460x110-23feb15

Banner-nmax-180215

vale-day2

Bro sekalian, seperti kita ketahui bersama 23 Februari adalah Hari pertama Test Official MotoGP yang biasa disebut Sepang 2. Dan seperti kita ketahui Valentino Rossi berhasil menjadi yang tercepat dengan laptime 2 menit 00,414 detik . . . Yap, masih 1 detik lebih lambat dari torehan waktu rossi sendiri di test sepang 1 dua pekan yang lalu . . . Pengetsan sendiri berjalan Baik, tmcblog sampai di sepang sekitar jam 12 waktu sepang dan kondisi track dikabarkan lagi ngeri ngeri sedap, yakni temperatur track mencapai 59 derajad celcius . . . mateng dah. Dengan Kondisi yang super duper panas dan lembab, disinyalir kerja Motor kurang maksimal dalam hal grip ban, so laptime tercepat diperoleh kembali di saat awal Test . ..  bagaimana insight masing masing masing team terutama Team factorynya?

440x100Feb15

banner-mbtech-tmcblog

Honda

Dani Pedrosa termasuk cukup cepat hari ini. Waktu tercepat dani adalah di 2 menit 0,543 detik . . . namun boleh dibilang hanya itu sekali sekalinya Dani menorehkan laptime di 2 detik pas  . . . lainnya dari total 52 lap, Dani menorehkan laptime mayoritas di 2 menit 2 detik. menurut Dani, Ia Tidak mencoba Part Baru di hari pertama ini, semua yang di coba berbasis hasil akhir Test sepang 1.

Dani Pedrosa juga sempat masuk Track dan mengetest motor saat Track basah dengan ban basah dan cakram rem depan Logam tentunnya. Laptime dani di Track Basah ini berkisar di angka 2 menit 13-15 detik-an

marquez-day1

Marc Marquez mengalami sedikit masalah di pengereman mas bro . . . di turn 4 (R4) sekali tmcblog menyaksikan Marc Marquez ngeloyor dan sempat masuk Gravel walau tidak terjatuh karena pengereman ban depan bermasalah. Laptime tercepat Marc hari ini hanya di angka 2 menit 1,190 detik . . . kalau dilihat dari segi konsistensi . ..  karena problem rem ini, Marc Marquez boleh dibilang nggak konsisten, laptimenya bener bener sangat fluktuatif. Marquez tidak turun di saat akhir test hari pertama yang di declare Wet

lor-day1

Yamaha

Yamaha Hadir di test Sepang 2 dengan modal Full Seamless Shift gearbox. Jika sampai di sepang 1 kemarin seamless gearbox M1 hanya di Upshift ( naik gear ke atas) maka di test sepang dua kabarnya sudah juga menyentuh daerah downshift ( turun gear ). Jujur aja, sulit mencari perbedaan fisik antara gearbox yang di sepang 1 dan dua . . . dari luar terlihat memang cukup mirip, mungkin bagian dalamnya yang beda bro . . .

hasilnnya Gimana? Menurut valentino Rossi M1 menjadi lebih stabil saat mau memasuki tikungan karena moment saat M1 downshift misalnnya setelah straight maka gejala back tourque harusnnya lebih minim lagi sehingga giop ban belakang bisa lebih bisa dikendalikan. Kepada Para Jurnalis yang hasid di sepang vale dan Jorge mangetakan bahwa mereka senang dengan hadirnnya full seamless shift gearbox ( SSG) ini dan membuat M1 sekarang lebih mendekati Performa Honda RC213V

M1-gearbox

” Rossi and Lorenzo happy with new full seamless shift gearbox. Both said M1 more stable on corner entry. Closer but still not at Honda level “

Rossi secara Khusus mengatakan bahwa hadirnya Seamless shift saat down shift bukan lah sebuah hal yang besar dan akan mengubah secara signifikan variabel hasil performa mesin ( dalam hal ini laptime) namun adalah sebuah ‘bantuan kecil’ yang hadir pada titik titik kritis Yamaha M1.

kalau bicara Kekonsistenan, valentino Boleh dibilang cukup konsisten meraih hasil laptime yang bagus . . . ada banyak sekali laptime Vale yang menorehkan angka 2 menit 1 detik-an, dan bahkan laptime 2 menit 0 detik -an sebanyak 3 kali. Vale juga turun disaat kondisi Track basah dengan laptime tebaik di sekitar 2 menit 16-17 detik.

aleix

Suzuki

Suzuki Boleh dibilang cukup mengagetkan hari ini . . . diam diam Aleix Espargaro memperlihatkan kekompetitifan perpaduan dirinya dan Suzuki GSX-RR . . . laptimennya berada pada posisi ke 4 hari ini, laptime dirinya bahkan lebih cepat dibanding Lornzo dan Marquez. Sepertinnya Suzuki sudah mulai fokus memperbaiki ritme Pace Balap GSX-RR nih . .. belum ada banyak informasi mendalam tentang suzuki Ini sob . . . besok deh di hari kedua

dovi-day1-sepang2test-3

Ducati

Nah, TMCBlog melihat sendiri  Ducati Corse dalam pada hari pertama ini menyiapkan dua motor untuk masing amsing Ridernya Yakni GP15 dan GP14,3. Dan kabar Baik yang ditunggu tunggu baik oleh team maupun pencinta ducati adalah, Penyakit turun temurun Yang ahdir di beberapa generasi Desmosedici GP series, yakni Under steer sepertinnya sudah hilang / berkurang secara signifikan

ian-day1-4

Dovizioso ketika ditanya tentang impresi pertama Ducati desmosedici GP15 adalah . . . Motor ini sudah bisa belok/ menikung dengan Normal. Andrea Dovizioso mengatakan bahwa Ducati telah megupgrade mesin sepanjang musim 2014 dan di 2015 ini Desmosedici menjadi semakin berpotensi bukan hanyakarena mesinnya yang memiliki erfoma, namun juga lebih mudah dikendalikan sekarang. Namun ketika ditanya kenapa Laptimennya nggak terllau bagus, Dovi menjawab bahwa Hari ini adalah masa perkenalannya dengan GP15 dan ia tidak memiliki banyak laptime. Doviziozo tercatat hanya melakukan 23 lap dengan hanya 17 Lap dengan laptime ‘ normal ‘

marco-1

Aprilia

Aprilia boleh dibilang hanya mengalami update performa yang kecil dan itu di amini baik oleh bautista dan Melandri sendiri. Namun yang menarik adalah Bila Di paddock bautista dua motor yang digunakannya menggunakan bentuk dan penampakan yang sama namun tmcblog melihat ada dua Motor berbeda di Paddock Marco Melandri. Yap walaupun dari mesinnya terlihat mirip, namun dari segi sasis dan fairing jelas berbeda mas bro . . . Bro bisa cek sendiri deh:

melandri-bike

melandri-bike3

Yap Air Ram Induction intake nya beda banget yan pertama ( sama dengan yang dipakai oleh Bautista) lubang air ram di tengah dan besar, namun di satu motor lagi ada dua kiri dan kanan, mirip dengan motor Fairing Ioda racing yang dipakai oleh Alex di angelis.

melandri-bike4

Motor dengan air ram intake ditengah menggunakan sasis seperti yang dipakai di test valencia ( dimana ada tambalan ) namun di Motor dengan air ram intake dua, saisnnya telihat baru. Laptime gimana? Bautista di Posisi kedua belas dengan laptime 2 menit 1,74 detik, sedangkan Marco Melandri menjadi juru kunci berbekal laptime 2 menit 4 detik pas . . . hmmm melandri belum langsung tune in atau sudah setengah hati nih?

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Pos     No     Rider     Bike     Time     Diff     Prev
1     46     Valentino Rossi     Yamaha M1     2:00.414
2     26     Dani Pedrosa     Honda RC213V     2:00.543     0.129     0.129
3     44     Pol Espargaro     Yamaha M1     2:00.876     0.462     0.333
4     41     Aleix Espargaro     Suzuki GSX-RR     2:01.055     0.641     0.179
5     99     Jorge Lorenzo     Yamaha M1     2:01.162     0.748     0.107
6     93     Marc Márquez     Honda RC213V     2:01.190     0.776     0.028
7     35     Cal Crutchlow     Honda RC213V     2:01.222     0.808     0.032
8     38     Bradley Smith     Yamaha M1     2:01.241     0.827     0.019
9     25     Maverick Viñales     Suzuki GSX-RR     2:01.317     0.903     0.076
10     4     Andrea Dovizioso     Ducati GP15/GP14.3     2:01.355     0.941     0.038
11     45     Scott Redding     Honda RC213V     2:01.592     1.178     0.237
12     19     Alvaro Bautista     Aprilia     2:01.740     1.326     0.148
13     8     Hector Barbera     Ducati GP14 Open     2:01.926     1.512     0.186
14     69     Nicky Hayden     Honda RC213V-RS     2:02.062     1.648     0.136
15     29     Andrea Iannone     Ducati GP15/GP14.3     2:02.142     1.728     0.080
16     9     Danilo Petrucci     Ducati GP14     2:02.225     1.811     0.083
17     17     Karel Abraham     Honda RC213V-RS     2:02.394     1.980     0.169
18     6     Stefan Bradl     Forward Yamaha     2:02.410     1.996     0.016
19     68     Yonny Hernandez     Ducati GP14     2:02.606     2.192     0.196
20     50     Eugene Laverty     Honda RC213V-RS     2:02.730     2.316     0.124
21     63     Mike Di Meglio     Ducati GP14 Open     2:02.941     2.527     0.211
22     43     Jack Miller     Honda RC213V-RS     2:03.006     2.592     0.065
23     51     Michele Pirro     Ducati GP14.2     2:03.105     2.691     0.099
24     76     Loris Baz     Forward Yamaha     2:03.316     2.902     0.211
25     T1     Katsuyuki Nakasuga     Yamaha M1 Test     2:03.337     2.923     0.021
26     15     Alex De Angelis     Aprilia ART     2:03.966     3.552     0.629
27     33     Marco Melandri     Aprilia     2:04.000     3.586     0.034

 

42 COMMENTS

  1. Motogp 2015 sepertinya seru nih Wak,,,
    Apa kekuatan dan kelicahan motor hampir setara,,,??
    Berarti skill pembalap yang akan berbicara nanti,,,
    Ditunggu informasinya yang lebih dalam Wak,,,

    -Thanks-

    Guest
  2. Hmm… markues mengalami masalah yang sama dengan yamaha alami tahun2 kmrn… tp kok pedrosa bisa ya? Wah…jangan2 markues sengaja gak full neh testnya… pas race baru dah habis2an… sip…ditunggu versi racenya..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.