krn dibawa pelan coba diajak ngebut sami mawon kok.malah mio yg bs irit klo konstan diatas 55kpj.

  31. gila nih…fanboi……..koar2nya nomor 1 sama kayak merk sesembahannya. Untung masih ada beberapa komen bermutu dari para pemakai mio ditengah2 lautan koar2 kosong fanboi.

  32. peremajaan sgat dperlukan,tua renta n jauh dr ksan smkin didpan..hrusnya YMKI merefres smua produknya jgn smpe tagline smakin pasrah justru mlah kna dri sndri dgn prduk honda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here