460x110-maret2

blog-460x120-alt

tmc-sukamart-april2

rossi3

Bro sekalian, Sebelum Para Rider masuk Track Bridgestone merilis Berita via Twitter Bahwa Marc Marquez akan menggunakan Ban Extra Hard Pada race bersama Crutchlow dan Aoyama sedangkan Rider Factory Lain menggunakan Hard Tyre . . . Namun entah kenapa Tiba Tiba pada detik detik akhir Marquez dan team mengganti strategy tersebut, Marc Marquez menggunakan Ban Hard Tyre sedangkan Valentino Rossi Malah menggunaan Ban Extra Hard ( list pengguna ban ada di daftar bawah ) . . . hmm tercium bau bau Marc Marquez Mau Ngacir di awal nih dan memang terbukti . . . Marc Marquez Sempat memecahkan Record di awal plus Ngacir terus sampai bisa unggul 4 detik sampai di pertengahan race  . . . Namun kapan sebenarnya momentum dimana Valentino Rossi Bisa mulai mengejar Laptime Marc Marquez . . .  Cekidot di grafik Berikut sob  . .

440X100-hondamotorshow1

MBtech Riders-APR

Bro bisa lihat, di grafik bawah bahwa pada lap pertama Marc Marquez torehkan Laptime 1 menit 41,297 detik sedangkan Rossi ( gak keliatan di grafik) 1 menit 43,008  . . . Lumayan banget, Marquez sudah sejauh 1,8 detik lebih cepat  . ..  trus gimana ?

laptime-comp-race-Ros-Maq-a

Lap 1 sampai Lap 6 terlihat Marc Marquez memiliki Laptime yang jauh lebih tinggi dibanding Valentino Rossi . . . Yap saat kita nonton di layar televisi nggak terasa karena saat itu fokus kita valentino Rossi masih berada di posisi 5  . . . Pekerjaan Rumah VR46 di depannya masih banyak  untuk melewati 3 rider di depannya yakni Dovizioso, Iannone dan Crutchlow. Namun tanpa kita sadari saat itu Pace Marc Marquez sudah tidak seperi 6 lap awal sob . . . Cekidot deh di grafik atas

rossi6

Yap , di grafik atas Mulai  Lap 6 Laptime Marc Marquez ( warna Merah) mulai merambat naik yang artinnya tidak sekencang 6 lap awal . . . Lap 8-9-10-11 adalah lap amazin bagi Rossi  . . . ia naik satu tinggat per lap dari posisi 5 ke posisi 4 setelah overtake Iannnone di lap 8 . . . lalu naik ke posisi 3 setelah overtake Crutchlow lalu  dan terakhir naik ke posisi ke dua setelah overtake Dovi  . . . bahkan lebih edan lagi  . . . Valentino Rossi pecahkan record dengan Ban extra Hard ini  . . . it Just amazing ! . . . Nick Harris bilang . ..  ini orang 36 tahun riding sudah kayak anak muda 18 tahun . .. sangat menginspirasi

tyre-strategy-arg15

Bahkan Boleh dibilang Tanda tanda bahwa kecepatan Valentino Rossi mulai mengungguli Marc Marquez sudah terdeteksi semenjak Lap ke 11 ( cek Grafik)  . . . dan setelah itu sampai akhir dari proses Ngudak Marquez yang berujung Clash karena Marquez ngotot baik overtake Rossi sehingga Ban depan RC213V nya menyentuh Ban belakang M1 Laptime VR|46 tnggak bisa disamakan oleh Marc Marquez. Sudah Ban Nya berkompon lebih ‘lunak’ plus memang karakter RC213V memang butuh gaya riding yang ‘harsh‘  . . . jadi deh Ban tersiksa sangat, sehingga Laptime jadi korbannya

vale-tyre

Kesimpulannya Ada beberapa faktor yang membuat Drama MotoGP Argentina ini terjadi . . . Yang pertama karena memang pengalaman, performa, dan teknik seorang valentino Rossi yang sudah seperti dapat Puber kedua dalam race Motor, plus juga performa Yamaha M1 . . . yang selanjutknya tak kalah penting memang Strategy Pemilihan Ban yang tepat oleh Valentino Rossi . . . Ban dengan Strip Yellow memang untuk ValeYellow46  . . .

Pada artikel analisa terdahulu tmcblog sempat analisa bahwa di Sirkuit termas de rio Hondo semua Motor punya kans yang hampir sama . . . power nggak terlalu berpengaruh disini karena tipe Tracknnya yang flowing  . . .  Power Doesn’t Matter . . . But Tyre Does  . . . Yap disaat semua motor bererforma beti alias beda tipis, pemilihan strategy ban bisa jadi penentu. Selamat Juga Buat Bridgestone akan alokasi ban nya Yang benar bener tepat di MotoGP Argentina ini

rossi5

Baju Maradona artinya dalem banget . . . selain apreasiasi terhadap Diego Armando Maradona sebagai legenda pesepakbola Argentina  . . . namun bisa berarti  . . . ” Gue Lagi Incar gelar ke 10 nih sob ” hehehehe . . . semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

 

93 COMMENTS

    • secara nggak sengaja sih . . . kayak gitu jadinnya 😀 . . . soale ini ban di Lorenzo IMHO nggak terlalau mumpuni juga

      Administrator
  1. insipiring bener… di usia segitu. determinasinya ga kendor/
    menghadapi rival yang umur dan generasinya jauh di bawahnya.

    saya jadi merasa diingatkan dan digugah

    Guest
  2. Salut ane ama Kang Rossi… Sang legenda ini emang luar biasa.. Pantes dia sabar mo berumah tangga d tahan dulu. Rekor 10 kali juara dunia seperti kaosnya Maradona bisa tercapai tahun ini… TOP Vale

    Guest
  3. Stoner: “Your ambition outweighed your talent”
    Jokowi: “I Dont Read What I Sign”
    Marquez & Jokowi :#EH$%

    Guest
  4. Kalau di liat liat td malam, ditikungan tertentu, motor Honda rada slide, mungkin ini salah satu yg bikin boros ban, mungkin karna Crutclow pake extra hard jd salah satu faktor dapet pisisi rada mendingan posisi 3 IMHO

    Guest
  5. Bersyukurlah efbeye.. Krn ada rossi yg
    bisa selamatkan yamaha.
    Gak kebayang kl sama2 pake ban
    “hard”, entah ketinggalan berapa
    kecamatan tuh?
    Hehe 😆

    Guest
    • lha bukannya karena pake ban hard makanya si marquez bisa kabur di awal mas???
      team pabrikan kan punya dua pilihan ban, toh masing2 jenis juga punya karakter plus minus masing2..
      jadi jelas sekali strategi marquez pilih ban hard agar bisa ngacir duluan dan membuat gap sejauh mungkin dari rider di belakangnya namun konsekuensinya kan kencang di awal namun melambat di akhir
      sedangkan rossi pilih ban extra hard tentu dengan tujuan agar lap time yang lebih stabil, konsekuensinya lambat di awal namun mulai kencang di tengah di akhir,
      jadi semua berdasarkan strategi dan pertimbangan masing2 rider

      Guest
    • ya elah,, maap neh bukan fby saya,,
      tapi fbr,, fans boy rossi,, :p
      ga liat diawal2 tuh rossi urutan berapa?
      berapa lama dia ga bisa nyusul?
      ketahan2 mulu? liat marc dah ngacir dari awal,,
      kalo uda kalah ywd aja,,
      saya suka ma motor honda yamaha ducati suzuki aprilia,,
      rider jg saya dukung rossi ma mm,,
      kalo dah menang rossi ywd aja,,
      marc masih banyak kesempatan,, 😀
      sekarang waktu nya rossi juara dunia ke 10 dulu,, hehe..

      Guest
  6. Wah kl inget umur Rosi jd inget umur sendiri wak….
    pantesan umur segini bawaannya pengen kenceng aj….hwahahaha…

    Guest
  7. balapan motogp tahun 2015 kayanya bakal seru nich, kekuatan semua rider pabrikan hampir sama kecuali aprilia.. ducati konsisten banget ya wak udah 3x podium 2, rossi sama marquez paling berambisi untuk meraih gelar juara dunia 2015 sedangkan lorenzo musim ini penampilan nya kurang memuaskan masih dibawah bayang2 tim ducati.

    Guest
  8. yang katanya motor lemot,
    yang katanya motor memble,
    yang katanya motor jelek

    TAPI
    bisa memangkas laptime,
    bisa mengejar yg terdepan,
    bisa finish duluan…

    Guest
  9. Andaikata Marquez gak jatuh pun, Rossi Silalahi akan tetap juara melihat gap sebelumnya yang terus mengecil dengan Marquez

    Guest
  10. yaa… keliatan ya siapa yang pengalaman siapa yang newbie… balap ga cuma pake otot dan nafsu menggebu, tapi pake otak dan mental yg juara! mungkin ini makna julukan “The Doctor” sebenarnya…

    Guest
  11. horee,, selamat rossi,, 😀
    btw kalo dari awal rossi ga ketutup sama motor2 laen,,
    terus ga dari urut no 8,, sempet kesenggol ian cmiiw,,
    tuh yg bilang rossi ga ada apa2nya,,
    marc yg uda ngacir didepan aja bisa disusul,,
    mudah2an di race selanjutnya jg gt ya ros,,
    jgn cm awal2 aja,, 😀

    Guest
  12. Rossi, bakal jurdun, apalagi di paruh musim kedua, pasti menggila karna sirkuit cock dgn yamaha, ingat kah, san marino, motegi,sepang, philps island, mogello,.

    Guest
  13. keren yah rossi….walau gak nonton….dari cerita TMC aja dah banyak yg salut…..

    markes kayanyanya musti bersabar lagi, egonya masih mengintimidasi….kayanya tahun ini doi (mm ) bakalan berat buat jagain jurdu nya…seperti halnya rossi di 2010 dan stoner di 2012, tapi semoga MM punya spirit seperti Rossi, jangan kaya lorenzo ataupun CS27….tetep semangat….tenang para penggemar MM, roda berputar, mungkin tahun ini Rossi yang mecahin rekord ke 10…hehehe,,,, roda itu berputar kok…

    Guest
  14. yap! titel kesepuluh yg artinya dpt surat nikah …kasian morselli cuma dpt urat doang surat nya belom…kan ga dpt gono gini kalo ditendang rossi

    Guest
  15. Kalo do sentul pasti bukan ekstra hard. Tapi super ekstra hard. Plus di vulkanisir, soalnya kalo gak 2 lap ban udah abis, maklum aspal indonesia, selain di kenal kasar juga di kenal boros ban

    Guest
  16. Jagoku ndlosor gara2 terlalu bernafsu… rossi pancen joss. kelihatane balap seru sampek akhir musim. selamat buat rossi. ayo marquez bangkit lagi. Biar balapan seru n cucuk2an lagi… hehehehehehe 😀

    Guest
  17. race yg tak terlupakan dlm sejarah motogp,
    rossi setiap duel dg lawanya bak super hero kalah diawal menang di akhir , sebuah kemenangan yg penuh perjuangan

    Guest
  18. power doesnt matter wak?? hm, mgkin bner jg seh, buktinya suzuki jg bs d barisan depan waktu kualifikasi, n ducati juga gak trlalu superior atas yamaha. tp mgkin ada baiknya yamaha upgrade power lah dikit2,, stelah musim ini sukses mmperbaiki fungsi pengereman pada m1…
    kalau diperhatikan, musim ini yamaha memang ada kendala di pemakaian ban, pada balapan awal sprtinya yamaha butuh menggunakan compund ban yg setingkat lbh keras dari honda, smpai2 di seri austin, rossi nyempetin liat ban depan marques stelah selesai balapan. pada seri argentina, MM jg mncoba settingan ban extra hard, tp spertinya kurang cocok dirasa jadi balik pake hard. compund extra hard juga tidak selalu ada di tiap balapan, bridgestone menyediakan opsi extra hard emg krena sirkuit argentina cukup abrasif pada ban… sedangkan ducati sepertinya tidak mempunyai akses ke kompon ekstra hard, apa benar begitu wak?

    Guest
  19. Honda Vario 150 mengalami kesalahan produksi :
    Selamat pagi
    Salam satu
    Dealer Honda TDM KALIANDA
    Bpk/ibu mismawati sehubungan dgn adanya pengecekan untk kendaraan bermotor khusus VARIO 125 DAN 150 bpk/ibu untk surat undangan pemeriksaan nya bisa diambil didealer Honda TDM KALIANDA.
    Terimaksh

    Guest
  20. Wak haji, kalo liat replay-nya pas angle dari depan, sebelum ban markes nyium ban m1, kok om rosi nengok ke belakang dulu ya, jangan2 sengaja jatuhin markes tuh hehehe,,,
    But salute to om rossi, what an epic race!!!

    Guest
  21. Brrti mtgp kali ini…atau spesifiknya di seri yg ini….semua mtr nggak ada masalah ban lg kayak musim2 sebelumnya…yg mana ban musim itu cocok hnd drpd ymh atau jg sebaliknya. Jd sekarang tinggal strategi milih mau pake compound yg mana.

    Dan…strategi rossi serta skill dan pengalamannya telah menampar banyak org yg udah meremehkannya….mantaapp.

    Hahaha

    Guest
  22. Maap yaw saya bukan FBY tp saya adalah FBR..FANS BOY ROSSI..jadi saya super salut sama legenda hidup satu ini..king of 2 wheel..makany rossi dpt gelar S3 (Doktoral) dalam bidang balap..hehehe..
    Sekali lagi saya FBR..
    Ya*#HA dan FBY mah kelaut ajah…ups!!!

    #RevsYourEgoblok25…

    Guest
  23. ndang menang terus, ndang juara meneh, ben ge ndang rabi, ojo kelon tok.. mbah ross… (ayo
    menang terus, ayo juara lagi, biar buruan nikah, jangan ng****t doang.. mbah ross)

    Guest
  24. ban depan duo suzuki medium.. mirip ama lorenzo..
    tuh ngaruh kali ya…
    cuma bagus diawal trus langsung ngedrop

    Guest
  25. Ajib lihat marc marquez
    Beginilah yang namanya rider sejati
    Dengan kondisi ban yang sudah kalah dari Rossi tapi tetap pantang menyerah

    Meskipun melakukan kesalahan tetap sportif dan berjiwa besar tanpa mengeluh menyalahkan dan cari alasan .

    Maju terus Marc …
    Bravo Honda.

    Guest
  26. Selamat buat VR 46.. Mimpiku semalm jadi nyata rossi juara gp argentina, eeh pas bangun pagi liat kotak masuk @mail ga bisa di buka sampe sore hari tadi hampior semua mengeluhkan jaringan di area kota Jayapura lg “Maintenace”.. Tapi akhirnya malam ini bisa buka juga.

    Guest
  27. kegoblokan Marquez ada dia mengunakan ban HARD dengan gaya “sliding” al hasil yo ban nya BROCEL-BROCEL lebih parah lagi marquez jugak BROCEL-BROCEL juga ketia nyalip “mbah rossi”…… orang jawa bilang “KUALAT KARO WONG TUWO”………

    Guest
  28. rossi the doctor semua orang dah tau..saatnya rossi menjadi the director..karena kehebatannya memberikan tontonan yg menegangkan & menyenangkan d motoGP..

    Guest
  29. Kalo liat rossi balapan kenapa enak banget di liat ya padahal semua pembalap sama..
    Apalagi pas bagian overtake d tikungan kaya’a asoy banget di liat..
    Kalo rossi ampe pensiun gimana nasib motoGP ya…….

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.