TMCBlog.com – Bro sekalian, seperti Kita ketahui bersama race Weekend Di Qatar sudah mahfum dilakukan di malam hari untuk menghindari terik dan Panas khas gurun jika Race dan Latihan dilakukan di siang hari . .. tmcblog sudah dua kali pernah menghadiri Race weekend MotoGP di qatar dan merasakan banget perbedaan klimat terutama suhu antara siang dan malam yang cukup signifikan dimana Race di malam hari akan jauh lebih bikin nyaman buat pembalap . . . Namun masalahnya adalah Jika Saat race Hujan turun melanda . .

Yap Bro race Malam di Losail sangat bergantung pada 3600 bohlam lampu yang ditenagai oleh 44 generator yang masing masing berkekuatan 13 MegaWatt . Nah kalau sinar dari Lampu menyorot permukaan Track yang tergenang air dikhawatirkan sinar lampu akan memantul ke Mata Pebalap dan inilah yang disinyalir bisa menggangggu visibilitas mereka . . . Jika Kita mau Flashback kembali Gelaran MotoGP Qatar tahun 2009 Kala itu pada Ahad malam Turun Hujan deras di Gurun Pasir Losail Qatar dan menyebabkan Race MotoGP dibatalkan dengan alasan Safety . . entah berapa biayanya ya, hotel overstay, reschedule tiket pesawat dan lain lain .

Di Race Weekend MotoGP Qatar 2017 sendiri seingat tmcblog sempat dikeluarkan Catatan bahwa apabila saat FreePractice terjadi Hujan maka Pembalap akan masuk track dengan Ban Rain untuk menguji tingkat visibilitas dan Safety . .. Nah Di Test Pra Musim MotoGP qatar yang dimulai Hari ini 1 maret sampai 3 Maret 2018, Komisi GrandPrix menyatakan bahwa pada akhir sesi di Hari ketiga mereka akan sengaja membuat Pengetesan Basah di Track Losail Qatar ini pada malam harinya yakni sekitar jam 20:30 sampai 21:30 waktu Qatar ( GMT+3 )

©Getty Images

Yap Latihan ini dilakukan walaupun saat Sabtu Malam Nanti tidak terjadi Hujan di Losail. Track Losail Qatar akan sengaja diguyur air menggunakan 18 tangki Truk. Dan semua pembalap akan mencoba merasakan feeling berada di atas Track Basah plus di bawah guyuran sinar artifisial dari Lampu untuk nanti hasilnya didiskusikan dalam sebuah grup diskusi Safety yang biasa di lakukan pembalap MotoGP. Dan dari diskusi itulah keputusan Race jika bertemu kondisi cuaca hujan akan ditentukan . . . semoga Menghasilkan sesuatu yang konstruktif yaa . .

Taufik of BuitenZorg

29 COMMENTS

  1. Di pasaran sudah banyak visor anti silau yg secara fungsi dan kualitas entahlah. Mari kita lihat seperti apa kalo helm2 premium AGV, Arai, dll bikin khusus buat balap.

  2. wak haji kenapa kadang kalo komen gak terkirim atau gak muncul yak. padahal gak komen rusuh atau tidak ada kata” yang aneh”. kadang sudah ngetik panjang” diulang berkali kali tetep gak muncul. tapi jajal komen ngerusuh malah muncul.
    mungkin dari server wak haji bisa membaca permasalahannya, soalnya rada males juga lama” kalo kaya gini terus jadi gak bisa diskusi.
    terima kasih
    #kucing

  3. Helmnya ganti double visor biar nggak silau,jangan lupa yg anti maling juga,kan sering tuh kecolongan
    Helm tiba2 ilang di Paddock ???

    • double Visor, asal model arai yg didepan, kalo di dalem nggak bakal lulus snell
      kecolongan di Qatar . . serem, kalo ketahuan bisa berabe secara hukum syariah 😀

  4. kok ribet banget ya di Qatar,, knp gak dibikin race sore menjelang malam biar gak panas dan tidak menyilaukan…

  5. selain untuk mengetes seberapa tingkat safetynya, mungkin akan menjadi masukan data bagi setiap team saat kondisi lintasan basah, terutama yamaha yang tahun kemarin kesulitan.

  6. Yauda motornya aja dikasih lampu wak kaya motor produksi massal,, hahaha
    atau bisa juga sudut sorot lampunya di rubah ke arah yg berlawanan dari pembalap biar pantulannya ke arah yg berbeda dari posisi pembalap,,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here