Thursday, 14 November 2024

Ini Isi Point Amandemen Regulasi MotoGP Yang diinginkan HRC

honda-vario-440x100

livio

Bro sekalian, Seperti yang sempat terlebih dahulu tmcblog beritakan Via Kicauan Twitter Jurnalis MCN Simon Patterson HRC melalui omongan Livio Suppo, HRC sepertinya ingin regulasi mengenai pengembangan mesin diamandemen/ diubah. Saat itu Om Simon tidak mengemukakan secara detail apa sebenarnya yang diinginkan HRC melalui Livio Suppo . .namun akhirnnya via artikel MCN diketahui detail keinginan amandemen tersebut . . .

440x100_tirei

cengkareng-shop

Melalui Pembicaraan antara Livio dan Simon Patterson diketahui bahwa Livio sebagai perwakilan Honda meminta agar regulasi pembatasan pengembangan mesin kembali dipertimbangkan untuk Masa depan. Seperti Kita ketahui Untuk team tanpa Konsesi Seperti Honda, Yamaha dan Ducati. Setiap Pebalap harus menggunakan 7 mesin per rider yang Mulai Race pertama di Losail Qatar harus di segel sebagai tanda tidak boleh ada pengembangan selama musim berlangsung

suppo

Livio Suppo mengatakan bahwa Honda Tidak memiliki banyak waktu pengetesan untuk mesin barunya karena pada dasarnya pemilihan mesin baru dilakukan pada pengetesan Jerez November 2015. Suppo mengetakan bahwa kali ini memang Honda Yang kena masalah, namun kedepan bisa saja Ducati atau Yamaha Yang dirundung masalah serupa . . . sehingga Honda ( HRC ) melihat mungkin ada baiknya ada semacam kesempatan Upgrade mesin minimal 1 Kali untuk setiap Musim.

Seperti yang tmcblog pernah kupas tuntas, di 2015 ini Honda memang menggunakan mesin yang sama sekali baru. Salah satu keterbaruannya adalah diaplikasikannya sistem Backward Rotating Crankshaft dimana tahun tahun sebelumnya HRC menggunakan sistem Forward Rotating CrankShaft pada RC213V. Namun pada dasarnya Mesin 2015 sendiri memang sudah kelihatan masalahnya yakni sangat liar sehingga boleh dibilang mungkin hanya Marc Marquez dengan talentanya yang saat itu bisa meng-handle mesin liar.

Balik lagi Soal regulasi  . . . Secara untuk mem-push suatu regulasi untuk pabrikan kayak Honda dan pabrikan lainnya, Pintu pertama adalah MSMA . . dan semua Pabrikan di MSMA sama kedudukannya plus tidak ada  keistimewaan hak veto dari salah satu pabrikan pun. Namuuunnn . . .  seperti Kita lihat beberapa tahun kebelakang memang Honda disinyalir punya power yang secara membuat beberapa keinginannya langsung mudah tersalurkan seperti diluluskannya penjenjangan pebalap langsung dari Kelas Mid-Class ( Moto2/ GP250 ) langsung ke Team factory, tanpa melalui team Satelit/ Independent team terlebih dahulu dan bahkan terakhir dari Moto3 langsung ke MotoGP . ..  Yap Thats Honda

spidi-2

TMCBlog bisa lihat memang sepertinya (IMHO -Opini ) secara unofficial sepertinya Honda punya Bargaining Yang powerfull di penyelenggara, jelas ini bukan sesuatu yang fix karena nggak ada data yang meguatkan, namun secara kasat mata , salah satunya bisa lihat dimana Honda bisa , berani konsisten suplay mesin dan support untuk kelas Moto2, cmiiw . . . Namun melihat keinginan Livio Suppo, menurut tmcblog kalaupun dikabulkan bisa jadi bukan mulai tahun ini . ..  kalau menurutmu gimana sob ?

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

191 COMMENTS

  1. honda dah mulai ketakutan dmna yamaha dan suzuki mulai kuat…..dari dulu yg suka merubah regulasi adalah honda…..payah jilat ludah sendiri keliatan galauwwww……..

    • loh..jilat ludah sendiri nya di mana? bisa jelaskan?
      permintaan honda jelas gan,saat ini memang honda yg sedang terkena masalah tp kedepan bisa saja yamaha, ducati atau suzuki yg gnt kena masalah yg sama,kecuali kl honda meminta regulasi di rubah musim ini juga baru itu namanya ga bener,tp kl permintaannya untuk musim depan dan seterusnya itu artinya buat kebaikan semua pabrikan..

    • dengan di berlakukannya regulasi baru di 2016 ini,tim yang paling di rugikan itu honda,honda bertahun² mengembangkan motor itu satu paket (mesin ecu) saat ecu hrs seragam menggunakan merk lain mau ga mau honda hrs bikin mesin baru menyesuaikan ecu baru itu,dan namanya mesin baru pasti butuh waktu untuk membuat jd sempurna..
      sedangkan motor yamaha mempunyai keuntungan krn ecu milik yamaha dan ecu yg di sediakan dorna tidak jauh berbeda jd yamaha ga prl bikin nesin baru lg,ducati? ducati jg di untungkan krn 2015 ducati sudah menggunakan ecu baru itu..

  2. Ducati / yamaha / suzuki saat terpuruk kayaknya gak pernah ‘ngambek’ minta amandemen kayak yang dilakukan honda deh.

  3. wkwkwk… begitu ga menguntungkan minta rubah ini itu… katanya sportmanship ekekekek… semua diberi kesempatan tes yang sama kalau hasilnya ga bagus ya itu kesalahan sendiri

  4. anggap sebagai bahan masukan dan bahan kajian aja…..sebagaimana yg sudah di ungkapkan di atas…..meski saat ini yang sedang mengalami problema adalah team honda namun team lainnya pun bisa saja mengalami hal yang sama jika tidak bisa memanfaatkan waktu secara optimal untuk pengembangan dan pengetesan motor prototype yg mereka miliki…..

    • yakin gan motogp tanpa honda akan tetap menarik? gw sih ga yakin,cz yg bikin menarik itu persaingan yamaha dan honda gan,…

        • Kurang greget gimana bro? Malah seru gap nya gak terlalu jauh, beda sama motogp sekarang, ratarata turing semua.
          Motogp bakal seru kalo semua rider pake 1 mesin, mesinnya yaa buatan dorna. Nah tugasnya pabrikan macem honda yamaha suzuki dll, dia buat sasis, swingarm, dll. Ane yakin balapannya gak bakal turing, seengganya berkuranglah turingnya itu karna sudah pakai 1 mesin.

      • Ah itu mah sekarang, ntr klo suzi lebih kompetitf juga kaga ada honda ttp lancar jaya..bmw, triumph,mv bahkan kawak mungkin bs meramaikan juga

  5. hrc payah👎…
    peraturan dibuat untuk di langgar😌😣

  6. makanya kalo keluarin motor tuh test dulu yang lama, gimana durabilitasnya, kuat apa ndak, bunyi tek tek tek gak, gimana kemampuan mesinnya, geter ter ter apa gak…
    siapa suruh buat mesin baru langsung dipake…
    kebiasaan buruk ahmVas kalo jualan motor kejar tayang untuk saingi produk lain jangan ditiru di motogp…
    begini nih jadinya…

    menyesal di belakang emang gak enak… lirik mesin dohc overstruk… ekek

  7. alasan pakdhe soppo eh suppo sangat kenyal eh konyol sekali… waktu yamaha tertinggal tekno ssg tetap stay cool kagak rengek2 ke jeng dona eh dorna… eh ini hrc ketinggalan tekno counter rotating crankshaft rengek2 minta peraturan diubah… sana omr aja klo mau menang sendiri 😆

    • Biasaaaa…tim mewek macam hrc klo dah sama si tukang mewek suppo jarwo.
      Pebalap nya juga udah mulai mewek macam pacar nya yg mo pindah ke duc.

    • Staycool? Hahahha justru saat itu yamaha nuduh honda pake dual clutch kok…….
      Engga kepikiran kenapa yamaha sekarang bisa make teknologi yang di kembangkan honda?
      Mikir.

  8. setuju banget sama wak haji…

    walaupun ane fans MM93 , namun alangkah baiknya jika permintaan honda akan amandemen ‘upgrade mesin 1 kali dalam semusim’ dilakukan mulai tahun depan..
    agar fair dan tidak ada kecemburuan oleh pabrikan lain..

    biarin aja noh insinyur honda pada begadang buat nyelesaiin masalah RCV :mrgreen:

  9. Bahkan seorang wak haji Taufik pun -yang biasanya hati2 ngomong soal pabrikan- kasih opini (yg emang begitu realnya) bahwa Honda punya power buat ngubah regulasi.

    Sbg penonton motogp, sy sih oke2 aja. Asal perubahan ini paling cepat berlaku tahun depan.
    Terus terang nama Honda sudah tercemar di mata sy sejak kasus naik kelasnya MM langsung ke tim Factory, yg paling ‘sakit hati’ mungkin ya Stefan Bradl kali ya..

  10. Honda yah?
    Bikin OMR aja
    Atau ancam cabut dari motgp
    Atau lakukan pencitraan

    Ah sudahlah…..
    “Thats honda”

  11. Honda sangat inferior dari yamaha

    Kalah = pecundang

    Akui_lah akui_lah

    Colek si satar tablo

    Sabar Чα”Ì® hon

  12. Yakin kalo ngrubah mesin Honda bakal menang,,,??
    Tar kalo Yamaha atau Ducati atau bisa jadi Suzuki yang diuntungkan piye,,,??
    Tar ngambek meneh,,,?? Minta amandemen meneh,,,??

  13. Honda super power ya iyalah kombinasi japan en sepanyol gitu loch……
    Biar kata puasa gelar yg namanya repsol g da lunturnya dari motor honda
    Klo ane g terlalu ambil pusing yg penting moto gp kompetitif ada selip2an adu skill yg bkin tahan nafas klo lg overtaking
    Tpi klo kaya kmarin ktika marq cuma bertahan habislah sudah hiburan puf…. turing lg dah
    Kayanya bakal lama lg liat race terbaik musim kmarin jual bli overtaking yg tifis di kcpatan tinggi

  14. Kok kekanak2an banget ya?

    Kalau memang suffer & struggle 2 tahun ini, lepas saja tahun ini.
    Toh masih ada MM93 yg punya skill dewa.
    Seburuk2nya juara 3 masih bisalah.
    Mending Honda fokus ke pengembangan mesin baru daripada habiskan energi coba bereskan masalah mesin tahun ini.
    Tahun 2017 baru strike back dengan mesin baru.
    Itu baru namanya mental laki….

    • Yamaha pernah mengalami kyk gini, malah lebih parah.
      2002, terbukti M1 dengan 5 valve per silinder racikan Ichiro Yoda ternyata gagal total.
      Musim 2003 tambah parah karena pembalap utama, Max Biaggi, cabut pindah ke Honda.
      Alex Barros & Norick Abe jadi bulan2an pembalap Honda & Ducati.

      Apakah Yamaha mewek & minta perubahan regulasi?
      BIG NO!!!!!
      Yg dilakukan, lepas musim 2003.
      Sepanjang 2003 malah sibuk riset untuk 2004.
      Sampai2 muncul penampakan Abe test motor dengan 2 rear shockbreaker & batang2 kecil + kabel seliweran di suspensi depan.
      Yuppp…Yamaha sibuk test segala opsi & collect data untuk riset new M1.

      2004 lahirlah M1 crossplane crankshaft yg legendaris itu.

    • 2004 – 2005, giliran Yamaha yg jurdun.
      2006 saatnya Pedrosa bertubuh mungil akan naik kelas.

      Apa yg dilakukan Honda?
      Sadar bahwa tubuh mungil Pedrosa akan sulit jinakkan medin 990cc, Honda maksa perubahan regulasi mesin menjadi 800cc mulai 2007!!!!!

    • Ternyata bukan Honda yg nikmati keuntungan perubahan regulasi jadi 800cc.
      Justru Ducati yg tampil sangat luar biasa.
      Stoner tampil tidak terbendung, sampai2 Rossi ngomong kalau hanya peluru yg bisa menghentikan CS27 saat itu.

      David Emmet, kolumnis kondang MotoGP, sampai bikin artikel dengan judul “hati2 dengan keinginanmu” untuk menggambarkan situasi Honda saat itu

    • Apa yang dilakukan Yamaha?

      Sadar bahwa konsep unggul di corner speed akan menjadi kunci kemenangan 800cc ternyata mentah ditangan CS37 + Ducati, Yamaha riset sistem pneumatic untuk menggantikan spring sebagai energi untuk menutup valve.
      Yupp…Yamaha memakai pneumatic valve system mulai 2008.
      Dan terbukti bisa mengalahkan Ducati.
      2008-2010, Yamaha kembali digjaya.

    • Apa yg dilakukan Honda?

      Setelah 4 tahun tidak bisa juga jurdun, Honda mulai mewek lagi minta perubahan regulasi lagi….
      Dengan alasan safety, Honda minta perubahan mesin ke 1000cc …

      • Bukan alasan safety kali bro, tp balik ke 1000cc biar pengembangan gak terlalu esklusif (makin mahal) , kalau 1000cc ada produk massal dr tiap2 pabrikan, jd makin “menipiskan” gap development mereka

        • gue juga gasuka repsol honda. tp yg dibilang sen25 bener bro. semua yg dibilang ben piss juga betul bgt kecuali yg dikoreksi sama sen25 itu.
          alasan safety dipakai ketika pindah dari 1000cc ke 800cc (2006 ke 2007)
          alasan yg dipakai untuk ngubah 800cc balik lg ke 1000cc (2010 ke 2011) adalah cost pengembangan 1000cc lbh murah dati pengembangan 800cc, biar tim2 kecil juga ga terlalu berat (alasan yg dipake honda begitu)

          jd semua yg diomongin ben piss itu benner kecuali yg dikoreksi sama sen25. untuk satu hal itu sen25 yg bener.

    • Yamaha dengan SDM terbatas mulai fokus menyiapkan musim 2012 dengan mesin 1000cc.
      Menganggap musim 2011 cukup aman cuma dengan fine tuning versi 2010.
      Ternyata Honda punya senjata baru SSG + Stoner.
      Akhirnya Honda bisa dapat juga piala jurdun di kelas 800cc, cuma 1x sekaligus penutup era 800cc

        • Fb sekarang parah,om..
          Macam haters medsos yg ternyata boaannyyaakk ber seragam putih-biru.
          Asal jeplak, masih bocah wingi sore.
          Kuota ber giga-giga cuma buwat nyetel b0k3p dan pop korengan, bukan buwat sejarah motogp.
          Sori, out of topic.

      • Ditunggu sanggahan nya dari fn sebelah, counter nya yang elegan ya, pake ilmu dan fakta.
        .
        .
        .
        .

        .jangan lari ke ms lagi kalo gak bisa nge-jawab…

        • Masyarakat sekrng udah cerdas dlm memilih…liat di sekitarmu pasti bnykan honda kan? Ingat honda itu dipilih oleh orng cerdas paham g sampeyan?????

        • Laris karena dp 0 coy,ingat pbrik h ada 5,sdgkan y cm 2 jadi ya wajar kalo kalah penjualan.
          Cerdazz dikit napa tong?!?!?!?!

      • ben piss comment of the match.
        dilihat dari isi commentnya dia bener2 pengamat. dilihat dari isi commentnya, mungkin umur dia juga udh ngga muda. eh.. pisss. hehe.

        sorri bro gue ikut ngoreksi comment lo. tp sepengetahuan gue emang bagian itu keliru. cmiiw

  15. Regulasi sekarang tidak melarang riset mesin baru.
    Yg dilarang itu update mesin ditengah musim berjalan.
    Mau update mesin? Tunggu musim berikutnya.
    Gitu saja kok rempong banget si HRC???

    Kenapa mengeluh November 2015 baru bisa mulai test?
    Kan bisa pakai test rider non partisipan MotoGP?
    Tahun lalu bukannya Honda pakai jasa Stoner sebagai test rider?
    Kenapa sekarang mengeluh kurang waktu test?

    Alasan Suppo yg mewakili HRC terlalu mengada2 sampai bawa2 nama pabrikan yg lain siapa tau mengalami hal yg sama…
    Yg lain santai2 saja kok…

  16. Honda cm bisa menang pakai regulasi. Ketika spek sama dgn yamaha lngs kalah lg mereka. Selama ini tim yg koar2 masalah regulasi cm honda. Yamaha aja bisa konsisten. Mslhnya bkn mesinnya tp pembalapnya. Lha wong stoner make fine2 aja.

    Tim pecundang di motogp yg mw enaknya sendiri ya honda. Mw dpt konsesi? Jd kayak ducati aja

  17. Artikel bang taufik paling keren slama aq nongkrong di warung sampean. Artikel yg membahas sisi plusminus mesin V, rekayasa engine dan regulasi ;)) bkn ssuatu yg fix, tp scr kasat mata ;)) opini yg mengejutkan dr wak haji….klo mnurut komentator MAK JLUBH !!! Bg yg tdk stuju ini hanyalah asumsi tp bg aq dibalik itu ada filosofi sbuah pabrikan, meminjam peribahasa para illuminator/freemasor…mnuju dunia ke depan hanya “satu jiwa” yg mengatur. Ibarat yg lain adlh pengikut, yg hrs tunduk dan dikalahkn.
    Smg ke depan tdk di ajang motgp sj suzuki, ducati, aprilia, ktm, kawasaki pny kekuatan dan smangat mengalahkn pabrikan dg filosofi tsbt ;)) IMHO
    ARTIKEL OUT OP NTHE BOKS kata orang jawa ;)) salut wak haji dan bro ben piss

  18. Downgrade aja ketim open class aja, Honda terlalu banyak maunya,itu Resiko Tim pabrikan lah, nanti gap Tim open ngelebar lagi..Temen ah buat Tim dengan SD tidak terbatas.Udah ngeliat gelagat Yamaha/Duc/Suzi bakal superior yach?

  19. Oot masih nyambung moto gp sih
    Liat yamaha lg bgus di moto gp ampe yim tiap taun nyediain budget buat sponsor ekslusif motogp trans 7 ampe honda klo mo ngiklan lari ke fox sport
    Tpi ironisnya konsumen yg lg dmen motor sarungan cuma di kasi r15 versi foto kopi india yg bla di bndingin ma cbr lokal aja dah 2 kali beda ma thai
    Jdi pabrikan punya budget besar buat ngiklan tpi konsumennya dikasi produk alakadarnya,
    Harusnya iklan knceng produk juga trsedia buat dibeli yg sesuai keinginan konsumen bukan maksain maunya produsen ke konsumen jika ga ya biarkata jawara moto gp tetep j yg laku motor sebelah

  20. Yha pabrikan banci. Giliran kalah langsung mewek minta ubah regulasi. Contoh yamaha & ducati. Fair! Sportif! Kalo memang inferior ya coba lagi taon depan. Dasar pabrikan sampah. Hwehwehwe.

    Ketolong aje sama si beruk marquez. Kalo marquez hengkang barulah sadar kalo motornya selama ini SAMPAH. Bahkan rider seperti daped aja kesulitan. Persis eranya stooner diducati. Mentang2 bisa juara pake motor sampah, merasa motornya superior. Begitu stooner hengkang barulah sadar kalo motornya bermasalah. Hwehwehwe.

  21. gk setuju dg keinginan hrc waaa
    klo dlm 1 musim ada pengembangan mesin
    bgmn dg tim satelit pst pasrah dg keterbatasanya
    dan malah jd rancu membingungkan bg rider sendiri…

    harusnya filosofi sebuah race itu skill rider yg dominan bukan peran besar motor

    nanti klo permintaan hrc ditolak pst ngambek ancam mundur diajang motogp n gk ada lg moto2

    ahelaaah hondut hondut

    haiyyaaa cilaka luwa welas waaa wedus

  22. dulu yam*ha juga gitu wak, mesinnya juga bermasalah. Tp gk MEWEK minta Amandemenya harus di rubah..

    CEMEN !!!

  23. ya kalau memang ada peluang permohonan honda dikabulkan, harusnya ada kesepakatan bersama tim lain juga (yamaha, ducati, suzuki, dll). ane kira dengan keputusan yang berdasarkan mufakat jauh akan lebih fair

  24. Setia perubahan regulasi pasti harus ada persetujuan MSMA..
    jadi ketika terjadi perubahan regulasi berarti ada persetujuan bersama…
    intinya di MSMA setuju atw tdk trhadap perubahan regulasi…
    ketika di anggap menguntungkan setiap pabrikan pasti perubahan akan disetujui…
    menurut ane amandenen honda akan disetujui…
    karna dampaknya berlaku bagi semua team…
    dan mungkin baik pengembangan mesin yg diajukan honda hanya bisa dilakukan pada pertengahan musim, jadi gak seenaknya dilakukan saat sdh 4 atw 5 race berjalan dan melakukan update mesin…

  25. klo memang honda merasa suatu saat bisa yamaha, ducati ato suzuki yg terkena masalah, biarlah pabrikan sendiri yg mengajukan amandemen. honda peduli amat sich……ato saking malah kelihatan ketakutannya????

    1. Kenapa hanya honda yg merasalah bermasalah dengan regulasi taun ini?
    2. Kenapa ketika regulasi taun ini disahkan Honda pada saat itu trima2 saja? lelet considering ato ga bisa menerkan permasalahan internal?

    jangan samape suatu merk pabrikan tertentu memiliki hak veto secara yuridiksi ato hanya ‘kasat mata’. this is world championship.
    Klo livio mau seenaknya sendiri bikin one make race aje.

    #stop pembodohan otomotif #bangga bermotor #bring the pride back

  26. ya elah,, semua jg mengalami hal yg sama kali,,
    kalo emang taon depan yg kena ducati atw yamaha,,
    ywd aja berarti honda lagi sukses,,
    taon 2014 aja sampe podium 1 selama berapa seri tuh?
    14 seri apa? ga ada yg protes tuh,,
    yamaha ga protes nanti gini gt,,
    ducati jg ga,, semua nya pada melakukan riset,,
    ga ky gini nih,, ga seru jdnya..

  27. saya suka dengan komen2 yg mengerti soal moto gp salut buat yg nongkrong di warung ini, supaya yang asal komen kebuka pikirannya dan jadi tambah ilmu

  28. lah kok upgrade minimal 1x brti kan bsa 2x ato lebih semusim buat upgrade..Hrc ada2 aja..kok gak jdi factory sma konsesus aja sih..ksian tim lain klo disetujui..ksempatan buat upgrade sih ada dalam semusim..tpi duitnya yang seret kcuali HRC..biaya balap tmbah mahal..pabrikan lain jdi pkir2 msuk gp

  29. Salah HRC sndri gk memaksimalkan penggunaan wktu pngembangan + tes yg ada untuk motor RC213V barunya sblm musim moto GP dimulai..
    Pgn gnti regulasi kok seenak jidat gitu..

    • Kalau mau jujur sebenarnya justru HRC yang paling mantap persiapannya.
      Tahun lalu pakai jasa Stoner untuk riset motor baru. Dan telah dilakukan beberapa kali pengujian oleh Stoner sebelum akhirnya dicoba oleh MM93 & DP26 di sesi test resmi pertama di Valencia November 2015.

      Gak tau kenapa Suppo berlagak amnesia sampai ngomong kurang waktu pengujian.

      Justru Yamaha yg paling kurang waktu test nya.
      Test Jerez setelah Valencia saja Yamaha gak ikut…

  30. Kalo Honda maen mewek2an begini dan mau nya ngatur2 Dorna.. lebih bagus sekalian saja dihapus tuh Moto3, Moto2 n MotoGP.. diganti jadi MotoHonda, MotoYamaha, MotoDUcati, MotoSuzuki dan sbagainya..biar ga malu kalo kalah sama pabrikan lain… bisa bikin aturan sendiri… pembalap tinggal pilih mau ikut pabrikan mana.. Kalo mau balapan bersama ya harus konsisten ikuti aturan yg sudah disepakati bersama..
    Honda mewek mungkin juga takut MM93 bisa hengkang kalo taon ini kalah lagi… susah ngejar rekor nya Rossi kalo kalah mlulu… wkwkwkwkk…

  31. @ ben piss

    thn belakangan ini khan hrc repot ama riset F1 dan dakarnyanya, bisa jadi ngak sesiap yg dibayangaken

    • Honda R2 & R4 terpisah baik organisasi maupun keuangan.
      HRC hanya khusus R2.
      F1, Honda hanya supply mesin.
      Dakkar, mirip WSBK…modifikasi produk massal.
      Jadi bisa disimpulkan sendiri ngaruh apa tidak.

    • Hahahahahaha,,ente ngaco,,team F1 ma Motogp beda bozz,,meskipun sama2 Honda. Emanx nya Honda miiskin?? Gx kuat gaji ilmuwan?? Koment ente mlh melenceng jauhhhhhhh

      • Ente wor klowor yg gagal paham penjelasan ben spiss..udah dibilang dlm divisi r2,r4 yg artinya beda..sinting kamu

      • Ente wor klowor yg gagal paham penjelasan ben spiss..udah dibilang dlm divisi r2,r4 yg artinya beda..

  32. dah jelask hak katata wak haji,

    semua regulasi hars disetujui semua pabriken, ngak cuma honda

    jadi kalu ada aturan yg dulu-dulu berubah-rubah,

    yach semua pabriken juga setuju khan,

    kalu ngak setuju yach mesti bilang,

    kaya kawak, ngak setutju, out

    • Kawazaki memang jantan.
      Daripada minta perlakuan khusus atau coba bermain politik mencoba mengubah regulasi, mending out.
      Saya setuju dg komen anda…

      • Stuju ben piss..,.perlakuan khusus, bermain politik dg mrubah regulasi tdk lepas dr mahar politik. Sprt dlm kasus FIFA para petinggi2 bola mmbuat kputusan brdasar mahar dan lobby illegal, yg mencederai sportifitas olahraga itu sndr. Mungkin suatu saat promotor dan institusi yg menaungi pagelaran balap dunia hrs blajar dr fifa ;))

  33. akhirnya…ada yg protes..aturan koplak, mending bubarin aja, mubazir buang” sda karet, besi, fiber, minyak..toh sdh ada wsbk
    bukannya justru di motogp diharapkan ide & teknologi “wow” utk diaplikasikan pada motor produksi massal..ngapain pake larangan pengembangan berjalan segala..ga masuk akal..

    • Tdk stiap pabrikan pny SD brlebih, sprt hrc, ibarat klub bola real maghrib, bs mmbl smw pmain/platih bintang. Pengembangan brjalan dspakati slain mesin yg dmasukan kulkas ;)) mending yg bubar salah satu pabrikan drpd tdk sportif, tdk menghargai tim/factory lain dan menganggap “aturan koplak” bs diamandemen kapan sj demi ambisi pabrikan pallng kaya sdunia akhirat ;() xoxoxoxo

  34. Itulah HONDA dewanya motor di dunia
    C’z u must to know…..

    >> Honda adl takdir
    >> Honda adl kenyamanan
    >> Honda adl jati diri
    >> Honda adl kekuatan
    >> Honda adl kemapanan
    >> Honda adl keniscayaan
    >> Honda adl kemenangan
    {{{{{ CHOICE OF THE CHAMPION}}}}}

  35. Hmmmm, kasian tim satelit yg gak bisa ngembangin mesin, trus dananya pasti terbatas, lama” gak bakal seru lagi

  36. Aturan engine freeze ini bukan aturan baru.
    Sudah dimulai sejak tahun 2011, dibatasi 6 mesin per musim.
    Terus diperketat lagi jadi 5 mesin per musim.
    Tahun ini dibikin longgar lagi jadi 7 musim.
    Seharusnya sebagai pabrikan senior di MotoGP, Honda sudah sangat terbiasa & siap dg aturan ini.
    Jadi sangat sulit diterima akal sehat usulan amandemen regulasi engine freeze dari Honda ini.

    Kemungkinan, seperti yg sudah2 Honda akan terus berusaha mempengaruhi member MSMA dan Dorna.
    Kunci voting akan ada ditangan Ducati…

  37. Saran wak,tuh komen si ben piss dibikinin jd artikel donk wak,opini pembaca gitu seccara komennya berbobot bahkan melebihi bobotnya dukun yg suka cabul tuh tuh tuh

    • siap mas brooo, saya juga perhatikan, dan komentar terkahir dulu ben piss juga saya sudah jadikan artikel

  38. sebenarnya masalah HONDA udah dari tahun kemarin.
    untung saja Ada MM93 yang mampu mengendalikan RCV

  39. Yg ane heran,,semua team kan pny SDM,,nah..mereka kan pasti kerja sepanjang hari,,jd gx mgkin kalo mereka alasan bhw taun kemarin wktu mereka pendek? Akui aja SDM HONHON jauh dibawah team lain

  40. Honda terlihat sangat tergantung sama teknologi asimo (in house). Begitu pakai standard di 2015 langsung terseok-seok. Pakai software standard 2016 cuma MM yang bisa didepan yang lain ketinggalan.

  41. Kalau HRC ingin RCV213 kembali bertaji, berani gak mereka kembalikan reference rider ke pundak Pedrosa?

  42. Dah honhon cabut aza dr moto gp
    Biar pabrikan lain masuk dah kayak bmw,kawak,mv bahkan kalo perlu HD masuk juuga tuh pake brand EBR
    Ekkkkkkk

  43. Kalo diliat dari 5 race kebelakang, wajar HRC niat untuk amendment:
    1. Dari segi topspeed bisa dilihat TopSpeed Ducati sudah mulai didekati pesaing abadi, Yamaha.
    2. Dari segi cornering, bisa dilihat betapa Hondut suffer banget di sektor ini, IMO VR dan JOLOR pede banget libas tikungan dan bisa lebih deep, dan cepat sekali akselerasi abis tikungan.
    3.Konyolnya Hondut apa karena hal tsb atau faktor isu kepindahan DP, mundurnya Shuei, jangan lupa Yamaha pernah juga suffer pasca mundurnya Furusawa, jadi be fair lah Honda, masa tim terbaik di motogp sampe harus ada ide seperti ini?inga tahun ini YFR kaga ikut test Valencia dan di tes2 tesebut HOndut Racing dapat best lap.

    • Point pertama paling kentara…GP Le mans kemaren waktu Vale vs Dovi Vs Mark…di trek lurus Vale yg udah di depan cuma di deketin Dovi…sementara Mark kendooorr…abis dah..udah gitu R1 godek2…

  44. Honda sebenarnya kn mulai rewel saat Regulasi ECU disamakan, bahkan mengancam mundur dari ajang MotoGP. Karena alasanya jelas, MotoGP ajang balap Motor Prototype, bukan World SUperbike.

  45. mungkin ada baiknya wak, di pertengahan musim di berlakukan usulan tersebut yg berlaku bagi seluruh team factory. sebab apa guna data-data yang di input jika tidak di aplikasikan. ada baiknya demi pengembangan teknologi dr teknologi yang di ciptakan. saya pribadi memandang hal baiknya dr usulan hrc ini, artinya kedepannya ada terobosan – terobosan baru di musim yang sedang berjalan meskipun hanya 1x development di jeda paruh musim yang berlaku bagi seluruh team factory. meskipun gagasan itu di usulkan hrc tp saya yakin bukan semata – mata hanya untuk hrc saja. ada salah kata di koreksi ya wak. trims

  46. honda cuma bikin motogp membosankan dengan dana tak terbatasnya, sesuka hati mengacak2 kompetisi. pabrikan gak guna

  47. kalo menurut saya sih ini berkat kerja keras para insinyur elektronik tim factory yamaha tahun 2015 yang lalu, mereka memanfaatkan team satelit untuk memperoleh data sebanyak-banyaknya mengenai Unified Software dari Magneti Marelli dan juga memang karakter motor Yamaha M1 yang smooth, nggak liar, dan ‘mudah’ dikendarai, sehingga perpaduan data yang diperoleh dari team satelit yamaha yang dikembangkan oleh team factory, sasis dan mesin yang baru mebuat tim factory yamaha terlihat sangat siap untuk tahun ini walaupun Rossi dan Lorenzo boleh dibilang merupakan rider Factory yang paling sedikit melakukan Test Sebelum Wintertest Sepang 2016
    untuk ducati yang saat ini saat diracik oleh Gigi Dall Igna, mempunyai potensi yang tidak bisa dianggap remeh diliat dari seri GP yang sudah dilalui, hanya sialnya lebih banyak crash sampai seri prancis kemarin.

  48. Balapan prototype tidak berarti bebas sebebas2nya.
    Kalau tanpa batasan, yang ada nanti malah kuat2an dana, balapan duit namanya.
    Justru dengan adanya batasan, bisa dibuktikan teknologi siapa yg lebih unggul.
    Engineer2 siapa yg lebih cerdas.

    Ibarat perlombaan cerdas cermat, kalau syarat peserta tidak diatur ntar mahasiswa lawan anak smp….

  49. Udah lah cabut aj dr moto gp…. bikin aje motor keren harga murah… tetep ko penjulan nomor 1…. buang2 duit aje lu ikut moto gp…. ga ngaruh juga…

  50. Yang Gue bingung itu, Kemaren pas Menang-menang ga ada Minta di amandemen, Pas Udah kalah baru Mewek ama dorna minta amandemen,

  51. PERHITUNGAN CEPAT KOMENTATOR
    75% tdk setuju amandemen
    25% pro hrc dg alasan balap prototipe bebas development, menguntungkan stiap pabrikan ( yg bermasalah ), hrc tim kaya bebas melakukan apa saja kluar dr motogp pun tdk berpengaruh bg ms honda.

  52. wak, kira2 apa penyebab pabrikan jadul gp500 gak cameback ke kelas motogp?
    macem MVagusta, Bmw dll termasuk kawasaki.
    jujur wak, sy penasaran banget sm pabrikan2 eropa selain ducati n aprilia

  53. Meskipun buat tahun dpn,,ane kagak setuju. Cb pikir ulang,,kalo ditengah musim bs pengembangan mesin,,lalu bgmn dgn team satelit dan team independent? Mereka hanya bs jd penonton aja dunx?? Secara dana mereka terbatas. Yachhh…lbh baik motogp buat team factory aja!!! Buat apa ada bnyk rider tp cm jd bumbu penyedap??

  54. masalah hrc di sdm keknya, waktu kelas open dibuka hrc bikin motor baru yfr pake motor lama….. padahal kedepannya ada unifued ecu (keliatan yg pinter baca peluang sapa).
    ada sesuatu yg lebih di garasi yfr entah apa itu.

    setuju gak disetujui aturan ini kalau sebuah tim solid pasti bisa memaksimalkannya, toh bila aturan ini disetujui hrc belum tentu bisa memaksimalkan peluangnya…..

  55. 70. Tiger26 (The Power of Dream) – May 12, 2016

    Itulah HONDA dewanya motor di dunia
    C’z u must to know…..

    >> Honda adl takdir
    >> Honda adl kenyamanan
    >> Honda adl jati diri
    >> Honda adl kekuatan
    >> Honda adl kemapanan
    >> Honda adl keniscayaan
    >> Honda adl kemenangan
    {{{{{ CHOICE OF THE CHAMPION}}}}}
    =============================
    gak usah ngetik bahasa ingris lah kalo gak bisa, “must to must to”. udah berlagak salah pulak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP