TMCBLOG.com – Oktober 2018 Qatar Motorsport Academy (QMA) berdiri dan langsung menancapkan progam utama mereka yakni Project ‘Road to MotoGP’. Dibantu Oleh Dorna Program ini seperti layaknya Asia talent Cup, European talent Cup dan yang terakhir hadir Yakni Northen Talent Cup berusaha menemukan potensi calon pembalap Muda untuk bisa disalurkan dan diberikan kesempatan pengembangan Lanjutan. Namun begitu, melihat tradisi kultur arab, Tugas dari QMA memang beda.

Tugas awal mereka adalah membangkitkan keingintahuan para pemuda kepada salah satu sport yang cukup asing buat tradisi arab. Yap Karena di Timur tengah Khususnya Qatar Olahraga Motorsport balap Roadrace Bukanlah olahraga yang populer (walaupun motogp dilaksanakan di sana bertahun tahun lamanya).

Di kesempatan awal QMA melakukan seleksi awal sekitar 200 pemuda Baik itu Qatari (keturunan asli Qatar) maupun ekspatriat. Dari 200 orang mengerucut ke 75 orang kandidat memperoleh semacam pusat pengembangan awal yang dilakukan November 2018 dan berakhir Mei 2019. Nah dari Hasil pengembangan ini diperoleh 8 kandidat terbaik Yang memperoleh pengembangan lebih lanjut.

Ke-8 Pemuda Qatar tersebut memperoleh semacam ‘ summer camp’ dan Karena Qatar sedang panas panasnya sampai 50º C maka QMA mentransfer semua kegiatan Summer Camp ini ke Spanyol, tepatnya di Daeran Ronda, Malaga yang dekat dengan komplek sirkuit Ascari. Di summer camp ini semua pembalap memulai kegiatan pukul 8 Pagi entah itu Minibike di sirkuit Karting Campillos, Flat Track di Trebujena, ataupun Teknis balap di Sirkuit Ascari. Sore harinya mereka Balik ke Pusat camp berenang, bermain sepakbola mini ataupu kegiatan anak anak jaman now seperti bermain game di ponsel mereka. Jam 10 malam mereka pergi tidur.

Summer Camp QMA ini berlansgung tiga pekan dan diakhiri dengan riding 800 km dari Rinda ke Motorland Aragon. Di Aragon mereka mempeorleh kesempatan merasakan Race Weekend dengan Qatari Federation ESBK Team. Semuanya berproses dan salah satu Pembalap Qatar di Summer Camp ini Hamad Al Sahouti terpilih untuk mengikuti balap Kategori Moto4 di Aragon. Terlepas dari bertahun Tahun menyelenggarakan pembukaan race MotoGP, Qatar memang cukup rendah tradisinya soal MotoGP, Namun dengan intensitas kegiatan seperti yang dilakukan QMA ini bukan tidak mungkin ke depan akan ada pembalap GP dari Qatar ini.

Manuel pecino

9 COMMENTS

  1. Disana diselenggarakan MotoGP kan karena sultannya pengen aja nonton,rakyat nya gak pengen nonton juga bodo amat wong mereka sendiri juga yg bayarin ???

    Guest
  2. Dah qatar naturalisasi pembalap aja kaya dibola wkwk.

    Btw bukannya akademi qatar ini dulu dimentorin dan dilatih vinales ? dan sempet dibangga banggain fby wkwkwk.
    Sekarang ko gak pake vinales lagi ?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.