Pict : Bukalapak.com

TMCBLOG.com – Astrea Grand Paling menarik untuk jadi objek Restorasi adalah Astrea Grand generasi pertama Keluaran tahun 1991 dan 1992. Ciri cirinya adalah Lampu belakang tak ada detail tambahan Lampu sabit sehingga bagian belakangnya mirip kura kura ( bulus ). banyak pula Astrea Grand yang lebih Muda, 1993 ke atas bahkan sampai Astrea legenda di custom mirip Astrea Grand awal ini karena memang memungkinkan dan sangat Mudah.

Paling tidak dapat dilakukan dengan mengganti Part Side Body dengan side Body Astrea Grand 91/92 Plus Rear Grab Yang Lebih simpel. namun permasalahannya adalah dengan masifnya Costom dan Restorasi Astrea Grand Bulus ini, keberadaan part terutama side Body, Rear Grab dan Braketnya kian Langka dipasaran.

TMCBLOG sudah merestorasi Astrea Grand Bulus semenjak tahun 2010 Yang lalu, kala itu walau belum ada fenomena Online store, masih tergolong mudah mencari Part seperti side Body Untuk Grand – Bulus ini. Namun saat ini, hampir bisa dibilang sulit. Jikalau adapun Harganya selangit karena permintaan yang banyak dan Secara time Line setiap tahun Grand Bulus makin terasa makin tua ( karena umurnya kian bertambah ).

AHM / Federal Motor kala itu hanya memiliki tanggung jawab menyediakan Part selama 7 tahun setelah Motor didiskontinu. Hal ini diperparah Juga karena part body dari astrea Grand Bulus terutama bagian side Bodynya tidak memiliki part Imitasi/ KW-nya. so jadi memang sulit mencari Part seperti side Body ini.

Namun saat ini ternyata ada alternatif lain yang cukup memberi silusi Yakni menggunakan part side Body Jialing JL100. bahkan Bukan hanya side Bodynya saja Yang bisa dipakai, Batok Lampu, speedometer, dan Hampir semua Part Jialing JL100 bisa dipakai. Yang paling menarik adalah karena Plastik ABS yang digunakan dalam moulding body body adalah yang berwarna Putih-gading. dan ini sama persis seperti yang diginakan di Part Astrea Grand Bulus.

Harga Untuk sepasang side Body saat ini berkisar antara 100-200 ribu rupiah, namun masih ada stiker Jialingnya. Harus ada proses setelah itu yakni membuatnya polos dulus ebelum nanti ditempel stiker Grand Bulus. Dan satu lagi Jialing JL100 pun sudah diskontinu sehingga jangan kaget jika Part alternatif ini pun bisa langka dikemudian Hari. Selamat merestorasi

Taufik of BuitenZorg

18 COMMENTS

  1. kok kerennya ya wak,, tp btw astrea grand 91 atau 92 itu menurut ane lebih mirip pantat monyet drpd pantat kura2,, 😐

    Guest
  2. Saya masih pelihara Jia Ling JL-100 bebek tahun 2000.
    Ternyata pelk casting aslinya enggak kalah kuat sama Enkei bawaan Kaze punya istri saya.

    Guest
  3. Bokap dlu pernah punya ini motor, persis warnanya merah maroon jg.. Waktu kecil sering naik ni motor sama bokap ke luar kota, slalu dilihatin orang, selain warnanya ngejreng pada jamannya.. Velgnya itu loh yg aduhai.. *dulu jarang banget velg cast wheel..

    Guest
  4. penuh memori wak motor jialing 100 merah kaya di atas. milik almarhum bapak dulu.. Waktu masuk SMA dulu sering curi2 pinjam. walaupun sering di olokin teman2 waktu ngumpul, mesinx bandel wak.. sory wak jd curhat. 😀

    Guest
  5. stnk bpkb tdk di endors dulu – artikel yg dibuat tdk kritis n cermat, hanya buat pajangan saja sih boleh, lagian lbh mudah dpt part2x kw grand merek win atau sejenisnya drpd part jialing (harga sdh ngk logis)

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.