honda-vario-440x100

sim c

Bro sekalian, berita paling baru nih dari proses perpanjangan masa berlaku sim . .. dari Okezone di infokan bahwa berdasarkan telegram Kapolri dengan nomor tr ST/ 985/ IV/ 2016 tertanggal pada 20 April 2016 mulai hari ini  10 Mei 2016 , bakal terapkan peraturan baru mengenai perpanjang Masa Berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM). Di mana pada peraturan terbaru yang bersifat Nasional  tersebut perpanjangan semua golongan SIM, jika telat perpanjang SIM dalam tanggal kadaluarsa ( contoh telad sehari dan seterusnya ) , maka SIM harus dibuat baru kembali.

440x100_tirei

cengkareng-shop

Adalah Kasat Lantas Polrestabes Bandung AKBP Kristiandi, melalui Kanit Regident AKP Atik yang mengatakan bahwa berdasrkan surat telegram kapolri tersebut : “Misalkan SIM habis pada tanggal 9 Mei, maka sim tidak dapat diperpanjang pada tanggal 10 Mei, maka harus kembali melalui proses penerbitan SIM seperti baru “

spidi-2

Nahhh jadi ingat ingat deh mas bro tanggal habis masa berlaku SIM sobat semua ( biasannya bareng sama hari ulang tahun) ,  soale kalo telad sehari saja, maka prosesnya akan lebih panjang sedikit karena akan diberlakukan seperti halnya membuat SIM baru . . .

FYI sebelum ini , seperti yang bisa sobat baca di artikel lama tmcblog Kita bisa memperpanjang SIM mulai dari dua pekan sebelum Itu SIM habis masa berlaku sampai 3 bulan setelah SIM Habis masa berlaku  . . . Namun Peraturan diubah ..  dan memang terasa sekarang jadi lebih nggak kasih peluang lupa nih 😀  . . .

UPDATE : dari  info Pelayanan sim Tanggerang Kota diketahui bahwa  . . . ada masa sosialisasinya sob ..  yakni 3 bulan semenjak waktu diterbitkan surat telegram tersebut . . . artinya 3 bulan dihitung dari 20 April 2016 . .. 20 Juli 2016 dong ??

Satpas Polres Metro Tangerang Kota menyampaikan informasi sosialisasi kepada masyarakat tentang proses perpanjang sim yang dilakukan sebelum masa berlaku sim habis sesuai Surat Telegram Nomor : ST/985/IV/2016 tanggal 20 April 2016, dimana proses perpanjangan SIM dilakukan sebelum masa berlaku SIM habis, apabila lewat dari masa berlaku maka di proses dengan ketentuan dan mekanisme SIM baru kembali, ini sesuai dengan ketentuan PERKAP no.09 Tahun 2012 tentang SIM pasal 28 ayat (2) dan (3) yaitu :(2)  Perpanjangan SIM dilakukan sebelum masa berlakunya berakhir, (3)  Perpanjangan yang dilakukan setelah lewat waktu, sebagaimana dimaksud pada ayat (2), harus diajukan SIM baru sesuai dengan golongan yang dimiliki dengan memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27. 

Sosialisasi ini di berlakukan 3 bulan dari tanggal diterbitkan Surat Telegram tersebut, untuk saat ini Satpas Polres Metro Tangerang Kota dan jajaran masih memberlakukan ST Kapolri Nomor : ST/2652/XII/2015 tanggal 18 Desember 2015  yaitu sim yang masa berlakunya habis dapat diperpanjang dengan tidak melebihi waktu tenggang perpanjangan selama 1 tahun dan diberikan jangka waktu sampai dengan 31 Maret 2016, selanjutnya mulai tanggal 1 April 2016 masa tenggang perpanjangan sim yang habis masa berlakunya diberikan selama 3 bulan. bagi pengendara yang masa berlaku SIM nya telah habis namun masih di bawah 3 bulan dari masa berlaku SIM habis, segera memperpanjang SIM nya sehingga tidak melakukan mekanisme penerbitan SIM baru kembali

semoga berguna.

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

107 COMMENTS

    • Iya bener… telat sehari ga bs di perpjg kt ptgs sim keliling… tp bs di bantuin… tambah uang rokok 35rb…. lancar jaya… pengalaman td di xbata… sim A telat 6 bln bs tuh… sekedar info…

      Guest
    • didaerahku bikin sim baru 500ribu, kalo ga nembak malah di persulit.
      perpanjang sekitar 250ribu, telat sehari bikin baru? fix pakpol nyari(….)

      Guest
  1. Selama proses mudah, cepat, dan tidak membuang waktu okee aja wak..hehe
    masalahnya gak semua orang pas hbd tu juga free..wkwkwk

    Guest
  2. nah itu wak, padahal aturan batas berlaku perpanang sim yang lama

    1 minggu sebelum kedaluarsa hingga 3 bulan setelah kedaluarsa

    itu aturan baru kalo gak salah akhir 2015 kemaren, kok aturan belom setaun di rubah

    mana gak semua orang bisa ambil cuti, dan gak semua perpanang dan bikin sim itu bisa online, perantau gmn tuh?

    apa berita tersebut bener yah? cek kirim email ke kepolisian uga gak di gubris ane nih, mungkin kudu blogger sekelas ente yang bisa dapet akeses dari kepolisian

    masalahnya batas bikin sebelum kadaluarsa kapan? soalnya gak semua orang bisa libur di hari hari tertentu je

    Guest
  3. tempat saya wak aji rata rata bikin sim tembak roda 2 .. cukup 1 jam jadi gk pke test tesan sgala bayarny bekisaran 390 ribu … klo ikut tes umum rata rata susah lulus … ngiahaha …

    Guest
  4. aplg bayar pajak kendaraan bermotor wak aji mosok minta tekenan pengesahan pd stnkny dimintai 20 ribu tiap kendaraan, trus diubah lg dimintai materai kosong dan terakhir kemaren saya bayar gk dimiintain ap ap mungkin krn ada keganjalan kykny dihilangkan padahal praktekny udah puluan tahun coba.

    Guest
  5. Biasa’y org sering lupa perpanjang SIM, karena biasa’y SIM ga pernah d cek2/dilihat2.
    Beda sama pajak STNK.

    Mungkin diberikan tengat waktu max 1bln lebih masuk akal.

    Guest
  6. Peraturan laler ijo demi kesejahteraan laler ijo.
    Satu lagi peraturan g*bl*k dari korps laler ijo
    Besok apa? Telat bayar stnk 1 hari beli motor baru?

    Guest
  7. Kalo maksudnya biar gak pada telat, kenapa gak dterapkan denda? gara gara telat 3 bulan disuruh ganti baru, sekarang sehari disuruh ganti baru, emang kalo telat 1 hari kita kehilangan kemampuan naik motor/mobil? gagal paham ane

    Guest
  8. E-Ktp jd seumur idup, lah ini malah ga dikasih injuri time. Terlalu..
    Makin banyak pengendara yg ga pake sim dah.

    Guest
  9. Lha kalau habisnya tanggal 1 Januari gimana om?
    ane baru aja perpanjang sim C bulan januari yang lalu. kalau waktu itu,diperpanjang desember gak boleh,tanggal 1 nya tanggal merah,jadi dikasih keringanan perpanjang tanggal 2 atau 3. Lha apa untuk peraturan baru ane masih dapat keringanan tanggal 2 atau 3? atau malah diperbolehkan perpanjang sim di bulan desember?

    Guest
    • Baca lagi baru komeng, ente dikasih waktu untuk perpanjang sim sebelum 2 minggu tanggal expired sim ente.

      Guest
  10. Di Polresta Bekasi ga ada masa sosialisasi, per 1 mei 2016 begitu telegram turun semua yg udah kadaluarsa ga bs perpanjang, perpanjang 3 minggu sbelum kadaluarsa ga boleh dibilang blm saatnya dibilang sama petugasnya masih ada waktu 3 bulan, giliran mau perpanjang blm lewat dari 3 bulan gara2 peraturan baru ga boleh juga bilangnya harus bikin baru, jawaban petugas saat dikomplain hanya menjalankan tugas dr atasan saja.

    Guest
  11. sebenernya paling cocok 3 bulan lah, ada kok orang kerja baru bisa cuti seteolah 2 bulanan, kan belum tentu juga orang bisa perpanjang sim saat itu juga,

    sekarang dalih onlen? dimana yang sudah onlen? cuma kota terdaftar saja, gak cover seluruh kota, makin heran saya sama aturan ginian

    paling enak pake denda, atau pake tenggang waktu, kan semua orang bukan pengangguran

    apakah ada hubunganya dengan mau datangnya lebaran?

    Guest
  12. Padahal jaman sekarang orang makin sibuk. Makin banyak urusan. Belum lagi kalau lagi lupa dll. Lha wong manusia kadang yo kelalen kakean sing diurus.

    Urusan kantor yg udah gak kenal jam kerja sejak adanya whatsapp dan email.
    Urusan rumah tangga.
    Urusan kesehatan.
    Urusan pajak.
    Urusan ortu/mertua/sodara.
    Urusan bermasyarakat (undangan dll)
    Urusan sekolah anak.
    Urusan cicilan.
    Urusan ibadah
    Dan yakin masih buanyak urusan lainnya yg blm kepikir saat menulis komen ini.
    Ngunu yo ngunu ning ojo ngunu buanget

    Ya allah, mbok ya para pemimpin kami panjenengan ketuk hatinya

    Guest
  13. yaps, pemberitahuan ini sudah sejak rencana sim berjenjang, mungkin kalah wah sama c1 c2 c3
    /pertamax7.com/2016/05/10/yamaha-jupiter-mx-king-150-juara-motoprix-mp1-regional-1-sumatera-honda-sonic-2-dan-3-suzuki-satria-f-11/

    Guest
  14. Yah makin susah dong….!!!!
    Dulu bikin susah2, sekarang telat sehari aja suruh buat yang baru,mending kalo gampang kalo dipersulit…? Bikin SIM yang biasa aja alias gak pake tembak aja bisa berminggu-minggu belum tentu lulus….
    Maunya apa sih….????

    Guest
  15. di satu sisi, bagus buat menyeleksi alay2 yg pakai sim tembak karena harus tes ulang, di sisi lain nyusahin orang2 yg sibuk dgn kerjaan atau lokasinya jauh dari samsat. polisi cari duit kok gitu2 amat.

    Guest
    • kkkwkwkw emank bikin sim sekarang gmna
      rata2nya…ga nembak? ga calo ? ga birojasa?
      lobang penggaris jawaban tes sama soalnya ga sesuai kwkwkwkwk…

      Guest
  16. Kang, mau tanya….
    Misalkan SIM Saya akan habis 15 DESEMBER 2016, perpanjangnya bisa Saya lakukan saat bulan September 2016 kah ???

    Soalnya pernah denger, Perpanjangan SIM hanya bisa di lakukan minimal 2 MINGGU sebelum SIM tersebut habis masa berlakunya…

    Guest
  17. wak numpang tanya, kalau sim hilang gimana?, hilangnya dirumah sudah dicari selama 7 bulan kaga ketemu neh… apa masuk kategori bikin sim baru apa perpanjang

    Guest
  18. ini mah repotin, ngak semua org sempet merhatiin tgl kadaluarsa,

    palagi ini waktunya sampe 5 thn, banyaken lupanya

    Guest
  19. Ladang pemasukan baru demi kesejahteraan anggota polri, kususnya dibagian pelayanan sim.
    Lama-lama semakin muak aja sama sipil bersenjata ini.

    Mendingan dijadikan dibawah depdagri aja. Kebanyakan ulah, dari jenderal sampai kroconya.

    Guest
  20. wah, saya udah dari 25 januari kemaren abis malah…
    bikin baru euy..
    lupa ga ke cek (_ _”)

    Guest
  21. mau nanya nich, waktu saya perpanjang sim, khan phot lagi tuh, diminta bayar 200 rb an, sama petugas yg photo,

    pertanyaanya: kok ngak ada kwitansi yach, spt kalu kita perpanjang stnk? atao emang gitu,

    temapt perpanjangan waktu itu di PGC cililitan

    ada yg tau komentator?,

    Guest
  22. Biasa Saja

    itu ada itungannya, brp persen gitu

    sekarang telat seminggu dah kena denda, sebelumya tdk kena denda

    Guest
  23. Prinsipnya sama dari dulu sampe sekarang namun kualitasnya dinaikkan : “Kalo bisa dipersulit, kenapa dipermudah”

    Guest
  24. sbenernya kalo mau ngurus perpanjangan SIM itu gampang dan cepet .. asal syaratnya lengkap . apalagi skarang udah ada mobil SIM keliling (daerah tertentu) . lebih gampang lagi cuma ya itu tadi harus meluangkan waktu . saya desember kmaren perpanjang mutasi dari daerah ke jakarta ga lama cuma 1/2 jam doang di daan mogot .

    Guest
  25. Kalau telat sehari saja di anulir, kemudian kalau pengajuannya ada minimal sebelumnya gak pak ? apakah boleh kurang 2 atau 3 bulan saya mengajukan ? kalau sebelumnya kok tdk dijelaskan ?

    Guest
    • kalau peraturan lama bisa 2 pekan sebelum jatuh tempo
      telegram yang baru tidak meyebutkan, kemungkinan masih sama , cmiiw, imho

      Administrator
  26. Gileee dr 3 bulan lgsg di cut sehari , efek sim keliling kali ya soalnya awal bulan kmrn gw bikin sim diluar kota asal itu bisa

    Guest
  27. Yang penting enggak antri panjang2 saja dan enggak dibatasi pengurus perpanjangan ditiap harinya. Krn dulu perpanjang sim A dg alasan material terbatas jd perhari dibatesi, mau tertib aja kok susah ya…
    Pelayan masy, ya harus tingkatkan jg kwalitas pelayanannya…

    Guest
  28. seharusnya buat SIM baru itu di permudah wak..

    lhawong buat SIM aja di persulit, trus mau gk kabur²an gimana kalo ada razia (entah resmi atau non resmi) -__-“

    Guest
  29. Aku lahir di negeri sulap (negeri sulap)
    Aku besar di republik sulap (republik sulap)
    Negerinya pakar pesulap, suka menyulap apa saja
    Dari gak ada hingga di ada-ada, dari yang ada hingga tiada
    Tony Q-Republik sulap

    Miris kang peraturan di sulap2,sedangkan yg sudah berjalan aja blm tentu sesuei sop

    Guest
  30. Kok gak ada yak surat telegram dri Kapolri yang mengatur terkait pembayaran buat baru/perpanjang sim non”TUNAI”(misalnya via ATM)…

    Guest
  31. waduuuuhhh…apaaaaalagi ini tujuannya…kadang waktu buat perpanjang ja sulit terkendala waktu bentrok dg kerja…APAKAH AKAN DIBERLAKUKAN PENINGKATAN PELAYANAN PERPANJANGAN SIM KELILING NASIONAL JUGA???? hadeuuuuhh regulasi apalagi ini??!!!???!!!!sudah tidak ada masa tenggang lagi kah????

    Guest
  32. silahkan aja persulit rakyat.. hari pembalasan pasti akan datang.. dan hukuman jauh lebih berat sebab menyengsarakan banyak nyawa..

    Guest
  33. Dalam hal mempersulit aparat negeri ne emang super sekali.
    Trus kira-kira ke goblog-an mereka yg bikin masyarakat harus nunggu plat no pol ama kertas stnk + bukti pkb ampe nyaris setahun kok kagak ada yang diberi sanksi ya?

    Guest
  34. Lah,dikampung ane di salah satu kota di prov. Riau udh setahun lalu kaya gini. Beberapa kerabat pernah ngalamin. Bener2 kaya bikin baru,tes praktek dan teori juga.bahkan ada beberapa yg gagal di tes jdi harus ngulang beberapa hari setelah itu,walaupun sebelumnya pernah punya sim.apa kota kami jdi percobaan sebelum diterapkan di mana2.hmmm

    Guest
  35. terima kaih infonya kang haji…
    sim a dan c ane habis 3 juni, berarti bisa perpnjang mulai 20 mei yaak..

    Guest
  36. polisi seringnya melanggar aturan sendiri…. Kok bisa cuma surat telegram jadi dasar hukum yang mengikat semua masyarakat. klo yang bersifat Surat Telegram, Memo, Surat Edaran dan sejenisnya harusnya hanya menyangkut kebijakan internal sebagai petunjuk operasioan aturan yang berlaku, ga bisa dijadikan dasar hukum. masalahnya polisinya yang tunduk ke atasan… bukan tunduk aturan.

    Guest
  37. jadi inget dulu pas perpanjang sim, sengaja ga pake nembak, ga pake calo. Makan waktu sehari. Dari pagi jam 8-an pulang jam 2-an. Itupun ga dapet Sim, karena katanya Sim-nya lagi abis disuruh balik 2 minggu lagi.
    Kejadian sekitar 12 tahun yang lalu di Surabaya.
    Semoga sekarang dah ga kayakgitu lagi

    Guest
  38. Dimana yg katanya polisi itu mengayomi masyarakat?
    Bikin Sim pake tes dipersulit, telat sehari hangus, dijalanan polantas main tilang bayar ditempat, masyarakat mau ngurus kasus kriminal harus bayar ini itu….

    Ada apa dengan polisi negeri ini???
    Apa gajinya dibawah UMR?

    Ingat yaa pak pol,,,,Gusti Allah boten sare!!!

    Guest
  39. cuma dikasih waktu 14 hari include hari minggu… apes bgt kalo pas dapet banyak tgl merah… apa lagi libur lebaran… game over!!!

    Guest
  40. telat nggak boleh, mau duluan juga nggak boleh.. lha njug nek ndilalah masa berlaku habis di H+3 lebaran gimana, seminggu sebelumnya juga pasti keadaan kantor polisi juga sudah tidak kondusif.. sementara seminggu sebelumnya susah dapet cuti.. rakalap..

    Guest
  41. kalo yg kerja ditambang pedalaman kalimantan gmana tuh? dpt cuti cm 3bln sekali, masa kudu bikin sim baru trs..

    Guest
  42. Selamat siang,
    Mhn pencerahan,sim C sy hbs tgl.02 jan ini.sy dtg mau perpanjang, tp ternyata tgl.02 jan 2017 ini libur nasional.
    Apakah termasuk telat 1 hari? Apakah msh bs perpanjang tanpa buat sim baru?
    Mhn info.trims

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.