TMCBLOG.com – Jika di Laman Website FIM kita hanya bisa mengetahui bahwa helm KYT baru Lolos test Homologasi Helm FIM, namun belum sepenuhnya memperoleh Homologasi, berbeda dengan Klarifikasi yang di sampaikan oleh pak Henry Tedjakusuma, Direktur PT Tarakusuma Indah Produsen dari helm KYT dan Suomy. Menurut Pak Henry, Brand KYT dan Suomy selain lolos test, sebenarnya juga telah  memperoleh sertifikat Homologasi FIM (FRHP) pada hari Kamis, 13 Juni 2019.

Namun Pak hendri kembali menjelaskan Via Kompas bahwa delay-nya kehadiran nama KYT di Website FRHP kemungkinan ada hubungannya dengan fakta bahwa di hari Jumat FIM libur, dan Label fisik dari sertifikasi yang harus dijahit di strap helm jadi tidak bisa dilakukan. Karena keterbatasan waktu, terpaksa pebalap pembalap yang menggunakan Helm KYT dan Suomy seperti Aleix Espargaro dan Andrea Dovizioso menggunakan helm lain untuk sementara.

Seperti Kita ketahui dari web, Nama Produk yang diproses Homologasi antara KYT dan Suomy itu bergabung menjadi satu, produknya sebenarnya sama, namun mangguankan dua Brand berbeda Suomy dan KYT. Dari proses Homologasi Pun kita mengetahui bahwa produk special yang dibuat Suomy dan KYT Untuk para pembalap MotoGP ini bernama Suomy SR-GPR dan KYT GPR.

Proses Hommologasi FIM memang terlihat cukup ribet karena FIM melakukan Homologasi Bukan hanya pervarian doang namun Pervarian-per-ukuran. Seperti misalnya Untuk KYT/Suomy GPR Yang telah lulus test Homologasi adalah yang berukuran M dan NHK GP-R Tech Yang dihomologasikan hanya ukuran S-M. Yap hanya ukuran yang tertera lah di homologasikan, sedangkan Ukuran lain belum dihomologasikan yang artinya belum boleh dipakai di Ajang MotoGP dan WSBK.

Taufik of BuitenZorg

14 COMMENTS

  1. kenapa berdasarkan size?,bukannya komposisi shell yg mempengaruhi ketahanan dsb

    KYT udah lolos JIS belum?kan kalo belum lolos katanya gak boleh dipake di S8H

    Guest
    • Klo saya sependapat dengan FIM. Karena tiap ukuran biasanya cetakannya beda. Karena saya pernah ketemu barang untuk ukuran tertentu kurang bagus

      Guest
      • Semua di tes kok, emg per-size krn tiap helm biasanya beda tiap rider.

        KYT blm JIS masih SG kyknya… mungkin di 8h pake Shoei si Dimas klo blm tembus

        Guest
        • @hansel
          KYT sudah dipakai di suzuka 8H tahun tahun lalu dan sudah lolos JIS

          Administrator

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.