TMCBlog.com – Bro sekalian, di VLOG atas, Sobat sekalian dapat menyimak kala tmcblog lagi ngevlog sampil bertanya tanya dengan Juara dunia WorldSBK 3 Kali ( 2015, 2016, 2017 ) asal Inggris Yang menggunakan Kawasaki ZX-10RR Jonathan Rea. kesempatan emas Interview Ekslusif yang tmcblog lakukan di Dalam Pit Kawasaki Manual tech di sirkuit Chang Buriram Thailand ini berhasil tmcblog peroleh setelah memperoleh izin dari Kawasaki dan Juga dari Management J. Rea sendiri . . . Nggak banyak sob waktu yang tmcblog sob, hanya 5 menit dan dadakan alhasil semua pertanyaan yang tmcblog lontarkan ke Rea tidak dikonsep sebelumnya, asal keluar dari Otak saja  . . . so punten kalo terbata bata karena prosesor kamus di otak rada lambat clock nya hehehe . . Namun silahkan disimak sob . . . ada pertanyaan soal Review Musim 2017, Mengenai regulasi 2018, mengenai Wssp300 dan Juga soal pendapat Rea mengenai sirkuit Chang yang tahun 2018 akan digunakan di ajang MotoGP Juga  . . . Cekidot deh

TMCBLOG : Mengenai Regulasi Baru WorldSBK2018  dimana ada limitisasi dari RPM mesin, Bagaimana Menurut pendapatmu

Jonathan  Rea: Sayangnya setiap satu perubahan hadir, semua Pabrikan harus beradaptasi. Saat pertama Kali perubahan itu hadir, Nggak ada yang suka dengan perubahan ini. Kami harus mencari tahu Bagaimana efeknya kedepan. Kurasa tujuannya adalah untuk membuat team Pabrikan dan team Privat lebih kompetitif. INi adalah hal yang baik Untuk Superbike secara umum. Tapi kami butuh waktu untuk bisa mengerti semua implikasinya.

TMCBLOG : WorldSBK telah melakukan Test dengan skema regulasi baru, sepertinya tidak banyak perubahan. Bagaimana Menurutmu ?

Jonathan  Rea: emmmm, Kami butuh satu musim penuh untuk mengetahui, Jujur kita tidak bisa membuat kesimpulan berdasarkan satu kali test. Buat saya, Saya tidak memiliki masalah apapun dengan regulasi baru ini. Hanya butuh mengerti system ‘balancing’ ini dan apakah akan akan berefek ke pabrikan. Namun kami harus berusaha terbuka dan ber-positif sangka dan terus berusaha seperti yang telah kami lakukan di 3 tahun belakangan.

TMCBLOG : Menuerutmu apakah regulasi baru akan membuat team team baru dan team yang sedang struggle seperti Honda bisa langsung meningkat?

Jonathan  Rea: Tidak, saya pikir tidak  . . . Mungkin buat team privat/ costumer team mereka memiliki akses lebih besar ke part part yang lebih baik untuk lebih mendekatkan ( performa) namun bagis aya tidak akan terjadi perubahan besar

TMCBLOG : Jhony, Di Test terakhir kamu telah melakukan test bersama pembalap pembalap MotoGP dan Banyak yang membanding bandingkan dirimu dengan pembalap MotoGP.  Jika Kamu pakai motor dengan spek MotoGP, akan kah kamu bisa membuat Pace yang baik juga ?

Jonathan  Rea: Ya saya pikir saya akan bisa cepat juga di MotoGP dengan Motor yang tepat, namun saat ini hidup saya di WorldSBK dan saya nggak mau banyak berfikir tentang MotoGP. Namun saya sangat senang bisa berbagi Track dengan mereka dimana kita bisa melihat dimana Motor MotoGP memiliki keuntungan dan dimana Superbike memiliki keuntungan. Namun jelas keduanya merupakan kategori yang sangat berbeda dan saya hanya mau fokus di WorldSBK pada 2018

TMCBLOG : Ada kelas Baru WSSP300, apakah menurutmu ini adalah sebuah penciptaan jenjang yang bagus ke WorldSBK ?

Jonathan  Rea: ya saat ini kami memiliki batu lompatan yang baik ke superbike dengan hadirnya WorldSSP300 lalu ke WorldSS dan akhirnnya ke WorlSBK. INi sangat bagus buat anak anak bisa mengikutinya. Race nya sendiri sangat menarik, Banyak pabrikan bukan hanya Kawasaki .. ada Honda dan Yamaha berkompetisi di depan dan saya piker tahun depan KTM akan ikut serta Juga. Dan ini baik untuk kejuaraan.  Saya selalu melihat Race ini karena ini menjasi Race paling ‘ exciting ‘ di akhir pekan balap WSBK

TMCBLOG : Flash back ke Musim yang lalu, sebenarnya Rival utamamu ?

Jonathan  Rea: tentunya Ducati adalah Rival utama saya, mereka selalu memberikan tekanan yang kuat. Ducati selalu hadir di depan pada kelas superbike . . dan .. ya hanya itu saja  . .

TMCBLOG : Bagaimana tentang Yamaha, sepertinya mereka semakin baik ?

Jonathan  Rea : Ya sedikit demi sedikit mereka mendekati kami. Saya nggak terlalu mengetahui level sebenarnya dari tim mereka, Namun mereka adalah Tim Privat yang disupport pernuh Oleh Yamaha ( factory ) Musim lalu ( 2017 ) mereka melakukan langkah yang cukup besar. Senang melihatnya, karena kedua pembalap dan teamnya sangat bagus. Dan saya yakin tahun depan mereka akan bisa lebih kompetitif

TMCBLOG : Pertanyaan terakhir tentang Chang Circuit. Kamu telah mencobanya dalam sebuah Race WSBK . . seperti apa menurutmu Karakteristik Sirkuitnya ?

Jonathan  Rea: Ini merupakan sirkuit yang sangat berbeda dimana Bagian eprtama dari sirukiut sangat Cepat kamu harus memiliki mesin yang cepat dan satabil dalam pengereman karena ada Area ‘Hard Braking ‘  Namun di bagian kedua dari sirkuit lebih mengalir dengan banyaknya tikungan dan area stop and go dimana dibutuhkan mesin yang ‘nimble ‘ dan ‘agile’ benar benar butuh banyak kompromistis dalam setup motor, Namun saya menyikainnya, saya selalu menyukai pengalaman Thailand karena Fans disini juga memiliki passion yang tinggi soal Motor. Sirkuitnya Cool, cuaca enak. . saya sangat menikmati hdir di sini

Taufik of BuitenZorg

 

9 COMMENTS

  1. Wak haji sekedar mau kasih masukan buat pembaca setiamu ini, di artikel ini banyak bgt ketikannya yg typo dan di artikel2 sebelumnya. Mgkn sebelum dipost alangkah baiknya dicek dlu untuk meminimalisir kesalahan pengetikan. Suwun wak

    Guest
  2. wew akhirnya bisa interview sir Jhonatan rea secara langsung,
    eh yg rea dipanggil di kerajaan Inggris kemarin bukan dapet gelar sir Deng?

    Guest
  3. this is question who you don’t have to answer,Jon:”why you could be a world champion after moved on to Kawasaki?”

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.