Saturday, 19 October 2024

Info lengkap pembalap yang kehilangan alokasi mesin MotoGP 2019 pasca GP Brno

TMCBLOG-com – Baik pembalap yang ternaungi di pabrikan konsesi penuh maupun tanpa konsesi MotoGP, memiliki jumlah jatah mesin yang ditentukan. Setiap pembalap tanpa konsesi seperti Honda dan Yamaha baik team factory maupun satelit hanya memiliki 7 unit alokasi mesin yang di-sealed/bekukan pengembangannya semenjak awal musim. Sementara setiap pembalap di pabrikan dengan konsesi penuh seperti KTM dan Aprilia memiliki 9 unit alokasi mesin yang bisa di-utak atik jeroannya, bahkan di ganti secara besar-besaran walau harus sesuai koridor regulasi. Nah dalam artikel ini kita akan membahas pembalap mana yang sudah kehilangan alokasi mesinnya sampai MotoGP Brno di Ceko 2019 ini berdasarkan data yang TMCBlog terima dari Dorna.

Untuk pabrikan Ducati, Andrea Dovizioso masih menggunakan 4 mesin Ducati GP19 . sementara Danilo Petrucci sampai di GP Brno sudah membuka mesin ke-5 nya. Baik Dovi maupun Petrux, mesin yang sudah digunakan belum satupun yang dibuang dari alokasi. Satu-satunya pembalap Ducati yang memiliki alokasi mesin rusak yang sudah tidak bisa dipakai lagi adalah Tito Rabat yang sudah membuang mesin GP18 nomor #1 semenjak awal race weekend Jerez.

Dari pabrikan Yamaha, Vinales dan Morbidelli sudah mulai memakai mesin Yamaha M1 No 5 mereka sementara Rossi dan Quartararo masih menggunakan mesin ke 4. Satu-satunya pembalap Yamaha yang sudah membuang satu unit mesin dari daftar alokasi mesin adalah Valentino Rossi yang mengalami masalah kerusakan mesin di sesi hari Jumat MotoGP Brno 2019.

Kemudian dari Suzuki, baik Joan Mir maupun Alex Rins sama-sama baru membuka mesin ke 5 dari total 7 unit mesin Suzuki GSX-RR yang dipersiapkan untuk mereka. Dari kelima mesin tersebut belum ada yang rusak maupun dibuang dari alokasi per musim.

Untuk pabrikan Honda, Marc Marquez baru memaksimalkan penggunaan mesin ke-4 yang pertama ia pakai semenjak seri Assen. Sementara Lorenzo baru menggunakan mesin ke-4 di Brno yang digeber oleh Stefan Bradl. Nakagami dan Crutchlow juga baru sampai mengeksploatasi mesin ke 4. Dua pembalap Honda yang sudah kehilangan alokasi mesin karena rusak yakni satu mesin RC213V Jorge Lorenzo yang dilepas semenjak Sachsenring dan satu Mesin RC213V 2018 Nakagami semenjak GP Jerez.

Kemudian dari KTM, Zarco, Pol Espargaro dan Miguel Oliviera masih menggunakan mesin sampai yang ke 5, namun Hafizh Syahrin sudah mulai menggunakan mesin KTM RC16 ke 6 mulai dari seri Brno. Satu-satunya pembalap KTM yang sudah kehilangan 1 alokasi mesin adalah Hafizh Syahrin dimana mesin RC16 No#3 miliknya sudah dibuang dari alokasi semenjak GP Sachsenring.

Dan dari team Aprilia Gresini, baik Andrea Iannone dan Aleix Espargaro sudah menggunakan 5 unit mesin dari total 9 unit mesin alokasi buat masing-masing dari mereka. Andrea Iannone sudah kehilangan 1 mesin yaitu mesin No#1 semenjak seri Brno, sementara Aleix Espargaro sudah kehilangan dua mesin Aprilia RS-GP dari alokasi yakni mesin No#2 semenjak GP Catalunya dan mesin No#1 semenjak seri Brno 2019. Semoga informasinya berguna.

Taufik of BuitenZorg

34 COMMENTS

    • mungkin dia melihat banyak nyamuk d ceko bro mklum musim hujan, mkany rossi rela jadiin motorny sbg fogging agar marquez bersaudara bisa dgn tenang dan nyaman merayakan kemenangan tnpa gangguan nyamuk…
      itulah baikny rossi dn yamama

    • budayakan membaca bro, d atas wak hji sudah bilang bhwa marc marquez baru memaksimalkan penggunaan mesin ke 4 mulai seri assenn

  1. FQ bru make mesin ke 4 ,kmarin kyknya diset rpmnya lg tuh biar nanti gak kehabisan mesin krn jatahnya gak sebanyak team pabrikan. Kayaknya klo full support bakal nampol neh FQ,secara dites dia mendominasi dgn mesin baru.

  2. nyatanya gsxrr masih fine aja

    gimana mas nginio, dari pabrikan sesembahanmu ada yang meleduk tuh mesinnya

    ekeke zlub

  3. Tapi tak akan ada yg mampu membantah kekenc4ng an 4 klep vva penguasa rimba jalan raya. Saking kencang tak akan mampu dilihat bentuknya

  4. Nyari motor k3nc4ng ingat. Yamah*. Ingat kencang ingat yam”ha.
    “Breaking news” Menembus kecepatan cahaya. Jupiter hancurkan jembatan membuat akses menuju desa A sulit.

  5. mesin sujuki blm ada yg rusak maupun dibuang???
    brati mesinnya minta disiksa lebih smpe rusak baru ketauan batasannya awowkwok :v

  6. Wak ada rencana dorna buat nambah alokasi mesin ga? Kayanya resikonya terlalu gede kalo jumlah seri balap terus ditambah tapi alokasi mesin tetep ajeg

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP