440x100

FWB-TMCBLOG

Bro sekalian, pada artikel mengenai Efek giroskopik yang diakibatkan roda ban sepeda motor berputar dan efeknya terasa motor terasa lebih stabil. Ada sobat pengunjung tmcblog Bro HARI S sharing sekaligus bertanya di kolom komentar :

” Pengalaman, feeling kestabilan ini saya rasakan lebih bagus saat di rpm tinggi meski pada kecepatan yg sama, knp y mas taufik? Mksd ny contoh pas lepas tangan perlakuan pertama, kecepatan 40km / jam rpm 4000 di gigi 3, perlakuan dua, kecepatan 40 kmj rpm 3000 gigi 4, saya merasa lebih mantab stabilny dgn perlakuan pertama, efek rpm atau apa ini mas?.. “

Sungguh pertanyaan yang kritis dan smartΒ  . . . Penjelasannya seperti apa ? cekidot sob

460x110mpx

Jadi gini adalah benar lari di kecepatan 40 km/jam di gear 3 akan mengakibatkan RPM pada mesin berputar lebih cepat ( 4000 rpm)Β  dibandingkan lari pada kecepatan 40 km/jam pada gear 4 ( 3000 rpm) dan ingat kebanyakan / umumnya dari motor motor harian menganut sistem Forward Rotating Crankshaft . . . yang bila diartikan secara bebas maksudnya adalaah Crankshaft ( poros engkol) yang berputar searah dengan arah putaran roda.

Crank2

Note juga bahwa Putaran Crasnkshaft juga akan menghasilkan efek giroskopik sendiri karena bentuk putaran dari Crankshaft ( poros enkol ) itu seperti juga putaran Roda kan?

spidi-2

Nah jadi kenapa saat RPM tinggi terasa lebih stabil? Jawaban yang bisa tmcblog berikan adalah karena secara fisika sistem yang kita tumpangi selain kena efek groskopik dari putaran ban, juga ketambahan efek giroskopik dari Putaran Crankshaft. Efek Girosopik akibat putaran Crankshaft akanΒ  lebih besar saat RPM tinggi bila dibandingkan saat mesin berputar pada rpm yang lebih rendah . . . logis kan? silahkan dikomentari sob . ..Β  semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

 

50 COMMENTS

  1. saat roda berputar atau suatu yg berputar wlpun sdikit oblak jika mmpunyai RPM yg sangat tinggi lama2 bakal stabil dan pasti garis lurus tengah antara obalk nya.. cntoh gangsing dan sejenis nya..

  2. Intinya semua muter, dari molekul atom yg trdiri ptoton dan neutron, smp alam semesta ,tatasurya, galaksi dan seterusnya. Semua berputar, dan pada akhirnya terjadi KEStABIlan. Alloohuakbar

    • ya akan ada efeknya, kearah putaran dari poros engkolnya . . . ke kiri atau kekanan ya saya lupa . .
      makannya naik mesin boxer yaa . . . ngeri2 sedep gitu πŸ˜€

  3. Bener wak…
    Baru kali ini aku paham secara teori..
    Aku pernah ikut lomba sepeda motor lambat..
    Saat itu aku mainin throttle agar rpm terjaga dan setengah kopling..
    Memang lebih bisa diajak pelan dan stabil tuh motor..

    • Tpi dlm kasus d artikel.. aku rasa lebih cepat selesi efeh giroskopisnya pada rpm yg tinggi om.. sedangkan yg rpm rwndah.. motor akan melaju tenang terus dgn lbh jauh..

  4. Motorku gear belakang ganti 4 gigi lebih besar. Kecepatan sama rpm lebih tinggi. Masalah stabil gk gitu memperhatikan. Yang penting naik turun gunung lancar.

  5. menyimak suhu. kalau mobil bagimana yak
    ://pertamax7.com/2016/04/13/distribusi-yamaha-r15-dan-r25-livery-movistar-terbaru-2016-sudah-sampai-diler/

  6. Menarik ini tulisannya wak, untuk crossplane engine efek giroskopiknya menurut saya bisa jadi lebih baik dibanding engine crankshaft konvensional karena inersia di crankshaft crossplane lebih terjaga, imho

    • bisa jadi om.. xixi
      Lebih tepatnya.. crossplane cranksaft itu lebih minim getaran om.. sehingga.. nilai pergeseran momentum sudutnya kecil dan pengaruhnya efek giroskopisnya akan lebih baik pada sepedamotor saat d geber om. Karena motor jd lebih tenang.
      Menurutku sih gitu om xixi

  7. Dulu di Motor plus ada artikel ginian, fisika motor atau apa itu namanya, sekarang masih ada ga ya?
    Udah ga pernah beli koran lagi.

    Btw, minimal seminggu sekali kasih artikel model ginian wak, cara belajar teori fisika yg asik. Kalo artikel2 news mah udah banyak yg bahas, biar dpt point plusnya. Hehe
    Masih sangat banyak yg bisa dibahas soal penerapan ilmu fisika di motor.

    Joss!

  8. Biasanya efek gyro berasa banget saat switching di S besar sentul. Ngangkat motor dari miring kiri ke miring kanan atau sebaliknya biasanya terasa berat di kecepatan tinggi.

    • Yap, salah satu effect dari giroskopik eefek memang saat nikung, terutama di tikungan flip flop kayak S kecil . ..

  9. bisa jd motor dg engine 4 cylinder otomatis efek giroskopik yg ditimbulkan lbh besar… dlm keadaan diam msh bisa tegak n stabil di rpm tinggi wak yaa

    haiyyaaaa

  10. Wak terus kenapa Aprilia buat RS GP jadi counter rotating? Apa iya kalau muternya berlawanan dengan arah roda jadi stabil?

  11. Trus kapan dan bagaimana timing lepas gasnya Wak? Kan kalo masuk gigi gas dilepas kopling ga ditarik maka akan lgsg engine brake saat rpmnya turun? Mohon petunjuknya

  12. … pada gigi kecil dengan rpm tinggi… harap hati-hati agar tidak menarik kopling bersama rem secara bersamaan dan kemudian melepas rem sementara kopling dicekal… bisa nyudruk yang di depan.

  13. Smart wak Taufik, di latihan safety riding ketika melewati papan keseimbangan teori ini kepake banget, buka rpm agak tinggi sembari kontrol dengan rem belakang maka papan keseimbangan bisa lebih mudah dilewati..

  14. Bisa lebih diperjelas enggak wak kenapa efek giroskopik bisa bikin lebih stabil. Maksud saya, oke putaran roda memberi efek giroskopik, ditambah lagi putaran Crankshaft yg efeknya berbanding lurus dengan kecepatan putar akan menambah tingkat stabilitasnya, lalu kenapa perputaran itu bisa bikin stabil? Mengapa gasing yg berputar pelan tdk sesetabil yg berputar cepat?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here