TMCBLOG.com – Di gelaran GIIAS 2019, PT Triangle Motorindo merilis secara resmi sosok Skutik Listrik Viar Q1 generasi Ke dua. Yes dibilang generasi ke-dua Karena Viar Q1 ini merupakan Update dari Viar Q1 generasi pertama sebelumnya. Walaupun Sekilas Nampak Sama, namun Jika dilihat secara detail Viar Q1 Gen 2 ini lumayan signifikan berbeda. Mulai dari bentuk body fisik, lampu lampu, panel dashboard, sampai yang paling signifikan adalah daya jelajah dua Kali lipat dibandingkan dengan Q1 Gen 1 yang berhubungan dengan seberapa banyak kapasitas simpan baterai skutik listrik ini.

Jadi secara umum Konsumsi Listrik Q1 Gen 2  dan Q1 Gen1 itu sebenarnya mirip banget saja. Hal ini disebabkan Karena bagian Mesin yang menggunakan Brushless-Hub Motor buatan BOSCH yang memiliki keluaran tenaga 800 watt tidak ada update apapu. Namun yang dilakukan Viar adalah menggandakan kapasitas baterai listrik.

Jadi jika sobat Buka Bagian Underseat dari Q1 Gen2 akan ditemukan dua Selot baterai yang posisinya sekarang Vertikal ( gen 1 posisi Baterai horisontal/ tiduran). Ini membuat kapasitas bagasi jadi berkurang, namun yang penting daya jelajah bertambah dari awalnya 60 kmdi Q1 Gen 1  jadi total 120 km di Q1 Gen 2.

Baterai Viar Q1 Gen-2
Baterai Viar Q1 Gen-1

Untuk sobat ketahui dua Baterai Yang ada di Bagasi Underseat dipakai bergantian dengan kapsitas masing masing 60V23Ah. Jadi Menurut Pak Frengky Osmond, Marketing Communication PT Triangle Motorindo Saat baterai Pertama yang dapat dipakai Sejauh 60 km habis simpanan listriknya, Maka kita harus copot secara Manual port lalu di sambungkan ke Baterai Kedua.

Jadi pergantian penggunaan kedua baterai tidak bisa otomatis. Namun ini menurut tmcblog tidak masalah juga karena biasannya perjalanan komuter itu umumnya di bawah 60 km . . jadi baterai pertama bisa dipakai full saat pergi, lalu saat balik pulang pakai baterai kedua.

 

Ok secara umum Bagian Body berubah, baik Lampu depan dan belakang sekarang dibuat Lebih manis bentuknya. Lalu hadir Keyles/ Smart key untuk mengaktifkan motor listrik remote dari jauh. Viar Q1 Gen 2 ini juga punya dua Mode Berkendara yakni Sport dan standar, Lalu ada Juga Emergency Thottle Position. Teknologi ini sangat berguna jika tuas throttle tidak bekerja. Lalu ada tombol P (parking) sebagai pengaman.

Selain itu menurut tmcblog dashboard dari Viar Q1 Gen 2 yang sudah Full Positif LCD-monokrom dengan handlebar terekspos ini jauh lebih proper dan Mudah dilihat infonya dibandingkan Gen 1 . . . Nah Jika Q1 gen 1 dibanderol 18 Juta rupiah, maka Viar Q1 Gen 2  dihargai 18,95 Juta rupiah dengan 1 Baterai. Baterai tambahan ( Baterai kedua) Dijual terpisah sebagai opsional Oleh Viar dengan Bandrol harga 6,5 Juta rupiah. Semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

29 COMMENTS

      • Wah…lumayan bisa di modif……ganti pake LPG 3Kg aja..lumayan hehhe..barangkali ada yg mau modif…

        Klo bisa viar kerja sama yg punya mobil listrik GIAS …..soalnya ada yg bisa sekali ful bisa smpai 400 km lebih…kan tambah sip itu…jakarta semarang sekali ful…klo g salah mobil wuling listrik itu….

        Kan sip n canggih itu…motornya viar listrik pake baterainya mobil wuling listrik……

        Monggo dibahas wak kaji show ???

        Guest
  1. Pertanyaannya. 1 battery total bisa brapa km sebelum soak? . 6 juta bisa buat beli revo seken yang antek. Tp goodjob lah viar . Elektronik emang berkembang pesat kecuali 1 hal. Penyimpan daya. Entah nanti kapan ditemukan penyimpan daya super

    Guest
  2. Bentuknya udah mantep nih.. Udah gk kayak gogoro (soal desain it’s okay lah) tapi salut dengan pengembangannya.. Semoga motor listrik makin mudah infrastruktur nya. . . Aamin ?

    Guest
  3. 6,5 juta kalo dibeliin pertalite 7.600 dapet 855 liter. kalo motor skrng rata2 50 km/l brrti bisa sampe 42.750 km. rata2 pemakean motor 14.000 km setahun brrti cukup buat isi bensin 3 tahun.

    pertanyaannya itu batre 6,5 juta bisa tahan brp kali charge? upamakan normal 500 kali, dia tahan 60 km x 500. cuma bisa 30.000 km boss. belum termasuk biaya listrik buat ngecasnya. ramah lingkungan iya, tp ngga ramah kantong

    Guest
    • Good comment, belum hitungan budget listrik rumah yg naik juga karena dipke buay charge ini mtor. semoga didenger sama produsen motor listriknya

      Guest
    • belum lagi tarif listrik yang naik, tapi ada info dari PLN bro kata mereka kalau punya kendaraan listrik dapet diskon tapi hanya untuk pemasangan baru saja bukan untuk yg sudah berjalan hiks….

      Guest
    • Katanya sih ke depannya nanti bakal kayak elpiji/aqua galon, jadi tuker baterai kosong dengan baterai yang udah di-charge, jadi nggak perlu ngisi di rumah. Lebih praktis

      Guest
    • buat listrik perkiraan ajah itu baterai 60v 23A jadi sekitar 138 watt.. daya chargernya berapa yah, lom ktahuan.

      kalopun mau ada stasiun pengisian tuker tambah kaya galon/Lpg gitu yakin tuh pengelolanya mau rugi? lagian daya batre itu setiap diisi pasti ada penurunan kapasitas. kalo ga kebetulan bisa ajah lu dapet batre 70% max capacitynya. belum ada solusi yg bener2 pas nih

      Guest
  4. jadi imut banget gen2 ini! hhh jadi pengen ??? tinggal beli qsmotor 2000/3000watt, controler 150A dah cukup lah!

    Guest
  5. 18,95juta + 6,5juta = 25,45juta. mendingan main merek selis saja, lagi rame diskon2an tuh. sparepartnya juga umum bisa dibeli di aliexpress.

    Guest
  6. Ngitung yg bener, selama total harga (+ batre backup)+ konsumsinya energi dipakai + anggepnoerawatan 0 +biaya surat n pajeknya= jarak tempuh berbanding min motor fosil termurah + cost perawatan ,komsumsi, surat n pajeknya =jarak tempuh ……. baru sukses mtr listriknya ? klw mahal ngk logis beli nih barang hanya gengsi gogreen

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.