TMCBLOG.com – Mas Imam pengasuh blog bengkel sepeda motor menceritakan kepada TMCBLOG kekagetannya ketika menyambangi bengkel Yamaha Cahaya Motor asuhan Mekanik Legend Oom YUSAI . Dia Bingung Kok ada Motor Yamaha RX King ‘ dipenggal’ Kepalanya . . Yes Bagian Steer-comp sampai suspensi depan Plus Lampu lampu Hilang terlepas. Main Frame pun terlihat dipotong begitu pula downtube . . . Ini ada apa ? Ternyata itu adalah salah satu syarat jika Kita mau beli Spare Part Sasis Full, legal plus Nomor Rangka.

Jadi Kalau Kita mau Beli sasis full plus nomor rangka itu Bisa banget. Tinggal datang ke bengkel resmi ( dalam kasus ini Yamaha) , Bawa STNK yang masih jalan ( masih memiliki masa berlaku ), BPKB buat jaga jaga,  dan Juga tentunya Motor yang akan di ganti sasisnya. Lalu di bengkel resmi Tersebut akan memotong bagian yang ada Nomor sasisnya. Menurut mas Imam bagian yang dipotong lumayan Besar. ” Orang indonesia kan jago ngakalin “ begitu kata Mas Imam . . Yap takutnya Jika nggak dipotong dan diambil bagian yang ada no rangkanya maka bisa digunakan di hal hal Yang tidak diinginkan seperti penggandaan sasis misalnya.

Menurut tmcblog pabrikan pun akan cari aman dalam hal ini. Pabrikan Tidak akan mau bikin masalah di kemudian hari dituduh ‘ bersekongkol ‘ jika ditemukan ada dua motor ber nomor VIN/ No Rangka yang sama tentunya. Menurut informasi Untuk saat ini Motor seperti RX King dan yamaha Scorpio masih dilayani soal Spare Part Full Frame nya.

Sasis ready tinggal di-Stamp VIN

Sasisnya sudah ready di gudang Spare part Pabrikan namun belum diberi Nomor rangka. Jika sudah fix dibeli dan ada bukti syarat lengkap dan legal baru Sasis tersebut dilakukan proses ‘ stamping ‘ no rangka secara Legal oleh pabrikan. Namun Sepertinya Layanan pabrikan ini terbatas waktunya hingga sampai Part part tersebut habis stocknya.

Mas Imam Menambahkan bahwa menurutnya lebih murah beli Frame Baru dari pada repair Frame Lama Jika memang stocknya ada. Tips ini bisa dicoba buat sobat sekalian yang hobi restorasi sepeda motor. Cuma ya itu dia, belum ada jaminan Pabrikan masih simpan Frame frame eksotis seperti Frame V80, atau C70. Minimal info ini berguna buat sobat sekalian yang mau ganti sasis motor karena sesuatu hal seperti karat, kecelakaan dan lain lain . ..

Taufik of BuitenZorg

29 COMMENTS

  1. temen pernah beli waktu satrianya kecelakaan rangkanya bengkok jadi ban depan nempel ke mesin. tinggal dipotong bawa surat surat jelasin kalo rangka bengkok abis kecelakaan, 7 hari kerja ready tuh rangka beserta no rangka komplit dan gak nyampe 1,5 harganya ?

    Guest
    • Klo Suzuki, tinggal klik website e-parts Suzuki ,,, trus pilih model motor lalu pilih tipe/kode motornya misal FKD110 ,,, selanjutnya pilih body dan pilih frame ,,, disitu tertera harganya, tinggal ke dealer resmi buat inden

      Tipe Shogun125 gen-1 ada, bahkan pernah tanya mekanik Suzuki, klo model Suzuki Bravo, Shogun Kebo 110 masih tersedia frame nya

      Guest
    • Kalau sistem tukar berat di ongkos Om, kebayang gak gimana cara bawa full sasisnya?
      kalau cuma dipenggal paling dimensinya sebesar kardus mie instan, jadi enteng dibawa kemana aja, plus irit ongkir karena kiloannya murah
      (kadang pabrikan juga pake jasa expedisi buat anter2 kalau sifatnya urgent)
      *pengalaman

      Guest
  2. Menurut sumber AHM gak ada promo gini Wak? Mending bikin sendiri ditukang las lebih Joss, pake tiang Sutet ????

    Guest
  3. harga part ori yamaha jelas… langsung bs dicheck online.. beda dg yg lain, harganya seperti gelap…

    Guest
    • Hondaa jg ada sih di suma kalo di tmpt ae, lengkap, jelas, sesuai online, malah lebih murah kalo dah dpt kartu member..

      Suzuki jg oke, yamaha ane jg prnah,
      So? Merk mana yg anda maksud bro..

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.