460x110-23feb15

Banner-nmax-180215

Lorenzo-Michelin1

Bro sekalian, pada Hari terakhir Test MotoGP Sepang 2 seluruh waktu di dedikasikan oleh para pembalap untuk mencoba Ban Michelin yang akan mereka Gunakan di Musim 2016 nanti. Dan TMCblog  sudah mendengar dari saat Test Pertama Sepang 1 dulu dan Juga sepanjang test Sepang 2 bahwa Dorna tidak akan memberikan / memperlihatkan hasil laptime apapun dari pengetesan Ban Michelin ini  begitu juga team dan Rider mereka telah meneken kontrak untuk tidak bicara data apapun mengenai hasil Test Michelin karena pada dasarnnya sekarang ini DORNA masih dalam ikatan Kontrak dengan Bridgestone . . . Oke Pagi Pagi TMCBlog sudah ngebut mengendarai Motor Bebek Modenas MR dari Hotel di bandar enstek ke sirkuit sepang ( 5 km) , sampai di sepang Test belum dimulai . . . Langsung Jogging keliling sirkuit sepang . . . pas selesai Jogging, jam 10 pagi . . . test Michelin dimulai . ..  Buru Buru Mandi di Kamar mandi . . . bersalin / berganti baju dan siap meliput test Michelin ini

440x100Feb15

banner-mbtech-tmcblog

Dari Media Centre Langsung Ke PIT lane karena TMCblog masih memperoleh Area peliputan sampai PIT Lane . . . dan memfoto beberapa motor motor Yang menggunakan Ban Michelin . . . Berikut foto fotonya

Lorenzo-Michelin2

Tak ada tanda tanda Brand apapun dari Ban karet bundar bulat berwarna gelap tersebut . . . namun menarik melihat velgnya sudah dipersiapkan berwarna corporate Yamaha racing yang biru . ..  hmmm ini velg dari Yamaha atau dari 3rd Party . . . masih belum ketahuan

cal-michelin2

Gambar diatas adalah Ban nya Motor Cal Crutchlow . . . Tercatat di velgnya ada tulisan Marchesini racing . . . nahhh buatan Marchesini ternyata

cal-michelin

gambar diatas juga merupakan Ban dari Cal Crutchlow . . . ada tulisan Forged Magnesium  . . . weh magnesium yang di tempa nih  . ..  bukan di cor ya

Di satu jam pertama baik dari Honda maupun Yamaha Yang pertama keluar adalah Para test Rider . . . Yap The Texas Tornado Colin Edwards dan Horishi Aoyama sebagai Test rider Honda kembali terlihat di Paddock HRC maupun YFR . . . . . . sempat ketemu sama PR HRC yang dulu sempet ngobrol di bali . . . dan tmcbllog bertanya Velg apa Yang Honda Pakai . . . Beliau menjawab bukan Velg Kami . . . Oke setelah foto foto, kembali tmcblog ke media centre

Di atas Media Centre . . . Televisi televisi hanya menyiarkan video live pengetesan, tanpa live data laptime seperti biasannya . . . Yoooiii, keluarkan Ponsel Asus yang murah meriah ber RAM 1 GB itu . ..  hidup kan Aplikasi Ultrachon Lite untuk mengukur Laptime  . . . Pas Jorge Lorenzo keluar di sekitar jam 11 atau 1 jam setelah tanda waktu test dimulai  . . . TMCblog hanya mencatat sebanyak 3 kali laptime Proper Lorenzo  . . . dan berkisar di angka 2 menit 3 detik-an . .. Cekidot nih  hasil pengukuran manual tmcblog

jorge-laptime

Setelah Jorge Lorenzo . . . beberapa puluh menit kemudian Marc Marquez Keluar . . . laptime Juara Dunia MotoGP 2013 dan 2014 ini ada di angka sekitar 2 menit 1 detik koma sekian waktu tercepat, waktu terlambatnya sekitar 2 menit 2 detik koma sekian . ..

Lorenzo-michelin-crash5

foto : @crash_motogp

namun seperti Juga Test Michelin Sepang 1  yang menjadikan Sepang sebagai Theatre of Crash . . . Test Michelin sepang 2 Pun terjadi beberapa Kejaian Crash . . . yang pertama jadi Korban adalah Jack Miller , pembalap Rookie Open Dari LCR Honda . . . namun motornnya ringsek sedikit.

aleix-michelin-crash5

foto : @crash_motogp

Setelah itu minor crash dari Aleix espargaro  .  . waduh motor Suzuki nan cantik tersebut bocel bocel euuy

Lorenzo-michelin-crash6

foto : www.speedweek.com

Namun Yang paling Miris adalah Crashnnya Lorenzo  di speed Corner R3 . . . Lorenzo sendiri oke dan bisa berjalan sendiri . . . namun Motor bagian dekat jok yakni tangki bbm dan subframe coplok sob .  . weleh serem banget lihat akibat Crashnya

dovi-michelin-crash5

Foto @M_Turco

Beberapamenit kemudian setelah itu Giliran Andrea Dovizioso nlosooor sob dan Di tempat yang sama dengan Jorge Lorenzo yakni di R3 . . . Untuk Catatan Kejadian Crash dari sekitar 4 rider dari 4 pabrikan ini terjadi di R3 dan R5  . . . Yap saat Test Michelin Sepang 1 dua pekan Yang lalu . . . Crash terjadi di R5  . . .

R3 dan R5 di Sirkuit International sepang ini merupakan speed corner dahsyat  . . . karakternya hampir sama antara kedua Tikungan tersebut . . . Yakni sudut tikungannya sangat  lebar membuat rider terus akan open throtel di tikungan ini dan rebah serebah rebahnya . . . tmcblog di hari kedua test sepang 2 sempat hanya berjarak 5-10 meter doang saat memfoto Rider di dekar R5 . . . dan emang edan rebah banget para rider rider alien ini  . . . R3 dan R5 Sepang merupakan speed corner dahsyat menurut tmblog karena sebelum tikungan tersebut jalanan menurut tajam  . ..  ini jelas membuat rider akan dimanja untuk ngebetot gas sedalam dalamnya , terlebih juga karena mereka Tahu tikungan yang dihadapinya adalaah tikungan yang bisa dilibas dalam kecepatan tinggi.

2000px-Sepang.svg

Selain kasus 4 crash diatas . . . Rider lain seperti Marc Marquez menurut Michelin bahkan sempat melakukan simulasi race mnggunakan Michelin dan Michelin mengatakan hasilnya Positif karena tidak ada isu endurance/ ketahanan ban yang hadir saat dipakai Oleh Marquez. Namun tetap Bagi TMCblog ini adalaah catatan Khusus dan PR besar Buat Michelin .. . dari test 1 dan 2 sudah jelas terlihat  . . . ada sedikit masalah saat Rider ngeber ban ini di tikungan tikungan cepat . . .

grip roda belakangnya bagus . . . Namun beberapa rider kehilangan Grip roda depan sehingga penyebab utama dlosor adalah hilangnya grip ban depan.  So kenapa Rossi dan Marc Marquez nggak merasakan kehilangan grip ban depan saat ngelibas Fast Corner tersebut?  . . . hmmm ingat Marc Marquez punya riding style dimana posisi badannya dan bobotnnya maju kedepan sehingga akan menambah grip ban depan karena ban memperoleh gaya tekan lebih . . . ingat hukum fisika sederhana dari gesekan . . .

bahwa semakin bertambah beban/gaya / bobot, maka gaya gesek dalam hal ini grip ban akan bertambah. Rossi? Ingat, mulai dari 2014 Rossi mengubah gaya riding nya menjadi seperti Marquez dimana bagian tubuh lebih condong ke depan sehingga menambah / lebih mendistribusikan bobot ke arah depan . . . menambah grip ban depan juga . . . apakah benar gitu? ya ini hanya analisa tmcblog belaka . . .silahka dikunyah dulu yangan langsung ditelan mentah mentah sob

MVAI-Banner-1

namun atas beberapa kejadian Crash ini  . . . Michelin memberikan statement seperti yang dilansir Crash

Michelin say today’s falls were caused by difference in grip balance between front and rear tyres. High grip on rear caused issues with front. Cannot change bike set-up when testing tyres as everything but the tyres needs to stay the same to accurately compare different tyre options.

Namun tetep ahh . . . bahwa  jelas akan membuat Nicolas Goubert dan orang orang Michelin akan berfikir keras mempersembahkan ban terbaik untuk para rider alien ini sob . . . apakah bisa?  . . .masih ada waktu sob buat Michelin, namun yang jelas Bridgestone udah sesumbar bahwa tahun ini Mereka akan memberikan Ban ban terbaik yang mereka punya untuk Para Rider MotoGP . . . edan Psy war yeuuhh 😀  . . . silahkan dikomentari dan semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

 

 

 

56 COMMENTS

    • Gk di motogp gk di jlanan umum. motor Maho kesengol dikit udah prothol pateng pecotot. banyaknya kasus pigson baru dengan sock segede gaban aja kesengol metik honhon jadul langsung patah pateng pecotot pernya keluar.. Motor kwalitas krupuk Ya-Maho.. kl udah patah Yo MuooooooooooooooDhar..Moo

      Guest
  1. yang nggak boleh bicara cuma team sama pebalap kan ?
    http: //pertamax7.com/2015/02/25/confirmed-kawasaki-ninja-150-2t-setop-produksi-suntik-mati-juli-2015-ayo-di-borong/

    Guest
  2. Cengkraman ban depan bisa nambah bila sudut rake diperbesar, konsekuensinya mengurangi kelincahan di tikungan (IMHO)

    Guest
  3. Klo gak salah diameter velg beda 0.5 inch, klo d artikel d tulis hi speed corner, mungkin ada ngaruh dgn luas permukaan ban yg berhadapan dgn aspal. Klo ban 16.5 lebih luas d banding 17.

    Guest
  4. Abah kira dr komplain ban yg kemarin2…bridgestone sdh memang mau lepas dr motogp…
    ternyata namanya bisnis dgn ditaruhnya nama besar bridgestone baru melepas ban yg menurut mereka paling top buat rider alien…artinya sih gak rela jg bridgestone melepas bisnis bannya di motogp…heemmm tantangan nih buat michelin untuk membuat ban yg bisa memikat para alien. Semoga josslah buat michelin… kapan ya nemplok di motor abah… 😀

    Guest
  5. di Kamar mandi . . . bersalin dan siap meliput test Michelin ini

    wahhh mas haji lahiran di kamar mandi….kasihan banget….tapi persalinannya lancar to mas? anak laki apa perempuan?

    Guest
  6. Nampaknya marquez gak mnemui kndala brrti saat pke michelin, gak sperti predikisi bnyk orang yg bilang klo marc bakal gak kompetitif lg ketika beralih dr bridgestone. Justru mm93 dan repsol honda trlihat udh lumayan klop dg catatan wktu yg hnya sdikit lbh lmbat dari ban BS.

    Guest
    • Jgn salah, perubahan regulasi secara frontal justru akan lebih menguntungkan team2 dengan budget melimpah karena mereka bisa maksimal melakukan riset dan juga punya engineer terbaik jelas secara gamang bisa dibilang yang punya resource terbesar justru akan lebih cepat bisa adaptasi sehingga bisa bikin motor yg lebih kompetitif. Team2 yg budget terbatas akan bisa sampai di level itu tapi perlu waktu lebih lama. Itulah fakta yang terjadi di MotoGP.

      Guest
  7. sayangnya catatan waktu balapan tahun dengan Battlax ini tidak bisa dicompare dengan ban Michelin tahun depan karena regulasi sudah jauh beda

    *mau mbedain catatan waktu ya pas tes kayak gini 😀

    Guest
  8. berat halamann banyak jebakan betmen neeh…. iklan vario150 ,…. ngabis2in quota…. hadeeeh
    bob_acid_reflux.mp4 apa lagi tuuh

    Guest
  9. jdi apakah perlu ban blkg lbh keras 1 step, misal dpn soft blkg med, gitu jga depan med blkg hard, ga bisa sama komponen nya

    Guest
  10. menurut saya JL jatoh karena gaya riding style JL yang ngambil sudut paling tajam dari yang lain di tikungan 3

    Sepang turn 3 riding styles
    https: //www.youtube.com/watch?v=eDYt-o160yc

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.