TMCBLOG.com – Dalam Debrief pasca hari terakhir test Sepang 2019, Danilo Petrucci yang telah sukses Mengacak acak laptime Lorenzo mengekspresikan pencapaiannya ini  ” sudah tentu saya senang, namun itu ( laptime ) tidak dihitung  sebagai sesuatu. Saya tidak menorehkan satu pointpun dan bahkan Pole Possition “ Yap memang laptime di Sebuat test Pra Musim atau test test ditengah musim sekalipun oleh regulasi disebut UnOfficial Laptime atau tidak dianggap sebagai laptime resmi dan ini berlaku di MotoGP bahkan F1 sekalipun. Kenapa ?

Dalam Sebuah test seperti Test Pra Musim resmi Biasannya team menggunakan berbagai cara dan part Untuk melakukan Pengetesan. Bahkan tidak jarang mereka menambahkan beberapa sensor sensor ataupun actuator pada motor tersebut.

Sebut saja beberapa sensor pengukur jarak Yang biasa digunakan ducati sehingga membuat Desmosedici Seperti Piring terbang karena ada sinar di bawah motor, atau hal hal lain seperti Brake-Calliper Bar seperti yang mereka pakai di jerez atau hal hal lain.

Dan Biasannya Part atau sensor ataupun actuator tersebut baru dicek sekali saja oleh Direktur teknis Event untuk melihat aspek Safetynya jika dipakai Di Tarck. jadi boleh dibilang alat alat aneh tersebut belum sepenuhnya ‘ di-homologasi ‘.

So sudah mulai terlihat kan, letak Logika kenapa Laptime saat test disebut Un-Official Laptime ? Yap karena bisa jadi Laptime yang ditorehkan oleh pembalap menggunakan Motor dengan Part part yang belum ter-homologasi. Ok Semoga berguna sob

Taufik of BuitenZorg

45 COMMENTS

  1. artinya bisa jadi part-part tsb tidak diperbolehkan di race semusim. karena part tsb adalah hal termasuk yg goib. muncul saat tes, dan menghilang saat race. hehe..

    Guest
  2. rada janggal liat corak helm Crutchlow bukan di Arai

    sponsor Aprilia ganti sky,gantinya now tv
    nanti sponsorin 2 tim dong kalo sky VR46 jadi bikin tim MotoGP
    hmmm

    Guest
  3. bedanya lagi kondisi psikologi saat kompetisi berjalan n test pra musim pasti beda juga, mnurutku sih gt knpa pas test kyk naik jet semua eh pas kompetisi ya gt gt aja hhee

    Guest
  4. test biasanya gak melulu fastest lap, mereka menguji banyak part dan settingan dgn riding speed yg berbeda2, ya mirip free practice saat race weekend. cuma lebih bebas

    Guest
  5. FB D : kecepatan adalah segala galanya. Kita hanya bisa menang jika menjadi yg tercepat.

    FB Y : konsisten adalah sangat penting. Tidak perlu menjadi yg tercepat, Kita bisa menang jika konsisten cukup cepat.

    FB H : fastlap itu perlu & konsisten itu penting. Tapi ini baru tes pra musim. Kita hanya perlu menguji apakah motor ini bekerja baik. Masuk ke 10 besar sudah cukup menunjukkan kecepatan, sisanya kita kejar saat lebih fit.

    CMIIW ‘Pernyataan tergantung kepentingan masing masing.’
    😀

    Guest
  6. istirahat dulu sambil leleyehan mumpung tidak ada yg ganggu. ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan dari tadi:
    1. salad box itu kapan pertama kali hadir di gerai motogp? di tahun berapakah?
    2. bocoran sedikit informasi fungsi dari salad box itu sendiri seperti apa?
    3. berapa harga salad box 1 porsinya mas?
    4. ada berapa rasa atau menu salad box?
    5. apakah bisa dipesan pakai gofood?
    monggo penjelasannya saya nantikan. hehe..

    Guest
  7. Wak pertanyaan pak bangun ini coba di foward ke ducati kali aja beliau dikirimin 1 salad box gratis .
    Lha reques roda jd setiga aja lum kesampean dah bikin ulah lg !

    Guest
  8. wak, kl laptime official dengan unofficial itu kencengan mana yak?apakah itu juga dijadikan test part yg baru? spt yg qt lihat kl motor yg digunakan waktu balap yg sbenarnya ada yg berbeda dengan yg digunakan wktu tes juga partnya masih blm dihomologasi?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.