TMCBLOG.com – Bro Sekalian, Jorge Lorenzo Crash di Tikungan pertama awal race MotoGP Aragon berlangsung. Jorge mengalami High-side Roda dimana belakang tidak terkendali – mental dan terjatuh dengan posisi kaki terlebih dahulu dan ini membuat dirinya di indikasikan Mengalami Dislokasi pada salah satu tulang jari Kakinya.

Via Postingan Om Manuel Pecino Jorge Lorenzo mengatakan bahwa : “Marc destroyed my race, my foot and probably my participation in Thailand . . . I expect Marc to apologize and to ask how I am… and that he doesn’t do it again. If he doesn’t, I’ll will have to change the way I ride”… ”

atau jika diartikan secara bebas, Lorenzo berkata bahwa Marc telah merusak Balapan yang ia lakukan, juga terhadap Kaki dan Kemungkinan partisipasinya di Thailand . ..  Jorge Juga berharap Marc meminta maaf dan menannyakan keadaannya. Dan ia tidak melakukannya lagi. Jika Ia tidak melakukannya maka Jorge akan merubah gaya racenya ( kedepan ) ”

Mengenai Saat kejadian, sendiri tidak ada Kontak apapun yang terjadi dan Race direction pun tidka mengeluarkan notifikasi apapun. Untuk bisa mencoba mengerti apa yang dimaksud oleh Jorge tentang manuver Marc marquez, Kita harus melihat Video saat race dimulai di mana Sepertinya Buat Lorenzo Marc yang agak sedikit telad melakukan pengereman dari sisi sebelah dalam ( kiri ) menjadi agak wide di tikungan pertama. Efeknya ini membuat Marc seperti menciptakan sebuah ‘ block pass ‘  Overtake namun langsung menutupi racing Line lawan.

Karena Marc Melebar, maka sepertinya Menurut Lorenzo yang kebetulan berada di sisi Kanan/ sisi Luar agak sesaat melihat melihat Marc yang Meluncur ke arah racing linenya . Entah Respon antisipasi apa yang dilakukan oleh Lorenzo setelah itu namun yang pastinya Gejala High-side dari ban belakang hadir dan membuat Jorge terpelanting. LorenzoMengatakan bahwa Marc Marquez seperti tidak memperdulikan dirinya, tidak memperdulikan bahwa itu adalah Racing Line orang lain . . . Jorge  Tidak Berencana Menceritakan Hal ini kepada race Direction.

Ketika ditanya para Wartawan akan aksi Block Pass nya di awal race Marc Marquez menjawab bahwa Ia memang sengaja memanage pengereman sehingga masuk ke daerah yang ‘kotor ‘ ( dirt area ) untuk menghindari kontak dengan pembalap Lain dan Marc Pu  mengaku ia juga melihat Jorge saat itu dari arah luar Racing line. Marc Marquez menambahkan bahwa dalam racing ketika bertemu dengan area yang kotor tersebut kita harus dengan Kepala dingin pula memanage Betotan Throttle Gas . .

Taufik of BuitenZorg

123 COMMENTS

    • Marquez membawa style baru yg selama ini tabu, super agresif. Secara tdk sadar Motogp era Marquez dgn style nya sudah merasuki dan di ikuti hampir semua rider seperti Ianone, clutclow, Dovi, rins, Vinales bahkan Rossi pun sama. Jadi Lorenzo mesti sadar hal tsb.
      Ini bukan jamannya Rossi. Ini eranya Marquez.

    • Sebetulnya kejadian seperti ini ga sekali dua kali dilakukan MM93. Pernah juga dengan dovi, hanya saja hasilnya berbeda. Sudah menjadi gaya/kebiasaan. Namun klo menurut RD ga masalah ya fine-fine aja. Banyak juga kok pembalap lain yg seperti ini, sedikit licik ketika belok, menutup ruang pembalap lain. Sepanjang tidak diatur ya ga masalah. Klo di F1 pasti di hukum, kaya kejadian di singapore kemarin. Hamilton juga pernah dihukum karena kasus yg sama. Klo di motogp ya aturan motogp yg dipakai, bukan F1. Jadi semua pembalap harus paham ikuti aturan dan tidak beralasan.

    • gw nyalahin marc penyebab lorenzo jatoh di tikungan awal.. lihat reply nya gak jadi nyalahin. ternyata gak ada kontak sama skali, dan itu murni kesalahan 99 kaget mungkin dan karena start awal udah salah..
      balapan tadi keren antara dovi, marc dan ian.. siapa bilang no rosi no party???

  1. komentarnya marquez diposting juga donk wak. hehehe
    itu pinggiran track yang warna hijau ditikungan pertama dilintasin marquez juga serem tuh setau saya itu licin yak, tadi salah salah si marquez bisa highside juga itu.

    • Iya Om…
      All the riders do block pass and get block pass from others too…
      Happens all the time..
      Nothing special…
      Except contacts occurred..

    • yang jelas setelah gp misano dan dikalahkan ducati, honda langsung melakukan test privat di misano. dalam test tersebut keluar lah motor misterius rcv full black, motor ini masih jadi pertanyaan. sebenernya ini motor apaan ? karena jarang jarang pabrikan ngetest motor full secara terus terusan dipertengahan musim. saya sih curiga ini motor rcv 2018 yang khusus digunakan buat mengetest parts baru sebelom dipasang ke rcv reguler mereka.

    • yang jelas setelah gp misano dan dikalahkan ducati, honda langsung melakukan test privat di misano pasti ada parts baru dalam pengetesan ini. dalam test tersebut keluar lah motor misterius rcv full black, motor ini masih jadi pertanyaan. sebenernya ini motor apaan ? karena jarang jarang pabrikan ngetest motor full secara terus terusan dipertengahan musim. saya sih curiga ini motor rcv 2018 yang khusus digunakan buat mengetest parts baru sebelom dipasang ke rcv reguler mereka.

    • keknya saat itu si pedrosa yg paling telat ngeremnya. kalau trek lurusnya lebih panjang bisa jadi ducati lebih superior

      yg menyenangkan… di kubu yamaha justru Hafizh Syahrin yg megang top speed.

      hehehe

  2. ada tmbahn tuh wak, #99 nambahin cek line pas keluar tikungan pertama, #93 sampe ke track limit, bukti #93 kalau ngambil racing line #99..

    Mgkin #99 kaget pol kena dive bomb #93 baru start pula .

  3. Marc emang pass-block dan late brake, masalahnya itu gak ilegal. Apes JL ga sempat antisisapi, jadi terbang deh. Coba dia udah disponsori RedBull, ga bakal jatuh – JL terbang, RedBull gives you wings.

    • kalo motornya sama dan perlakuan team sama,… enak. fair fight. kayak AD vs JL pasca update bentuk tangki.

      JL n MM atau ga punya alasan ini ono.

  4. Emang keliatan banget Marc motong line JL. Dia dari dalam tiba2 keluar dan itu bener-bener ngeblock jalur JL. Tapi sebenernya gak akan highside kalau JL gak salah antisipasi, mungkin dia kaget jadi spontan buka gas biar tetep didalam line dia tapi malah bikin mental. Kalau gak gitu dia bakalan ikut keluar juga atau kesalip pembalap lain yang udah di sisi dalam. Dibilang salah Marc, ya emang salah karena motong line tapi dibilang gak salah juga gak salah karena Marc posisinya udah di depan JL pas JL highside. So so lah kalo orang Inggris bilang. Yang penting gak berkelakar pembalap lain merusak olahraga ini sambil playing victim aja, kayaknya protes JL masih di ambang batas hahaha

  5. pst salah rossi lg neeeeh

    tu kan terbukti dari omongan jl
    katanya jl tu omonganya apa adanya, gak ada yg ditutupi
    ya mgkn ketakutan akan bayang2 jl saat duel
    jd wajib sedia payung sblm hujan bray

    paham kan

  6. Pembalap yg gak banyak alesan dan gak terlalu suka nyalahin sana sini sejauh ini adalah mm93…
    Segala kritik dan cemoohan dia jawab dg prestasi di sirkut…
    Kalo pembalap lawannya mulai hohe, dovi hingga mbah rossi kebanyakan cing cong alesan…

  7. Ada yang notice ngga si, sebelum start kamera sempet ngeshoot bang hohe lagi ngerem2 kecil waktu mau berhenti di grid ketika abis warm up lap.

  8. Saya kira ya wajar tho wak…Jorge memberikan sudut pandang sendiri soal crash nya…lha kan dia yang mengalami…

    Marc pun sy kira ndak ngeh pas kejadian high slide nya Jorge…wong posisi lapang pandang dan konsentrasi nya ke depan…

    Tapi menurut sy…layak dah Marc say hello dan minta maaf ke Jorge…dan tim manajer Repsol Honda kudu pinter pinter mengelola konflik nih…

  9. Memang seperti yg wak tulis diatas MM93 memang sengaja melakukannya dan JL mrasa marcq masuk racing linenya sehingga dia ngerem mendadak. wah tahun dpn jd team mate,,bisa saling jegal.

    • ini balapan, bukan ngalah-ngalahan bukan nyalah-nyalahan.
      Lagipula di kaga High-Side karena nge-rem mendadak, tapi buka throttle terlalu banyak/cepat di trek yg kotor

    • klo dilihat kyknya rem dpn ngunci bkn krn buka throtle. alasan kyknya,lawan aja next race agresif”an biar seru krn g mlanggar kyk gtu.

    • bisa juga,,ad saat jl ngecek rem nya sblm race. bisa aj krn terkejut MM93 block racing linenya dia rem mendadak trus ngunci buka throtle ya dilempar.

  10. Sudah lupa GP Argentina y. Ketika Pelakunya JL99 dan victimnya dp26.
    Dp26 highside juga kan?
    Jl99 minta maaf ga ya dulu?

    • ya sama kayak insiden 3 rider di Jerez,Jorge melebar Pedrosa masuk dr sisi dalam, ya karna emang titik buta terjadilah tenggoran
      kalo kita lihat Jorge lah yg salah karna racing line udah milik Pedrosa,tapi minta maaf kah Jorge ke Pedrosa ?nggak juga

      waktu tenggoran Iannone (ducati) dan Jorge (Yamaha) di Catalunya juga gitu

    • Bner..malah hohe yg nyalahin…yg punya mata itu yg berada dibelakang (pedrosa),dan harus tau kondisi (melambat) agar tidak trjadi tabrakan…

      Ahh,paduka selalu benar

    • lihat dgn cermat tuh …putar video berkali2

      apa sama dgn gaya balap markues block pass overtaake sama dgn yg lain sprti yg ente2 bilanh???

      jgn cuma sembunyi tangan

  11. Ini mah kayanya code mapping 8 dengan cara lain. Jorge nyoba psy war sama marquez buat ngerusak fokus sama mentalitas dia di race selanjutnya. Make sense ga sih??

    • nonsense sih ?, emang jolor lagi kesel 2 kali ndlosor kayanya jadi gap point dengan dovi menjauh, karena ini tahun terakhir dan ducati emang lagi perfect2nya

  12. Obi wan kenobi juga bakalan kaget kalo mm motong racing kaya gitu. Tabrak aja sekali2 biar mm nya tau kalo itu resiko diambil sama orang lain. Mm sendiri bilang kalo ada diarea kotor harus bisa manage throtle, bukannya mikir kalo dia itu salah blok racing line orang, malah nyuruh pelan2 kalo di area itu. Gabakalan minta maaf tuh orang 🙂

  13. Alah paling ini politiknya lorenzo aja biar dia ttp dianggap, masa iya baru start langsung crash ? Kan malu. Paling ini cm celetukan sarkas aja buat markes buktinya g mau ngomong k RD, hukum popularitas ya siapa mau cepat terkenal ya dompleng lah yg sudah terkenal, diluar lintasan kyanya bakal biasa aja emangnya si….

    *Isilah titik2 dgn jawaban yg benar. Cmiiw, Kabooooorrrrrrr

  14. Itu murni salah jorge sendiri tidak siap di tikungan pertama, apapun bisa terjadi di awal balapan… awal start itu seperti pasar senggol, ga bisa menyalahkan marc. Kecuali benar2 berbenturan. Bisa aja paduka ini..

  15. Menurut gw itu murni salah paduka hohe sendiri. Sebagai perbandingan, lihat dovi, dia ngerem sebelum tikungan. Ga ikut2an gas pol masuk tikungan.

  16. duh namanya selepas star emang kondisinya rada2 riweuh…karena masing2 ngejar dulu2an masuk tikungan..utamnya yg grid depan..

  17. Ga seharusnya JL berkata seperti itu, boleh lah ngomong klo alasan dia jatuh cz racing line nya ketutup MM dan itu emang fakta, tp itu bukan murni salah MM, tp kecelakaan dalam race yg biasa dan mungkin terjadi.
    tp klo sampe ngomong ngancurin balapan lah, menghancurkan. kesempatan lah… itu sangat2 g baik dan g fair

  18. mentalitas tahu diri aja sih, pebalap jago bkn sekedar mampu overtake pebalap di depannya, tetapi juga mampu secara defensive menjaga racing line dari gangguan pebalap lain yg coba merebutnya.

    ketika di argentina dp agak melebar, dia sadar telah memberikan peluang kpd pebalap lain (jarwo) merebut racing line. dp tahu diri (krn kesalahannya tsb) maka ia hrs merelakan racing line, dengan cara mengendurkan tali gas dan sdkt melebar memberi ruang, karena bila dipaksakan bertahan pasti collision/crash. wlpn ketika dia melakukan counterbalance ia sdh kehilangan keseimbangan. konsekuensi sederhana tentang siapa di racing line dalam dan siapa di racing line luar. a simple dare challenge as usual.

    jorge juga hrs mengakui ke diri sendiri bhw dia melakukan kesalahan yaitu start yg buruk, bukannya langsung menutup jalur dalam dia malah terlalu lama berada di sisi luar, yang artinya membuka peluang pebalap lain masuk.

  19. Ayolah bung Lorenzo, si Marc kan tidak menyenggol atau menyentuhmu. Marc bahkan ada diposisi dalam dan didepanmu.
    Dovi yg sempat “menggiring” Marc sampe keluar lintasan di turn 14, tapi Marc kaga protes tuh, Karena memang Dovi lebih berhak (berada disisi dalam).
    Lagipula Inget sabda kakek legend di circuit yg sama tahun lalu terhadap Pedrosa (yg “kalo ga suka balapan sendiri aja itu” lhoo)

  20. Kalao sya lihat jatuhnya lord ini entah karna mijak rem blakang terlalu dalam atau bejek throtle terlalu dalam d area luar karna mungkin pandangan dia d area luar tdk ada orng lain kec dia, secara widenya dia karna kesalahan waktu telat start

    • saya pikir biasannya hi-side ini dikarenakan ada kelebihan bejekan Throttle, sehingga saat ketemu spot yang kotor maka ban akan seperti itu

  21. Kalo dilihat replay dari belakang memang tidak ada pilihan yang bagus untuk diambil oleh JL99 ketika sudah masuk tikungan, jika JL99 memilih merubah racing linenya karena efek MM93 melebar otomatis JL99 akan masuk ke pasir dan jatuh bego. Jika JL99 memilih kekeuh di racing linenya akibatnya bisa low side cuma kemarin JL99 buka throttle lebih awal jadi high side. Mungkin harusnya JL99 lebih menahan diri sebelum masuk tikungan karena JL99 melihat MM93 disisi dalam brakingnya telat. Mungkin JL99 takut kalo MM93 bakal hammer down setelah didepan kali ya hahahaha…..

    • Opini saya : Ini adalah Insiden racing . . . Saya koq yakin apa yang dilakuan Marc tidak ia maksudkan untuk mencelakakan Jorge
      Block Pass bisa jadi Nggak sportif, namun tidak juga bisa dikatakan bertujuan menghancurkan masa depan pembalap Lain. terlalu Serem
      Repsol Honda harus Mainkan peran disini agar nggak berbutut panjang dan merusak keharmonisan ke-depan

    • MM cuma bermaksud untuk menang, dengan cara apapun.

      Dovi, di titik tertentu udah tau tabiat dia, saat bisa dia antisipasi… memory austria 2017 itu contoh paling nyata … ya Dovi antisipasi dan menang. saat dia kalah, ya ngaku kalah kayak sekarang.

      kalo Dovi ketemu Zarco atau Iannone dgn motor yg bagusan… bisa jadi bakal crash bareng. Mau dikata racing incidents atau apa kek, ya begitu itu kelakuan dia.

      Makanya makin seru 2019 karena mereka satu team. Lorenzo udah pernah agresif terus tobat. Marc tinggal nunggu waktunya aja. Dia cuma satu dua race pasca insiden ama Rossi yg nahan diri.

    • sypa tahu sih wak menginginkan maksud seperti itu..tim markues dah memikirkan itu

      tapi block pass overtake ( itu kebiasaan balap markues bagian jd starategi ?? ) apalagi kalau ketemu sisi luar ( gravel) yg aspal …

    • wau sengaja katamu ??? memang ada Marc belok sambil noleh ke arah Lorenzo macam si kakek legend di Sepang ??
      salah sendiri kenapa Jorge startnya tidak sebagus Marc padahal udah pake Ducati

  22. Yang jelas Jorge kesal di block pass seperti itu oleh Marc yang menyebabkan dia jatuh. Masalah salah atau tidak ya mengacu ke rule book-nya MotoGP aja. kalau block pass dilarang berarti memang Marc salah dan layak diganjar hukuman. Tapi kalau nggak mau ngomong opo?

    Memang apabila diperhatikan Marc ini overtake-nya hampir sering menggunakan teknik block pass. kesannya jorok/kotor, agaknya hal ini harus diperbaiki oleh Marc supaya dia nggak nambah musuh.

  23. start yg kurang baik dari hohe juga MM makanya sama” melebar.. tpi nasib buruk ada di hohe..

    keliatan untuk balik ke racing line, hohe terlalu rebah mngkin dia sadar bakal lowside.. dia angkat motor dikit sambil bejek gas .. gk taunya ada MM didepan.. nge rem dan highside!..

    wak, ada ulasan aleix espargaro gk..? sedikit terbengong juga saya sama performa aprilia di aragon..

    • Kl diliat ulang trs vidionya, mmg Jl99 rebah bgt. Kayak apa kata om Joni lono terlalu rebah. Lagian masih awal, tikungan awal, biasanya kacau, dempet2an, bisa ngelebar n ada senggol2an jg, kl liat vidio race2 di sirkuit lainnya. Mending melorot kan masih bisa ngejar wong masih lap awal n mungkin juga bisa lebih seru.

  24. Betul Markues harus merubah gaya balapnya yg ” kotor ”
    banyak penikmat balapan sebetulnya tahu itu…

    record demi rekor Markues cuma fatamorgana apabila sikap dan gaya balapnya seperti itu…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here