TMCBLOG.com – Kawasaki sebenarnya merupakan Salah satu Pabrikan Pionir di jepang yang bisnisnya bukan hanya soal Bikin sepeda motor saja. Bahkan Kapal Perang bertonase Besar pun mereka biasa bikin sob . . nah Kali ini kita akan coba lihat salah satu Kreasi Insinyur Kawasaki yang boleh dibilang cukup Out of The box dalam mendesain sebuah sepeda motor.

Dalam gambar patennya terlihat bahwa motor ini tetap memiliki dua roda, depan belakang seperti layaknya Motor, Satu Tempat duduk dan setang. Namun begitu saat kita lihat detail setangnya sendiri bukan tipe yang bisa dibelok belokan alias setangnya statis atau diam . Cara beloknya bukan dengan cara membelokan ban depan seperti Motor motor umumnya saat ini namun dengan cara memindahkan bobot rider ke kanan atau ke kiri sesuai dengan arah yang dituju.

Sensor pada Motor akan mengukur seperti apa distribusi Bobot yang berubah saat rider memindahkan posisi tubuh. Dan dari data ini akan mengaktifkan Motor listrik yang dapat membelokan ( pivoting) Swingarm Ban depan dan swingarm belakang. Yes Swingarm Ban depan dan belakang bisa berputar.

Sobat bisa lihat di Gambar atas bagaimana Posisi Ban saat motor menikung ke kanan dan Ke kiri. Roda depan akan miring bahkan lebih miring dibandingkan kemiringan Motor sementara Roda belakang dibuat agar lebih tegak lurus dengan Garis Normal ( permukaan jalan).

Untuk Bisa membuat Baik Roda belakang dan Roda Depan melakukan putaran Pivot seperti di atas tentu sulit untuk menggunakan Rantai sebagai Final gear. Oleh Karena itu kawasaki mendesain Motor ini digerakan Oleh Motor listrik yang langsung hadir di As (tromol) ban depan dan belakangnya (All Wheel Drive).

Namun jelas Baterainya harus bekerja sangat Keras dan memiliki kapasitas tinggi karena bukan hanya menyuplai dua Motor listrik, Juga menyuplai tenaga untuk Motor motor servo yang membuat swingarm depan dan belakang bisa melakukan Pivot.

Setangnya sendiri walaupun statis, namun gripnya bisa dipuntir ( sama seperti motor biasa) untuk mengendalikan motor listrik di kedua ban dan Juga hadir tuas pengereman yang bisa dioperasikan mengguankan jari ridernya. Wiiihhh, bener bener out of The Box Kan ?

Taufk of BuitenZorg

48 COMMENTS

  1. Wak haji, apa ini update dari prototype nya kawasaki pas Intermot 2014 yang pake nama “J Concept” , klo dulu ergonomi motor nya bisa bergerak berdasarkan mode berkendara. Jadi pas masuk mode sport/race stang bakal maju ke depan, body motor melandai dan posisi foot step bergerak ke belakang lebih racy, begitu juga sebaliknya klo pindah mode normal. Tp klo diliat dari paten ini konsep ergonomi nya gak sama… ??

    Guest
  2. Kalo dari desainnya udah hampir pasti ini patent motor self-leveling semacam segway, atau “hoverboard” jadi pas berhenti bisa tanpa turunkan kaki

    Guest
  3. Pliiss deh … ini mungkin motor hayalan dgn perhitungan yg sudah berwujud untuk negara maju … jd berpikirlah maju dan berhayal smua kondisi sudah berubah tidak spt realita skrg
    Mungkin sudah tidak ada ojex n becex lg dan running tu motor wireless / remotely / terprogram sperti robot … ya mungkin … namanya jg menghayal yg berwujud

    Guest
  4. untuk sekarang kayaknya manfaatnya masih terlalu kecil dan aneh(?),,, ga bisa di gang2 sempit seperti di jepang, mau parkir musti mereng2 dulu, tapi kalau di amerika kyknya cocok krn jalannya lebar, lengang, dan asik buat cruising,

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.