460x110-sep

460x110 IWB

Y P 440

KTSM HONDA_ (2)

Bro sekalian, Lumayan out of The box juga melihat Honda ( AHM) membantu memberikan bantuan dana awal wirausaha kepada calon wirausahawan muda berprestasi Jebolan SMK Otomotif  binaan mereka . . . logikannya, Jika ada lulusan yang berprestasi, mindset pemikiran kita adalah , personal tersebut akan tarik ke jaringan perusahaan yang membinanya. Lha ini malah disokong guna membangun usaha sendiri yang secara logika bisa jadi kedepan bakal jadi ‘saingan’ dari bengkel resmi  . . .

Web banner beatskoolfest

MBtech-Riders-nop30

440x110 5

Namun itulah yang terjadi, adalah Mas Ahmad Muhibbuddin yang juga merupakan Deputy Head of Corporate Communication AHM diberitakan memberikan donasi seperangkat tools dan sarana bengkel guna pengembangan lebih lanjut usaha perbemgkelan yang dirintis Dedy Adi Candra (21). Dedi ini adalah lulusan SMK otomotif binaan AHM yang memiliki bengkel usaha sendiri di bengkel kecil yang menempati rumah orangtuanya di daerah Gempol, Pasuruan dengan peralatan dan modal seadanya. bengkel yang dirintis Dedy mampu melayani servis 150 sepeda motor Honda per bulan. Selain itu Juga bengkel Mas Dedi ini  juga memberi kesempatan alumni SMKnya untuk bekerja di bengkelnya. . . . Berita resmi yang lebih lengkap silahkan sobat bisa baca di ringpiston

Buat TMCBlog ini terlihat out of the box karena serasa seperti AHM ‘ membesarkan anak Macan’  yang suatu saat bisa jadi akan mengancam keberadaan Jaringan usaha bengkel resmi mereka  . . .

AHM_dedi2

Saat tmcblog sodorkan kalimat’ membesarkan anak macan’ ini  Mas Muhib langsung menjelaskan kepada tmcblog bahwa: ” Kedepan, Wirausahawan muda seperti dedi ini ( dan bengkelnya ) akan terus jadi mitra binaan AHASS mas , Secara Bisnis akan jalan bareng dan saling memperkuat ” . .. lebih lanjut dan lebih teknis mas Muhib menambahkan ” AHASS dengan supervisi Main Dealer akan bertugas mengajar dan mentransfer knowledge teknologi baru dan management bengkel. Lalu Belanja sparepart dari Bengkel Umum binaan akan diarahkan ke AHASS

Namun jika dilihat kebelakang, Ini sebenarnya  adalah salah satu contoh yang Manis dalam hubungan simbiosis mutualisma hubungan bengkel resmi ( AHASS ) dan bengkel umum binaan mereka . . . bengkel umum biar bagaimanapun punya kelebihan dalam hal sentuhan personalitas kepada pelanggan dan daya aksesnya yang luas dan kadang bisa menjangkau kawasan Remot nan-terpencil . . . Akses remote ini lah yang bisa diandalkan Honda demi memastikan adanya pelayanan kepada konsumen mereka di tempat yang terpencil, membangun jaringan bengkel baru ditempat yang remote tentu harus banyak pemikiran mengenai aset, revenue, sdm . . . tentunya lebih costly dibandingkan dengan bersimbiosis mutualisma dengan bengkel binaan di tempat tersebut . . . hmmm silahkan dikomentari sob . . . semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

42 COMMENTS

    • Lebay wak. Noh di bengkel after sales aja isinya pada sparepart yamaha, aksesoris yamaha semuanya di jual.

      Makanya bengkel dipinggir jalan males jualan aksesoris honda. Coz ga laku.

  1. IMHO: Sangat2 mutualisme kang. Bengkel adalah Aftersales yang harus bisa support sales (sbg Prioritas main bisnis).
    AHM smart dengan menjaring bengkel umum. Next akan muncul mindset di masyarakat Motor Honda gampang perawatannya (all bengkel bisa). sama ky skrg beli motor Honda untuk investasi (Resale Value) itu mindset yg ingin ditanamkan.
    Pendapatan Beres pasti berkurang… tp scara Brand Value akan lebih bagus. toh Dealer itu jual Motor, bengkel it just aftersales (Support Bisnis).
    IMHO, CMIIW

  2. Honda menjalankan lock in technology ke pelanggan dan bengkel harapannya menaikkan penjualan pada akhirnya. Masyarakat mudah menyervis motor nya dan mendrive out kompetitor …

  3. Kenyataannya kalo kita udah punya langganan benkel non resmi yg kita percaya.. AHASS cuma buat formalitas agar garansi gak angus..karena ud bukan rahasia lagi beres hanya target oriented bukan cs oriented lagi..

  4. Langkah AHM Itu Very Goood

    Gak Kayak Sebelah (Yamaha) Assseeeeemmmm….

    Yamaha plus FBY Modar aja daaahh

  5. kalo bengkel2 umum lihai servis motor honda maka harga jual seken motor honda juga stabil.. karena kebanyakan org beli motor pasti mikir harga seken nya, kemudahan menservis dimana saja, spare part melimpah.. itulah strategi honda buat menggenjot penjualan..

  6. Bengkel umum itu punya segmen market sendiri kok, kapasitas layanannya juga nggak akan setara AHASS, jadi AHM (AHASS) nggak akan merasa tersaingi.
    Justru dg dirangkul spt ini, bengkel umum malah akan jadi perpanjangan tangan bisnis spare part, dan servis motor Honda yg sudah lewat masa garansi (dg harga yg lebih murah)

  7. Ini lebih asyik dibanding tahun 90 an yg lalu dimana om saya udah buka bengkel bertahun2 dan karena ramai pasien akhirnya baru du lirik ahass..maju terus sdm indonesia

  8. ngomong2 soal macan,,
    artikel tentang bangunin macan ga lanjut mas?
    malah ngomongin besarin anak macan nih,, hehe,,
    lanjut dong artikel yg bangunin macan mas,,
    lebih seru kynya,, hehe..

  9. Kalo belanja sparepart dari AHASS trus mau dijual berapa? Kl pemilik Honda udh tau, bandrol spareparts di AHASS itu lebih mahal daripada bandrol di katalog harga suku cadang di Web astra Honda, harga di katalog yang sesuai itu hanya kalo beli di jaringan ahass Astra Motor belum ongkos jasa pemasangan yg harganya tak seragam.
    Sedangkan bengkel umum gk mau cash flow lambat, dan mereka lebih untung jualan spareparts fast-moving KW yg lebih murah, disukai konsumen dompet tipis dan untungnya bisa 2—3x lipat meski kualitas dibawah HGP

  10. Imho
    Tujuan jangka panjang, menanamkan mindset bahwa honda itu mudah perawatannya, bengkel umum juga bisa servis, gak harus jauh ke bengkel resmi yg kadang cuma satu sekabupaten, dan tentu saja tidak mungkin tidak ada imbal balik dari orang yg diberi bantuan, minimal dia bakalan gencar mempromosikan ke pelanggannya bahwa honda itu bagus, baik, joss, dll…

  11. AHAS tidak akan mampu menghandle perawatan motor honda dan bengkel umum pasti akan tumbuh.
    daripada bengkel umum tumbuh liar ya mending diarahkan.

  12. ini sih ada strategi bisnis terselubung wak: hehehe

    1. mutualisme: secara tidak langsung tujuan utamanya adalah untuk membantu menjual sparepart original, coz bengkel umum yang dapat bantuan, secara psikologi merasa harus memiliki kontribusi ke AHM yaitu jualin produknya (kasarnya si AHM udah bantuin gw, so, sini gw bantuin jual sparepart asli AHM, toh gw punya bengkel trus kembali ke konsumen, mau sparepart asli apa KW nya)

    2. melihat betapa murah dan mudahnya jasa pengiriman barang jaman sekarang.

    3. ketimbang membuat bengkel AHASS yang cukup memakan waktu dan pembuatan izin yang sangat complicated (tau lah ini negara) dan biaya yang ga sedikit, belum lagi mantenancenya, taukan arahnya kembali ke point pertama/pangkas biaya operasional

    4. sebenernya ini sih yang agak menguntungkan buat konsumen, taukan ada oknum2 bengkel umum yang mengakunya jual sperpart asli, nyatanya KW, ya mudah-mudahan bisa mengurangi hal tersebut.

    5. sekarang udah persis lah kayak ind*mart/Alf*mart dgn bengkel umum. bedanya cuma produk yang dijualnya, apalagi kalo tuh bengkel memang bener2 punya image 11-12 bengkel resmi (karena jual produk original) yah secara konsep bisnis cukup membantu juga tuh bengkel, dan secara perawatan motor akan seperti standar bengkel resmi karena dibantu oleh AHM.

    6. ketimbang ngandelin secara online (kayak Laza*a/Mataha*com dll), toh konsumen akan kembali ke bengkel untuk memangsang sparepart ke kendaraannya (jadi ribet). Mendingan menjadikan bengkel2 umum jadi reseller sekaligus pemasangan (simpel), namanya reseller toh si bengkel umum pastinya dapet margin/selisih harga, karena nama reseller pasti dapet harga jauh lebih murah.

    7. kembali lagi namanya kendaraan sekarang sudah menjadi kebutuhan pokok setiap orang (coba liat setiap rumah pasti udah pada punya motor minimal 1 (kalo yang duitnya berlebih, 1 penghuni rumah punya 1 motor, 2 anak ibu bapak total 4 motor) hehehe..

    mungkin yang lain cuma tanggapan lain lagi

  13. seorang deputi pasti mempunyai pemikiran yang jauh kedepan dan suatu keputusan pasti sudah dipertimbangkan dengan matang. walaupun kadang hasilnya tdk sesuai dengan ekspektasi. good work, mengajarkan mereka untuk berwira usaha, sama sama memberikan keuntungan.

  14. pencitraan kah??

    klo niatnya “tok” untuk menolong gak perlu di publikasikan pun udah cukup (artinya ikhlas), gk perlu si ANU menolong si ANU lalu tampil di media, kesannya biar masyarakat tahu bahwa si ANU bla..bla..bla..
    apakah target AHM menanamkan mindset HONDA dari tunas muda??? seperti waktu di tmpat ane lounching sonice 150r dengan mengundang anak2 SLTP sampai SLTA untuk hadir … wahh strategy jangka panjang!!!

    jossslah

  15. Ya kalo mau bantu biar distribusi sparepart merata oke aja. Ane kemaren nyari sparepart Honda sampe keliling kota nggak ada satupun AHASS yg ready, malah dari AHASS suruh cari ke bengkel pinggir jalan, lol.

  16. Manteb strateginya, dengan memperluas jangkauan, semakin meningkatkan after sales service, yang muaranya jualan motor makin moncer.

  17. Lumayan…bisa berkembang ke ranah perekonomian pabrik sparepart yang lain klo kebutuhan onderdil lancar….tidak melulu bengkel2 aja kayaknya…n pasti walau harga mahalan dikit pilih sparepart yg asli. Harusnya sekalian juga gandeng pembuat assesories sbg penggiat ekonomi alternatif. Secara kwantitas pasti akan banyak yg membutuhkan, sblm didahului pabrikan lain..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here