TMCBLOG.com – Sebenarnya fenomena Radiator Motor balap yang ditempel alumunium foil sudah lama tmcblog lihat dan bahkan sekelas NSF250R Asia talent Cup pun Pakai tempelan ini di radiatornya ketika race dalam Kondisi Hujan ataupun cuaca dingin seperti kayak race di Motegi Jepang. Nah ada satu foto postingan Box Repsol yang menarik perhatian Karean terlihat radiator Marc Marquez ditempeli alumunium Foil .  . . Pertanyaannya adalah, Fungsinya buat apa ?

Oke jadi kita musti cerita dari awaldulu nih. Radiator sendiri kerjanya adalah sebagai Pendingin cairan ( coolant ) dimana Coolant hasil pendinginan tersebut nanti mengalir Ke water Jacket yang ada di Bagian Mesin dengan Target membuat mesin berada pada suhu optimal.

Pada Motor Motor produksi massal Biasa yang menggunakan Sistem Liquid Cooled seperti Misalnya CBR250RR, R25 ataupun Ninja 250 biasannya Hadir Thermostat dimana tugas thermostat adalah mengukur suhu cairan yang dipompakan oleh Water pump dari Water Jacket ( Biasannya panas). Lalu Jika suhu hasil Pengukuran masih berada pada ambang batas suhu optimal ( Biasannya sekitar 70-90 derajad Celcius ) Maka cairan Coolant akan dikembalikan Lagi ke water jaket di Mesin Via sebuah jalur ByPass untuk Proses ‘pendinginan’ Mesin ‘selanjutnya

Namun Jika suhunya sudah lebih dari ambang batas Suhu optimum ( biasannya di atas 80 atau 90 derajat) maka Cairan Coolant tersebut akan dipompakan ke Radiator Untuk memperoleh proses ‘ pendinginan ‘ Baik secara pasif melalui udara yang mengalir saat mtoor berjalan ataupun aktif melalui sedotan dari Kipas yang biasannya diletakkan di balik radiator. nam kerja dari radiator ini pun di perintah oleh semacam Sensor temperatur/ Jika dibutuhkan ( semisal Motor berhenti di Lampu merah ) maka Kipas baru nyala. . .

Nah itukan di Motor Harian, Bagaimana Di Motor balap? Di beberapa Motor balap seperti misalnya di Balapan Asia Road race Championship AP250 ada beberapa team yang Hanya mengaktifkan sistem Pendinginan melalui radiator. Salah satu contohnya adalah di CBR250RR,  biasannya di Motor ini Jalur Body part thermostat menjadi satu dengan saluran Pipa makanya sulit untuk dilepas. So pada dasarnya Di Balapan AP250, thermostat CBR250RR masih tetap nyala, Namun tidak berfungsi ? Maksudnya Gimana ?

Jadi ya pada dasarnya Motor CBR250RR Yang dijalankan di Kelas AP250RR ARRC itu tidak mengenal mode dimana ketika Cairan Coolan masih dingin maka ia akan di-by-pass masuk kembali ke Mesin. Jalur Baypass ditutup agar tekanan tidak terbagi bagi, Thermostat dijebol . . dijebol dalam artian bilah sirip / vane pada bagian jeroan thermostat yang berfungsi Ngeblok saluran Ke arah Selang bypass saat Cairan Coolant dideteksi memiliki temperatur yang panas dirusak . . Sehingga kasar kata, pada motor balap biasannya aluran Cairan pendingin dipaksa melalui radiator baik saat Suhu dingin atau pun panas.

Nah dari sinilah back ground diperlukan menutup sebagian dari Area radiator yang biasannya dilakukan saat Cuaca / keadaan lingkungan bersuhu dingin. Jika ditutup maka Area Pendinginan akan berkurang kan ? Yes secara umum rumusnya mirip sama rumus Konduksi panas yang pernah kita pelajari mungkin di SMP atau SMA dulu

Rumus diatas dibaca Laju perpindahan Kalor ebrbanding lurus dengan Luas area penampang. Siapa yang demen kopi? Kopi kalo dituang ke piring aka akan lebih cepat dingin dan akan lebih cepat dinikmati bukan ? Yes karena areanya semakin besar. Begitu Pula Radiator.

Nah Dalam balap Cuaca tidak bisa diprediksi, ada satu kejadian dimana suhu etrlalu dingin sehingga bila terkena radiator maka akan punya potensi cairang coolan akan terlalu dingin yang muaranya akan membuat Mesin berada pada suhu dibawah ideal. Yes Pita range suhu  Optimal di Balap (contohnya di AP250) itu cukup sempit sekitar 80-90 . . disinilah tugas para engineer untuk mengatasi permasalahan. Dari pada gonta ganti radiator dari besar ke kecil atau sebaliknya, lebih cepat, mudah dan murah dilakukan dengan cara menutup sebagian dari Area kisi kisi radiator.

Ok, Semoga berguna ..  Namun jangan karena ini dipakai di Dunia balap oleh Marquez, Rossi maupun Quartararo jangan juga sobat sekalian Latah sembarangan nyelotip itu radiator Motor Vixion atau CB150R Yaaa, takutnya malah Overheat . . dan terutama Kalau Pengguna Motor seperti Yamaha Byson atau Honda Verza Tips Nyelotip Radiator sangat dilarang dilakukan karena Khususnya kedua Motor ini nggak memiliki radiatornya 😀  . .

Taufik of BuitenZorg

40 COMMENTS

    • Yah.. Udah dicatet dari 4 tahun lalu, seperti biasa, Y selalu top 3 saat pra musim. Kamu pikir ini sudah balapan, yg cepat pasti cepat jg di race?? Selamat di PHP in dan menjadi keledai berkalikali, top3 pra musim 😄😂

      Guest
    • Bukan hanya itu, Yahama pasti udah mulai berbenah di sisi elektronik.

      Saya sangat berharap pabrikan junjungan Handoko dan Mbah Darmo ini bisa punya taring lagi seperti ketika masih dipegang oleh paduka Hohe.
      Semoga musim depan.

      Guest
  1. Simple nya daripada ribet memanipulasi data output dari sensor, mending manual aja supaya pembacaan datanya emang real “termanipulasi”..

    Ehh, malah gak simple penjelasannya..
    Wkwkwkwk..

    Guest
  2. Menarik wak jika membahas pernyataan marquez yang gamblang mengatakan, “I want fastest bike, not easier bike”. Kalau sampai ini dituruti kasihan rider honda lain.

    Guest
  3. disinilah tugas para *engineer* untuk mengatasi permasalahan. Dari pada gonta ganti *nickname*…. eh radiator maksudnya…

    Guest
  4. Wak…napa ga dibiarin aja termostatnya trpasang….?
    Drpd pasang alu foil gitu…ntar cuaca mndadak berubah…rempong lagi
    Seting aja trmostatnya mau main d suhu berala

    Guest
    • Untuk durasi balap yang itungan puluhan menit… Variasi suhu udara gak akan terlalu drastis berubahnya…so..luas tutupan radiator bisa konstan.. Lain halnya kalo sore hari nya atau esok hari nya..

      Guest
  5. ga ush dikasih tau org indonesia g bakal perduli aplg yg maniak buta motogp pokoknya gmn di gp gtu jg dibuat di motornya dia g mikir klo semua di gp sdh diperhitungkan

    Guest
  6. Pantesan di sini banyak yg nutup radiatornya pake plat nomer, ga peduli epekya gimna yg penting ngikutin tren di dunia balap, nice info wak….

    Guest
  7. dan terutama Kalau Pengguna Motor seperti Yamaha Byson atau Honda Verza Tips Nyelotip Radiator sangat dilarang dilakukan karena Khususnya kedua Motor ini nggak memiliki radiatornya….udah serius juga bacanya…kena prank….wkwkwkwkwkwkwkwk

    Guest
  8. Biker sini juga udah make sih, dengan alsan “sayang radiator” makanya dikasih cover penutup yg menang estetika doang, lubangnya kecil-kecil. Udara yg masuk ke kisi-kisi radiator jadi dikit.
    Dengan alasan supaya radiator ga penyok kena krikil. ck ck..
    Mending copot aja itu radiatornya, ganti pake kipas angin.

    Guest
    • aksesori yg tidak perlu 😆 NVA ku udh 4,5 tahun tanpa cover radiator aman kok. jd yg bilang kena kerikil itu bullshit. kerikil dari mana? orang jalannya aspal mulus kok wkwkk beda klo rute tiap hari jalan tanah/jalan kampung

      Guest
  9. ini ga seberapa aneh !!
    sering lihat plat nomor dipasang nempel di depan radiator, alasannya biar melindungi radiator agar tidak kena kerikil !!
    coba bayangkan kelakuan +62

    Guest
  10. klo di balap mobil namanya grill tape, lubang grill ditutupi isolasi hitam seperlunya. kayak di NASCAR biasanya utk kualifikasi dmn perlu suhu optimal secepatnya krn sebentar aja. jadi gak perlu gonta-ganti ukuran radiator, tinggal pasang isolasi aja…
    😉

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.