TMCBLOG.com – Drama Agenda Race weekend MotoGP Phillip Island Hadir sob. Setelah dilakukan Safety Meeting antara Pembalap MotoGP dengan Safety Commision akhirnnya di tetapkan Bahwa Sesi Kualifikasi Q1 dan Q2 Dipindah Ke Ahad Pagi esok. Safety Meeting ini dilakukan setelah di sesi Latihan bebas Sabtu ini Miguel Oliviera mengalami Crash yang ckup hebat ( Miguel tidak Cidera Parah )

Cuaca Aneh memang sudah menyambangi semenanjung Phillip Island ini semenjak Jumat kemarin. Secara umum seperti hadir 4 musim dalam satu hari, begitu kira kira metafora Yang dituliskan Jurnalis David Emmet untuk menggambarkan betapa Situasi Cuaca bisa sangat Mudah berubah dengan cepat. Kondisi berangin yang sangat Kuat bisa mempengaruhi kestabilan Motor saat melaju terutama bisa berjenis Cross wind. Yes Cros wid yang cepat adalah hal yang sangat diperhatikan oleh Safety Comission.

Secara umum Memang untuk esok pagi pun akan sangat bergantung pada situasi cuaca kembali. Paling parah adalah Jika kondisi Pagi ahad juga tidak memungkinkan maka grid start akan menggunakan akumulasi dari hasil FP1, FP2 sampai FP3 dimana Maverick Vinales akan hadir di Grid Terdepan.

Jadwal buat esok sendiri Kualifikasi Q1 dan Q2 Untuk Kelas MotoGP akan dilaksanakan setelah sesi Warm-up sebelum race Moto3. Kalau untuk WIB itu sekitar jam 6:20 sampai 7:00 Sementara race MotoGP Phillip Island 2019 sendiri dilaksanakan rencanannya Mulai Jam 11:00 wib.

Taufik of BuitenZorg

136 COMMENTS

    • Pantas lah. Bisa dimaklumi. Dimaek saja sampai dua kali low side parah. Tapi tetap bangkit dengan semangat darah djoeang yang tinggi hingga mampu berada di depan norrodin petronas. Mantab Lanjutkannnn

      Guest
    • Resiko pemandangan indah deket pantai ya pastinya anginnya kenceng. Klo mandalika yg sekilas niru letak Phillip Island apa gak kena angin kenceng juga wak?

      Guest
    • Maap2 kata nih OOT, saya cuma mau bahas dikit tentang kekaguman saya sama kecepatan Moto2 sekaligus kelemotannya di tikungan. Kalo ada yang baca saya bersyukur minimal pikiran saya tersalurkan. Yang saya salut kecepatan Moto2 sekarang hampir 300km/h, tapi disatu sisi prihatin karena timenya masih lebih pelan dari GP250 musim terakhir *2009 alias 11 tahun lalu padahal GP250 top speed cuma 260km/h++. Bukti nyata kalau cornering speed Moto2 itu lebih pelan dari GP250. Wajar sih, teori sederhana makin berat motor makin pelan cornering speednya, imbasnya dia butuh mesin badak yang bisa ngacir selepas tikungan. Mungkin beberapa tahun kedepan Triumph sanggup raih 300km/h++ tapi kalau mau menyamai cornering speed GP250 yang bobotnya cuma 90KG dengan Moto2 sekarang yang 215KG+rider (asumsi bobot Moto2 kisaran 150-160KG) butuh waktu lebih lama dalam hal development sasis. Gw lupa baca dimana, tapi Stoner pernah bilang pelajaran dari GP250 yang berfaedah saat naik ke MotoGP itu menghadapi cornering speednya GP250, dan itu gak akan pernah didapat di motor yang pakai mesin produksi massal 4 tak (kala itu 4 silinder 600cc).

      Guest
      • Motor balap masa depan motoE malah bobotnya 260kg motor nya doang,makanya kalo crash bahkan low crash dikit doang mending ditinggal ama ridernya Karena berat ogah ngangkat nya πŸ˜‚πŸ˜‚

        Guest
    • Ahad itu dari bahasa arab.

      Secara umum. Nama hari di indonesia itu serapan arab semua, (kecuali minggu). Wak haji mgkin lebih suka FULL pakai serapan arab, daripada setengah-setengah wkwkwk πŸ˜€

      Ahad = Minggu (?) harusnya tetep β€œahad”

      Kenapa? Karena umumnya penamaan hari disesuaikan dgn angka urutan hari tsb.

      Ahad/wahid (artinya satu)
      Isnaani/senin (artinya dua)
      Tsalasatun/selasa (artinya tiga)
      Arbaatun/rabu (artinya empat)
      Khomsatun/kamis (artinya lima)
      Jumu’atun/jumat (bukan berarti β€˜enam’, tapi hari ke-enam ini memang hari yg spesial, shg punya nama khusus)
      Sab’atun/sabtu (artinya tujuh)

      cmiiw

      Guest
    • Betul..
      Nasional : Minggu, senin, selasa, rabu, kamis, jum’at, sabtu
      Jawa : Minggu, senen, seloso, rebo, kemis, jum’at, setu
      Sunda : Ahad, senin, salasa, rabu, kamis, juma’ah, sabtu
      Secara umum memang mengadopsi dari bahasa arab
      CMIIW

      Guest
    • frever ahad daripada minggu
      tahun 80an jg kalender nulisnya ahad bukan minggu…. truskan mank opikπŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Guest
    • risky banget ya mas AIM-1N?

      mengingat safety protocol dunia balap yang mungkin setara dunia aviation..

      apakah ada potensi pembatalan race?
      bila faktor utama dalam hal ini wind? umumnya kan rain yg jadi pemicu..

      serem juga membayangkan lap-lap awal terus ada 1 rider yg kena crosswind masih dalam pack besar..

      kalaupun ada, itu bersifat decision dari para regulator?
      atau konsesus kesepakatan para stakeholder termasuk rider?

      Guest
      • Ky sesi FP4 yang dibatalkan karena 19 pembalap menilai kondisi lintasan g aman, dan tiga pembalap menilai risky but still on limit. Kl sesi warm-up dan Q1/Q2 menunjukkan kondisi yg sama, g menutup kemungkinan kl race dibatalkan. Dan kl Dorna atau FIM memaksa race untuk diadakan (karena pertimbangan tertentu), rider juga punya hak untuk g masuk lintasan seperti yg terjadi di Villium kmrn.

        Guest
    • Kl yg saya lihat tadi sih, motornya susah dibelokin saat berusaha masuk tikungan. Di titik yang sama Zarco masuk tikungan, motor Oliviera seperti terdorong angin ke Kerb, sebelum akhirnya masuk grass.

      Guest
  1. Kayaknya ni ulah darmo dari semenanjung surabaya, buang angin sembarangan dari atas mbiet, sampe bergulung ke australi
    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Guest
        • Resiko sirkuit pinggir laut. Sebenernya bisa diminimalisir dengan tanam pohon serindang2nya disekeliling sirkuit, kalauperlu bangun tembok pemecah angin. Cuma kalo itu dilakuin selain gak bisa selesai 1-2 tahun juga ciri khas “the island” bakalan hilang. Selama ini sensasi sirkuit ini kan di beberapa spot sirkuit bisa liat langsung air laut dan seolah lagi di pinggir pulau, dan memang di pinggir pulau.

          Guest
  2. kebawa angin motornya…strategi bergerombol saat race nampaknya besok…tapi angin samping itu ngeri ngeri sedap

    Guest
  3. Crosswind itu emng ngeri2 sedap, sering kena kalo lwt flyover pasopati naik motor dikecepatan 60kph which is standar ukuran motor matik

    Mungkin hrsnya mulai dipikirkan pengganti Philip island ini, entah di ganti ke region lain atw pindag ke main land nya Aussie

    Guest
    • Phillips Island track iconic MotoGP. Faktor rider lebih dominan di sini dibandingkan motornya. Sayang kl sampe diganti, jgn sampe PI jadi the next Laguna Seca.

      Harusnya jadwalnya aj yg dirubah di awal tahun yang kondisi cuacanya lebih baik, cuma kecil itupun kecil kemungkinannya karena di awal tahun jatah F1 Melbourne, dan sampai saat ini F1 masih jadi olah raga balap terpopuler dengan pergerakan uang yang besar.

      Guest
    • flyover yang di Bandung ya?

      kadang ada fatamorgananya juga klo gak salah. tetangga ane udah 2 orang kecelakaan tuh. untung masih selamet. cewek lagi ke 2 nya.

      Guest
    • siapa yang pernah jalan-jalan memutari penuh ringroad jogja ??
      jalanannya saat dirasakan benar-benar, sangat asik untuk dijadikan bentuk sirkuit balap. ada speed corner, mid corner, straight panjang, straight pendek, stop n go. komplet sekali. paling asik start dari ringroad barat ambil rute ke selatan, dan nanti juga sebaliknya. setelah selesai jalan-jalan, silakan beristirahat di warung makan raminten. hehe..

      Guest
      • Tiap hari saya mengitari ringroad pak bangun hehehe. Tp saya paing suka dr arah selatan keutara alias mutere ngulon.wkwkwk.paling suka tikungan speed corner yg utaranya westlake,gaspol sambil rebah kl pas jalanan kosong hahaha

        Guest
      • Monasco mah gak ada apa2nya dibanding ringroad Jogja, selesein 1 lap aja butuh lebih dari 1 jam itupun udah ngebut tanpa ampun, kalau jjs sama pacar bisa 3 jam lebih malah hampir setara perjalanan Jogja-SemarangπŸ˜‚

        Guest
  4. berhubung anginnya sangat kencang di aussie, coba khusus si ‘itu’ mengenakan jubah tambahan di werpak dan kenakan cd diluar, jubah dan cd wajib warna kuning, siapa tahu bisa menambah kecepatan 100 mph, dan memberikan tambahan sudut menikung hingga 180Β° atau lebih. barangkali saja andai nanti si ‘itu’ tiba-tiba bisa langsung terbang melejit dan overlap markes 10x dari pinggir track. hehe..

    Guest
      • biasanya perusahaan bisa ‘dikunci’ dengan klausul perjanjian tertentu mas. tidak selalu pemilik saham terbanyak menjadi pemilik perusahaan tersebut. coba sampean pinjam klausul mou si ‘itu’ dengan tim yimihi fiktiri ricing, karena bila dilihat, si ‘itu’ bisa lebih memiliki ‘power’ daripada big boss tim yimihi yang notabene pemilik saham terbesar. hehe..

        Guest
    • saya nanya nih, kalau biasanya cornering 60Β° terus ditambah 180Β° lagi, kira2 gimana penerapan di lapangannya? πŸ€”

      Guest
      • sangat mudah sekali mas. coba sampean tiduran, kemudian sampean berguling 60Β°, setelah itu sampean berguling lagi 180Β°. nah, seperti itulah nanti penerapannya. tapi, cuma berlaku khusus untuk si ‘itu’ saja ya. jangan lupa sampean mesti pakai jubah dan juga cd warna kuning, supaya bisa lebih menghayati. hehe..

        Guest
        • Pak bangun selalu lucu dalam berkomentar..

          Sy selaku reader merasa terhibur,
          Lanjut pak bangun ditunggu banyolan ala ala si itu yang fenomenal.

          Guest
    • Di iomtt udah jadi tradisi dan pembalapnya sudi setor nyawa disono, MotoGP safety diperhatiin bener2. Kato tewas langsung sirkuit banyak yg dirombak dinding dijauhin dan yg gak bisa dicoret, Tomizawa dan Andrea Antonelli tewas langsung ada kewajiban pakai airbag semua kelas tanpa kecuali.

      Guest
  5. Marc memang joss pinter ‘n joss dilintasan, tidak banyak bacot kayak FBenyek ‘n junjungannya πŸ˜‚πŸ˜‚

    Guest
  6. Oot nih wak.
    Konon katanya WSBK dithailand mulai 2020 gak ada yak, efek penurunan jumlah penonton yg signifikan dari puluhan ribu tahun ini cuma kisaran ribuan doang. Dan makanya motogp thailand bisa digeser ke awal musim, dimana biasanya bulan tersebut thailand gelar WSBK

    Guest
  7. Kelak sirkuit2 lejen macam laguna seca, suzuka dan donington park akan hilang karena faktor safety

    Kalo dipindah jadwal apa gak mengubah rotasi, yg memang diakhir musim kan dieropa sono sedang winter. Jd jadwal padat di belahan timur Bumi krna faktor itu

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.