TMCBLOG.com – Bro Sekalian, salah satu pilihan memilih Suzuki NEX II adalah salah satunya karena suspensinya yang memang lumayan empuk baik depan maupun belakang. namun bicara suspensi, ada hal yang bikin tmcblog rada bingung Karena saat melibas speed bump itu seperti ada gejala ‘jedak jedok’ di suspensi belakang. Impresinya mirip seperti kasus suspensi depan Honda Vario 110 Versi pertama Tahun 2006. Motor ini adalah motor ‘mobile’ dan Banyak dipakai Istri kemana mana, Beliau juga melaporkan gejala tersebut . .

TMCBLOG langsung perkirakan masalahnya ada di suspensi belakang, jadi seperti respon Pegasnya tidak sesuai dengan kebutuhan lendutan saat misalnya melibas speed bump/ polisi tidur setinggi 10 cm dengan kecepatan 15-25 km/jam sekalipun. ( bisa di cek di video/ vlog yang tmcblog sertakan ) Itu Mungkin reboundnya ya, atau menurut analisa sobat sekalian apa ?

Karena ini motor jadi motor harian, maka nggak tunggu lama lama, Langsung tmcblog cari cari suspensi pengganti aftermarket dipasaran dan dari pada milih yang belum jelas maka pilihan pertama pakai merk KYB secara merk ini sudah terbiasa jadi OEM pabrikan Juga. Pilih KYB Zeto yang versi paling standar dan paling murah, tanpa adanya setingan macam macam termasuk pre-load, rebound dan lain lain

Singkat cerita suspensi KYB Zeto warna Biru terpasang dengan mudah ( cara pasang ada di VLOG ) dan langsung dicoba impresinya . . . empuknya sih memang agak sedikit kurang dibandingkan suspensi standar Suzuki NEX II, namun tetap masuk dalam kategori empuk buat tmcblog. Saat melewati speed bump, gejala ‘jedak jedo’k sirna tak berbekas.

Sippp berarti perkiraan tmcblog semula benar adanya yakni penyebabnya ada di suspensi belakang. Entah apakah sobat sekalian ada yang mengalami seperti yang tmcblog rasakan atau nggak. Buat SIS kalau mau melihat dan menganalisa suspensi lamanyanya silahkan , masih tersimpan rapi . . Namun secara umum tmcblog sudah cukup Puas pakai KYB Zeto ini . . Semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

20 COMMENTS

  1. Buat nex lawas apakah bisa wak? Ane kebetulan mau ganti juga sih yng belakang tp bingung mau pake apa.

    Guest
  2. wak haji, kalau di unitnya Kang Eno Anderson (EA’s Blog), shock belakangnya Nex II itu kalau dipake jadi mleyot/bengkok, bisa jadi sumber bunyinya dari situ..
    (Sorry, saya bukannya mau BC ataugimana, tapi saya sudah tanya orangnya langsung via Instagram)

    Guest
  3. Beli kyb zeto yg ukuran apa wak? Soalnya setau saya ada 2 macem panjang. Yg buat mio/beat dan vario. Vario lbh panjang. Wak haji pake yg mana? Soalnya mau beli buat suzuki let’s.

    Guest
  4. saya udah pakai wak KYB Zeto ini di Soul GT 115 yg ukuran 30 cm,, impresinya shock ini keras pake banget kaya shock bawaannya, beda jauh sama shock xride yg 115.

    Guest
    • Zeto itu ada type s yg tabungnya diatas, sama type z yg tabung atas.
      Yg dipake wak haji itu type s yg dual action. Yg type z ga dual action, lebih untuk heavy duty alias atos

      Guest
  5. Saya pengguna nex II , dan gak ada masalah begitu tuh..jadi bunyi jeduk2 itu relatif yg merasa saja kayanya, apalagi sy sm wak haji sm2 enteng bobotnya

    Guest
  6. Kebetulan sy pngguna nex II ini, mmng ada mslah Shock jedag jedug gtu juga… Tp alhmdulillh bs claim ke BEReS…gnti yg baru…😄

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.