Bro sekalian, mumpung lagi bisa online dan lagi ada semangat nulis . . . tmcblog update artikel rumor beberapa jam lalu yah . . . jadi gini bila memang itu Next Yamaha V-Ixion jadi menggunakan Sistem Close Loop, maka bisa jadi salah satu contoh yang telah mengunakan sistem ini secara empirik dan merupakan kerabat dekat mesin Motori minarelli V-Ixion adalah . . . sistem output gas buangdari Yamaha YZF R125 . . . cekidot deh gambar di atas (thks bro Kojek for the Pict)

mengenai sistem Close Loop sendiri bisa bro baca di artikel sebelunya . . . terlihat memang ada sesuatu yang nyantol di leher knalpot R125 setelah manifold . . . untuk hal ini memang benar . . . O2 sensor yang merupakan salah satu part penting sistem Close Loop umumnya diletakkan setelah manifold namuan usahakan sebelum Catalitic Converter . . . sebab apa? . . . kalo diletakkan setelah Kat-kon maka hasil pembacaan O2 sensor akan sia sia . . . bukan emisi hasil pembakaran, namuan emisi hasil pembakaran yang telah disaring oleh Katkon . . . padahal yang dibutuhkan adalah kondisi setelah pembakaran . ..  terlalu gemuk atau terlalu kurus . . . so apakah next vixion benar akan gunakan sistem Close Loop  . . .kita lihat nanti yaaa . . . siiip, semoga berguna

taufik of BuitenZorg

61 COMMENTS

  1. wow,akan terjadi perang teknologi,bakal rame pasar motor batangan ga cuma tampang jadi nilai jual tapi juga teknologi,ckckck marvelous

  2. paling ngga,
    susah ganti knalpot
    susah nyetting lambda,
    susah nyari piggyback…
    Yamaha berarti ngejar irit (tapi tetap kencang).

  3. Gak penting pake system injeksi model apa, konsumen pasti maunya power meningkat dan tambah irit….(Namanya juga teknologi)

  4. 6.
    Padahal suzuki shogun injeksiku sudah pake O2sensor. Berarti sudah close loop. Sayang di discontinue.
    Suzuki sudah duluan tapi sayang marketingnya kuarang rancinges jadi weh……! Melem pem tah

  5. @16. kantong kresek
    saya belum tahu efeknya kalo ganti knalpot . . .namuan yang pake sistem ini sudah sangat banyak, lintas brand, baik motor bebek, skutik maupun laki, cmiiw

  6. @Cah Ndeso
    bedanya ama injeksi hondut yg sudah step 4 = hondut ny NORAKKK aje ngasih nama ampe step-step gitu biar dibilang teknologi ny paling unggul, padahal dasar ny sama aja dgn teknologi yg diterapkan pabrikan laen.
    contoh:
    suzuka pada shogun 125i nya dan yamaka pada R125 nya.

  7. Btw njmx juga ada lobang baut di leher exhaust ny kang taufik??apakah ada kemungkinan akan d injeksi dan close loopkan juga???

  8. ha ha ha semakin dibahas teknologi baru semakin nama pabrikan Suzuki berkibar!!!! Kenapa??? kunci magnet yg pertama siapa? helm in yg pertama siapa? bebek rem cakram depan-belakang pertama siapa?? dll. Semuanya dimulai dari SUzuki….Pabrikan H dan Y, cuma bisa nyontek doang dan dipoles aja di marketingnya… kebiasaan nyontek waktu sekolah kaliii….

  9. kalau fungsinya makin irit seh g masalah , tetapi kalau cuma hanya gaya n boros bensin percuma booo, apalagi dengan harga BBM sekarang mahal mending yang aku pertahankan yang tiger aku boooo

  10. kalau fungsinya untuk irit n licah gpp seh broww, tapi klau cuma buat gaya n boros mending tetap cinta ama yang Gw punya Hondo

  11. ternyata cuman pembuangan ya?? terlalau di besar-besarkan aja! mesinya masih tetep yg lama,cuman body aja yg dirubah..

  12. kalau fungsinya makin irit BBM seh g majalah ehh salah masalah, tapi kalau cuma hanya gaya saja wah mending pertahankan yang gw punya Hondo,, udah mantap, keren n irit lagi..setujuh browww (taukan kalau sekarng BBM)

  13. ya mantep bener neh teknologi nya,,
    biar makin irit ya mas? cmiiw..
    *masi belom ngerti banget tentang kurus ato gemuk nya,, 😛

  14. Pasti berguna, buat yang sudah pakai motor tersebut……

    Hmmmm, teknologi yang semakin canggih aja….

    Hebat 🙂

  15. itu sih jalur AIS pak haji… dia belum closed loop kok… disitu letak bedanya cyl head vixion dengan cyl head YZF R125.. lubang AIS R125 bukan di cyl headnya..

  16. binunrider , Yapppp betul , sytem injection R125 masih sama seperti injection Vixion cuma penerapan lubang AIS ( Air Secondary System ) pada R125 itu ada di leher knalpot dan menuju intake yang berhubungan dengan alat AIS dan Box Udara, dan itu bukan tempat sensor O2 , sedangkan sytem AIS vixion ada di atas head Cylinder tepatnya di Cap atas tutup head Cylinder, secara fungsional sama saja fungsinya , yaitu sama2 menekan gas emisi agar standar Euro2 , karena secara wiring diagram Vixion maupun R125 atau R15 saya tahu betul seperti apa mekanismenya,semoga informasi ini tidak membuat bingung bagi vixioner, Salam : IWS Motor Sport ( Indovixion Work Station )

  17. ada kelebihan ada kekurangan nya juga ,emang yamaha bisa ngejar iritnya BBM juga yah…..??,harap bersabar aja dah bwt yang hoby modif lah kalo emang ne knalpot standar nya gak bisa diganti ma yang racing. 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here