460x110a-okt14

460x131REVSYOURBIKE

hargaPertamax

Bro sekalian, Pasca artikel perbandingan bensin oktan 92 oplosan dan pertamax 92 banyak banget pertanyaan ke tmcblog mengenai berbeda bedannya harga pertamax di tiap daerah .. . di jakarta sendiri hargannya berada di angka 9950 rupiah perliter sedangkan di daerah lain bisa berbeda seperti pada daftar yang dirilis oleh Pertamina via akun twitternnya ( silahkan klik gambar di atas ) . . . koq bisa beda beda? Kenapa tidak seragam seperti harga Premium? cekidot

440x100 (7)-nop

banner-mbtech-tmcblog

Pertamax dan Harga Pertamax plus memang tidak lagi digolongkan sebagai bahan bakar bersubsidi sehingga mekanisme distribusi dan hargannya memang benar benar sangat bergantung kondisi pasar . . . makannya jangan heran kalau harga minyak dunia naik, kedua produk pertamina ini juga ikutan naik dan sebaliknnya. Dan Bahkan bukan itu saja, harga pertamax / pertamax plus antara  spbu di satu kota saja bisa berbeda beda . Hai ini salah satunnya disebabkan karena kemungkinan salah satu SPBU berdekatan dengan SPBU kompetitor semisal Shell Fuel . . . so akan ada kebijakan perbedaan harga agar kedua produk pertamina tersebut bisa bersaing di sana . .

So bagaimana dengan alasan kenapa harga di daerah berbeda? . . . salah satu jawaban nya seperti dijelaskan oleh jelas Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Ali Mundakir kepada detik 1  “Harga premium dan solar sama karena disubsidi negara. Biaya distribusi ditanggung negara, bahkan ada di beberapa daerah ditambah bantuan dari pemda karena lokasinya yang sulit ditembus dan harus menggunakan pesawat, seperti di Jayapura,”  . . . dan perlu juga bro ketahui bahwa pasokan bbm ke jabodetabek menggunakan pipa dari Balongan, sedangkan ke beberapa daerah lain menggunakan bermacam macam moda transportasi seperti truk tangki dan kapal tangker seperti yang dijelaskan jppn 2 . . . nah mudah mudahan sudah jelas kayaknnya sekarang ya . . .

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

73 COMMENTS

  1. ooo…jdi memang harus beda-beda gitu ya harganya? terus kenapa ini di pulau kalimantan harganya masih 12000an..padahal di sini ada tambang minyak? kenapa harus di pulau jawa saja pertamax harganya dibawah 10000an ? Kenapa ?

    Guest
    • harga pertamax di bawah 10.000/liter bukan di seluruh jawa gan, cuma di jabodetabek. wajar sih kalo banyak yg iri ama jabodetabek, lha harganya g merata

      Guest
      • yupe, kmrn aja pas jalan2 ama anak istri, ada pertamini (pengecer premium) didaerah magelang yg pasang harga 10rb/1botol bekas topi miring.

        Guest
    • Tambang atau bahkan kilang minyak tidak semua nya bisa bikin pertamax. Bahkan banyak yang hanya bisa sedot minyak mentah. Lalu harus dibawa ke kilang lain untuk dimasak

      Guest
    • knapa harga beras ditiap daerah hampir sama? Misal beras jenis 64 dlm range 8500-9500. Pdhl tak ada subsidi pemerintah loh. Lawong pupuk subsidi aja dah dr dulu dihapus, dan misalkan ada yg disubsidi, jumlahnya sangat kecil & biasanya sbelum nyampe ke petani dah mampir dulu ke spekulan.

      Guest
  2. Nah seharusnya ada penjelasan kaya gini dong..
    Ane sih udh pikir begitu sih, mgkn krn premium disubsidi pemerintah, jd harganya seragam tiap daerah..

    Hampir aja ane mau masukin koran buat tau kenapa harga pertamax di tiap daerah berbeda..
    Tp udh dpt jawabannya lwt blog om opik 😀

    Ane di ambon, dan bener aja pertamax baru turun jadi 12.500 setelah kmren 13.100 dan 12.800

    Usul ane kalo bisa pertamax disubsidi biaya pengirimannya aja sama pemerintah, biar bs seragam..
    Kan ngurangin penggunaan premium jg.. Heheheeh..
    Usul yg ngawur mungkin yyah.. 😀

    Guest
  3. coba harga spbu asing diluar jabodetabek harganya berapa?
    saya sendiri pernah nemu spbu pertamina satu kota harga pertamaxnya beda -_-

    Guest
  4. ditempat saya Rp.12.500,-/liter pertamax mau harga minyak dunia naik atau turun gak ada ngaruhnya gan.. malahan tergantung hati sang owner… gak berani foto harganya min coz yg ngisi bensin galak2 soalnya… @Tabalong Kalsel

    Guest
  5. Laku nggak yaa kalo jual Pertamax eceran???Beda harga Jakarta dan daerah bedanya lumayan, ladang bisnis brooo..
    beli di Ibu Kota di Jual di daerah jawa

    Guest
  6. Bekasi gk ada ya??? Setau gw dulu itu bekasi selisih lebih mahal 100 dari jakarta pertamaxnya cuma spbu tertentu aja yg sama ky jakarta. Makanya klo di bekasi klo bisa mending isi shell karena harga dengan jakarta sama..

    Guest
  7. DiCilegon harganya masih 10600…. lebih mahal dari jakarta padahal letak kilang bbm nya hanya sejengkalan jari… klo gw liat ni harga politis banget coz biar orkay perkotaan besar pindah ke pertamax and orang pingggiran kaya aI tetep pake premium….

    Guest
  8. Tapi di Medan harga masih Rp.11.150 dan ini belum turun sama sekali…
    Dulu ketika masih ada spbu Petronas update harga cepat sekali ketika harga minyak dunia berubah, tunggu brp hari aja…
    Skrng shell sedang bangun spbu smog cepat selesai biar pertamina tdk jumawa dalam menentukan harga…

    Guest
  9. Aku pernah ngimpi ada BBM kemasan yg dijual bebas eceran tanpa harus beli ke SPBU. Apa bisa memangkas biaya kirim,Fik?

    Guest
    • yang saya tahu Usaha pengolahan Pertamina dilaksanakan di 6 Refinery Unit (RU) di seluruh Indonesia, yaitu RU II Dumai – Sei Pakning, RU III Plaju, RU IV Cilacap, RU V Balikpapan, RU VI Balongan dan RU VII Sorong.
      nahhh entah deh kayak apa proses distribusi dari ke 6Refinery Unit (RU) tsb ke kota kota di indonesia

      Administrator
      • itu yg lucu RU III Plaju itu di palembang.. tp dipalembang sendiri lbh mahal dibanding kota sekitar nya.. kalo alasan biaya distribusi ga masuk akal wak.. saya orng awam makin bingun masalah ginian

        Guest
  10. Siiiip deh, emang begitu harga jual di masing” daerah pasti berbeda, karena harga beli di tambah ongkos kirim.

    Guest
  11. Banjarbaru kalimantan selatan kemarin Rp12.000/liter
    Bensin eceran pinggir jalan Rp9.500-10.000/botol tepuk jidat ckikikik
    Kapan pertamax mudun meneh ?????

    Guest
  12. kl cm beda harga krn beda transportasi msh bs dimaklumi.
    Tp knapa harga minyak dunia dah turun, jakarta dah turun, kok daerah msh pake harga lama, sdg kl harga minyak dunia naik, maka seluruh indonesia serentak naik?

    Guest
  13. wah bersyukur neh tinggal di bogor,,
    harga bbm nya ngikutin jakarta,,
    btw kalo katanya premium ma solar ga di subsidi lagi,,
    harus nya naek turun nya ngikutin harga minyak dunia dong?
    sekarang kudu nya turun neh,,
    atau masih di monopoli sama mafia migas? cmiiw..

    Guest
  14. Terlalu Jompang perbandingan harga pertamax di Jakarta dan dijawa terhadap pulau2 lain, disini Kalteng pertamax masih Rp. 12300,-. Sumber daya alam disini dikeruk habis2an. Kapan pemerintahan pusat menyeratakan pembangunan khususnya Kalimantan dan Papua seperti di pulau2 utama di Indonesia….. Ah sudahlah………

    Guest
    • bener mas.. sama sebagai warga negara.. tp semua terpusat di jakarta.. dan yang menikmati sebagian besar di jakarta

      Guest
    • Nunggu semua gubernur Kalimantan ancem ga kirim batu bara ke jawa dulu baru harga bisa turun nih kayaknya. Kayak pas kemaren bbm langka, gubernur Kalimantan sepakat klo bbm masih langka ga bakal ngirim batu bara ke jawa. Hehehehe

      Guest
  15. What the heck is going on, pertamina, jkw, jk !!..
    Daerah penghasil minyak no.1 sekaligus ada kilangnya seperti Riau justru mesti bayar mahal ketimbang daerah yg cuma makek padahal miskin sumber migas.
    Ente semua sukses membalikkan migas rahmat tuhan bagi rakyat suatu daerah menjadi laknat.

    Guest
  16. Berbagi pengalaman wak…waktu ane bkrj donegri jiran malaysia,hrg bbm sama semua padahal Spbunya berbeda seperti mobile,Petronas,shall,Caltex dll,knp diindonesia harganya gk bisa seragam,dimlsy bersaing kualitasnya hrgnya tetap sama,coba cek lg wak haji klau lg jln” kesana

    Guest
  17. Pas terasa waktu mudik kemarin dari jakarta pertamax murah sampai di jateng sudah mahal, begitu juga harga pertamax di cirebon dekat kilang balongan kok hampir sama dengan jateng saat itu…

    Guest
  18. Pertanyaan simpel wak

    Di cilacap pusat pembuatan bbm jenis pertamax dan pertamax plus, secara distribusi paling murah, tapi harganya mengikuti jawa tengah, malah lebih mahal dari di jakarta

    Kira kira knp yah?

    Sama kek di cepu, dan lain lain

    Guest
  19. di palembang pertamax malah masih 11k lebih hrganya pdhal pertamina dket, ada di sungai gerong -_- dan dipalembang gak ada SPBU kompetitor ex shell dll.

    Guest
  20. skrng ada satgas mafia migas malah muncul harga pertamax yg selisihnya gede banget ga kaya bln2 sebelumnya. padahal harga minyak dunia turun 25%.. piye toh iki..

    Guest
  21. Beginian mah udah lamaaaa..

    Udah sejak taon 2006an kalo gak salah jaman pertamax cuman selisih 500 perak sama premium.

    Hayoo percaya nggak pertamax pernah selisih 500 perak doank.

    Saya sih percaya karena pd wkt itu saya malah beli yg pertamax plus, krn dibantu lebih irit konsumsi bbm hitung2annya jg hemat duit. Ane itung kalo selisih 500-1000 perak pake pertamax sama plus lebih hemat di ongkos.

    Nah jaman itu uda mulai diterapin harga pertamax yg berbeda beda di tiap region.

    Malah ada kebijakan kalo sbpu nya dekat sama sbpu swasta kyk total shell dkk sbpu pertamina kasih hrg disitu lebih murah dr yg lain.

    Fenomena bnyk bermunculan pertanyaan kok harga pertamax berbeda berarti selama ini masiiiih buaaaanyak yg mengkonsumsi premium dan nggak ngeh fluktuasi harg pertamax.

    Jd kalo skr harga pertamax yg berbeda-beda di protes menurut saya itu agak sedikit lucu.. lah selama ini kemana aja brow…???

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.