440x100

FWB-TMCBLOG

VVA-NMAX

Bro sekalian, jaman sekarang ini, strategy paling banyak dilakukan oleh pabrikan pabrikan motor untuk menekan Cost produksi adalah menggunakan strategy COmmon Part . .mengunakan satu jenis mesin untuk berbagai macam jenis, dan bisa jadi Varian dari Motor. an ini erjadi di Lintas brand . . namun untuk kali ini kita akan bahas Yamaha dulu . . . seperti Kita ketahui sekarang ini paling tidak Yamaha Punya 4 jenis mesin yang di pakai di pasaran . .. 125 cc Blue core air cooled, 115 cc YMJet Air Cooled, 125 cc YMJet Liquied Cooled dan 155 cc VVA Blue Core Liquied Cooled . . .bandingkan dengan Honda . .. Dengan pangsa pasar yang lebih besar, Honda AHM lebih ringkas dalam management produknya . . . untuk skutik mereka hanya punya 3 mesin yakni 110 cc eSP air cooled, 125 cc eSP Liquid Cooled dan 150 cc eSP Liquid Cooled . . .

460x110mpx

di teori lapangan mengenai produksi . .makin banyak kuantitas produksi, harga Base Cost nya akan makin rendah . ..  nah bagaimana bisa rendah kalau teralu banyak jenis mesin . . . ada 4 sob . .. yang kepikiran oleh tmcblog adalah kedepan X-ride akan pakai mesin 125 cc Blue core dan Skutik 125 cc Liquid Cooled ( Xeon RC, GT125) semua semua akan pakai mesin dengan Platform dan desain yang mirip dengan mesin 155 cc NMAX . . . . . lah sama aja dong kan mesin 125 cc nya baru ? nggak juga sih

Paling Logis adalah jika kita lihat mesin 125 cc nya NMAX yang dijual di eropa . ..  mesin nya adalah Mesin Dengan konsep dan Filosofi Blue core, plus VVA pula .. . dijamin bejaban sama mesin 125 cc eSP nya Honda . . . dan satu lagi yang membuat pemikiran ini menjadi cukup Logis   . yakni . .  Karena NMAX 125 sendiri berbasis produksi di Indonesia . . jadi yaaa hitung hitung sekalian nyetak mesin bareng hehehe  . . . Maaf, kayaknya mudah yah ngomong, tapi tentu ada riset lapangan dan tentu yamaha punya banyak pemikir riset product development . . . tapi yaaa silahkan bookmark aja sob, bukan apa apa secara logika ini lah opini tmcblog .. .  semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

49 COMMENTS

  1. harus commonpart…biar ngirit biaya produksi!!
    dan harga jual motornya harusnya turun!!
    klo ga yo sami mawon..konsumen g diuntungkan!

    Guest
  2. sparepart commonpart…ngirit biaya produksi..efeknya harusnya harga motor turun alias murah..
    ini br konsumen untung!!
    klo msh mahal yo…yang untung cm produsen aja!!!

    Guest
  3. Weeh hot taufik neh, eh hot topik.
    Yang jadi pertanyaan, cost buat mesin nmax 125 lebih kecil dari nmax 155 atau gk?
    Seperti biasa QC pasar export lebih “diistimewakan” dibanding pasar lokal.
    Kalo misal mesin nmax 125 lebih mahal dari nmax 155 lebih baik pake mesin nmax saja.
    Lagi pula mesin ymjet 125cc lc masih bejaban ama 125cc esp. Yg kosong justru vario 150. Jadi mending 155cc nmax aja. Menurut ane

    Guest
  4. hehehe kyknya sampeyan tahu sesuatu yaaa ……share semua dong, jgn sepotong2 kyk gini bikn penasarana 😀

    Guest
  5. YIMM ogah ngasih Nmax 125 buat pasar lokal, takut makan pasar kakaknya (Nmax non-abs). Lagian jg ntar Aerox gimana?

    Cuman kalo jadi keluar memang lineup mesin jadi lebih simple.
    125cc BC air-cooled, 125cc BC liquid-cooled, 155cc BC liquid-cooled.

    Guest
  6. Sbnrny yg sy penasaran wak,,teknologi vva atw vtec klo dbandingin sm teknologi 3valveny hyosung atw 4V aj dr segi efisiensi bbm& besaran tenaga menang yg mn wak??atw sm teknologi triple sparkny bajaj??Soalny klo mnrt pendapat sy teknologi mesin mtr diIndo tu msh saencrit2ngasiny,,kasi label vva atw esp tp msh 2valve…Beda g ky mbl yg brani total tp dsitu bs liat mesin mn yg unggul contoh ky mbl 1500cc teknologiny 16valve semua tp ad embel2dual vvti,,ivtec,,cvvt tp yg menang msh mesin ivtec wak…lumayan wak buat bljr ngerti mesin dikit2hehehehe

    Guest
    • VVA nmax 4 valve mas. Makanya lebih berasa “ngejambak” dari Vario 150 yg cuman 2 valve.
      Kalo vtec vs vvt I emang masih bagus vtec honda.

      Guest
  7. Biasanya kalo wak haji udah ngomong yg nyerempet2 motor baru sebenarnya udah ada bocoran code togelnya…
    Di tunggu bocor yang lebih besar wak…

    Guest
  8. Bukannya honda juga punya empat mesin skutik mas bro. 110 air cooled pada beat. 110 liquid cooled pada vario. 125 liquid cooled pada vario 125. 150 liquid cooled pada vario 150. Jadi sama dengan yamaha dong 4 jenis..

    Guest
  9. Kok kesannya commenters suka mengagungkan wak haji taufik ini ya.. yg mana klo dia publish artikel pasti mutlak akan hadir jd nyata..
    He is just human being brotherss..
    Like you and I..

    Guest
  10. Bukannya honda juga punya empat mesin skutik mas bro. 110 air cooled pada beat. 110 liquid cooled pada vario. 125 liquid cooled pada vario 125. 150 liquid cooled pada vario 150. Jadi sama dengan yamaha dong 4 jenis..

    110 liquid cooled vario sudah ga ada bro.
    yg skrg mesinnya sama seperti beat.

    Guest
      • Iyo Kie wak haji,, gaayane opini padahal ws oleh bisikan seko Wong njero YIMM 😀

        Podo kasus mio Z..
        Hayo ngaku 😀 😀

        Guest
        • Mengko pas mesin 125vva mwluncur resmi, tmcblog akan bikin berita “sepertinya opini tmc, melalui artikel A, artikel B terdahulu, telah terbukti kebenarannya”. Wkwkwkwk.. bosone pancet ae..
          Ayo taruhan, mesti mirip kejadiane mio z..

          Guest
  11. Disinyalir tmcblog sudah mendapat bocoran tentang mesin 125cc blucore ini. Karena artikel seperti ini sudah sering terjadi. Dan berulang.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.