TMCBLOG.com – Semua Orang Faham karakter Mr Stefan Pierer, namun tidak sedikit yang terkejut akan keputusan orang Nomor satu KTM ini. Pada Hari Ahad pagi, KTM mengumumkan mundur dari Moto2 di 2020 nanti dan keputusan ini mengejutkan para pembalap dan team yang terafiliasi dengan KTM. Padahal Jika Kita telusuri, keputusan ini diambil hanya sepekan setelah KTM mengahdirkan Paket Motor Moto2 baru di GrandPrix Ceko.

Keputusan ini tentunya berefek kepada dua team yang terafiliasi dengan dengan factory yakni Aki AJo dan Tech3. Kedua team ini tentu harus lansung reaktif menemukan solusi untuk 2020 nanti. Tech3 Turun ke Moto3 dan menjadi wadah penerima Para Lulusan Lulusan terbaik dari red Bull Rookies Cup. Sementara Aki ajo akan menerima back-up Finansial dari KTM untuk menjalankan team Moto2 Dengan Warna KTM dan Red Bull menggunakan Sasis dari kalex.

pict : Offbike

Pit Beirer, KTM Motorsport Director menjelaskan bahwa keputusan ini untuk membuat ramping dan ringan beban dari divisi motorsport KTM yang kini mengikuti banyak sekali disiplin balap motorsport seperti di Rally, Motocross, Supercross, Enduro sampai terakhir tiga kelas GrandPrix Moto3, Moto2 dan MotoGP. Pierer mengatakan bahwa saat ini KTM melakukan sesuatu yang bahkan Pabrikan sebesar Honda tidak lakukan.

Namun yDan yang lebih bikin paradox adalah, beberapa Jam setelah pengumuman ini KTM merengkuh Gelar Juara Seri pertama nya di kelas Moto2 atas nama Brad Binder yang Tahun 2020 nanti ‘ dipaksa ‘ naik ke MotoGP.

Manuel Pecino

 

68 COMMENTS

    • Dulu mereka pernah ikutan circa 2008-2011 (gw lupa) bawa RC8 tapi kagak jas jes jos…
      Ikutan balapan IDM mereka pernah jadi jawara sekitar tahun 2014-2015 bersama Martin Bauer pake RC8
      Di Suzuka 8 hours juga pernah ikutan bawa tim lokal pake RC8, tapi infonya gk jelas
      Di ajang GT4 mereka juga ikutan, tapi selalu kalah dari Cayman Clubsport 🤣

      Guest
    • @Ngaco
      dalam sejarah KTM factory gak prnh turun dgn RC8. itu yg turun tim privateer semua bro baik wildcard wsbk maupun di IDM

      Guest
      • Oh beda yah… Heheheh
        Maaf saya kira Red Bull juga yang megang KTM dan RBR di F1 jugak

        Saya juga baru tau kalau Red Bull sekarang pake Honda.. Maklum saya kudet.. Hehehe 🙏

        Guest
  1. Mbahas KTM nyinggung Onda, bicara DUCITA bawa Onda, ngomong YAHAHA pasti bawa rival sejati Onda jg..
    Onda selalu jadi antagonis
    Pertanyaan apa salah Onda?

    Guest
    • Normal. Orang hanya membahas no.1 ,ingin mengalahkan no.1 untuk menjadi no.1. bukan yg lainnya. Siapa orang ke 2 yang mendarat kebulan? No body care

      Guest
        • Kagak masalah beneran apa gak,yang pernah dan belom pernah kebulan teori sama sama konspirasi. Lupakan…
          Disini untuk menegaskan bahwa yg nomer satu/terdepan selalu menjadi acuan.

          Guest
  2. wak haji maksud kalimat ini “Pierer mengatakan bahwa saat ini KTM melakukan sesuatu yang bahkan Pabrikan sebesar Honda tidak lakukan” apa yah? agak gak mudeng ini hehehe
    apa maksudnya KTM terlalu banyak ikut kejuaraan balap yg bahkan gak sebanyak yg honda ikutin gt? makanya ada perampingan

    Guest
    • Maksud Pierer: KTM secara pabrikan turun langsung ke Moto2 (dengan membuat sasis dan motor utuh kecuali mesin) sedangkan Honda tidak pernah ikutan di Moto2 kecuali engine supplier.

      Editor
        • team hrc tpi sasisny bukan buatan hrc/honda melainkan suter, beda dgn ktm yg full ktm team kecuali mesin.
          tpi ktm ini terkesan gampang jumawa atau sombong ya, pdhal yg d ikuti honda itu jauh lebih banyak dan komplit. bhkan honda pernah juara dunia di motogp wsbk dan f1 di tahun yg sama tpi jarang d umbar2.

          Guest
      • Nah, setuju, lagian Honda juga baru-baru aja kan ikutan full factory di kejuaran MotoCross dan Dakar, sedangkan KTM udah bertahun-tahun lamanya, emang gak sesukses honda di ajang WSBK maupun MotoGP. Tapi mereka memulai dari kecil di ajang GP125 dan GP250, karena mereka emang gak sebesar beberapa pabrikan jepang.

        Guest
  3. Stefan Pierer: I’ve calculated every other possibilities when we decide to enter MotoGP. But, boy. I never knew I was this bad at math………… “

    Guest
  4. Lagi pula yang dilawan KTM di Moto2 adalah pabrikan yang skalanya lebih kecil dibanding mereka. Kalex, Suter, Speed Up.. Bukannya Honda, Yamaha, Suzuki, Ducati atau Aprilia . .
    Kalo menang, ya wajar pabrikan besar. Kalo kalah, masa lawan skala pabrikan sasis aja kalah 🙂

    Editor
    • ibarat lomba makan kerupuk, dia laki2 sendiri, lawannya cewek semua..
      tapi namanya championship sih gk mandang siapa2 yg podium, yg penting tiap tahun siapa nama dan pabrikan juara dunianya ya kan..

      Guest
    • mungkin kultur balapnya antara KTM dan HONDA beda mas nug, jangankan KTM, ducati yg merasa sebagai bapak motogp saja msh blm paham gimana cara HONDA menjalani kultur balap mereka, 30th belakangan ini hampir semua juara dunia balap gp500/motogp pernah juara bersama mesin honda! jadi HONDA tau harus bagai mana untuk menjadi juara dunia…yg coba honda kalahkan bukan pabrikan lawan, tapi saat ini yg honda lawan adalah EGO mereka sendiri!!! setiap ada kejadian, HONDA selalu melihat ke diri mereka sendiri…dan itu Bahaya buat pabrikan lain!

      #akucumanglantur

      Guest
  5. Duh pengen gua sebutin dah ajang balap yg diikutin HRC biar KTM ngaca…

    Yg bikin menarik itu apa KTM udah “ngitung-ngitung” nih? Di moto3 pake tralis, moto2 twinspar, motogp tralis, ga ngaruh apa buat anak didik mereka kalonya ditarik ke motogp?

    Guest
    • Yaa biarin,rc16 Flagship nya juga belum jadi motor yg bagus ini
      Bisa jadi kan nanti mereka nyerah dan memutuskan ganti pake twinspar

      Entar giliran,pol, Zarco,sama Pedrosa ngomong *gue bilang juga apa!!* 😂😂😂

      Guest
    • @hamon
      HRC gak ikut Moto2, enduro, supercross di saat KTM ikut. ikut rally pum cuma rally dakar. rally merzouga, silk way rally dst tidak ikut, di saat KTM ikut full factory

      Guest
  6. pabrikan dengan modal besar tapi terbentur dengan filosopi dan keras kepalanya KTM.
    tirulah pabrikan yang sudah sukses minimal dengan chasis dan suspensinya.
    mesin juga buat yang versi manusiawi.

    Guest
  7. sewaktu moto2 masih pke mesin cbr600rr yg halus dan smoth, ktm dgn sasis bja tralisny msih bisa berbicara banyak dan bhkan jdi penantang utama kalek, nmu begitu ganti dari mesin cbr600rr yg smoth ke mesin triumph 765 3cly yg ‘more power more torque’ sasis teralis ktm mulai kewalahan menghandle mesin tsb.
    ehhn udah gitu tetap bozs ktm gak ngaca dri fakta dan tetap ngotot pke teralis d motogp, mna mesin ny lebih buas tipe V4 lgi, susah untuk kompetitif. kasarny dgn mesin se halus dan se smoth m1 atau gsx rr aja blm tentu sasis teralis ktm itu bisa menghandle dan jdi title contender

    Guest
    • Kayaknya sih KTM gk melakukan pengembangan lanjut terhadap sasisnya..
      Gk kayak kalem ampe mereka tes privat sama beberapa pembalap supaya dapet point point perkembangannya
      Makannya mereka akhirnya pamit dikarenakan ini sepertinya

      Guest
  8. kalo saja ktm menjual skutik entry level 110-125 cc untuk pemula seharga 1000-1200 us dollar sebanyak 2 juta unit ++ pertahun (seperti yg telah dilakukan honda dengan beat di pasar domestik indonesia), mungkin pit beirer tidak akan se-mengeluh ini.

    -penjualan beat di indonesia= 2 milyar us dollar (sekitar 28 trilyun rupiah)
    -nilai pasar ducati motor corp = 1,25 milyar us dollar (sekitar 17,5 trilyun rupiah)
    -nilai pasar ktm motor corp = 1,6 milyar us dollar (sekitar 22,4 trilyun rupiah)

    sumber: laporan keuangan ducati dan ktm 2018

    Guest
  9. Wah KTM vs HRC… Bagai bumi dan langit lah.. HRC unlimited development.. Termasuk leader option high tech anti kalah.. Tidak mau disebut kalah tehnologi maksudnya. KTM boleh dibilang kreatif sih tp utk jd winner racing ariented tdk ckp cm dgn tehnologi yg sudah ada… Hrs mau innovasi menyalip tehnologi ny HRC. Kulakan insinyur jenius bgitu.. Hehe

    Guest
  10. KTM pit e ora tau winner di primer class.
    Km hrs py mental bertanding tuh desainer motor balapmu kl pingin menang.. Kompetisi antar insinyur pabrikan..berarti km sedang kalah adu otak ma itu tuh HRC dan Ducati. Tetap semangat hayo KTM..
    Ngono..!!!

    Guest
    • Adu programmer vs adu enginner.. Yg juara ya melahirkan motor superkencang super gampang belok supercornering speed..super opo neh yo…!!? Pokoke super lah motor e.. Dudu djarum super lho..haha

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.