TMCBLOG.com – Sebenarnya sudah lama juga part aftermarket Smart Key beredar Untuk Pasar indonesia. Kebanyakan Smart-Key Aftermarket ini dibuat untuk sepedamotor yang selama ini belum dibuatkan Versi Smartkey oleh Pabrikan seperti Honda Beat FI, Yamaha Mio M3 dan Yamaha NMAX. Nah di Hall 9 ICE BSD masih dalam event GIIAS 2019 salah satu perusahaan Aftermarket W9 menjual Produk Keyless/ Smart Key Aftermarket dengan Merk Securicle

Di Booth W9 paling tidak tmcblog lihat ada sekitar 6 unit Smart Key Modul yang dibuat untuk motor motor : Vario 125/ Scoopy 2019, Vario Techno 125, Beat FI, Mio, NMAX, dan Lexi. Semuanya dibanderol dengan Harga sama Yakni 1,6 Juta rupiah Promo di GIIAS 2019. Bentuknya bisa sobat lihat di foto dan Video.

Yang menarik adalah Secara Dimensi, Housing dari Unit Unit smart key yang dihadirkan ini benar benar di sesuaikan dengan Housing dari Rumah kunci motor motor yang Kunci standarnnya mau diganti. Jadi kalau unit smartket aftermarket Securicle menurut Pak Yanto dari W9 dipasang di motor motor seperti Beat dan NMAX maka akan Plek ngepas dan Ngepress banget. Bahkan soket Kabel pada kuncinya pun dibuat sama persis dan untuk motor seperti Vario Techno, ada modul pembuka seat / jok yang dikoneksi dari modul smart key.

Namun apakah sama persis dengan Unit Smartkey  buatan pabrikan?

Adalah benar, Dari segi tampilan remot dan knop keyless, produk aftermarket juga memiliki dimensi yang ngepas dengan housing rumah kunci bawaan pabrik, namun ada perbedaan signifikan dibandingkan produksi pabrikan terutama di kelistrikan. Pada Smartkey buatan pabrik terdapat 3 bagian yang terkoneksi yaitu smart key, SCU (modul keyless) dan ECU motor.

Sedangkan Kelistrikan Smart Key aftermarket tidak terhubung dengan ECU. Jadi Fungsi Smart Key ini sama saja dengan Kunci Biasa yakni memutuskan Kontak dengans yarat pemegang kunci harus berjarak kurang dari 3 meter dari modul Smartkey. Oh Ya jika tegangan Baterai Motor Kurang dari 10 Volt maka Smart-Key tidak bisa bekerja.

Bagaimana soal Garansi. Pemasangan Kelistrikan diluar modul pabriakan sudah pasti akan memutuskan garansi kelistrikan dari pabrikan. Soal Garansi / aftersales penjualan – W9 janji akan bisa menangani permasalahan pasca pemasangan jika ada trouble. Mengenai Workshopnya sendiri W9 ada di jelambar ( Jl Widara raya No 38 D-E Jelambar jak Bar ) dan WV Kemayoran di Pasar Mobil Kemayoran Blok A No 65. Semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

25 COMMENTS

  1. Sebenarnya fitur ini yang paling penting dalam Motor, daripada fitur” gimmic marketing yang mungkin banyak pembeli sepeda motor juga kagak begitu peduli, apalagi produk hodan, soalnya rata” produk hodan ( Jabotabek / tidak tahu kalau daerah lain), paling banyak jadi incaran maling

    Guest
  2. Gilak nmax empat valves. Xadv150 & pcx local saja masih kayak vario 150 yaitu dua valves ya wak..?

    Guest
  3. Wak ko buat Pcx sama ADV ga ada??

    OWH NMAX bisa murah karna ga ada keylesnya ya??
    PCX sama ADV si ada keylesnya ga bri?

    Guest
  4. Pernah liat di youtube kalo keyless aftermarket masih bisa digondol motornya karena cuma sekedar kunci stang doank ga konek ke ECU, lain sama yg asli pabrikan sampe saat ini belum bisa di jebol.
    Sekilas mirip dengan keyless yg di jual di OLshop ( import dari vietnam ) dan dijelasin juga kalo ini ga konek ke ECU

    Tapi ga ada salahnya dicoba beli juga kan namanya usaha mengamankan harta benda

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.