TMCBLOG.com – setelah mencoba Holeshot di hari kedua #sepangtest, Ducati tidak berhenti emncoba inovasi lain. Mereka mencoba kombinasi Aero fairing / winglet baru di hari ketiga. TMCBLOG sengaja masuk Pitlane di antara jam 9 sampai Jam 10 Pagi ini melihat dan menjepret semua Motor prototipe Yang sedang dipanaskan dan Agak Aneh melihat Kru ducati yang selalu menyembunyian sesuatu dari Tripple T atas ( menyembunyikan holeshot) dan satu Motor yang moncong depannya ditutupi dan dimasukkan Ke dalam PitBox/ garasi . . hmmm New Fairing, New Winglet  . .

Secara umum, winglet ducati kali ini terdiri dari 3 tingkatan dimana aero dekat Bagian ram air ada sepasang dengan bentuk yang juga berbeda dibandingkan dengan yang pernah dipakai tahun sebelumnya. Sedangkan dua pasang Winglet lainnya berada di bagian side fairing.

Aero Winglet bagian atas menggunakan semacam baut, sedangkan fairing bawah sudah di hadirkan menyatu dengan side Fairing. Selain aero fairing baru, tmcblog juga men-spot bahwa Ducati juga menghadirkan dua Sasis berbeda untuk dicoba oleh Dovizioso dan satu sasis baru tersebut langsung dipakai di Motor dengan new Aero fairing ini.

Buah Riset CFD

Yap ducati terlihat sepertinya memang cukup jor joran di bidang inovasi Update aerodinamika. Seperti yang sudah kita ketahui mereka mematahkan pernyataan dan perkiraan banyak orang bahwa riset di bicang aerodinamika harulah bergantung pada fasilitas wind tunel yang mengkonsumsi sumber daya sangat besar. Riset pertama aerodinamika yang dilakukan ducati adalah Riset Virtual yang menggunakan Simulasi Komputasi yang disebut CFD ( Computational fluid Dynamic )

Jadi pada dasarnya saat ini merek tidak perlu harus sulit sulit menciptakan Model 1:1 dulu yang lalu test di Wind Tunnel. Hal ini tentu akan menghemat banyakwaktu Development. Dan Juga dalam Display Komputer bahkan Informasi yang diberikan CFD sudah sangat super duper komplit dan Bahkan menurut ducati lebih kumplit dari apa yang dihadirkan oleh Wind Tunnel.

Menurut Ducati MotoGP Aerodynamic Development manager ada beberapa variabel yang tidak bisa dilihat saat test Wind Tunnel namun bisa didapatkan Via CFD. Variabel tersebut 3 diantaranya adalah distribusi Tekanan, streamline, dan distribusi stress yang terjadi di Permukaan dari Motor. Dan Terakhir tetap digunakan Wind Tunnel Buat Optimalisasi Final dari Part aero tersebut. Mengenai New fairing Masih belum diketahui apakah Fairing ini lah yang akan mereka Pakai sepanjang race. Sekian dulu report tmcblog lansgung dari Pitlane Sirkuit Sepang sob

taufik of BuitenZorg

31 COMMENTS

      • itu semua karena aturan koplak dorna tentang magneti marelli yang mana ducati paling diuntungkan, mereka jadi bisa fokus ke hal hal lain diluar mesin dan elektronik. beda dengan yamaha & honda yang dikebiri dan harus terpecah dalam hal pengembangan, beda ketika yamaha & honda masih pake ecu & software inhouse. mereka bisa bebas mengembangkan hal hal yang baru

        Guest
  1. ducati lagi bermain “api”. hati-hati jangan sampai terbakar sendiri nanti pas race semusim. pertaruhannya misi sabet jurdun loh ini, bukan cuma di 1 sirkuit

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.