TMCBLOG.com – Tidak hadir di event akbar Tokyo Motor Show 2019, sepertinya next Superbike Honda CBR1000RR Fireblade dijadwalkan untuk dirilis pada event EICMA Milan 2019 bulan depan. Beberapa desain paten dari motor superbike yang akan di besut Alvaro Bautista di musim WSBK 2020 itu pun sudah banyak hadir. Mulai dari desain Variable Valve sampai dengan kehadiran aero-wing pada fairing samping kiri dan kanan. Dan via info pengunjung TMCBlog, bro Wijch hadir foto motor yang disinyalir merupakan versi balap dari Honda Fireblade terbaru ini.

Berdasarkan gambar-gambar yang telah muncul di Twitter milik Nobu san yang diambil dari sirkuit Suzuka Jepang, menunjukkan sosok motor yang disinyalir kuat sebagai Honda CBR1000RR Fireblade 2020 dan menurutnya, saat itu sosok motor dengan balutan stiker kamuflase tersebut sedang menjalani uji coba di track berbarengan dengan Honda Fireblade spek JSB1000 (Japan Superbike) yang sudah dipakai balap musim ini.

Dalam foto di atas, kita dapat dengan jelas melihat fitur-fitur ‘ventilasi’ pada sisi kanan kiri motor ini dan jika cocok dengan bocoran info dan gambar yang telah didaftarkan pada lembaga paten, maka inner winglet tersebut merupakan perangkat aerodinamika aktif, yang fungsi/tujuannya untuk menjaga handling motor agar tetap terkendali dan juga membantu memberikan lebih banyak grip ban ke permukaan aspal/jalan.

Lalu perbedaan yang signifikan lainnya adalah lubang Ram Air yang pada Fireblade generasi sebelumnya terletak di sebelah luar headlight kanan kiri sedangkan di calon New Fireblade ini hanya ada satu di tengah. Sepertinya akan punya kemiripan dengan CBR600R sih bagian mukanya.. IMO

Lanjut, ketika diperhatikan dari sudut pandang dari sisi samping terlihat banyaknya perbedaan calon New Fireblade ini dengan current Fireblade. Hmm, coba TMCBlog cocokkan dengan Fireblade spek JSB yang berada di tempat dan waktu yang sama dengan calon New Fireblade ini. Karena motor yang diuji ini merupakan motor balap, maka apple to apple menyandingkannya dengan Fireblade balap saat ini.

Sasis utama jelas berbeda, new Fireblade sasisnya lebih besar. Terlihat pada bagian dekat pivot swing-arm yang lebih lebar. Lalu baut mounting mesin juga posisinya berbeda, indikasi kuat bahwa mesinnya akan benar-benar baru meski masih akan berkonfigurasi 4 silinder segaris. Swing-arm juga sudah tentu berbeda dari generasi sebelumnya, namun bisa hampir dipastikan bahwa unit swing-arm CBR Fireblade terbaru untuk WSBK nanti akan menganut model under brace. Sedangkan untuk versi produksi massalnya akan terlihat seperti gambar spyshot ini. Yah setidaknya banyak kemiripannya deh sob. Bagian suspensi depan memakai Showa jika ditinjau dari warna dan model serta posisi tabung piggyback bewarna merah anodize tersebut. Berbeda dengan suspensi yang CBR JSB gunakan yakni Ohlins.

Sementara itu masih belum jelas mengenai spesifikasi mesinnya, karena new Fireblade nantinya merupakan motor yang bisa dibilang benar-benar baru dengan segala perubahan di segala sisi. Kalau mau prediksi sih, muntahan tenaga inline-4 sebesar 190 Hp harus menjadi standar kalau mau bersaing ketat dengan Ducati Panigale V4, Kawasaki ZX-10R, Yamaha R1M dan bahkan BMW S1000RR generasi anyar.

Buat sobat yang kepo sama siapa sih rider yang terjepret pada foto-foto pengetesan ini, besar kemungkinannya ia adalah Stefan Bradl jika dilihat dari racing suit Dainese dengan nomor milik Niky Hayden di punuknya dan juga memakai helm Xlite 803-RR. Hal ini Juga Klop dengan apa yang dikatakan Oleh Alberto Puig Tempo hari ketika LCR meminta Bradl Sebagai pengganti dari Taka Nakagami . . . Permintaan tersebut ditolak karena Bradl sedang sibuk melakukan beberapa Percobaan Test buat Honda/ HRC . . . ini kah sangย  V Tech Superbike tersebut ?

TMCBLOG

143 COMMENTS

    • melengkapi lineup motor superbike yg sudah pke vvt, suzuki sma bmw dan sekarang honda.
      trade off nya apa ya? apa ini penyebab yamaha juara berturut turut suzuka sblm diambil alih kawasaki? mesin vvt kurang durable untuk EWC?

      Guest
    • Selamat buat tim PETRONAS SRT YAMAHA MALAYSIA yang menjadi juara tim independen dan rookie terbaik di motogp, kami warga indonesia ikut bahagia sebagai tetangga dan juga bangga karna secara tidak langsung mengangkat nama asia tenggara ASEAN di dunia internasional.
      Terima kasih juga kepada YAMAHA INDONESIA, karna telah menjadi sponsor MOTOGP TRANS7 sekian lamanya sehingga saya dan seluruh rakyat bangsa indonesia bisa mengenal motogp dan menonton secara live hingga olah raga ini sangat populer saat ini, dan alhamdulilah juga Wak Haji TMC BLOG dan IWAN BANARAN bisa masuk TV nasional trans7 dan jadi artis bersanding bersama host cantik Non Angie… itu suatu prestasi dan kebanggaan juga buat para bloger….

      Guest
      • Yang miskin ya nonton di trans7 gratisan soalnya pake andai andai pula, sorry gue modal dikit walopun ga banyak enakan di fox semua di coverage narsumnya juga kredibel ga pake andai andai

        Guest
        • Selamat buat tim PETRONAS SRT YAMAHA MALAYSIA yang menjadi juara tim independen dan rookie terbaik di motogp, kami warga indonesia ikut bahagia sebagai tetangga dan juga bangga karna secara tidak langsung mengangkat nama asia tenggara ASEAN di dunia internasional.
          Terima kasih juga kepada YAMAHA INDONESIA, karna telah menjadi sponsor MOTOGP TRANS7 sekian lamanya sehingga saya dan seluruh rakyat bangsa indonesia bisa mengenal motogp dan menonton secara live hingga olah raga ini sangat populer saat ini, dan alhamdulilah juga Wak Haji TMC BLOG dan IWAN BANARAN bisa masuk TV nasional trans7 dan jadi artis bersanding bersama host cantik cantik dan bening… itu suatu prestasi dan kebanggaan juga buat para bloger….

          Guest
    • @soundwave
      “saya dan seluruh rakyat bangsa indonesia bisa mengenal motogp dan menonton secara live hingga olah raga ini sangat populer”
      ga semua kaya ente bung…..skrg udh ada tv berbayar……ga gratisan
      jadi kata “seluruh” tolong di ganti….

      Guest
    • Kata siapa? CBR1000 sekarang ramping cuma di foto doang, aslinya gembrot banget cuma fairing atas aja dibikin sempit makanya seolah ramping. Bisa dibilang CBR1000 edisi terakhir superbike inline paling gembrot apalagi dibandingin sama R1 atau S1000RR, kalau S1000 terbaru jujur gue belum pernah liat, tapi yang lama versi lampu juling gue udah liat dan itu motor kurang lebih seramping R1.

      Guest
      • Yaelah sdh ada video diyoutube yg membandingkan cbr250rr sama cbr1000rr my2017, lebih terlihat kecil si Kk di banding sang adik

        Guest
      • /watch?v=rvVwWzhl5Ig&t=29s
        youtube
        compare dah tuh
        liat di menit ke: 5:00
        itu kata orang yg ngerekam secara lgs lho

        klo gue secara lgs belum pernah liat yg edisi terakhir (wong langka bgt)

        klo secara pribadi baru pernah nyoba edisi terakhir CBR600RR Repsol (dikasi pinjem bentar ama yg punya)

        Guest
      • ada satu reply gue yg kaga muncul2 dimari, mungkin karena ngasi link youtube

        intinya yg bilang ramping itu youtuber (Wira Satria) yg memvideokan komparasi CBR1000RR (“All New Honda CBR1000RR SP1”) dgn CBR250RR (persis bersebelahan)
        Coba aja cek dichannel youtubenya (lalu cek dimenit ke 5:00)

        Guest
      • ada satu reply gue yg kaga muncul2 dimari, mungkin karena ngasi link y**tube

        intinya yg bilang ramping itu y**tuber (Wira Satria) yg memvideokan komparasi CBR1000RR (All New CBR1000RR SP1) dgn CBR250RR (persis bersebelahan)

        Coba aja cek dichannel y**tubenya (lalu cek dimenit ke 5:00)

        Guest
      • gue tambahin satu lagi dah data komparasi dimensi keduanya
        (L x Width x H)

        CBR1000RR SP1 2017
        2065mm x [715mm] x 1125mm

        CBR250RR 2017
        2060mm x [724mm] x 1098mm

        ohya mengenai BMWS1000RR (barangkali maksud situ yg versi BMW S1000RR bermata picek)
        dimensinya :
        2050mm x [826mm] x 1138mm

        so…..BMW S1000RR ramping ???
        TIDAK menurut data tersebut

        Guest
        • Hahaha lebar amat superbike sampai 70cm๐Ÿ˜‚ itu lebar keseluruhan alias dsri setang ujung ke ujung bosss, atau malah spion ke spion, bukan lebar fairing. makanya kalau belum nyentuh sendiri cuma modal youtube sama google jangan terlalu pede.

          Guest
      • ya terserah lu dah bung
        rata2 reviewer mengatakan bahwa CBR1000RR versi current itu adalah superbike terkecil. Sebelumnya kaga ada satupun yg bilang ni motor gemuk/gembrot.

        contoh aja
        y**tuber lokal: JodieMotovlog HD
        ketika ngereview: Testride CBR 1000 RR SP1 2019 (menit 0:48 atau menit 1:28), dia bilang ni motor paling mungil, dimensi jauh lebih ramping.

        atau
        y**tuber luar : DukeofDC
        ketika ngereview: 2019 CBR1000RR SP Test Ride Review (menit 3:10), dia bilang ni motor “so tiny” & “the smallest 1000cc bike”

        ya mau gimana lagi, gue terpaksa cuma modal y**tube, karena memang kaga pernah liat ni motor secara lgs
        (jg belum rejeki ntuk punya superbike)

        cuma ya jadi merasa agak aneh aja,
        ketika gue selama ini dpt informasi bahwa (banyak yg bilang) ni motor kecil/mungil/ramping, ringan, easy ride, ngebosenin & overprice (bila dicompare dgn superbike lain)
        eh tiba2 ada satu yg malah bilang ni gembrot, apakah gue harus mendadak percaya bahwa ni motor gembrot, walau dengan banyak bukti yg udah gue liat selama in di y**tube ??

        Tapi yah karena situ percaya ni motor gembrot karena alasan udah ngeliat lgs …ya okelah…
        Tapi kembali ke pertanyaan situ sebelumnya, “KATA SIAPA” CBR1000RR ramping ???, yg pasti itu bukan kata 1-2 orang aja.

        btw….
        sayangnya setiap kali gue ngasi link (berisi gambar ukuran komparasi) dimari, reply gue jadi susah bgt muncul

        Guest
      • Jarang menyelam gimana? Orang gue pernah bikinin fairing buta motor2 yg gue sebut, jadi gue udah bandingin sendiri, bukan cuma modal nonton youtube terus ngaku2 naik CBR600RR yang mana gak nyambung sama sekali sama bahasan CBR1000 gembrot dibilang ramping.

        Guest
        • yah….. gue dibilang ngaku2 lagi (tepok jidat).
          Mengenai CBR600RR….
          itu kan cuma sekedar komen “tambahan” yg memang asli gue alami,
          gue memang belum pernah liat lgs (apalagi nyoba lgs) yg 1000RR.
          Wong cuma mentok 600RR aja, yg (beruntung) bisa dan boleh dipinjemin ama yg punya untuk gue cobain (pas yg punya lg nyervis di bengkel kecil Imam Bonjol Dps).

          kaga ada gue komparin 600RR ama 1000RR
          tapi entah kenapa kesannya lu komplin

          btw….
          sebelumnya elu kan nanyak “KATA SIAPA” ???
          Tu udah gue udah ksh tau klo CBR1000RR MY2017 itu ramping itu “KATA SIAPA”!!
          Nama orangnya Wira Satria

          wong orangnya lgs udah liat sendiri ditempat dan juga nyoba lgs.
          Masa gue harus kaga percaya ama tu orang, yg udah terang-terangan ngasi video komparasi dan penilaian pribadi ???

          btw (lagi)
          jgn suruh gue untuk nyari dan nyoba lgs motor langka ini ya hehehe

          Guest
  1. Apakah ini alasan HRC yang katanya lagi banyak kerjaan, jadi si Bradl nggak bisa ngganti posisi Taka Nakagami? Gitu kali Wak?

    Guest
  2. Pantesan gk bisa ikut LCR wong lagi test CBR VTEC
    Tapi untunglah bentuk aerodinamika nya gk se gede punya v4r atau Aprilia

    Guest
  3. Wah mukanya mirip R1m, air ram dijidat plus ada disamping kiri kanan winglet yg jadi satu dgn fairing. Om joe pasti bisa neh.

    Guest
  4. Haiyyaaa si pelerblet lgi latihan buat numbangin ninja owe….kagak bisaaaa…ninja owe paling supeliol di kelaas supelsepot waaaa…

    Guest
  5. Vtec ada campur tangan elektronik kan?
    Dg kata lain ini aktif?
    Tidak dilarang di wsbk?
    Asal diproduksi masal ada wsbk boleh?
    Hmmm winglet aktif, vtec aktif..
    Kalau honda ga pelit bahaya laten ini.

    Guest
    • katanya lg digodok peraturan singlet motor standar yg bakal di pakai di wsbk.
      vvt, vtec kayanya boleh, bmw makai kan kmrn. tidak mslh kyanya suzuki jg dkperbolehkan makai vvt mereka juga di bsb.

      Guest
  6. Bautista dm Bradl,

    Bau:: gimana rasanya Del?๐Ÿ˜

    Bra:: wuz,wuz bau …๐Ÿ˜™

    Bau:: kayak recikv gak Del?

    Bra:: koyok M1 bau zzzz… Sambil merem finnish, nyaman puol ..๐Ÿ˜…

    Bau:: Si Alan belom pernah numpak M1 lagi ๐Ÿ˜’๐Ÿ˜’๐Ÿ˜’

    Guest
  7. Tinggal pasang liver handspree warna putih jadi mirip cbr600rr ten kate ex-andrew pitt, jonathan rea sama kenan sofuoglu๐Ÿ˜‚

    Guest
  8. Kengerian itu telah tiba

    Btw Airscoop nya keinget zaman RC 51 nya zaman Colin Edward. At least, ditunggu edisi resminya gaes

    Guest
  9. Absen wak haji..

    Kelihatannya kok kurang stabil gitu ya wak nikungnya, dari video cuplikan, di detik 4/5 hampir ngeleyang depannya..

    Guest
  10. klw email dan nick sy di banned sama wak haji ternyata memang benar adanya, setiap kali posting komen sll di block, tapi biarlah itumah memang haknya yang punya warung,. sy pamit wak…., dan hanya bisa mendoakan semoga wak haji sekeluarga sll diberi kesehatan dan di panjangkan umur juga dilancarkan segala urusannya…., mohon maaf jika ada salah” kata, dan semoga dimaafkan…!!! Sebelum dan sesudahnya sy ucapkan terimakasih………wsllllm.

    Guest
    • saya dan tmcblog secara umum nggak pernah ngeblok siapapun, kalo nyangkut biasannya hanya karena da kata kata yang masuk variabel harus dilihat dulu sama admin

      Administrator
      • Hehe… Iya, bro.
        Bner kata Wak Haji… Aq jg sering gtu, biasany klw g bs komen y aq edit slh 1 ato 2 kata yg mgkn kena jaring sensitif

        Guest
      • Wak, cmn sekedar masukan sj, gmn klw regulasi tata krama dalam hal berkomentar diperjelas lagi, biar ngga grey area (apa yang boleh dan tak boleh di tulis) biar lulus jaring githu, klw misalnya harus sopan jangan tebang pilih yang ngolok2x dan berkata kata kasar berangus semua…!!! Soalnya sdh cape2x mikir+ngetik, ngeluangkan waktu juga tapi gak dipublish kan dongkol akhirnya……..!!!,

        Guest
    • Ini juga kayaknya kenapa Om Dar so gak pernah muncul, pernah saya nyebut nicknya tanpa spasi, masuk jaring. Jadi blok nick tertentu itu saya yakin benar adanya. Karens dulu juga ada yg uring2an nick nya di blok, saya lupa siapa anttikritik atau antitesis kalo gak salah. Wajar, komen gak muji2 dan cenderung ngatain walaupun sesuai fakta pasti diblokir.

      Guest
  11. janganlah tanyakan pertanyaan itu kepada saya mas, karena jujur belum tahu jawabannya secara rinci. saya hanya tahu jawabannya bahwa itu motor hadno mas. tidak kurang, tidak lebih. untuk lebih detilnya, jika andai kalau si ‘itu’ barangkali tahu. hehe..

    Guest
  12. Vtec kickin yo
    Bagian facia ada campuran cbr600rr dan zx10r generasi lampau
    Main diangka 190hp – ish lah, biar ga kedodoran sm yg lain
    Tp apakah bakal ada paket sp1, sp2 dst. Bakal ngeri tuh main diangka 200hp an

    Guest
  13. Knapa sih wak ahm ga mau jualan lokalan bebek-bebekan cub. Macam cc110 atau yg terbaru ct125 tuh. Ngiler ngeliatnya..
    Ngiler sih kaya super cub atau monkey tapi harganya tidak bersahaja.. wkwk
    apa karena selera pasar indonesia yg ke sport sport an?

    Guest
    • Udah beda zaman mas bro
      Sekarang mayoritas ke matic tic tic tic…
      Ampe goyang iticc

      (Padahal sama ngebet pengen ct110, cakep n garang pasalnya)
      Ekekekekek

      Guest
  14. Itu yakin front fender nya masspro bakal kayak gitu?kok kurang artistik gitu diliat
    Walapun gak se mblenduk punya motor Moto2 sih ๐Ÿ˜…

    Guest
  15. Oh jadi masih inline 4 ya.honda benar benar pelit knp gak bikin v4 saja wsbk pakai vfr lah masa mentok gen cbr..kalau di motogp mereka semangat sekali dan sangat all out knp di wsbk kesan nya seperti setengah hati.apa ini soal bisnis dagang cbr biar laku gt ya ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.