TMCBLOG.com – Entah apa yang merasuki para engineer Honda, Via Filing paten terakhir ketahuan bahwa mereka sedang mendesain display Informasi hadir menggunakan Windscreen/ Winshield. Solusi desain ini menghadirkan display yang memiliki ukuran lebih luas dibandingkan seberapapun display dashboard Motor saat ni.

Yes Honda menggunakan teknologi HUD ( head Up Display ), sebuah teknologi yang sebenarnya nggak baru baru amat sih dan sebenarnya sudah dimulai semenjak berdekade yang lalu di dunia aeronautika dimana Para pilot pesawat terbang tidak lagi menunduk untuk melihat informasi di dashboard. Mereka tinggal melihat semua informasi di bagian windscreen pesawat dengan kepala tegak ..  itu lah kenapa dinamakan Head-up ( kepala tegak ).

Di Generasi awal HUD biasannya menggunakan Catode Ray Tube (CRT) Yang diproyeksikan secara optik ke windscreen atau sesuatu yang transparan. Lalu bertahun tahun berikutnya teknologi berkembang sampai menggunakan LED sampai teknologi terakhir menggunakan waveguides optik tanpa Proyeksi . Nah untuk Patent Honda ini belum diperoleh informasi mengenai sumber Cahaya yang diproyeksikan ke Screen. Namun dari File Patent dipastikan bahwa displaynya bersifat Touch Screen.

Honda menggunakan Contoh Motor Africa Twin di File Patentnya dan menggunakan Windscreennya yang relatif tegak sebagai Layar Proyeksi HUD transparan yang menampilkan segala informasi. Selain itu Honda Juga menampilkan Gambar Fireblade dengan Display sejenis . .. hmmm ini agak sulit di analisa secara windscreen Superbike ini cenderung lebih landai . .

Taufik of BuitenZorg

55 COMMENTS

    • Made in india saat ini sdh ada fitur itu bro ( gps ) spt yg bung Taufiq ulas …. pabrikan jepun kelihatannya sll tertinggal selangkah dgn fitur yg dibenamkan di motor2 India….

      Guest
      • Bukan masalah ketinggalan ap g, tapi lebih ke masalah market positioning. Kl produk dg brand yg sudah firm, mau ngapain juga orang masih ada yang beli. Kl brandnya sndr blm terlalu kuat, mau g mau y jualan value for money, bisa melalui fitur.

        Brand mobil China aj sampe nawarin mobilnya pake AR yg avatarnya anime schoolgirl

        Guest
  1. Kalo crash pecah,nangid darah lah pasti
    Google glass aja masih mahal 17jt an apalagi selebar windscreen,bahannya harus lebih kuat dr gorilla glass
    Godzilla glass mungkin ?

    Guest
    • Dr gambar patent terlihat kl tampilan hud projected, untuk Africa twin Dr part di bawah windscreen, sementara untuk cbr dr part yg d fuel tank. Kynya g perlu windshield mahal, kemungkinan windshield standar yg terdapat lapisan reflection film untuk memperkuat tampilan projected display.

      Guest
  2. di motor penjelajah premiumnya dulu nih aplikasi pertamanya… next model Goldwing, Africa Twin, DN 01… ?

    Guest
  3. Sebuah bidang sebagai tempat target proyeksi bisa juga bersifat touchscreen walaupun bidang tersebut tidak ada apa2nya..ini seperti pada alat virtual keyboard projector. Entah bgmn cara kerjanya tapi kayaknya ada semacam sensor photo yang mendeteksi jika ada huruf yang ditekan.

    Guest
  4. Sebuah bidang sebagai tempat target proyeksi bisa juga bersifat touchscreen walaupun bidang tersebut tidak ada apa2nya..ini seperti pada alat virtual keyboard projector. Entah bgmn cara kerjanya tapi kayaknya ada semacam sensor photo yang mendeteksi jika ada huruf yang ditekan.

    Guest
  5. Pasca Asimo lengser dari MotoGP, rasanya Honda agak mandeg di pengembangan engine, cuma nambah fitur dan gimmick. Dulu cepet banget versi generik semisal bebek atau metic dapat hibah teknologi PGM-FI, PGM-FI 2, ESP dll.

    Guest
  6. Lama-lama ntar Snapdragon juga dimasukin buat fitur jualan pabrikan. ECU kan gak banyak yang ngeh, jadinya jeroannya diganti dengan Snapdragon biar bisa dipasarkan ke khalayak. Ngah ngah ngah.

    Guest
  7. Cadassss…
    memang sudah selayak nya nih motor pake HUD, tapi berhubung windscreen yg tinggi cuma motor ADV jadi sebatas genre itu saja yg “normal” pake HUD, motor2 lain kayak nya agak sulit utk di aplikasiin HUD yg luas…

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.