TMCBLOG.com – Bro Sekalian, Dalam pertemuan antara Suzuki Global dengan Blogger Otomotif Indonesia di jakarta pekan lalu Suzuki mengutarakan niat Menghadirkan Katana 1000 tahun 2019 di Indonesia. Selain itu Suzuki Juga sempat menggulirkan wacana Liar Mengenai Suzuki Katana bermesin DOHC 150 cc Liquid Cooled Satria. Atau Satria katana, atau Katana 150 ?  Yap rencana ini sebenarnya cukup menarik, Namun  . ..  Seberapa penting Suzuki Katana 150 ? Mungkin itu adalah pertanyaan yang harus terlebih dahulu dilontarkan dan dicari tahu jawabannya.

Dicari tahu masak masak Oleh Suzuki Indonesia Sebelum rencana Diversifikasi Motor sport 150 cc masuk ke tingkatan yang lebih luas lagi. Jika suzuki Katana 150 hadir dengan Mesin GSX-R150 memang Respon Market akan bergantung pada desain dan juga pemosisian harga. Namun setelah tmcblog pikir pikir, akan seperti apakah kans jualan Motor sport 150 cc kedepan ?

yap sobat amsih ingatkan dulu, Yamaha Vixion sendirian pernah bisa tembus angka distribusi 40 ribuan-Unit perbulan . . sekarang ? Bisa tembus 10 ribu per bulan saja mungkin sudah gembira. Grafik dari Market sport pun sudah kembali tidak se seksi seperti tahun 2013 misalnya. Lagi Pula di common Part mesin 150 cc Suzuki sudah cukup banyak varian . ..  Satria 150, GSX-R150, GSX-S150 dan bandit 150 . ..  4 unit ini saja sepertinya belum dimaksimalkan.

Lebih baik Suzuki Konsentrasi ke Skutik

Sedangkan sobat bisa lihat bahwa varian Scooter semakin bengkak persentase penguasaan marketnya. Dan menurut tmcblog dari pada berdarah darah menciptakan unit baru lagi di segmen sport 150, mending effort tersebut dialihkan di segmentasi skutik. Bukannya nyuruh suzuki untuk men-copas yamaha. Namun lebih kurang strategi diferensiasi Yamaha cukup berhasil saat ini. Strategy untuk lepas dari Bayang bayang honda seperti yang tmcblog sempat tulis di artikel terdahulu.

Jika Suzuki mau mengerucutkan Effort menurut tmcblog silahkan Fokus ke segmen Suzuki NEX II dan Big Scooter kompetitor dari PCX dan NMAX ( segmen 150-an cc ). Suzuki Bisa memanfaatkan Image mereka yang selalu all out mengahdirkan spek mesin di kedua segmen ini. Khusus soal Segmen Big Scooter 150-an cc, usahakan dimensi yang etrlalu jauh dari PCX dan NMAX. Segitu pas . . Kalau XMAX dan Forza 250 terhitung terlalu besar untuk umumnya konsumen Indonesia.

taufik of BuitenZorg

 

57 COMMENTS

  1. kalau memang “mereka” bilang suzuki itu bagus kualitasnya, mesinnya, build qualitynya di atas rata rata, bla bla bla whatever…so on and so on and so on…

    mengapa suzuki harus takut bersaing dengan beat, scoopy, mio, nmax dan sejenisnya?

    Guest
    • Biasanya “mereka” ini konsumen Szki, yg sdh beli tapi tdk mau “dibodoh2kan” karena pilihannya tsb. Begitu jg konsumen brand lain…
      Padahal utk rentang harga yg sama mah 11-12 semuanya jg….😁 (utk konteks produk)

      Guest
    • ane sama sekali tidak mengkritik “mereka”, ane justru mengkritik keras pabrik suzuki, yang keliatan gemetar ketakutan liat beat, scoopy, mio nmax dan sejenisnya, ngapain buang buang energi bikin sport 150 yang gak jelas? bela belain produk yang jualannya di bawah 500 unit per bulan? di bawah 1000 unit per bulan? mau bukti apa lagi kalo blue ocean strategy suzuki dengan sport 150 nya adalah gagal total?

      suka enggak suka, kalo anda adalah semut sejati, anda pasti paham bahwa gula sesungguhnya itu sekarang adalah pasar skutik, ane bukan skutik lovers, bahkan ane almost always pake motor sport laki, tapi fakta gak bisa dibantah, sekarang jamannya skutik.

      kalo mau survive, pondasi suzuki dibenerin dulu deh, bikin skutik bagus pesaing beat, scoopy, nmax yang bisa mencuri 5 sampai 10 persen pasar skutik. kalo pondasi itu udah berhasil baru deh, bebas dan terserah bikin sport 150 cc yang aneh aneh gak jelas.

      Guest
      • Bukan desain.smua Krn image.
        Image merek Honda yang harga jual kembali tinggi tidak bs mengalihkan konsumen untuk pindah ke lain merek.karena mereka anggap motor adalah salah satu bentuk investasi.

        Guest
    • Image. Kalo kita tanya sama orang awam yang cuma bisa naik motor apa yang mereka tau tentang suzuki pasti jawabnya boros, ga enak dipake harian. Imho menurut saya yang harus dibenahi sama suzuki ya 2 opini dulu itu sih.

      Guest
  2. yaelah Ki…Suzuki…. daripada ngurusin katana 150 ,mending lu ckd Vanvan sama trail DR yg jelas2 pasarnya ada dan masih terbuka

    atau bikin satria young star lagi kalo niat bunuh diri sekalian

    Guest
    • Mungkin utk pasar di india, that you know serapan produk sport suzuki 150cc cukup bagus di india ,,,,, perbedaan nya sangat jauh dengan di indonesia

      So gak heran klo prinsipal Suzuki berani all out RnD motor sport 150cc

      Klo di indonesia market nya hampir mirip di Taiwan, yg mana matic lebih dominan

      Guest
  3. Wak haji bahasanya sangat halus… Padahal mau bilang: bused, model kayak begitu mau dimasukin ke indonesia??? Bunuh diri namanya…!

    Huehuehue..

    Guest
  4. Untuk paragraf terakhir yg mau akhir kalimat : usahakan dimensi yang etrlalu jauh…..
    Kayaknya kurang kata “tidak” sebelum kata terlalu

    Guest
  5. Suzuki masih punya image kuat motor kencang. Itu saja bisa dimanfaatkan. Bikin sport matic 150cc keatas. Mesinnya harus kenceng, desain kental aura spot kayak aerox.

    Guest
  6. nah masukan seperti ini dan juga penjabaran dari wak haji ini patut disampaikan pada para petinggi suzuki,jgn salah langkah lagi.mnurut hemat saya pun demikian sebaiknya suzuki menambah lagi varian skutiknya.suzuki nex2 sdh ckup sukses dan wajib mmiliki pendamping yang lain.ntah varian dari nex2 ato maxi

    Guest
    • Skywave reborn gitu ya gan… atau skutik 125cc yg lain misal, dan realisasikan dulu new burgman yg katanya 180cc atau 150cc…
      Sport nya terhitung masih seumur jagung soalnya, bebek dan matic yg kurang…

      Guest
  7. Sepertinya kurang penting..Uda terlalu banyak seperti yg ditulis.
    Mending buat market baru…Suzuki vanvan200, Classic Scrambler model begini long lasting.
    Atau trail TS reborn or DRz.

    Guest
  8. Intruder 150 gimana kabarnya? 😁

    Drpd bikin Katana 150 yg bakal jd kandidat penghuni gudang, mending bikin Vstorm 150

    Guest
    • Ane iseng2 gan, sejauh ini gsx r yang paling banyak berseliweran dijalanan, kemudian gsx s rada lumayan lah… banditb150 ane baru liat 3 biji di jalanan itu pun yg 1 gojek… (untuk sport suzuki, dan untuk jalanan semarang, dengan kondisi kalo ane ngeluyur balik kerja hehe)
      Menurut ane mending fokusin ke skutik, jangan menitik beratkan pada nex 2 aja

      Guest
  9. Utk efisiensi, mestinya gsx-s150 ama bandit150 di”diskontinu” aja. Krn keduanya terlalu dekat kemiripan marketnya dan SZK buat varian baru di kelas 150 dg catatan desain yg LEBIH baik dan ngga asal comot part .

    Guest
  10. Yap!
    Setuju wak haji… untuk sport ada gsx dan bandit 150… matic terbaru cuma new nex 2, lebih baik fokusin dulu ke skutik kelas 125cc dan realisasikan dulu burgman 180 atau 150…
    Kemudian selanjutnya mau itu cross/supermoto, mau itu new gsx r250, mau itu katana 150 itu terserah… lebih baik matic dulu, banyak konsumen yang nunggu lho… walau gak head to head gak apa2… biar konsumen banyak pilihan juga dan mungkin konsumen juga sudah rada “jenuh” sama matic2 yang udah berkeliaran dijalanan indonesia saat itu yg itu2 aja…

    Guest
  11. padahal saya nahan2 ng beli xmax nunggu matic suzuki yg gosip dari jaman trex 180cc malah jelas kabarnya, sekalian buat kelas supermoto aja cakep pasti tuch pads nganggur mesin2 d pabrik ahahhha

    Guest
  12. Klo mnrt sy Suzuki musti melakukan differensiasi jgn gelontok2am dgn Honda n Yamaha. Seperti isunya bhw bakal hadir skutik Suzuki 180cc. Sy lbh setuju desainnya lbh panjang ly dikit dr Nmax klo mmg bs utk selonjoran. Krn klo kaki selonjoran, area pembonceng Nmax terlalu sempit krn pengendaranya jd mundur. Beda dgn posisi normal macem PCX n Aerox. Cukup sgtu panjang bodynya krn bkn utk selonjoran.

    Guest
  13. Suzuki katana penting banget, tapi jangan 150cc dong… 250cc!
    Karena kelas 150cc sudah stagnan, apalagi bersaing dengan matic 150cc.
    Sedangkan di 250cc akan membawa angin segar, dimana saat ini semua sport 250 mulai bosan dengan full fairing. Jelas sekali dengan suzuki katana gsx r250 yang half fairing menjadi first pioneer. Alangkah baiknya fitur air ram dan double front disc disematkan sehingga image dari motor ini full power.
    Konsumen motor sport sekarang sudah melek teknologi, beda dengan zaman feodal.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.