TMCBLOG.com – Bro sekalian. . Terus terang kehadiran Honda ADV150 bikin saya kepikiran untuk memilikinya. Nah disaat pikiran berkecamuk ini terlintas rencana untuk ganti ban bawaan pabriknya (dengan catatan; kalau jadi meminang ADV150 loh ya) dan seketika langsung bingung. Memang ada ban dual purpose apa aja sih yang sudah ready untuk velg ring kecil ? Dan hasil telusur sana sini via internet saat di ruangan Vlogger GIIAS 2019 hari pertama hasilnya sulit ditemukan sob, aseli. . . Susah banget bahkan bisa dikatakan belum ada ban tipe dual purpose untuk matic dibawah 300 cc sampai saat ini. CMIIW yah . .

Lanjut sore harinya ‘nge-check’ ke om John, owner dari Warung Ban yang buka toko ban di daerah kota Depok dekat jalan Tole Iskandar. Beliau yang TMCBlog hubungi via whatsapp pun ikutan bingung, karena sampai saat ini beneran belum ada ban aftermarket yang punya tipe dual purpose ukuran 14 dan 13 inchi. Namun ketika diakhir percakapan om John sempat memberikan sedikit jalan keluar dengan kata-kata “Kalo untuk ban harian bisa pakai [Pirelli] Angel Scooter.” Sip, dari situ pikiran mulai terbuka untuk nggak saklek saklek banget mempertahankan pakai ban dual purpose di Honda ADV150. Wong basisnya saja matic tulen yah.

Pirelli Angel Scooter

Oke, jadi anggap saja bisa dibilang ADV150 bannya diganti ke tipe full on road lah ya. Anyway, langsung ngecek apa aja sih ukuran ban Pirelli Angel Scooter untuk Honda ADV150 seperti yang direkomendasikan om John Warung Ban. Karena lingkar roda Honda ADV150 ini belang, ring 14 inci di depan dan di belakangnya 13 inci, pilihan ban Pirelli Angel Scooter untuk roda depan ADV150 adalah 120/70-14 atau upsize 1 tingkat dari ukuran standarnya.

Sedangkan untuk ban belakang tersedia ukuran standarnya yakni 130/60-13 dan opsi lain di ukuran 130/70-13. Kalau mau upsize boleh coba pakai ukuran 140/60-13. Pertanyaannya apakah ruang mesin ADV150 yang basisnya PCX 150 ini muat  dan aman tanpa mentok sana sini untuk dijejali ban ukuran 140/60-13 inci? Sepertinya sih muat tapi mepet banget sob. CMIIW

Bridgestone Battlax SC2

Dari Bridgestone saya ketemu ukuran Battlax SC2 ring 14 inci profil 120/70-14. Tapi ini barangnya pasti langka banget. Kalau untuk ban belakang ADV150 sih bisa pakai Battlax SC2 130/70-13 (main aman tanpa mepet) yang sudah jamak dipakai pengguna NMax di Indonesia. Selain Pirelli dan Bridgestone ada pilihan lain seperti Michelin Power Pure SC yang tersedia size untuk roda depan di ukuran 120/80-14 lalu size 130/60-13 dan 140/60-13 untuk roda belakang ADV150. Kekurangan dari 3 merk ban asal luar negeri ini sidah pasti dari segi harga yang menguras kantong.

Wait! Bisa diakalin sama FDR Sport Zevo yang tersedia ukuran 130/60-13 atau 140/60-13 untuk belakang. Nah untuk ban depannya, kalau melihat dari web dan cek ke toko ban sih paling gede ukuran profilnya itu 90/80 untuk ring roda 14 inci. Namun TMCBlog diinformasikan oleh Kenkei Custom bahwa ada Sport Zevo yang ukurannya 120/70-14. Kabarnya baru banget dirilis ke market. Hal itu terlihat pada ADV150 garapannya yang dilabur cat warna kuning dan hitam, dimana ban depannya pakai FDR Sport Zevo dengan ukuran tersebut. Wahh… Apalagi untuk urusan harga sudah pasti FDR punya lebih terjangkau ketimbang merk ban luar negeri seperti Bridgestone, Pirelli atai Michelin.

FDR Sport Zevo

Selain FDR ada merk Corsa Platinum tipe Cross S. Nah ini nih cucok sama ADV150 karena tipenya serupa dengan ban Federal FT297 bawaan ADV150. Untuk depannya bisa pakai Corsa Cross S size 110/80-14, ini ban ukuran terbesar untuk ring 14 inci yang Corsa punya untuk tipe Cross S. Lalu untuk belakang ada ukuran 130/70-13 dan juga yang mau upsize bisa pakai yang ukuran 140/70-13. Harga ban FDR dan Corsa ini juga lumayan terjangkau, jadi pilihan alternatif untuk sobat semua yang mau tampil makin gagah dengan Honda ADV mu. Selain itu ada Aspira Premio Sportivo dengan ukuran serupa dengan FDR dan Corsa, hanya saja untuk ban depan ADV harus memakai Sportivo untuk belakang dengan alur untuk posisi ban belakang.

Corsa Platinum Cross S

Ini merupakan situasi sekarang atau setidaknya sampai beberapa bulan kedepan saja sih. Karena kita tau sendiri kalau produk sudah banyak seliweran di jalan pasti permintaan ban untuk pengganti OEM akan meningkat dan produsen akan membuat ban sesuai permintaan pasar. Tambah lagi ADV150 merupakan produk global, jadi sudah pasti akan ada ban [semi] dual purpose untuk ukuran lingkar roda matic yang cukup kecil ini. Jadi pusing-pusingnya untuk sementara aja dulu, kedepannya bisa jadi dan memang besar kemungkinannya akan hadir pilihan ban yang bejibun untuk Honda ADV150 yang prediksinya laris manis ini. Semoga bermanfaat ya sob..

Nugi TMCBlog

39 COMMENTS

  1. nambahin mas nugi,
    untuk pilihan ban import ada Heidenau kaya yg dipake temen saya di nmax
    tapi ya itu harganya kurang bersahabat

    Guest
  2. jgn lupa lokal ada Zeneos . mayan lengkap juga itu varian ukurannya. terus yg impor ada Maxxis jg punya ukuran goib2

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.