460x110

460x131-dec11

SCEM

Bro sekalian, kebutuhan akan semakin kerasnnya kerja mesin telah kemarin kita bahas dua kali dan membuat pabrikan terus berinovasi menemukan cara dinding liner silinder ruang bakar semakin durable, mendisipasi panas dengan baik, plus ringan. Dua Inovasi otomotif yang telah kita bahas kemarin adalah Spiny Sleeve dan DiASil silinder . . . nahh kali ini kita akan membahas kajian tematik khas tmcblog ketiga mengenai inovasi liner dinding silinder ini . . . namannya SCEM ( Suzuki Composite Electrochemical Material ) Yap memang namannya berbau pabrikan Suzuki  . . . Namun ada sebenarnnya nama paling umum dari teknologi SCEM ini . . . yakni NiKaSIl (Nickle-Silicon-Carbide) 1 . NiKaSil adalah trademark untuk proses pembuatan coating part mesin dengan cara electrodeposited lipophilic nickel matrix silicon carbide . . . Kayak apa sih si NiKaSil/ SCEM ini dibuat? apa kegunaannya ? . . . Cekidot mas brooo . . . tmcblog jelasin pelan pelan nih

440-x-100-beat-esp-long

banner-mbtech-tmcblog

Metode NiKaSil sudah mulai di perkenalkan mulai 1967 untuk memberikan lapisan pada liner silinder dan piston mesin mesin Rotari dari mobil . . . Kenapa dipilih Nikel – dan Silikon Karbida ??

jadi gini  . . . Silikon Karbida adalah salah satu jenis KERAMIK yang punya karakter sangat keras . . . kekerasan Silikon Karbida ini bahkan JAUH LEBIH KERAS dibanding kan dengan BAJA . . . Lho kenapa pilih silikon Karbida ?

nickel-electroplating

Karena Silikon Karbida bisa di lebur bersama Nikel. Dan Campuran yang ada Nikelnnya bisa di lapiskan ( di coating ) ke permukaan alumunium dengan cara electroplating 2 . Gak tau electroplating 3 itu apa? TMCBlog sudah kali beberapa link referensi, namun untuk gampangnya dikehidupan sehari hari cek deh para pe-nyepuh emas pinggir jalan . . . itu pake electroplating cmiiw

coatingprocess

nah kan hampir semua basis material silinder dan piston itu terbuat dari alumunium  . . . so electroplating permukaan alumunium dengan Nikel-Silikon Karbida akan menghasilkan dinding Liner silinder mesin jadi lebih keras dan durable . . . sangat keras sampai sampai kalau pistonnya terbuat dari alumunium biasa bisa bisa pistonnya yang kalah cmiiw

nikasil

Lihat gambar diatas, itu ketebalan coatingnya 10 -100 μm, dengan ukuran partikel silikon karbida hanya sebesar sekitar 2,5 μm . . . jangan maksain ngecek pake mata telanjang ukuran seginih, bisa kicer nanti , pake mikroskop baru kelihatan 😀 . . .  So keuntungan penggunaan SCEM/ NiKaSil ini apa sob :

  1. Karena masih menggunakan basisnya tetap menggunakan Alumunium maka daya hantar panas dan daya pelepasan panasnnya tetap tinggi
  2. Karena masih menggunakan basisnya tetap menggunakan Alumunium, maka bobotnnya tetap ringan. Suzuki hanya fokus di liner . . . cuma linernya doang yang dikasih lapisan coating
  3. Dulu teknologi electroplating NiKaSil cukup costly/ mahal .. .  namun Suzuki punya teknologi SCEM massal yang membuat proses NikaSil electroplating lebih murah

Namun jelas bro . . . teknologi ini juga punya sedikit lemahan, selain biasnnya silikon karbida yang punya sifat oleophilic . . . Juga terutama bro bro yang demen utak atik mesin bore up dan segala macem, karena membuat lapisannya nggak gampang dan lapisannya sulit untuk dikeletek .. . kalo piston sudah kalah mending ganti piston sekaligus RingPiston nya. Dan lapisan SCEM ini tipis ( ketebalannya biasanya berada di angka 10 -100 μm ) tapi cukup Kuat, saking kuatnnya, sulit untuk di Kolter ( bubut dsb)  . . . so ini lah teknologi silinder Suzuki, gak mau kalah sama pabrikan lain menyediakan layanan mesin durable untuk konsumennya . . . silahkan dikunyah kunyah kembali artikel tematis ini dan semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

 

 

85 COMMENTS

    • awas di jiplak sebelah lo ya… inget koar koar yang katanya teknologi paling cangih dunia akhirat JemenJetFi seting pake laptop, njeketek ambilk laptop tekan DELETE aka suntik mati masuk gudang Rhoembengan.. ganti jiplak PGMfi konvensional punya hon hon… skrng ganti mesin nh… maho maho…

      Guest
  1. dengan diacil maupun scem ini memang kuat……. untuk harian
    untuk balap kudu rela buang lapisan mahal ini
    https: //pertamax7.wordpress.com/2014/12/23/nih-ada-lagi-yamaha-r15-pakai-knalpot-kawasaki-ninja-250fi-tertarik/

    Guest
  2. Yamaha harusnya mikir juga untuk pakai nikasil, toh diasil cylinder juga tidak bisa dibubut walau alasannya lain, kalau dibubut jadi nggak awet..

    Kalau honda sih sepertinya lebih milih ngirit.biaya.

    https: //kupasmotor.wordpress.com/2014/12/22/aturan-kebisingan-berlaku-tidak-hanya-pada-knalpot-kita-bisa-protes-tentang-mesin-yang-berisik/

    Guest
  3. Dan lapisan SCEM ini tipis ( ketebalannya biasanya berada diangka 10 -100 μm) tapi cukup Kuat, saking kuatnnya,sulit untuk di Kolter ( bubut dsb)
    ======
    Apakah berarti

    Guest
    • selain keras licin jg bro ksulitan, klu bisa atau tidak ttap bisa, lha wg rumah pelor bearing aja bisa dibubut kok, trgantung mata bubut yg digunakan

      Guest
      • trimakasih pencerahannya, moga yg punya warung dan pembaca jf tahu. praktisi otomotif macam OM HRS wajib ngasih pencerahan buat kita

        Guest
  4. scem suzuki n nikasil honda mngkin bahan dasar sama ttp komposisi yg brbeda antara honda dg suzuki, hanya mereka yg tahu

    Guest
  5. jd bingung nih.
    Mesin thn 80 an ma mesin teknologi sekarang.
    Kayanya mlh awetan mesin2 thn 80.
    Tp dgn teknologi diasil,scem dn semacamy ,mlh mesin jmn sekarang mlh ga pada thn lama ya.
    Apa krna in reyen motor jmn sekarang yg ugal2an ya ,motor baru lngsung gas pol,angkut barang jd mesin cepet ambrol.
    Kalo orang tua dulu nyaraninnya .mtr baru ga boleh boncengan,ga boleh gas penuh. .ya jd awet mesiny

    Guest
  6. ane dulu punya astrea prima, silinder baja, teknology sederhana, oli mesran super biasa, tp larinya, awetnya, jempolan. melebihi mesin 110cc sekarang yg dg teknology mcm2. tanya knapa?

    Guest
  7. ane dulu punya astrea prima, silinder baja, teknology sederhana, oli mesran super biasa, tp larinya, awetnya, jempolan. melebihi mesin 110cc sekarang yg dg teknology mcm2. tanya knapa? ??

    Guest
  8. coba deh, wak haji..
    tes komparasi lebih keras mana dari ketiganya.. kayaknya seru nih!
    coba ketiganya dibubut, yg lebih kuat n anti gores yg mana.. 😀

    Guest
  9. mungkin tehnologi sekarang bisa lebih irit biaya, produksi, dan lebih ringan….entahlah, yang pasti jangan remehkan tehnologi sekarang….

    Guest
  10. kalo menurut saya : yahhh untuk spek yang diberikan oleh pabrikan pada dasarnya untuk kualitas harian, jadi memang wajar kl SULIT UNTUK DI BORE UP (yang di bold tadi lho), 🙂

    Guest
  11. tolong lah wak dikasih tau motor2 suzuki yang pake SCEM ini apa wak. herannya motor2 suzuki kok gak laku yah, apa karena gak da paket oversizenya, jd kalok silinder dan piston sdah gx layak mesti ganti blok silinder sama piston, mahal pastinya, terus kenapa blok silinder old vixi 3CI lbih berat dari blok silinder 1PA, tlong di jelasin ya wak haji.

    Guest
    • Coba bantu jawab ya
      Produk lokal Suzuki yg pakai SCEM: FU, Spin, Skydrive, Skywave dan Hayate. Yg lainnya blok silinder biasa.

      Guest
  12. Wak, request artikel plus minus dari teknologi silinder masing masing pabrikan dunk wak, ex: diasil vs scem etc. Honda vs yamaha vs suzuki vs kawasaki
    Skalian tanya klo geng ijo teknologinya gmn ya??

    Guest
    • setau saya yg ada diketerangan porduk, dia nggak pakek scem..kalo mau pakek MUNGKIN bisa gunakan silndernya skydrive tapi kbikasi jadi 125cc..tapi itu masih MUNGKIN lho…soale dari spek langkahnya sama seh..tapi nggak tau yg lain2 secara detailnya. kalau bisa asyik juga tuh bisa jadi address 125 by order 😀

      Guest
  13. semua pabrikan punya strateginya masing” buat nempatin teknologi yg ada pada produknya.
    semua teknologi itu bagus.
    jd sebenarnya bukan kehebatan dari teknologi itu sendiri, tp dari tepatnya strategi yg di pakai serta pasar yg di tuju.

    Guest
  14. Elektro plating tuh klo ga salah pernah baca dikoran waktu ulasan blok ninin 2 tak, seutas kawat ditengah blok terus dialirkan listrik puluhan ribu watt klo ga slh, terus kawat langsung terpencar & nempel ke blok silinder.

    Guest
  15. Does yojr blog have a contact page? I’m having problems locating it but, I’d liike to shoot you an e-mail.
    I’ve goot some suggestions for your blog you might bbe interested inn hearing.

    Either way, geat blog and I look forwward to seeing itt develop over time.

    Guest
  16. kata siapa yg kalah pistonnya 😀 …
    ane fu er … jika mesin sering d pake engine brake pasti gampang jebol tuh scem.
    ane ga pernah maen high speed.
    n ga pernah injek rem belakang.
    jd kampas rem belakang bisa di bilang utuh.
    tp blok seher sdah dol, blok bagian atas sdah aus/ renggang 1mm .. pemakaian baru 30ribu km

    tested on satria fu 2007 …

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.