TMCBLOG.com – TWMR telah mengumumkan list rider yang akan mengikuti balapan di seri terakhir ARRC 2019 yang akan bertempat di sirkuit Chang Thailand akhir pekan mendatang 30 November – 1 Desember 2019. Akan hadir 6 wildcard rider di Buriram nanti dimana 3 rider memakai motor Yamaha R25, sementara 3 lagi adalah motor yang sama sekali baru kali ini ditampilkan di ajang AP250, yakni TVS Apache RR310 dengan salah satu pembalap yang sudah lumayan terkenal di balap asia yakni Hikari Okubo. Okubo sendiri yang 2019 alu race bersama Puceti racing WSS Kawasaki,  tahun 2020 nanti malah fix Balap di WorldSSP 600 bersama PTR Honda.

Hikari sendiri di akun Twitternya mengkonfirmasi hal ini : I’ll join ARRC in final round with AP250. The asked to join as a test rider to help develop TVS new machine for racing. Thank you so much TVS Racing. I’ll do my best.”  Yap Hikari diminta untuk membantu proses development mesin TVS Apache RR310 untuk peruntukan balap dan bisa jadi jika semuanya sukses di debuti ini, maka pada tahun 2020 mendatang TVS akan turun dengan full squad dan full musim tentunya.

Seperti kita ketahui kubikasi murni dari TVS Apache 310RR adalah 312 cc yang dalam kondisi stock diklaim pada crankshaft bisa menghasilkan power sampai maksimum 34 hp @9.700 rpm dan torsi maksimum di angka 27,3 Nm pada putaran mesin 7.700 rpm. Sementara CBR300R sendiri menggunakan mesin satu silinder 286 cc dengan power maksimum stock 30,4 hp @8.500 rpm dan torsi maksimum stock 27 Nm @7.250 rpm …

Buar refreshment di musim 2019 ini, tidak ada lagi perbedaan bobot baik itu CBR300R, CBR250RR, R25 atau Ninja 250. Sementara itu bobot minimum motor ( berikut bbm ) minimal 135 kg, serta bobot kombinasi ( motor + bbm + pembalap + riding gears ) minimal 200 kg. . . Untuk kedua hal ini TVS Apache 310 RR sama angkanya dengan CBR300R, CBR250RR, R25 atau Ninja 250 . . Bagaimana dengan rev Limit ?

Kita sudah membicarakan soal tiga kali proses Equaliser yang diberlakukan kepada pembalap yang memiliki tendensi menang terus ( superior ) di kelas AP250 ARRC mulai musim 2019 ini. Proses penyamaannnya adalah mencoba ‘menurunkan performa‘ via penurunan RPM limit. Dan mengenai Rev limit awal sebelum kena proses equalizer adalah sebagai berikut:

  • Yamaha R25 : 14.900 rpm
  • Kawasaki Ninja 250 : 14.750 rpm
  • Honda CBR250RR : 14.600 rpm

Nah bagaimana dengan TVS Apache RR310 ? TMCBlog langsung bertanya ke TWMR selaku promotor acara ARRC ini dan menurut mereka Motor ini sudah melalui proses Homologasi dan untuk TVS Apache RR310 ini angka rev limit yang dikenakan adalah paling kecil yakni 12.000 rpm . . Sudah pasti angka ini telah mendapatkan pertimbangan masak masak soal kesetaraan performa dan lain-lain, secara umum logis karena kubikasi mereka paling besar . . .

TVS Apache RR310 sendiri akan tampil dengan bendera team asal Malaysia, 31 racing. Bicara mengenai Apache 310RR dengan bendera 31 Racing sebenarnya Motor ini sempat bikin kejutan di debut mereka pada ajang balap MSBK dengan jasa Rider developer Vorapong Malahuan. Ahhh TMCBlog malah kepo sama penampakannya …

Taufik of BuitenZorg

57 COMMENTS

  1. Motor ini sempat bikin kejutan di debut mereka pada ajang balap MSBK dengan jasa Rider developer Vorapong Malahuan. Ahhh TMCBlog malah kepo sama penampakannya.
    ########
    Yang lucu abis developer motor ini, vorapong malahuan turun di ARRC malah pake r25 wkwkwk.
    Btw penampakannya udah diupload di instagramnya hikari okuba wa 😁

    Guest
    • Jika mereka ikut balap apapun ajangnya, dan bisa penuhi syarat keikutsertaan, mereka sudah berlomba – lomba dalam kebaikan.
      Klo keikutsertaan mereka diberitakan secara tidak langsung sudah kasih materi buat para penulis berita.
      Saling terkait saling untungkan.
      Jadi jangan disepelekan n diketawain. Belum tentu kita bisa kayak mereka.

      Guest
  2. Weleh weleh wajah baru (motor pabrikan) dalam ap250,
    Gak cuma jual tampang tp juga berani turun race, salut2.
    Moga aja hasilnya keren sesuai namanya “apache”

    Guest
  3. Justru malah gak suka namanya ditelinga jadi kayak ‘ah pace!'(sebutan pria di Papua)
    Mending langsung RR310,fairing itu lebih cocok ala2 pengkodean2 biar kayak prototipe

    Guest
  4. Busett r25. Piston speed limitnya paling tinggi. Ampe beda 300rpm sama 250rr haha

    Pun sudah pakai USD dibanding ninja250. Ngakunya distribusi bobot 50:50 handling paling balance

    Kalau ga banyak menang ya sungguh terrrlaaaluu.. Maluu

    Guest
  5. Yang nempelin iklan diblog ini kog mlh hondda suzuki kawasaki pabrikan itu gak pasang iklan dimari karena alergi atau karena gak kuat bayar iklan dimari ya? Atau cuma belum nongol aja ya???

    Kasihan banyak yg kojel2 gara2 merk pujaannya gak nongol iklannya…

    Maklumin aja klo blog ini makin banyak iklan lha blog otomotif paling kondang seindonesia ew.. apa kalian mau membayar untuk akses blog ini??

    Guest
    • Sepertinya TVS mulai serius di dunia balap ARRC 😏

      Semoga gak dibully Karena 1 silinder dan unggul.. macam CBR 250R Aphiwat wongtatanon 😂😂😂

      Guest
    • Gak usah repot-repot Kepo

      TWMR from Malaysia

      Dan Yamaha penjualan nomor 1 di Malaysia

      Ya kali Yamaha diem aja kalah mulu?? 😂😂😂

      Guest
  6. Cbr300r aja dulu ngeri, apalagi ini kalo di garap serius.
    Merk India dgn campur tangan BMW ya ngeri2 sedap.
    Sayang unit yg masuk sini cuma dikit dan lama indennya.

    Guest
  7. Sepertinya TVS mulai serius di dunia balap ARRC 😏

    Semoga gak dibully Karena 1 silinder dan unggul.. macam CBR 250R Aphiwat wongtatanon 😂😂😂

    Guest
  8. Wihh.. Menarik nih mesinnya, mirip kebalik gitu, keinget NSF 250 , jangan jangan pipa exhaust nya sama kayak NSF nih dibelakang 😱

    Guest
  9. Moto3 (300cc) single silinder 60HP itupun hanya semi-prototipe dan lebih banyak fine-tuning. Ngeriwww. Ini udah nyentuh 30HP modal kohar.

    Guest
  10. Apakah ini motor bakal dibully gegara 1 silinder..?

    Atau bakal ngasepin rev limiter paling tinggi..?

    Nunggu ah..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.