TMCBlog.com – Bro seklaian,Sekarang ini bicara skema pola pembiayaan biasannya mindset kita hanya tertuju pada Motor baru Yang dijual APM dengan konsumen, atau diler Motor bekas dengan konsumen . . Namun ternyata ada Yang selama ini tidak kita ketahui sob yakni Proses Jual – beli Motor bekas antara pemilik motor dengan calon pembeli lansung pun bisa dibantu skema pembiayaannya oleh perusahaan pembiayaan . . jadi gitu ? Gimana Caranya ?   . . TMCblog menperoleh enlightenment Ini dari CEO FIFGroup Pak Margono tanuwijaya di FIF Tower TB Simatupang kemarin sob . . .cekidot deh . .

Jadi menurut Pak Mar, pada dasrnya Kadang pembeli motor bekas nggak Via showroom motor bekas karena takut harganya kemahalan, sehingga mereka langsung ke Pemakai/ personal penjual sehingga bisa dapat harga deal yang lebih rendah/ terjangkau . ..  dan mengenai hal ini menurut Pak Mar sudah dipikirkan Oleh FIFGroup .  dan FIFGroup yang siap dengan sayap pembiayaan Konvesional ( FIFASTRA ) dan sayap Pembiayaan Syariah (AMITRA) . . . Mengenai beda kedua sayap ini sepertinya tmcblog nggak perlu panjang lebar menjelaskan, terlebih hal sensitif mengenai syariah atau bukan . . bukan apa apa, tmcblog bukan ahli soal syariah, Mungkin Nanti pakar pakar syariah seperti Dr Syafii Antonio dll bisa menjelaskan lebih gamblang  . . .

Menurut info yang tmcblog terima, Prosesnya boleh dibilang sebenarnya sama / mirip dengan cara membeli motor baru langsung ke diler sob . . .  Jika penjual dan pembeli sudah deal dengan harga, maka keduanya tinggal hadir ke cabang perusahaan pembiayaan ( dalam hal ini Pak Mar mencontohkan ke kantor cabang FIFASTRA ) . . nah pastikan Motor masih berusia 5 Tahun atau lebih muda, surat surat lengkap dan tentunya kelengkapan administrasi pembeli juga lengkap seperti KTM, KK, slip gaji dan Lain lain . . Setelah itu tinggal pilih mau pakai jenis Konvensional atau nyaman dihati dengan jenis layanan Syariah (AMITRA ) . .

Nanti penjual akan ditransfer angka penjualan dari FIFgroup sedangkan Pembeli menyetor DP dan nantinya berkewajiban mencicil sesuai kesepakatan dengan perusahaan pembiayaannya deh . ..  Di akhir pembicaraan Pak Margono sempat sedikit berpromosi bahwa perusahaan pembiayaan memang bersaing ketat dan FIFASTRA/ AMITRA  sampai saat ini hanya dedicated melayani pembiayaan untuk motor merk Honda . . so Kalau akad Jual beli motor bekas mau juga disambungkan ke pelayanan pembiayaan di FIFGroup (FIFASTRA/ AMITRA ) baik yang konvensional maupun syariah, motornya kudu Motor Honda . . Lembaga pembiayaan lain apakah punya fitur ini? tmcblog belum tahu juga nih . . bro sekalian ada yang lebih tahu, silahkan di share

Taufik of BuitenZorg

48 COMMENTS

  1. Bisnis abu2 dlm pandangan Islam, satu sisi riba Karena ada bunga, satu sisi membantu karena adanya hal saling memudahkan😁😀, gw seh no comment aja.

    Guest
  2. Assalamu’alaikum … kang Taufik dan para sob – sob sekalian yang baik ! Maaf, nih … saya ingin tanya ( di luar tema ) ? Bisa atau tidak, ya ? Speedometernya all new R15 yang baru itu ? Di aplikasikan ke Byson karburator ? Sebab, saya terobsesi ( sejak dahulu ) sama penunjuk posisi gear mesin di panel LCD ? Atau, ada saran lain ? Terima kasih …

    Guest
    • pembiayaan syariah akadnya sama seperti bank bank syariah yakni mudharabah . . mengenai riba atau bukan atau sesuai dengan syariah atau nggak, saya nggak kompeten untuk menilai

      Administrator
  3. nah itu pan ada yg cara syariah, klo cara syariah biasanya lgsg bilang keuntungan diawal, misal harga jual motor 10jt trs pihak pembiayaan akad ambil keuntungan 4jt, jd 14jt dicicil pembeli motor selama berapa bulan trserah trgantung akad, beda dengan konvensional lgsg keluar angka cicilan tanpa bilang ambil keuntungan brp, cuma beda cara aja uda beda hukum riba atau tidaknya, mohon diulas wak bgmn cara² pembiayaan syariah dr bbrapa pihak pembiayaan utk kredit motor, tengkyu

    Guest
    • “syariah” di indo sama aja dngn konvensional cuma ganti nama. dulu saya di bank syariah kemudian keluar. label syariah cuma buat nipu orang islam yang punya iman untuk taat saja. ok dr kata maz dia minta laba didepan. masalahnya dia jual barang dealer gt? dalam islam haram menjual barang yang belum jadi hak milik. hikmahnya rantai jual beli tidak panjang jadi harga selalu terjangkau

      Guest
    • Meskipun konvensional tidak bilang langsung
      Kita bisa hitung sendiri kan.
      Intinya sama aja ada bunganya

      Guest
    • berarti yg membedakan syari/riba tidaknya hanya kejelasan keuntungan di akaf masbro???

      engga lah masbto….bukan seperti itu.

      pembiayaan seperti itu bisa dikatakan syari hanya jika:
      1. tidak ada denda keterlambatan angsuran
      2. barang yg mau diangsur oleh konsumen sudah sempurna menjadi milik si leasing. bgmn dikatkan sempurna mjd milik? yaitu barang tsb sudah dibeli dan serah terima oleh pihak leasing.

      kenyataan di lapangan: masih ada denda dan brg blm sempurna milik leasing. di ilustrasi wak haji di atas, leasing syariah tanpa serah terima barang hnya transfer ke pihak penjual motor.

      ini pengelabuan syriah namanya. Allahua’lam

      Guest
  4. Selain FIF ada Wak..
    Yg saya tahu salah satunya A*ira..
    Bukan bermaksud promo loh ini.. 😀

    Tahunya waktu nyari motor second di salah satu situs online (OL*), ketika kita masuk ke halaman produk yg kita tuju, di situ tertera angka cicilan dan nama perusahaan A*ira..

    Trus saya coba datang ke kantor A*ira di tempat tinggal saya untuk memastikan hal ini dan bertanya sistem dan syaratnya bagaimana..
    Dan sistemnya pun 11-12 dengan pembiayaan dari FIFGroup seperti di artikel..

    Tp saya batal memakai jasa pembiayaan A*ira..karena akhirnya beli motor second secara tunai.. 😀

    Guest
    • kalau benar2 syariah ya gak bakal ditarik, kan tu motor udah jadi hak milik si pembeli setelah akad, tidak seperti leasing dengan prinsip sewa dan baru dapat dimiliki setelah lunas. Kalau syariah semuanya harus transparan, knp si pembeli sampai nunggak 5x harus ada penjelasannya. kalau memang kesulitan keuangan nantinya pihak “bank syariah” akan membantu mencarikan solusinya. misal dengan membantu menjualkan atau membeli kembali motor tsb dari pembeli dengan uang yang diterima dipotong sisa anggsuran.

      Dalam prinsip syariah semua ada solusinya tanpa perlu menggunakan debt collector.

      namun kembali lagi kebudaya setempat, memungkinkan atau tidak diterapkannya prinsip syariah. Indonesia???????

      Guest
  5. Untuk pembiayaan motor seken surabaya dan sekitarnya, ada rahman motor, bener syariah, telat tdk di denda, hanya teguran simpatik. Info lengkap bisa cek di instagram nya rahman motor surabaya.

    Guest
  6. kredit syariah itu hanya pembodohan umat yg dilakukan para penipu2 berkedok agama, yg perlu diketahui harap wak haji bedakan sbb:
    1. akad murabahah (bagi hasil)
    2. akad jual beli
    3. akad sewa menyewa
    4. akad gadai
    5. akad pinjaman
    6. dll

    dikatakan akad murabahah maka baik untung maupun rugi ditanggung kedua belah pihak, dari sisi ini saja jelas sudah menyalah kredit syariah tsb, belum lagi AKADnya gak jelas, olh sebab tsb TINGGALKANlah kegiatan RIBA tsb

    jika wak haji mau belajar ttg ekonomi syariah belajarlah kpd ustad DR. Erwandi lulusan madinah cari di you tube, belajar agama kok dgn antonio….

    Guest
    • belajarnya dr yutub?
      emang ulama2 di indonesia yg bisa langsung ditemuin udah gak ada?
      enakan mah langsung ketemu,, apalagi udah kenal,, kalo masih gak jelas langsung tanya… penak tow?

      Guest
    • Belajar dari ustadz di sosial media

      Maksudnya merekomendasikan karena mereka (yang merekomendasikan) pernah duduk di majelisnya, karena mereka tau ilmunya, bukan sekedar tau wujudnya saja

      Dan yang pasti tau manhajnya, karena lurusnya manhaj seseorang insya Allah lurus juga apa yg disampaikan

      jangan gagal faham yak!

      Guest
  7. Bagi yang agama islam ..beli sesuai kemampuan cash saza.., dari pada ragu Riba lebih baik tinggalkan saza.

    Guest
  8. semua orang yg terlibat dalam riba adalah sama dosanya. yg teringan berzina dengan ibunya. hati2 dalam menginformasikan sebuah akad yg menjurus ke riba.

    Guest
  9. suzuki finance juga bisa kok wak.
    just info saja, soalnya pernah. bahkan lintas merk. gak harus suzuki. cuma syaratnya hampir sama. malah pihak pensurvey yang datang kerumah pengaju atau penjual.

    tapi kridit mokas gak rekomended wak, emang sih murah bisa separoh dari motor baru. pikir soal perawatan wak, namanya bekas pasti ada aja part yang minta ganti. kalo pas ganti part dibarengi jatuh tempo angsuran mumet tuh wak.

    Guest
  10. Nah kalau yang kerja di bank konvensional apakah haram, karena gaji mereka dari lembaga bunga riba loh jangan bangga dulu kerja di bank malu bila punya iman wkwkkwwk

    Guest
  11. wah kalau saya mending nabung dulu sampai duidnya cukup, toh motor bpk sy astrea grand 2000 masih bs ngacir sampe sekarang… lah apa hubungannya… hehehe…

    Guest
  12. ngeRIBAnget

    Riba atuh kang Riba!

    kan sering posting kajian islam, tapi masalah riba kok diabaikan sih kang???

    Guest
    • hey . . ngomong gampang, saya nulis ini sudah sangat hati2, sebelum ngetik juga saya sudah konsern bahwa akan ada yang bakalan ngomong akayak ams bro soal RIBA
      makanya saya nulis adanya sayap pembiayaan syariah. dan saya sadar tulisan ini akan dibaca ratusan bahkan mungkin ribuan orang sehingga saya sadar kalo saya nulis salah maka dosa akan juga mengalir kesaya sebanyak itu . . saya sadar sepenuhnya
      nah jika memang bicara instansi syariah diindonesia apakah lembaga pembiayaan atau bank syariah itu riba atau nggak dan jangan sama saya saya nggak ahli fiqih ekonomi 😀

      Buat bro dan juga rekan2 yang lain diatas dan di bawah ini . . kalo mau berkomentar bahwa lembaga pembiayaan syariah dan bank syariah itu juga riba ya silahkan saja karena sampai saat ini mengenai hal tersebut terus jadi perdebatan, kolom komentar ini bebas buat siapa saja yang bekomentar, Namun saya tidak akan menanggapi karena hal hal gini sensitif dan ilmu saya nggak banyak dan saya hanya bisa terus istighfar agar bisa semakin lebih baik 😀

      Administrator
  13. Gini saja, kalo beli motor ngutang sama ortu saja atau sanak keluarga yg mapan sperti kakak ipar sya.. Misaly ngutang 20 juta, dicicil 1 juta stiap bln smpe 20 bln.. Kn tdk ada riba, cuma minjem duit smentara saja.. Drpd d’cekik cicilan leasing.. IYA THO..

    Guest
  14. kang kebetulan artikelna pas pisan euy.

    saya mau tanya, kebetulan ada niatan ngaboyong seken Yamaha YZF R25 ka garasi neeh kang. nah saya bingung utk pembiayaannya karena akan beli dr user langsung. mungkin ada inpo dr kang haji kemana saya harus berlabuh? point yg saya inginkan dr bank, finance atau leasing tsb yaitu : bunga tdk mahal dan utk pelunasan dpercepat dpermudah serta tdk ada embel2 hrs bayar bunga sama seperti mengangsur lagi. pengalaman pahit ketika saya akan pelunsan dipercepat dleasing MAF (Mega Auto Finance). yg akhirnya menggantung dikarenakan maf keukeuh meminta pelunasan dipercepat sama dengan pembayaran sisa angsuran yg belum dbyrkan,what the hell? hanya bisa dkurangi biaya denda2 hungkul kang. sekarang msh gantung dan sedang saya perkarakan.
    htr nuhun, mugi2 aya inpo ti kang haji….

    Guest
  15. Sabar kang sabar…. ya kalo ada yg syariah ambil yg syariah.masalah itu ada unsur riba dan mengandung dosa mari kita serahkan ke dewan pengawas syariah. Toh mereka yang menanggung jika kita dapet dosa
    Hehehe… gak usah ambil pusing
    Kalo memang bener2 ragu ya nabung aja sampe kekumpul gtu aja repot

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.