460x110-sep

Indonesia-road-racing-championship

iridium

Bro sekalian, 2 oktober lalu Juara MotoGP di dua pabrikan berbeda Ducati dan Honda, Casey Stoner masuk rumah sakit dengan diagnosa penyakit Ginjal setelah mengeluh sakit punggung yang dideritanya saat melakukan olah raga bersepeda. Casey Stoner mengklarifikasi bahwa bukalah bersepeda yang menyebabkan penyakit Ginjalnya . . . dan 4 Oktober ini Stoner dikabarkan sudah bisa pulang kerumah . ..

banner-440x100-v110

MBtech Riders-APR

casey

Casey Stoner ngetwit di akun officialnya : “ Out of hospital today! One of my kidneys was swollen and only working at 35% but seems to be getting better, still not sure why it happened ” atau kalau tmcblog boleh artikan bahwa terjadi pembengkakan di ginjal suami dari Adriana ini dan hanya berkerja sebanyak 35% saja dan berangsur membaik  . . . Untuk sementara belum diketahui apa penyebabnya . . . hmm mungkin Casey Stoner kurang banyak minum air putih nih . . . get well soon and going fishing again mate  . . .

Struktur-Ginjal-Manusia1

mengenai cara menjaga dan mencegah penyakit ginjal ini sedikit tmcblog kutip dari RSIY PDHI sob :

  • Minum air putih dalam jumlah yang cukup yaitu 6-8 gelas sehari.
  • Bila pekerjaan seseorang cukup berat, terpapar panas terus-menerus dan menghasilkan banyak keringat, dapat menimbulkan kekurangan cairan (misal : tukang bangunan, tukang masak, olahragawan), sehingga jumlah air yang diminum harus lebih banyak lagi untuk mengganti kehilangan cairan.
  • Selain itu hindari minuman yang banyak mengandung zat pewarna sintetik dan zat pengawet yang dapat mengganggu kesehatan ginjal.
  • Hindari kebiasaan menahan keinginan untuk buang air kecil yang dapat menimbulkan resiko terjadinya infeksi saluran kencing. Infeksi saluran kencing bagian bawah yang tidak tertangani dengan baik akan naik ke saluran kencing bagian atas (ginjal) dan lama-kelamaan akan mempengaruhi fungsi ginjal.
  • Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor resiko terbanyak terjadinya gagal ginjal. Oleh karena itu tekanan darah harus terkontrol dengan baik (< 140/90 pada seseorang tanpa komplikasi dan < 130/90 pada seseorang dengan komplikasi penyakit lain).
  • Kurangi konsumsi garam dan jauhi makanan-makanan olahan. B
  • agi penderita hipertensi harus rutin minum obat anti hipertensi. Jangan takut menderita gagal ginjal karena setiap hari harus minum obat-obatan anti hipertensi, seperti yang diyakini kebanyakan orang. Justru tekanan darah yang tidak terkontrol itulah yang akan mengakibatkan kerusakan pada ginjal.
  • Penyakit diabetes mellitus (kencing manis) merupakan salah satu penyebab terbanyak gagal ginjal selain tekanan darah tinggi. Kadar gula yang tinggi terus menerus akan merusak ginjal sehingga penderita diabetes mellitus selain harus memeriksakan kadar gula darah, juga perlu melakukan pemeriksaan urinalisa maupun pemeriksaan fungsi ginjal (ureum dancreatinin) secara rutin.
  • Obat-obat nyeri atau antibiotika dapat bersifat nefrotoksik (meracuni ginjal) apabila penggunaannya tidak rasional atau dalam jumlah dan dosis yang berlebihan. Oleh karena itu konsultasikan dengan dokter apabila kita memerlukan terapi obat.
  • Hati-hati sekali terutama pada seseorang yang sudah terdiagnosis gagal ginjal untuk pemberian terapi obat-obatan agar tidak memperburuk sisa fungsi ginjal yang ada.
  • Menjaga pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, berolah raga teratur, menjaga berat badan ideal, tidak merokok maupun minum alkohol, dan menghindari stress akan menjaga kondisi tubuh kita sehat dan bugar secara keseluruhan, termasuk kondisi organ ginjal yang kita miliki

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

44 COMMENTS

  1. Sebagian rider kan punya beberapa sponsor minuman berenergi macam :

    1. Redbull
    2. Monster
    Dll.

    Nah, kemungkinan para rider sering konsumsi minuman tsb. Tanpa diimbangi asupan air putih. Mungkin itulah salah satu penyebabnya ‘wak

  2. jus seledri wak bisa buat bersihin ginjal & menurunkan kolesterol cocok jg buat diet sehat.sdh sya buktikan hasilnya 1bln trun 4kg

  3. Brngkali meminimalisir minum obat kimia jg bs berperan menjaga ginjal. Beralih ke yg alami tp perlu ckp ilmu atw informasi
    Minum air jg jgn smbil berdiri, tp duduk
    Bg yg pnya kantung mata bawah tebal/bergelambir jg hrs hati2. Tnd ginjal bermslh..bs krn bnyk konsumsi obat kimia
    Hindari minuman yg pahit krn
    membebani ginjal
    Hindari aktivitas monoton spt mnyetir lama, berkendara, duduk..usahakn istirahat dgn ganti aktivitas lain.

  4. MM cedera gara-gara sepeda. CS sakit habis main sepeda… Hmmm pebalap motor sama sepeda nggak cocok kayaknya…hehehe. GWS buat semua, termasuk pengunjung warung yg sedang sakit.

  5. gak gitu juga brooo..
    misal di era gp two stroke, banyak yang disponsori pabrik rokok.. apa iya rider-nya kudu “nyetun” juga..???
    aya aya awewe ente bro.. 😀 😀 😀

  6. sayangi ginjalmu
    – perbanyak minum air murni(bukan air mineral)
    – kurangi makanan yg mengandung bahan kimia.
    – jangan terlalu gampang minum obat
    – air seni jangan sampai kuning

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here