TMCBlog.com – Yamaha telah sukses membuat motor sport beroda tiga lewat Yamaha NIKEN, dengan berbagai hasil review dari banyak media yang menjabarkan bahwa dengan sepasang roda depan di Yamaha NIKEN menghasilkan lebih banyak keunggulannya ketimbang kekuarangannya. Dan pabrikan asal Iwata ini tidak akan berhenti sampai di NIKEN saja Brosis, karena saat ini Yamaha sudah mengambil ancang-ancang membuat ‘adik’ dari Yamaha NIKEN. Mesinnya bakalan 250 / 300 an cc nih…

Strategi yang paling logis dan mendekati dengan kenyataan adalah Yamaha akan menghadirkan motor sport 3 roda 300 cc, atau kelas middleweight, dengan pendekatan seperti Yamaha NIKEN. Maksudnya, mesin tidak akan benar-benar dibuat khusus  untuk sang 3 roda saja, melainkan diambil dari mesin varian Yamaha lain. Yes, NIKEN mengambil cukup banyak komponen inti dari Yamaha MT-09, terutama mesin 3 silinder Cross-Plane crankshaft nya itu.

Oke, merujuk kepada rumor kuat akan hadirnya Yamaha NIKEN 300-an cc adalah atas presentasi dari CEO/President Yamaha Mr. Yoshihiro Hidaka yang pada bulan Febuari lalu memperlihatkan slide dari keluarga LMW (Leaning Multi-Wheel) Yamaha yang di-blur gambarnya dengan posisi motor misterius itu ada diantara Tricity dan NIKEN. Memang sudah gak kaget sih bro, secara Yamaha menginvestasikan banyak untuk pengembangan teknologi LMW mereka ini, so gak akan berhenti produknya dengan Tricity atau NIKEN, lebih lagi teknologi LMW ini akan diproyeksikan untuk motor dan mobil Yamaha di masa depan. Mobil Yamaha..??

Prediksinya cukup kuat nih bro, kalau Yamaha NIKEN 300-an cc ini akan muncul setidaknya diakhir tahun 2018 ini. Seperti biasa, akan hadir/dipamerkan di salah satu pameran international EICMA atau INTERMOT. Pertanyaan yang related ke market sepeda motor Indonesia adalah, mesin apa yang akan dipakai oleh Yamaha NIKEN 300 cc nanti? Kalau kita menghubungkan mesin YZF-R3 saat ini sepertinya sedikit mustahil mengingat mesin generasi ini sudah tergolong lawas. Bisa diartikan, New Yamaha YZF-R3 / R25 akan hadir duluan sebelum NIKEN middleweight di akhir tahun nih. Silahkan di refresh ke artikel berikut mas bro … Akankah GIIAS 2018 jadi ajang hadirnya New Yamaha R25 untuk Indonesia ?

Kegunaan Yamaha menghadirkan NIKEN 300 cc adalah sebagai langkah para pengendara muda yang di Eropa dan Amerika Utara memiliki perjenjangan SIM/License, mulai dari motor dengan cc kecil ke kapasitas mesin besar dengan sama-sama beroda tiga bro. Maka dari itu bener banget kalau NIKEN akan hadir mulai dari mesin berkapasitas kecil sampai ke NIKEN 850 cc.. Gak nutup kemungkinan juga bakalan ada NIKEN 1000 cc nih, ambil basis mesin dari YZF-R1M. Sebelumnya telah hadir rumor akan dijualnya varian seperti Tricity dengan tiga roda dan mesin 250-300 cc juga rumornya bro.

Sebelum menunggu Yamaha NIKEN hadir untuk kelas menengah, mari kita tunggu kehadiran New R25 generasi terbaru di tanah air. Hehehe.. Kalau memang cocok dengan prediksi TMCBlog bahwa New R25 akan muncul di GIIAS, silahkan sambangi Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD 2-12 Agustus 2018 nanti [CMIIW] ..

Nugie

45 COMMENTS

  1. Yamaha Niken ini gak bagus klo buat manuver, karna lebih sering kehilangan traksi untuk roda belakangnya lantaran bobot terkonsentrasi di sektor depan, kalo mau di debat ya silahkan namun yg jelas kalo dilogika saja di depan ada dua roda plus empat sokbreker yg udah pasti beratnya dobel belom cakram sama kaliper, lalu belakang cuma satu jelas bobot akan lebih berat didepan, media luar yg ngetest setau ane juga mengeluh kurangnya traksi do ban belakang.

    Guest
    • Maaf sebelumnya ya.. malah dari review2 media luar bilang kalau Niken ini traksinya melimpah khususnya bagian depan..terasa nancep dan kuat di permukaan jalan. kalau belakang agak kurang itu karena model ini bukan utk track oriented bro..suspensi belakang masih dipertimbangkan utk lembut karena ini jenisnya masih sport tourer artinya masih mempertimbangkan kenyamanan. jadi wajar kalau tidak selengket R6 atau R1 traksi belakangnya.. Toh engineer yamaha ga mungkin susah2 riset nambahin 1 roda lagi di depan kalau ga ada manfaatnya. Apalagi costnya jg tinggi. Dari presentasi produknya sendiri, dua roda depan bertujuan meningkatkan traksi dan stabilitas yg berguna saat bermanuver khususnya pd jalan yg licin. Sementara kalau belakang agak slip lebih mudah di kontrolnya dibanding slip roda depan yg fatal karena bs crash kalau ridernya kurang sip skillnya.. itu yg saya tau dari tricity dan niken

      Guest
    • @ Spy

      betul bro

      apa ya masa mau mereng2 pakai beginian …cr pandangnya keliru .. kalau mau mereng beli R6 R1 dsb…

      lagian ban belakangnya gambot gak ban cacing …hahahah

      Guest
  2. Kalo diparkiran nyusahin gak ya?
    Btw nanti kalo diparkiran pasti ngambil 2 slot sekaligus, dan tukang parkir pun ngasih tarif double..

    Harganya tembus sampe 80jt kah?

    Guest
  3. Laris dari hongkong? Thn 2016 masukin tricity 16 biji ke indonesia dari 16 biji, gak ada satupun yang laku. Cuma menumpuk jadi unit display dealer. Yang 155cc aja fby gak beli, apalagi 300cc?

    Guest
  4. Ekeke keke…
    Ngikut buarin mbah ?
    Pling juga renyah ringkih komstirnya.
    Itu roda 2, usd 4 biji depan.
    Klo patah kan mengerikan ?
    Profit. ?
    Ngah ngah ngah…

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.