honda-vario-440x100

M1-2016

Bro sekalian, semenjak hadirnya K Nakasuga sebagai WildCard Di MotoGP Motegi 2015 lalu Yamaha Factory Racing sebenarnya sudah memberikan Clue alias kode keras bahwa mereka sedikit melakukan evolusi untuk memperpanjang fuel Tank dari Yamaha M1 ke arah belakang dari Motor. Alasannya kala itu jelas, karena di Musim 2016 setiap rider ketambahan 2 liter bahan bakar dari 20 liter ke 22 liter . . . Fuel Tank yang aslinya berlokasi di bawah jok tempat duduk tidak memungkinkan untuk di perluas ke daerah depan ( lokasi ECU dan Air Box filter ) . .  Oleh karena itu fuel Tank di ‘perpanjang’ kearah sub frame dan port fillernya berada di bagian buritan Yamaha M1  . . .

440x100_tirei

jorge

Namun Rossi dan Lorenzo boleh dibilang Mulai Private test di ragon september 2015, pasca GP Valencia sudah mencoba M1 dengan model Fuel Tank seperti ini dan bahkan terakhir di test latihan GP Jerez dan Test Resmi Jerez sepekan yang lalu keduannya pun mencoba M1 dengan Rear Fuel Filler cap ini . . . Namun hasilnya ? Keduanya boleh dibilang untuk sementara lebih memilih M1 dengan lokasi fuel tank Normal . .  alasan teknisnya ?

front-tire-VR46-FP4

Adalah Wilco Zeelenberg manager team Movistar Yamaha yang sedikit menceritakan secara gamblang aspek teknis kepada speedweek (1) mengenai alasan kedua tidak memilih M1 dengan rear Fuel Filler cap. Yakni karena karakteristik dari Ban depan Michelin yang unik membuat para pebalap harus full konsentrasi pada Roda depan. Bukan apa apa, Jika secara dimensi Fuel Tank lebih ke arah belakang seakan lebih memberikan bobot ke arah belakang . . .

Factory-test-bike-M1-1

spidi-2

Dan Dengan menempatkan fuel tank yang punya dimesin dan bentuk yang mengarah ke belakang menurut Zeelenberg akan membuat Pebalap akan punya effort lebih dalam melakukan pengereman karena ban depan terasa kurang memperoleh grip akibat ada sedikit shifting bobot ke arah belakang, terutama saat awal Race dimana Bahan bakar masih penuh . . . . so nasib prototipe sasis M1 dengan fuel tank Filler dibelakang mau nggak mau baru hanya sebatas pengetesan saja sekarang . . . satu satunya moment sasis proto ini digunakan di Race ya ketika Nakasuga race di Motegi 2015 . . . silahkan didiskusikan sob . . .

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

35 COMMENTS

    • Mesin m1 mirip mesin angkot carry 1000,kalau mau juara ganti dg mesin v mirip honda dan ducati.liat aja performa lorenzo dan rossi,masih kalah dari marques pembalap junior yg pake rcv???

      Guest
  1. Sebenernya klo di motor front fuel filler cap (yg konvensional).. Isi dr buntut M1 itu apa sih wak? Jd kepo.. Hehe

    Guest
  2. prototipe motor motogp lama2 kya motor bebek. ada seamles gearbox biar bisa pindah persneling tanpa tekan kopling. trus tutup tangki di belakang kya moped taun 2000-an hihihi

    Guest
  3. ini moto gepe bung!! jangan samain ame motor produksi… malah koyok tukang ojek…gendong sekalian napa…..

    Guest
  4. btw itu masukan sapa ya bikin tangki jd dibelakang?
    nakasuga? jl atw vr? atw insinyur yamaha gt?
    terus kan katanya ga bisa tuh kalo tangkinya ditambahin kedepan,,
    nah terus gmn dong itu kelebihan 2 liter bensin?
    kan katanya ga jadi pindah kebelakang..

    Guest
  5. Mungkin buat yang sudah pernah make motor dengan side box atau top box akan manggut2 dengan alasan itu ya pak. Riding high speed dgn jarak lumayan jauh dgn tank bag (tas diatas tangki bensin) lebih mudah.
    Pertanyaan saya pak haji,knp bahan bakar di tambah 2lt? Bukannya engine yg skrg di klaim lebih optimal ya dlm konsumsi bahan bakarnya,pernah baca tp lupa nama blognya,pokoknya blog ber bahasa inggris.

    Guest
    • mengurangi spin roda belakang tp jg mengurangi grip roda dpan. jadie motor jumping mulu. g bisa ngail speed setelah tikungan. imho.

      Guest
  6. Yg jelas cuma inliner yg bisa dipindah2 fuel tanknya…V series taroh belakang langsung meleduk kayak mesin DOHC abal2 versi ngondah ngah ngah ngah…

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.