TMCBLOG.com – Di Artikel kali ini kita akan sama sama menyimak Vlog yang tertunda dari Kegiatan test Turing Honda ADV150 yang tmcblog lakukan bersama AHM di Bali persis sepekan Yang lalu 9 Agustus 2019. Secara umum Semua aspek sudah tmcblog paparkan dalam bentuk Tulisan di artikel sebelumnya, Namun di artikel kali ini tmcblog akan coba hadirkan Kesimpulan dalam bentuk Paparan Kelebihan dan kekurangan dari Motor yang dibanderol 33 sampai 36 jutaan rupiah OTR jakarta ini. Kita Mulai dari kekurangan menurut pendapat tmcblog . .

  • Kekurangan pertama jelas adalah, Kurang Murah hehehe, Bila saja Honda memberikan Harga versi CBS tidak sampai menyentuh angka psikologis 30 Juta Sebutlah 29,5 Juta sepertinya akan lebih bagus.
  • Joknya Ketinggian, Sehingga memang butuh penyesuaian di tahap awal terutama buat wanita atau rider dengan jangakauan kaki 70-an cm
  • Kekurangan selanjutnya adalah dimensi bagasi underseat yang walaupun sudah sangat Luas, Namun sedikit kurang mampu mengakomodasi penyimpanan Helm ADV ( KYT Enduro) yang jadi Official Apparel.
  • Jok Sudah cukup lebar dan mengakomodasi kebutuhan turing namun Kurang empuk
  • Suspensi Belakang dan depan sudah cukup setingan rebound dan preloadnya, Namun saat ketemu jalanan Gronjalan kayak lewat di Jalan Paving Block masih terasa kayak keras.
  • Akselerasi sedikit lebih bagus dari PCX, namun masih kurang ngejambak
  • Windshield kurang tinggi sedikit lagi, mungkin ditambah sekitarΒ  3-4 cm lagi
  • Untuk Versi ABS tidak tersedia warna warna elegan, padahal biasannya lebih mahal lebih elegan

Kelebihan dari ADV150 seperti yang bisa tmcblog rasakan

  • Handlingnya cukup presisi, sigap dan aware banget sama Segala jenis Tikungan jalan twisty
  • Getaran mesin Super halus, Paling tidak di Motor yang tmcblog coba dan di umur pemakaian masih beberapa ratus km
  • Grip ban FDR Mantab Lengket.
  • Mudah Memanage Throttle sehingga bisa bikin motor ini sangat irit, Namun tetap bertenaga
  • Segitiga ergonomi Lebih Nyaman untuk Turing ketimbang PCX dan yang sejenisnya, Very Fun to Ride
  • Dua Pilihan ketinggian Windscreen yang bisa di atur ketinggiannya
  • Pengereman bagus terutama yang versi ABS, cukup bikin pede terutama untuk turing yang sering lewat jalan berpasir

Pada dasarnya Buat tmcblog, Motor ini memang agak susah disandingkan dengan PCX dan NMAX karena punya perbedaan karakter tersendiri yang cukup signifikan hadir. Pokoknya Jika sobat sekalian cowok banget, Suka turing nggak mau ribet pindah pindah Gigi Ya Honda ADV150 bisa jadi pilihan . ..

Taufik of BuitenZorg

109 COMMENTS

  1. kok kekuranganya lumayan kerasa ya daripada kelebihanya hehe, terutama dibagian jok & shock breaker,berharap lebih padahal.. kelebihan lain ada di design nya kalo menurutku

    Guest
    • Ngga ada motor matic shock nya terutama belakang yg benerΒ² empuk saat di pake sendiri,punya ADV ini udh paling nyaman pdhl untuk kelas matic…
      Ayo sebutkan shock belakang matic yang lebih nyaman dari milik ADV150 saat di pake sendiri…hahaha..

      Guest
  2. Kekurangan plg penting memang kurang sedikit murah.

    Tapi kalu liat 2020 sebentar lagi dan harga facelift nmax dan aerox juga akan naek, tetep bakalan lebih mahal adv, mungkin sekitar 2.5 – 5 JT selisihnya.

    Guest
    • Bisa jadi om. Harga motor sekarang naiknya segitu. Vario aja sekarang 23 an. Tp memang kalau menurut artikel jika yg versi biasa di pasang di harga psikologis 29 sekian pasti lebih laku lagi. Di kalimantan sini yg terendah aja naik jadi 34 sekian dari asal 33,5.

      Guest
  3. Yg gw suka dari blog ini adalah ulasan positif dan negatifnya berimbang, tidak seperti blog sebelah yg mngulas positifnya lebih ditonjolkan daripada negatifnya. .

    Guest
  4. Ulasan Kang Taufik benar2 Gamblang. Kelebihan dan KEKURANGAN ADV.
    Sekarang tinggal konsumen memilih. Value for money nggak ADV ini?

    Guest
    • Yg di grup itu ya om nug, yg dudukan shock belakang miring ?
      Semoga ndak jadi mayor case seperti shock bengkok pcx om

      Guest
    • Gak ada yang bikin heboh dan gue bukan black campaign pak. Ngapain gue black campaign juga sama AHM sedangkan gue sendiri kerja sebagai ‘partner’ nya AHM dalam ekspor import mesin pabrik mereka dan spare parts lain2.

      Sampeyan kan sales atau malah cuma sekedar fansboy Honda, saya maklum kok, komen aja silahkan. Tapi kalau ada cacat dan sudah ada buktinya berarti ya memang ada cacat produksi, cuma mbok ya pabrikan jangan ditutup2in. Masih lebih gentle yang umumin recall. Tapi kebanyakan pikiran mayoritas masyarakat Indonesia masih cetek dimana menganggap recall berarti jelek absolut.

      Editor
      • Sabar mas nugie, si atak ada yg kampret itu emang sampah. Saya bingung dy siapa, diblog mana aja ada. Kerjaannya balasin komentar orang mlulu, tendang aja mas. Saya memang cuma sr, tapi lama lama jijik baca komentar dy. Maaf emosi

        Guest
      • Sangaaatt setuju….mau merk apa pun kalau memang ada kerusakan di masa garansi ya pabrikan wajib terima claim custumernya

        Kan ada lembaganya apa itu ya..yg memerhatikan kepuasan konsumen

        Guest
    • Tak ada kardus. Coba buktikan berapa komentar saya? Ohhh jadi situ punya tugas yah disini? Berarti ada bosnya yah… Ahaaay? Sepertinya kalau saya liat anda tidak hanya membalikkan serangan fbyek yah, tapi sekalian promosi. Menurut GUA ga perlu lah lu buang2 energi buat ngurusin fbyek, ataupun fb fb apalah. Mendingan komentar yg menambah informasi, berbagi pengetahuan dll yg lebih bermanfaat, jangan komentar yg bikin sepet mata. Ciao

      Guest
  5. Yang Pasti ulasan Wak Haji ini tetap independen, gamblang, apa adanya sehingga konsumen cukup mendapatkan informasi yang akurat.
    Semoga Wak Haji Sehat selalu shg bisa terus exist memberikan informasi akurat u biker2s.
    Matur suwun Wak.

    Guest
  6. Super adventure ya jenis bebek lah haha… Udah ngalahin rombongan klx di habitatnya, bmw gs juga dilibas, ojek bawa sembako naik turun gunung, bahkan bawa kayu balok/gelondongan ratusan kg

    Guest
  7. Logikanya sih.. utk ngukur kelebihan dan kekurangan motor seharusnya diuji motor yg usianya 5th keatas atau KM yg tinggi. Bisa diliat pabrikan mana yg serius bikin motor. Saya dukung Pak Haji bikin artikel spt yg saya maksud diatas.
    Masa motor kayak HP tiap taun ganti terus (saya jd mikir kualitasnya gmn ituh)

    Guest
  8. Kriteria motor turing yg cocok untuk kondisi jalan di indonesia itu spt apa wak ? Terutama yg budgetnya pas-pas an. Wkwkwkwkwk

    Guest
    • Tapi isunya kurang nendang di banding tetangga gimana tuh? Motor baru mending wait and see ntar kaya kasus pcx kamren batch pertama

      Guest
      • Tarikan ADV150 ini enteng buangettt, tapi tenaga ‘kosong’, gak padet sama sekali dan feel nya seperti BeAT atau Vario (cuma beda besaran torsi ajah). Khas Honda lah..
        Saya udah coba sendiri kang.

        Editor
      • Siap om nugie. Belum pernah nyoba sih. Saya yg penting mampu nanjak aja karena kontur wilayah yg banyak tanjakan..ga sering ngebut juga paling stabil di 70-80kmh

        Guest
  9. jok honda yg paling empuk cm satu wak! astrea grand. kgk percaya??? silahkan dicoba! πŸ˜€

    Guest
  10. Gue kudu beli. Gue cowok banget. Demen pergi jauh tapi ngirit. Mantab Gandhozzz Adventurous Djiwa ADV150 Benarran

    Guest
  11. Kocaknya waktu lihat video Mas Manut nggeber motor ini buat ngejar rombongan, ada aja Nmax lewat, bisa pas banget πŸ˜‚

    Guest
  12. Minta saran dong, pilih mana: Nmax second+Ohlins atau ADV 150? (Note: saya cari yang nyaman untuk boncengan sama istri)

    Guest
    • @Abung Kita diskusi yah.
      Nmax Second plus Ohlins itu masih lebih murah dibanding beli ADV baru mas bro.. Second hand NMax ABS 2017 (Jakarta) aja pasaran 22,5-23 juta. Ditambah harga Ohlins 7,75 juta.
      Jadi total sekitar 30 juta, plus balik nama nambah sekitar 1 jutaan lagi. (ADV termurah 33,5 juta CBS)
      Kalo soal nyaman, Ohlins nya NMax yang tipe terbaru kode YA776 jauh lebih nyaman dibanding Showa standar ADV. Ditambah busa jok Yamaha selalu lebih empuk dibanding Honda (sampai saat ini).

      FYI aja nih, Ohlins sedang menyiapkan sok belakang utk ADV150 dengan estimasi harga 8 jutaan.

      Monggo dipertimbangkan.

      Editor
      • Makasih banyak om buat infonya. Yes, saya akan prefer pilih Nmax second+Ohlins terutama karena harganya hehehe. Tapi sekarangkan lagi banyak isu New Nmax akan lahir. Kalo New Nmax lahir setelah saya beli Nmax second pasti auto sakit hati Om wkwkwkwkwk.

        Guest
        • @Abung Sesuaikan budget dan kebutuhan saja mas. Saya pakai NMax ABS 2015 belinya seken 2 taun lalu, ubah sok belakang Ohlins karena ngejar nyaman dan personalisasi sesuai kebutuhan saya.
          Ada motor matic baru pun gak bergeming saya buat ganti motor (kecuali niat nambah).
          Kalo musti nunggu motor baru terus, jadinya gak beli2 motor sampeyan mas. Hehehe..

          Editor
        • @Tak Ada Yang Bisa @NugieTMCBlog Hiya…hiya…hiya bener. Motor sekarang banyak bener kayak hape ajah hihihi. Terima kasih banyak saran suhu-suhu, besok mau melipir cari Nmax Second πŸ™‚

          Guest
    • Nmax 33juta dapat engine SOHC 4 valve VVA, part bodyl ebih murah dr ADV atau PCX, keyless, ohlins shockbreaker. U part bisa ambil case harga part pcx yg harganya hampir 2x dr nmax.

      AdV body lebih fresh namun dengan konfigurasi mesin SOHC 4 valve non VVA dengan catatan u user dengan tinggi min 170cm.

      Guest
    • Koreksi mesin AdV SoHC 2 valve non VVA.
      Kakaknya AdV aja honda forza sudah adopsi teknologi SOHC 4 Valve .

      Guest
    • Nah itu, motor beda sama mobil dimana setiap all new atau facelift produk tersebut harga nya bisa tetep atau bahkan turun, berharap motor bisa kayak gitu wkwk

      Guest
    • Agak khawatir kasus nya sama kayak nmax dimana yamaha berani kasih harga matic diatas 20jtan, dan harga matic dibawahnya makin lama ikut naik.

      Guest
      • Kalo khawatir beli Su-zuki bro. Pilihan matic nya beragam. Kualitas ala su-zuki. Harga ga ikutan dugaan kartel. Wkwkwkwk

        Guest
  13. Segmen Nmax, Pcx dengan Adv memang beda sih. Ibarat kalo motor sport yaa Vixion, Cb150 dibandingkan dengan Klx dan motor adventure dual purpose sejenis πŸ˜‚

    Guest
  14. Gw suka touring justru karena suka naik motor tangguh yg bisa pindah gigi. Makanya milih Tiger.

    Sayangnya Tiger 93 gw belom ada penggantinya

    ADV juga bukan solusinya

    Kalau berani buka pasar baru, masak ga berani ngisi kembali pasar lama ?

    Guest
  15. blom ada yg bilang? oke

    “rEaL MeN uSe mAnUaL cLuTCh”

    sebenernya lama kelamaan semua jadi soal style dan niche, jadi gk perlu gengsi soal mana yg lebih ‘cowok/laki’. Jaman sekarang malah bawa matic=good well being, sampai mertua lebih restu ke anak laki yg bawa skutik wkwk

    Tapi jgn sampe bodohnya kelewatan ya klo soal gender kaya orang US

    Guest
    • Bukan masalah stereotypes gender bro… Kalo motor pake kopling bisa nyuri tenaga. Motor ada engine brake jg berguna saat turunan ektrem. Banyak fungsinya yg ga terbantahkan

      Bicara soal fungsi doang ya. Bukan soal gagah gagahan. Kalo buat keliling komplek, belanja ke pasar… Bisa deh matic. Makanya gw bilang matic n adventure itu kompromi.

      Saat pengen free, me time, touring … Pake motor dgn clutch… Kalo mau jalan jauh nyaman, gw naik mobil lah.

      Menurut gw ADV ini motor kompromi.

      Wkwkwkwk.

      Guest
  16. Satu kelebihan dari mesin ADV yaitu saat pergantian oli pertama kali, oli bekasnya ternyata bisa untuk hilangkan uban…
    Jd jangan dibuang olinya

    Guest
  17. Wak, tanpa mengurangi kualitas hasil vlog, tapi ukuran file jadi kecil gimana caranya, soalnya durasi 720p 50fps 1 jam aja 5gb lebih

    Guest
  18. Adv harga 36 jtan
    Vario 125 harga 20 jtan
    Beat Street harga 16 jtan

    Dari pada beli Adv cuma dapat 1 motor doang, lebih “Wow” di lihat tetangga lansung beli 2 motor hahaha….

    Guest
  19. Menurut saya body lumayan bagus dengan desain fresh.. Dan mengambil jalur baru adventure lumayan point plus.. Cuman menurut saya seharusnya ada totalitasnya.. Masa adventure masih mesin sohc 2 valve yang kurang menjambak dan kurang agresif.. Memang tidak apple to apple dibanding nmax dan aerox.. Tapi menurut saya kalo dirasakan respon, power, dan speed saya akui aerox lebih gila.. Padahal ban paling gambot di kelasnya

    Guest
  20. Dari semua matic Honda cm 2 yg desainnya masuk keselera Saya, vario 150 Dan adv ini,tapi yg non striping.
    Hmm.. jadi melirik Satu kespa tua dipojokan garasi, akankah bakal berubah jadi adv atau gak.😁😁

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.