TMCBLOG.com – Dengan kegemilangan Maksimal Marc Marquez menjuarai 26 lap Gelaran Race motoGP Thailand 2019. Dengan kemenangan ini Marc Marquez resmi menorehkan point 325 jelang 4 Race tersisa dan berjarak 110 point dengan Andrea Dovizioso. Ini artinya Gelar Juara Dunia MotoGP 2019 Tak bisa lagi diganggu Gugat, 100% milik Marc Marquez. Ini adalah gelar MotoGP ke-6 nya dan gelar Grand Prix ke-8 di Tahun ke 12 Karir GP Marc Marquez.

Di Salah satu dari Musim Paling kosisten bagi Marc sampai di Seri ke 15 di Buriram ini Marc telah torehkan 9 kali kemenangan, 14 kali podium dan 9 Kali Pole Possition. Secara umum dari 15 Seri ini, Marc hanya finish 1 atau finish 2 atau DNF ( di Austin). Berikut ini adalah beberapa Catatan yang ditorehkan Marc Marquez dalam Sejarah Olah raga Motorsport MotoGP sampai GP Thailand 2019 :

  • Peraih Gelar Juara Kelas Primer paling banyak di usia 26 tahun
  • Juara 6 kali kelas Primer Termuda dengan catatan 26 tahun 231 hari, menggantikan rekor Giacomo Agostini sebelumnya 29 tahun 25 Hari
  • Juara 8 Kali GP termuda dengan catatan 26 tahun 231 hari, menggantikan catatan rekor Mike Hailwood 27 Tahun 112 hari
  • Marc Marquez adalah salah satu dari tiga pembalap yang menorehkan Gelar Juara Kelas Primer Minimal 6 kali selain Valentino Rosi ( 7 Kali ) dan Giacomo Agostini (8)
  • Marc Marquez adalah salah satu dari 6 Pembalap Yang telah menorehkan Gelar Juara GP minimal 8 kali selain Carlo Ubbiali (9), Mike Hailwood (9), Valentino Rossi (9), Angel Nieto (13) dan Giacomo Agostini (15)
  • Marc Marquez torehkan semua gelar Juara Kelas Primernya di atas satu motor Yakni Honda
  • Marc Marquez adalah pembalap Honda Paling sukses dengan torehan 6 Kali Juara Kelas Primer disusul Mick Doohan dengan 5 kali Juara kelas Primer bersama Honda
  • Marc Marquez pemegang Pembalap kelas Primer dengan Pole Possition paling banyak dengan 61 Kali Pole
  • Dengan 9 kali Juara seri di 2019 ini, Marc Marquez memenangkan race MotoGP  lebih banyak dari Pembalap lain di Musim ini. Ia juga torehkan podium paling banyak dengan 14 kali dan Pole Paling banyak

  • Selama MotoGP digelar dari 2002, Marc Telah memenangkan 17% dari Seri MotoGP yang ia mulai dari 2013
  • Hanya ada satu pembalap Spanyol Yang Juara dunia lebih banyak dari Marc Yakni Angel Nieto ( tujuh gelar 125 cc dan enam gelar 50 cc antara 1969 – 1984 )
  • Marc Marquez memenangkan paling tidak 5 Seri per Musim dalam 10 Tahun terakhir. torehan ini memperbaiki catatan sebelunya yang ditorehkan oleh Marc Sendiri Yakni Minimal Menang 5 seri dalam 8 tahun  dan Minimal Menang 5 seri dalam 9 tahun terakhir.
  • Torehan Marc Marquez yang menang minimal 5 seri GP dalam 10 tahun terakhir menyamakan torehan Giacomo Agostini antara 1966-1975
  • Marc Torehkan paling tidak enam Juara Seri GP ( Lintas kelas) dalam 5 Tahun berbeda. INi menyamakan torehan Giacaomo Agostini dan Angel Nieto. Hanya Valentino Rossi Yang berada di atas Marc Dengan paling tidak delapan kemenangan dari delapan Musim berbeda.
  • Kemenangan Marc Di MotoGP Ceko 2019 adalah kemenangan ke-76 di GP, menyamai Mike hailwood
  • Kemenangan Di ceko saat Marc Berusia 26 tahun 168 hari membuat marc jadi Pembalap termuda Kedua yang memperoleh Juara GP ke 76 di bawah Valentino Rossi ( 26 tahun 165 Hari)
  • Kemenangan di Aragon buat Marc adalah Milestone race GP ke 200 di Usia 26 tahun 217 Hari dan menjadikannya pembalap termuda yang torehkan Balap GP ke 200
  • Kemenangan di Ceko adalah kemenangan ke-50 Marc di kelas Primer. Dan menjadikannya pembalap ke empat yang memperoleh Milestone kemenangan ke 50 di kelas Primer setelah Valentino Rossi (89 kemenangan), Giacomo Agostini (68) dan Mick Doohan (54)
  • Pada Usia 2 tahun 18 haru ia merupakan pembalap Termuda kedua setelah Vale yang torehkan kemenangan Kelas Primer ke 50

Taufik of BuitenZorg – dari berbagai sumber seperti Repsol Honda

15 Tailandia GP 3, 4, 5 y 6 de octubre de 2019, circuito de Chang, TailandiarMotogp, MGP, Mgp, MotoGP

126 COMMENTS

    • Marc adalah orang termuda yg Diberondong ulasan 3x berturut2 di web nya wak kaji..

      Sangking apanya itu ya..

      Btw hasil race zesuai prediksi wak haji semalam.. Akurat..

      Guest
    • Satu satunya pembalap yang bisa menyaingin MM dan Rossi saat ini hanya karena usianya masih 20, masih bisa mengejar rekor.
      Yamaha harus all out support dia.

      Guest
    • Kemana 3 (tiga) rider honda yg lain wak? Lorenzo, crutclow dan nakagami? Kenapa ga diajak naik podium sama marc untuk ikutan merayakan kemenangan?

      Guest
    • Kalo marc marquez tahun depan 2020 jurdun motoGP lg, akan sama jlm juara valle sebanyk 9x.

      Apakah fans rossi akan panik?? Krn terlewati jumlah juara Dunia Moto GP Marc Marquez??

      Umur Marc : 26 thn.
      Umur rossi : 40 thn.

      Guest
    • Selamat buat marc, karna semenjak aturan ECU dibuat seragam honda jadi lebih baik dan kompetitif dan Yamaja jadi sulit gara gara ecu motor lain dipaksa dipakai dimotor M1 oleh dorna. kita semua tahu tahun 2015 kebawah ( sebelum ecu seragam ) Yamaha adalah rajanya motogp terbukti tahun itu duo pemabalap yamaha yaitu rossi dan jorgen lorenzo bersaing di barisan terdepan untuk jadi juara dunia di hampir semua sirkuit …!!! tanpa perlawanan berarti dari pembalap lain dibelakang yamaha, dengan gap 10 detik – 1 menit itu hal biasa sob… Semoga aturan ecu seragam (kaya anak sd aja pake baju seragam) yg jelas jelas adalah aturan konyol dorna untuk menjegal yamaha bisa dihapus lagi agar balapan jujur dan adil sob, tanpa merugikan pihak lain

      Guest
      • sebenarnya Honda dan Yamahalah yang jadi sulit saat aturan one Make Electronic dipakai dan bahkan saat pertama kali di pakai MM Yamaha Punya kans lebih duluan ngerti dibanding honda dengan sejarah penggunaan elektronik MM di Tahun tahun sebelumnya dibandingkan Honda Yang pakai ecu dan elekctronic in-house
        cuma memang Honda bekerja lebih keras, hijack mekanik yang ngerti MM lebih dulu, punya source lebih besar, sehingga bahkan bisa melewati kemampuan yang Bahkan dimiliki oleh Ducati dimana di tahun tahun awal boleh dibilang yang paling sangat diuntungkan di era magneti marelli ini
        pertanyaan lanjutan dengan resource Honda yang mungkin kita bisa bayangkan saat ini . . . kalo dibalikin lag ke ecu inhouse -> Honda pakai Inhouse electronic yang katanya turunan asimo itu . . . berani yakin Yamaha bisa balik lagi? . . atau malah Honda Yang semakin nggak terkejar ?

        Administrator
      • anak kemaren sore ngajak ribut sama ‘ASIMO’. tumbangin dulu noh rekor kemenangan 10x beruntun. apa yamama bisa??

        Guest
      • 2015, Honda kalah gara” saat mengembangkan mesin g mau denger masukan ridernya. Apalagi HRC kl rotasi teknisi g tanggung” lgs per batch g ada yg disisain. RC213V melempem bukan gara” ECUnya kalah dr Yamaha (2014 buktinya).

        Dan 2015 bener” jd learning year, baik buat Marc maupun HRC.

        Guest
    • selamat botjah alien memang beda, kombinasi motor dan marquez memamg soesah di goyang
      btw saya kasian sma paduka jorge sepet banget pas musim pertama di honda.

      Guest
      • say sebetulnya nggk kasihan sama paduka. saya lebih kasihan sama F1/4. dia pembalap hebat,tapi sayang di waktu yg kurang tepat. jadi susah kayaknya buat jadi juara dunia.

        Guest
        • Selama F0,25 masih di tim satelit dan belum ke factory yamaha, kayanya sulit buat dia jurdun kecuali tim factorynya rela di kepretin sama satelit. Mesti nunggu aki rossi pensiun dulu buat masuk factory team.

          Guest
    • Honda udah memberikan sesuatu yg spesial di debutnya rossi, tim pabrikan full suport dengan mekanik terbaik di mentorin doohan pake livery bawaan sendiri yg ada honda dikhianatin

      Guest
    • Wkwkwk… Pdhl Fby biasany k ketek spapun, asal H klh y ngetek.
      Bau ketek Dovi, Rins, Fabio & bhkn Uccio… ?

      Guest
  1. Wak…
    Tolong donk dibahas juga pencapaian si itu…
    Uda brapa microphone yg dimiliki saat ini….
    Biar semua juga paham…
    #colek pak bangun

    Guest
    • Andai rossi orang asli indonesia, masa iya segitunya kita caci maki sodara sendiri. Sudahlah, bahas marc dan fabio aja. Yg sudah tua ya biarin aja dgn dunianya sendiri, gak baik ngatain orang mulu.

      Guest
    • Si Anu pengen kmbali kencang? Mudah kok… Pindah ja k Tim Satelit & rampas tuh motor Fabio bserta smua crew mekanikny ??

      Guest
  2. Hanya satu kalimat yg akan dipake para valeban utk membantah semua tulisan pencapaian2 MM93 diatas, yaitu dengan mengatakan “Tidak berani pindah pabrikan”….

    Guest
  3. Kemenangan yg fantastis bagi Marc Marquez tp menyisakan pertanyaan serius bagi Honda: Bagaimana kelak pasca Marquez?
    Dari tilikan motor sesungguhnya saat ini Honda lebih “bermasalah” dibanding kompetitor abadinya Yamaha.

    Guest
    • kemungkinan jawaban Repsol Honda :
      gak usah mikir pertanyaan dulu . . party dulu aja deh, itu beyond 2020 ini paling cepet terjadinya

      Administrator
      • Haha nikmati yg ada di depan meja aja dulu ?.
        Dlm beberapa kesempatan mas Taufik sering menulis pertarungan antara Marc vs pasukan Yamaha, bukan pertarungan Honda. Saya setuju itu!

        Guest
    • Honda yg “anak muda” cuma marc.
      Lainnya termasuk bukan jawara dan sudah berumur, kecuali hohe, itu aja bawa cidera dari Ducati , gak pake kenalan dulu sama rc213v langsung tambah cidera parah.
      Sedangkan Yamaha isinya anak muda semua kecuali sang legenda.
      Jadi gak bisa dibilang honda lebih bermasalah motornya dari pada Yamaha

      Guest
      • dan 1 lagi.. kalopun mau, sultan bisa bajak si TARO kan.. tempelin 10jt EURO permusim. apa nggk keder tu bocah?

        Guest
    • Kaderisasi bisa merepotkan kalau terjadi kompetisi dalam team malah gak sehat. Toh yang namanya juara dunia juga cuma 1 sebenanrnya. Gak rame2

      Guest
    • G ada Marc? Pinginnya liat Espargaro brother nunggang RC213V. Kl yg dr kelas para kader, antara Brad Binder, Fernández, atau Canet

      Guest
  4. Pengen ikut perayaan ke Cervera (Barcelona) setelah seri Ricardo Tormo (Valencia) dan malam anugerah juara FIM award nanti pertengahan November ?

    Guest
  5. Btw penonton buriram sepanjang race lumayan berisik… Sepertinya menarik juga atmosfir disana dibanding sepang. Mudah2an bisa kesana taun depan bareng wak haji ?

    Guest
  6. Salute buat marc 93
    Amazing rider, amazing talent
    Rider yang luar biasa, talent bukan main2, kecerdasan, kekuatan dan skillnya

    Bukan menang krn kelebihan motor, regulasi, atau bahkan pake trik – trik, apapun itu tetapi dari dirinya sendiri

    Mungkin akan sangat jarang atau bahkan sulit menemukan rider sekelas marc untuk beberapa tahun ke depan

    Bahkan sekelas Quartararo
    Salute for marc 93
    Dari fans kuning yang mulai beralih idola wkwk

    Guest
    • Bung siapa itu komentator [email protected] bilang kalo dia gamau membuka borok lama ketika mempertanyakan regulasi 2013 : rookie baru naek kelas motoGP langsung bisa masuk tim pabrikan. (Kasus Marc di 2013).

      Halah nyari alesan aja kalo Marc udah mau numbangin rekor-rekor pembalap senior.

      Lagian mau masuk pabrikan atau satelit dulu kalo adaptasi pembalapnya gak cepet mah hasilnya juga biasa aja.

      Macem-macem rekor yg lagi dicetak Marc emang karena dia lebih adaptif aja. Bukan karena terbantu ini dan itu. Apalagi penjelasannya gak ada data pendukung paling males dah

      Guest
      • JoLon ya gitu,giliran borok ban ghoib semalam jadi kayak candi Prambanan,kagak pernah dibahas
        Kalo nonton T7 kalo gak mau denger omong kosongnya di Mute aja TV nya,,jadi lebih relax walau liat visual doang ??

        Guest
      • Sejak Sepang 2015, makin males lihat J-Lo di trans7. Masih mending Matteo kemana-mana. Repotnya kl lg tugas luar, g semua base camp ada tivi kabel dan Internet. Mau g mau, kl mau liat motogp cuman bisa dr trans7

        Guest
    • Belum lagi keluar komentar andai. Jikalau. Umpama nya itu asli rasanya komentator MotoGP kok gini gak mutu bgt

      Guest
      • Karena mungkin barisan fans sakit hati kali ya, sisi lain yang sponsorin jg yams otomatis nyari pembawa acara yg juga fans VR

        Ane juga pernah alamin sih apalagi waktu sepang 2015 ane masih belain VR, Tp makin kesini kok makin gimana ya, gestur jari tengah ke aleix espargaro waktu di misano yg bkin ane sadar

        Setuju sih kalo ganti bung Matteo aja lebih berbobot dan netral

        Guest
  7. Marc cocok dijuluki “Marclander”

    karena entah kenapa jadi keinget beberapa lirik lagu “princes of the universe”

    …..
    born to be king
    ….
    I have no rival, no man can be my equal
    ….
    No man could understand
    My power is in my own hand
    ….
    I’m a man that will go far
    Fly the moon and reach for the stars
    …..
    I know that people talk about me, I hear it every day
    But I can prove them wrong ’cause I’m right first time

    Guest
  8. blog lain sudah sepi.
    komentator lama sudah pensiun.
    semua ada masanya.
    mereka telah menjadi legenda dengan segala ciri khasnya, satu yang jelas tujuannya telah tersampaikan.
    ciao.
    ke depan hanya ada 2 kata nyebut mbah … nyebut mbah

    Guest
  9. Sendok angin? Tutup panci? As holeshot? Mubah kabeh… wkwkwk… eh ada yg ga dink, untuk tim masih di peringkat atas… lumayan hiburan ???

    Guest
    • Gak bisa bedain… apakah tempelan ‘mission winnow’ itu mulai dikletek setelah protes karena serupa logo rokok, ataukah memang sengaja dikletek di tengah musim karena mereka sadar udah ga ada harapan untuk win now ??

      Guest
  10. Sebagus apapun capaian Marc tidak mudah menggusur rekor Valentino Rossi.
    Valentino Rossi sudah membumi mendarah daging. Dia ternama sejak motor mulai merakyat, menjadi life style.
    Dan tidak bisa dipungkiri nama “Valentino Rossi” itu begitu keren, nama panggung banget.
    Coba deh kamu bayangkan dg nada MC roadrace yg begitu berkarisma.
    “ini dia juara kita, Valeentinoo (dg penekanan) Ross(panjang bergema) siiiiii” disambut tepuk tanagan & siulan. Pas banget kan?
    Kalaupun marc mulai menggusur rekor mudah saja FB beralasan, motor asimo lah, ban goib, elektronik manja, cm berani naik honda lah.
    Kurangnya rossi yg susah dibela itu cm 1
    Rossi belum penah jurdun mengalahkan Marc.

    Guest
    • semua ada masanya, rossi sudah lewat masanya, yg ada semua intrik jaman rossi nongol semua karena sekarang ada pembanding yg jelas jelas bisa mematahkan rekor rekor rossi disaat rossi masih aktif.

      Rossi’s game over, now marc’s era. diterima saja kenyataannya.

      Guest
  11. Special sekali memang marc ini, bahkan dovi ketika ditanya om Emmet mengakui bahwa marc itu lihai dalam kebal dari tekanan?

    Dan juga menarik melihat HRC kedepannya, lorenzo sudah beri tekanan bahwa rc213v harus berubah, ah jadi tidak sabar baca hasil interview om Mclaren dan Morrison ke Takeo, mungkin bisa diulas nanti wak

    Guest
  12. dulu selalu ada yg komentar “sampai kapanpun gak akan ada yang bisa nyamain rekor vale”, eh anak alien jatuh kebumi jadilah para pemuja sekte 46 sembunyi ke goa karna rekor idola pujaannya semakin habis dilampaui sama anak alien. wkwkwkwkwk

    Guest
  13. ” SELAMAT BUAT MARQ MARQUEZ ” Kembali jurdun Moto GP 2019
    ” SELAMAT BUAT FABIO QUARTARARO ” pendatang baru yg paling TOP….
    calon rival berat Marq Marquez musim musim kedepan…….( jangan pindah pabrikan merk lain dulu yee….takut itu hanya akal bulus untuk meredam pesaing )
    AYO ALEX RINS dan MORBIDELLI Tunjukkan ente berdua nggak angin anginan…..
    ” AYO VINALES ” ENTE masih sangat bisa bersaing dgn MM…..
    ” AYO LORENZO ” bangkit……ente adalah salah satu jurdun…….

    Guest
  14. Tiap seri monoton, gak ada battlenya..
    Kembali ke Moto GP jaman Mike Doohan..
    Seru pas bendera start dikibarkan doang..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.