TMCBLOG.com – Via konjitekibikematome diketahui bahwa Baru saja di rilis untuk umum Patent Honda yang berkaitan dengan Model Honda CRF250 series kedepan. Model Yang dipakai adalah Honda CRF250L namun melihat kesamaan Mesin tidak menutup kemungkinan Perubahan pada Patent ini akan diaplikasikan juga ke Next CRF250 Rally . . so apa saja yang diubah ?

Dilihat dari Gambar pertama konsentrasi update dari Mesin baru ini adalah Di daerah yang di beri Tanda Kotak dengan Angka 4Β  . ..Β  dan setelah di Zoom, yang Paling Signifikan bkin kaget adalah ketika melihat penampang tengah dilihat dari depan dari mesin. Sobat bisa melihat ada dua Spark-Plug atau Busi di dalam jeroan mesin CRF250 yang dipatentkan.

  • No 29 : Injector
  • No 31 : Fuel Pump
  • No 47 : Busi Pertama
  • No 51 : Busi kedua

Yes Busi No 51 ini lah yang menjadi sesuatu yang baru di desain Mesin CRF250L yang dipatentkan Honda. Benar benar aneh . . Jika sekarang sobat sekalian Punya CRF250 rally , silahkan cek deh di sebelah Kiri Dari Silinder tidak akan ada busi, namun di Desain patent ada. Yang Patut dipertanyakan adalah untuk apa Hodna sampai menambahkan Busi kedua ? adakah hubungannya dengan Regulasi emisi Euro 5 ?

Taufik of BuitenZorg

43 COMMENTS

    • mungkin beda namanya Bro’,
      But tetep kita apresiasi,
      buat bajaj yg telah berinovasi,,
      Inget dulu kasus megipret vs vaksin,
      walaupun udah ada CS-1 tetep aja Honda keduluan sama rival,,

      wkwkwkwk,,
      πŸ˜…

      Guest
  1. Teknologi Bajaj sudah lebih dahulu menggunakan 2 busi, bahkan 5 tahun yang lalu Bajaj mengeluarkan teknologi 3 busi, pada motor Kawasaki Bajaj Pulsar 200 NS

    Guest
  2. @andika.honda niru bajaj? ketahuan gak tahu sejarah baca sejarah teknologi Honda dulu tong baru komen… anak SD aja tahu masa ente gak tahu hadeuuhh.. makanya jg kebanyakan makan micin..

    Guest
  3. Kalo dilihat lagi ga cuma dual sparkplug Om, sistem injeksinya pun sdh direct injection to combustion chamber-terlihat dari posisi injector dan seperti ada mechanical pump driven by camshaft lobe dan terlihat jg high pressure pipenya….sistem beginian harus ok BBMnya, minimal pertalite, sering sering pertamax kalo ga pengen mbrebet mbrebet mesinnya

    Guest
    • yang wow disini tidak hanya 2 busi, namun justru GDI itu. sepertinya jelas untuk menembus euro tanpa mengorbankan torsi.

      Guest
    • Biasanya sisi negatif dari sistem injeksi ini bikin klep in+intake mesin cpet kotor
      Bagaimana honda mengatasinya??

      Guest
  4. Gasoline Direct injection. sepertinya kalau dijual massal jadi motor pertama yang pakai GDI. ruang bakarnya mirip diesel indirect injection. desain ini bertujuan merambatkan api pembakaran dengan api pembakaran itu sendiri. bisa menggunakan rasio udara:BBM diatas 14:1. normalnya mesin biasa, diatas 14:1 hanya ketika putaran ringan/cruising/tanpa beban. kalau model ini bisa ketika beban sedang rasio diatas 14:1. sepertinya khusus menghadapi regulasi emisi. tapi ada efek sampingnya juga.

    Guest
    • Ahlinya ahli, intinya inti, core of the core kalo udah reply komen mengguncang panggung enjiner

      Jiahahaha πŸ˜‚

      Guest
    • saya juga tidak tahu model gitu dinamain apa sama honda, makanya biar gampang, saya bilang sj GDI, tapi dengan ruang bakar tambahan (saya ketik indirect injection). nah tinggal tunggu nama pemberian honda. apakah ada embel2 direct injection, atau precombustion chamber, atau air cell, atau apakah gasoline indirect injection, atau nama lainnya,

      Guest
  5. sa’encrit teknologi Honda yg udh lama jg diterapin di produk mereka yg lain, dan di luaran sana mereka bilang “mirip si anu”…
    πŸ˜‚
    ahh, pabrikan ini emang terlalu low profile… wkwkwkwk

    Guest
    • Bukan low profile.. tapi pelit.. kl ga mentok.. ga dikeluarin teknologinya..
      padahal motor honda dimanapun lebih mahal dari sesama jepangnya..

      Guest
  6. TMC ama Nugie, itu jelas jelas udah berubah, injeksinya, jadi Direct Injection…, ini gak d bahas…

    Guest
  7. kok itu yang di Bahas, lihat tuh direct injection yang patutnya dibahas, udah tahu dual spark plug patenya honda

    Guest
  8. Ya mungkin aja sih buat euro 5, mobil aja udh beberapa tahun lalu euro 6. Mungkin hasil riset divisi mobil honda jaman transisi euro 4 ke 5.

    Guest
  9. Kalo lihat posisi injektornya (di gambar) kayaknya ini direct injection. Buat motor kayaknya masih jarang ya?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.