TMCBLOG.com – Bro sekalian, siapa sih yang nggak kenal mesin kencang Daytona Anima yang salah satu variannya memiliki kapasitan 190 cc 4 valve 4-speed, original Jepang, dan punya platform desain mirip mesin Honda C-Series ? Nah Harga Mesin buatan jepang ini bisa tembus sekitar 20-an Juta rupiah Jika Mau di beli di Indonesia. Yap lumayan memang, namun kini ada alternatif mesin tersebut yang akhir akhir ini santer di perkenalkan oleh perusahaan part performa milik Kang Haji Sandy, SND Racing yakni mesin SND ZS190.

Mesin SND ZS190 pada dasarnya adalah mesin celentang / mesin dengan kepala silinder lateral yang memang benar benar mesin underbone banget. Powernya 12 kw di RPM yang cukup tinggi yakni 9.500 rpm. Mesin SND ZS190 ini menuurt info memiliki mesin yang super duper square, jadi nggak near near-an lagi . . Bore x Stroke nya pas banget di angka 62 mm x 62 mm . . Torsi mesin 187,2 cc nya cukup jengat yakni 13 Nm . . .

Menurut SND mesin ini hadir dengan dua pilihan warna yaitu warna Silver dan Hitam . ..  Yang jelas kalau mesin ini dipasang di Honda C70, C700, C800, Asdap, Astrea prima, Astrea Star, Astrea Grand, Astrea Legenda, Astrea Supra 100 ataupun Honda Win dipastikan akan membuat motor motor tersebut punya tenaga yang cukup istimewa.

Harga mesinnya sendiri dibanderol 9 Juta rupiah sob lengkap dengan sistem pengapian, Karburator, dan bersurat Yakni Surat Kwitansi pembelian doang, kalo surat Buat jalan di jalanan ( STNK/ BPKB ) dipastikan tidak ada hehehe . . . So minat Honda C70 mu bikin kaget orang di jalan..??

Spesifikasi Mesin SND ZS190 :

  • Displacement (ml): 187.2
  • Max.Power(kw/r/min): 12/9500
  • Max.Torque (N.m/r/min): 13/8000
  • Bore and Stroke (mm×mm):62×62
  • Ignition method: DCI
  • Starting method: Electric/kicker starting
  • Clutch method: Manual Wet Multi-Plate
  • Gearshift Method: Constant mesh, two stage transmission ,5-speed Gearshif

Taufik of BuitenZorg

49 COMMENTS

  1. wah akhirnya ada performance buat c100 series hidup lebih lama dan ga kalah ama motor baru neh. bejabanlah

    Guest
  2. Kira kira awet ga wak mesinnya kalo dipake jalan bekasi-pekalongan ( 3bulan sekali) dari bekasi-pekalongan cuman istirahat di cirebon
    dengan cara berkendara biasa panteng di rata rata 100kmpj (kadang full kalo kosong 120kmpj).
    soalnya pengin punya tuh mtor honda lawas tapi dg power yang bisa dikatakan cukup

    Guest
    • wekekek, ini motor performance part lho mas, biasannya kalo pake mesin ini nggak nanggung2 bejek Gasnya, soal keawetan saya belum nemu review pakainya nih

      Administrator
      • Motor balap emang biasanya bisa di bejek pol2an,
        Cuma ya gak sampe 1000km tuun mesin

        Terus terang dengan harga segitu dah dapat tiger komplit 1 motor, yang jelas bandel mesinnya (kecuali rante nya ya)

        Guest
  3. nah kalo artikel mesin long long stroke 62mm model begini saya rasa sah2 aja kaum mendingan ikutan koment …

    Guest
    • Sepaham sama @pengamat..
      Klo menurut persepsi saya, lihat spek mesin cukup dari langkah toraknya saja.. Misal :

      1. Diameter x langkahnya 78 x 62 (sebutan umumnya over bore), klo saya bilangnya long stroke..
      2. 48 x 49 (over stroke), saya sebutnya short stroke..

      Karena yang paling menentukan power dan torsi maksimal di rpm berapa itu tergantung dari langkah toraknya yg berbanding lurus dengan kecepatan torak (piston speed) IMO.

      Mohon koreksi kalau salah..

      Guest
  4. diluar negeri mesin zongshen 190cc ini juga head to head sama mesin daytona anima. yang saya penasaran ini mesin direbranding atau gimana yak ?

    Guest
  5. harusnya ada lah ide bikin motor dalam negeri yang mesin dari beginian.

    Lebih simpel gak perlu sampe botak bikin mesin, tinggal buat sasis deltabox, shock USB, banana arm crispy, dll..

    harga wajar.. jozz banyak yang beli. gak melulu merk Jepun.

    Guest
  6. Kalau begini, tidak perlu lagi hanya beli cylinder atau cylinder head saja secara terpisah, lebih mudah memang tapi harganya termasuk mahal haha tapi mau bagaimana karena ini termasuk performance parts.

    Kalau masalah ditilang atau dicegat harusnya masih bisa diminimalisir yang penting pas ada razia entah putar balik atau sopan ketika berpapasan sana oknum polantas wkwkwk. Ditambah lagi seperti kata pak haji, bentuknya memang mirip mesin yang biasa dipakai Honda C series dan Astrea series, jadi seharusnya secara visual tidak akan menimbulkan kecurigaan hehehe, kecuali pas kita gas habis beru ketahuan.

    Kalau masalah awet mungkin agak susah karena gaya berkendara tiap individu pasti berbeda, belum lagi jadwal perawatannya haha, by the way dari SND sendiri ada garansi tidak untuk mesin ini? Misal garansi 3 tahun atau 5 tahun begitu.

    Guest
  7. kalo untuk swap c seris aku lebih tertarik mesinya TVS tormax wak. 150cc horisontal SOHC 3valve, radiator & 5 sped. potensi boreup & tuneup nya juga luarbiasa.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.