TMCBLOG.com – tanggal 5 Februari 2019 yang lalu ada pertemuan antara FIM, Dorna, MSMA, IRTA serta Komisi dari WSBK membahas soal keadaan terkini dari Update Homologasi FIM untuk helm yang dipakai di kejuaraan Dunia Balap sepeda motor. Latar belakang dari pertemuan ini adalah laporan ketidak-siapan beberapa Pabrikan helm memenuhi target waktu homologasi FIM. Delay-nya proses Homologasi FIM dari beberapa Merk Helm akhirnnya membuat regulasi penggunaan Satu pintu Homologasi helm jadi Ikut tertunda Pula.

Untuk kelas WSBK dan MotoGP awalnya ditargetkan pada awal Musim 2019 sudah menggunakan Homologasi FIM ( FRHPhe-01 – FIM Racing Homologation Programme  ) secara menyeluruh. Namun akhirnya Untuk kedua Kelas Ultimate Balap ini keharusan penggunaan Homologasi helm FRHPhe-01 secara menyeluruh baru dimulai 3 Juni 2019.

FYI saja sob per tanggal 9 Februari 2019 ini tercatat baru 4 Jenis dari 4 Merk Helm yang lolos Homologasi FRHPhe-01 Yakni:

  1. Shark race R Pro GP
  2. AGV Pista GP R
  3. Bell Pro Star
  4. Kabuto RT 33

Update ini membuat Standar helm lain seperti Snell, ECE, dan JIS masih bisa dipakai semenjak awal musim 2019 sampai tanggal 2 Juni 2019 Untuk kelas MotoGP dan WSBK. Sedangkan Untuk kelas Lain seperti Moto2, Moto3, WSS, WSSP300 sepanjang Musim 2019 ini masih dirbolehkan menggunakan Homologasi standar FRHPhe-01, Snell, ECE, dan JIS.

Tujuan akhirnnya adalah Pada awal Musim Balap 2020 di hampir semua jenis balap ( daftarnya bisa dilihat di bawah ) menggunakan helm dengan spesifikasi Homologasi FIM / FRHPhe-01. Semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

 

17 COMMENTS

  1. Menarik, kalo selama ini SNELL jd patokan standar helm dng tingkat safety paling mumpuni, setelah adanya homologasi standar FIM ini apakah akan jd nilai jual “tambahan” bagi produsen helm dng mencantumkan lulus sertifikasi FRHPhe-01?! Well sebagai pecinta helm, sangat menarik menantikan helm-helm top class baru yg akan dirilis mulai tahun ini

    Guest
    • Kita liat aja mas bro kedepannya spt apa. Apakah helm bersertifikasi FRHP itu akan ikut dipasarkan bebas atau khusus untuk kepentingan balap saja.
      dan kalo jadi dipasarkan secara massal apakah masih bersaing harga jualnya.

      Editor
    • Ya intinya mereka punya helm yang melebihi pembalap asli. Udah gitu aja, jangan terlalu frontal nanti dikira menghina hobi mereka menghias barang yang mereka cintai. Teman2 saya yang pembalap aja suka geleng2 dan ketawa kalau liat helmnya penggemar helm?

      Guest
  2. coba sampean semua perhatikan foto vr46. bukankah ketampanan wajah saya sudah sangat mirip sekali?? …dengan helmnya

    Guest
    • karena dia punya saham di agv dainese,yg ngembangin pista juga pake jasa Rossi jadi mungkin emang bentuknya dipassin sama kepala Rossi

      Guest
  3. Kabuto yang jarang dipakai malah udah kedaftar ya, padahal yang pakai gak lebih dari 3 setahun itupun pembalap wildcard setau saya, kalau saya gak salah sih.

    Guest
  4. Wak Haji / Mas Nugie,

    Udah ada update mengenai “salad box” versi HRC belum ya?
    Apakah itu seperti yg ada di Ducati, atau hanya shape ala ala ‘doang’?

    Makasih

    #SetiaMenanti

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.