TMCBLOG.com – Lontaran Perang Olah kata kata di MotoGP tidak jarang terdengar dari Mulut Para Petinggi Pabrikan. Ducati Misalnya, terutama Paolo Ciabatti selalu Bilang Bahwa Faktanya Ducati Desmosedici GP19 adalah Motor yang bisa mengantarkan Dua pembalapnya ( Dovizioso dan Petrucci ) Naik ke Podium Tertinggi alias Juara seri, Sementara Paolo selalu mengemukakan Fakta Bahwa Honda RC213V hanya bisa menang Via Marc Marquez sementara pembalap yang lainnya Strugle, dan benar memang Faktanya Hanya Cal Crutchlow pembalap Honda – Non Marquez yang berhasil naik ke Podium Seri Di musim 2019 kemarin.

Selama ini Pabrikan yang kerap bicara Bahwa Honda bukan merupakan Motor yang mudah dikendarai adalah Ducati. Tmcblog nggak ngerti Maksud tujuan dari Paolo Ciabatti Selalu ngomong seperti itu, Selalu Marc yang di kedepankan, di atas nama Honda, Dan selalu membuat seakan Inferior ada di Honda, Dan Honda sangat bergantung pada Marc Apakah ada Hidden Agenda pembidikan Marc Marquez agar pindah ke Ducati dengan mengusik keteguhan Hati Marc ?

Ataukah Ini lebih merupakan upaya untuk terus ‘membesarkan’ Nama Ducati di depan Sponsor mereka. Phillip Moris tentu Butuh pembuktian dari Ducati karena mereka telah menggelontorkan Uang yang tidak sedikit dan Bisa jadi Cuitan Paolo Ditujukan Untuk terus berupaya memposisikan Ducati sebagai Tempat yang tepat untuk berinvestasi Buat para Sponsornya dibalik dari Fakta bahwa selama tiga tahun berturut turut mereka selalu dikalahkan Oleh Honda.

Dan sepertinya Sosok Alberto Puig pun bisa panas mendengarkan hal hal tersebut sob. Para petinggi pabrikan lain ( contohnya Ducati ) Selalu mempergunakan fakta Marc Marquez finish 18 Kali di Posisi Podium 1 dan 2 di total 19 Seri sebagai peluru untuk bilang Honda Hanya Marc Saja yang bisa kendalikan, Honda RC213V adalah Motor yang sulit. Dan untuk menjawabnya, untuk melakukan serangan skak, Alberto pakai cara yang unik sob ..

” Menurut saya itu bukan Fakta, Itu cuma Opini, dalam 18 tahun terakhir Honda telah memenangkan Totel Juara dunia selama 10 kali dengan empat pembalap yang berbeda (Β  Rossi, Hayden, Stoner, dan Marc Marquez ). Yamaha dengan dua Pembalap ( Lorenzo dan Rossi ) sementara Ducati dengan satu orang ( Stoner ). Berdasarkan fakta fakta ni, siapapun akan bilang Honda Merupakan Motor yang paling mudah di kejuaraan Dunia “

Wedyan, statistik satu musim dilawan sama statistik 18 tahun cuyyy. Seakan belum puas dengan satu paragrap, Via corsedimoto, Alberto pun melanjutkan . . .

” Saya tidak mengerti apa yang dimaksud team lain ( Ducati ), kami nggak peduli. Performa keseluruhan dari sebuah team tidak hanya bergantung pada Motornya atau Pembalapnya, Namun pada semua struktur. Setiap team berusaha semaksimal mungkin. Jika kita memiliki satu pembalap yang tidak bisa menggapainya, pembalap lain bisa coba menggapainya. Honda telah memenangkan Titel dengan beberapa pembalap termasuk Rossi, Hayden, Marc dan Casey. Jadi menurut saya Hal itu (Yang dikatakan Ciabatti) Hanyalah sebuah Ide, Bukan fakta “

Yang dimaksud oleh Alberto Puig dengan ‘Ide’ ini Mungkin Ide dari Ducati Untuk membangun Opini Publik bahwa Motor terbaik adalah Motor yang bisa berpotensi dimenangkan (kemenangan seri) oleh siapa saja . . . Wah panasss

Taufik of BuitenZorg

140 COMMENTS

    • HRC membagun motor balap untuk juara, bukan untuk jalan jalan sore….
      Makanya Rossi, Hayden, Stoner dan Marquez bisa juara…

      Pabrikan lain paling pantai cuma 2 orang yg bisa juara.

      Ducati malah cuma Stoner yg bisa juara

      Guest
      • HRC membagun motor balap untuk juara, bukan untuk jalan jalan sore….
        Makanya Rossi, Hayden, Stoner dan Marquez bisa juara…

        Pabrikan lain paling paling cuma 2 orang yg bisa juara.

        Ducati malah cuma Stoner yg bisa juara

        Guest
    • Mnrt saya komentarΒ² orang ducari itu hanya bentuk upaya mereka memecah honda dan MM,dengan harapan MM nantinya mau pindah ke ducati… ingat… dulu honda dan rossi juga di pecah dengan cara seperti ini oleh orang yamaha,.. sayang nya saat itu orang honda terpancing emosi dan ngeluarin statmen yg bikin rossi berkecil hati,dan ending nya yamaha sukses ngrebut rossi dari honda,..

      Guest
    • Motor terbaik itu akan mengantarkan 2 ridernya juara dunia secara bergantian (the dream team) apakah ada pabrikan yang bisa seperti itu selain yamaha?

      Guest
    • Lhaaa…begimana sih wak….coba buka2 lagi artikel lawas… Nyang bilang motor RCV itu motor yang sulit…kalo pembalap lain bakal encok bakal jungkir balik lah bakal bla bla bla…dan di ’embikkan’ oleh beha…wkwkwkwkwkwkwkkwwk… Sekarang berbalik bilang motor gampang juara… Gak soundsystem eh konsisten neh… Gimana sih beha?? Yang bener yang mana??

      Guest
    • yg jadi pertanyaan tuh …. klo di podium ada lbh dr satu motor Hodna …. 2 bahkan 3 motor ….
      apa iya …. team lain ga bakalan berusaha ngerubah regulasi …. siapa yg berani jamin regulasi ga di otak atik …. la wong baru Marquez aja yg podium regulasi single ECU di berlakukan … PIKIIIRRRR !!!!

      Guest
  1. Jadi gini,menurut pakde Puig Ducati hanya bisa di kendalikan oleh Stoner(menurut stat championship 18tahun).πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

    Guest
      • Artinya KLO pengen kenceng jgn pakai Yamaha ya Mbah

        M1 di desain utk jalan2 sore, bukan untuk balapan., makanya lemot.

        catet

        Guest
        • Motor yang bagus itu bisa membuat kompetitif banyak pembalap. Nah ini cuma satu aja. Hohe saja yang juara dunia 5x tak kuasa memakai motor ini.

          Guest
      • Kode keras Mbah.. senang blayer sruntulan ya naek Honda, gak usah diliat jumlah klepnya, gak usah itung-itungan horse powernya. Sekelas Supra aja udah kayak RR ada multimode ignition

        Guest
        • Wak haji sadis bener seleranya, aku tambahin deh : … and justice for all, eye of the beholder, blackened, to live is to die, the shortest straw, harvester of sorrow, one, master of puppets, battery, the thing that should not be, welcome home (sanitarium), leper messiah, dosposable heroes, from whom the bell tolls, fade to black, creeping death, my friend of misery, the god that failed, sad but true, wherever i may roam, the unforgiven.

          Guest
    • gak gak gak gak ….
      Oh, ternyata …. Puig ini cerdas banget
      dan Paolo Ciabatti ??? ….
      mungkin kalau dikatakan bodoh gak tepat …
      tepatnya Ciabatti itu “LICIK”

      Guest
      • Puig bicara dengan FAKTA
        Ciabatti bicara dengan OPINI

        dan ternyataaaa …. para tukang nyinyir yang selalu rusuh di sini adalah pengikut Ciabatti ….

        gak gak gak ….

        Guest
        • Secara Elmu Mantek bisa disimpulkan
          bahwa para tukang nyinyir …. bisa dikatakan bodoh tapi lebih tepatnya adalah “LICIK”

          gak gak gak ….

          that’s right euyy … xixixiix …

          Guest
  2. Dipersilahkan buat sobat baku hantam yang makan gorengan lima tapi ngakunya dua untuk segera keluar dan baku hantam….

    Guest
  3. G heran HRC, demen banget sama nih manajer. Rela dihujat dengan selalu bilang “Ours is the best”. Urusan adu mulut biar dia yg hadapin, rider sama engineer cukup fokus balapan dan bikin motor. Padahal kl ngeliat statistik, dan data historis, motor Honda selalu agresif dan butuh effort buat dikendarain. Bahkan NSR-500 BigBang yang dibilang motor impianbuat rider yg naik kelas, kata Doohan tetap dibilang motor agresif. Dan akhirnya dia cuman ngucapin “It’s because I win with Honda, so others want Honda also. But no matter what I’ll always try to beat them”

    Guest
    • Kenapa ya setingkat manajer ga disepak bola, moto gp selalu saja besar mulut klo orang Italia. Padahal banyak juga yang jarang bac*t dan bekerja keras macam Ancelotti, Mancini. Belum lagi kelakuan fans yang rasis. Contoh di Moto gp tu Gigi, Brivio, Albesiano orang Italia yg bekerja keras tanpa banyak Bac*t.
      Apa gara2 DNA fasis Musolini didarah mereka??

      *) becanda aja, gara2 riwuh denger bacot*n trio kwek2

      Guest
      • Waduh mussolini…

        Pemimpin yang kabur kala itali terpojok, bahkan itali belum dikuasai sepenuhnya oleh sekutu udah nyerah duluan..🀣

        (Kok jadi bahas sejarah ya)

        Guest
      • Opini lu aja bro, italia adl salah satu negara termaju di eropa (musuh bebuyutan jerman) dibidang otomotif dan olahraga, dibidang otomotif ada ducati, ferari, lamborghini, dll…

        Guest
  4. Wah sepertinya tim diminta jelaskeun ke para sponsor terkait musim 2019 , dan tim tim harus ngeles motor mrk terdahsyat πŸ™‚

    Guest
  5. Masalah motor celeng, motor nyaman atw motpr juara, ane udah bosen
    Tapi paragraf ke 3 cukup bikin curiga… jgn2 ketika hrc mau geser repsol, untuk buka pintu agar phillip moris bisa masuk

    Guest
      • Itu urusan phillip morisnya
        Toh sampai saat ini mereka masih sponsorin duc ati motogp n ferrari f1
        Jika ciabatti berusaha keep phillip moris
        Berarti phillip moris masih mau stay d motogp
        Nah jika hrc n repsol pisah seperti artikel sebelumnya
        bukan tidak mungkin phillip moris mau memindahkan investasinya
        Wajar ciabatti ketar ketir
        Gak tau sekarang, tp jaman capirex, isunya phillip moris merupakan sponsor yg ngeluarin dana terbesar untuk sebuah tim motogp
        Sbg catatan jaman itu sponsor produk tembakau masih berseliweran walau tidak sebanyak jaman 2 tak

        Guest
    • daripada Philip Morris mending Shell sih
      raksasa minyak asal Amerika yg pasti modalnya buat sponsorin akan lebih besar karena gak tersandung regulasi ini itu kayak tembakau,jadi logo nya terpampang nyata,pihak sponsor pasti akan lebih senang kan kalo menang bersama logo mereka daripada sembunyi2 kayak missionwinnow(orang awam pasti gak tau produk apaan itu,palingan tagline gak jelas doang,ngiklannya jadi gak tepat sasaran)

      Guest
      • Oh shell punya amerika ya… katanya multinasional

        Anyway…
        Kalo urusan mending, tentu mending milih yg tawarannya lebih besar toh
        Kalo masalah gak boleh nampang mas urusan yg mau nampang toh
        Kalo hrc sendiri gak punya persoalan sponsornya boleh nampang atw gak
        Tp kalo mo mending lagi sekalian aja dua2nya jadi dah kaya duc ati jaman stoner
        “Any question?”

        Guest
      • Oh ketinggalan…
        Saat ini banyak negara yg membatasi iklan rokok
        Disisi lain perusahaan rokok punya anggaran dana promosi yg luar biasa
        Nah disaat angkanya yg besar tetapi pintu untuk ngeluarinnya semakin terbatas, apa yg terjadi??? Retorik

        Guest
      • Cuma bisa ngakak online aja, masa Shell dibilang perusahaan Amerika. Shell itu punya Belanda cuyy. Headquarternya di Den Haag.

        Guest
  6. Gak ada yang salah si menurut gw, yg satu ngomongin fakta 2019 yang satu ngomongin sejarah. Kalau mau bandingin sejarah memang Honda rajanya, tapi kalau 1-2 tahun ini ya ada benarnya juga si Ciabatti.

    Guest
    • Ya klo bicara sejarah, siapa yg jd wasit ngebatasi sejarah yg dibicarakan 1-2 tahun, 1-20 tahun kebelakang, faktanya ya suka suka yg mau pke data.

      Ciabatti itu lupa, mau yg menang seri balap 10 org, tetap saja yg juara dunia itu 1 org, yg 10 org ga ada harganya, kejuaraan itu tujuannya cuma 1, jadi juara 1 klasemen akhir , ga ada itu juara nyaman, juara rakyat dll

      Guest
    • Tpi Secara umum Yg selalu diingat Itu Jurdun Bukan Juara seri sih. Mau Ducati kasih 4 pembalap Di podium pun kalo gak Bisa Jurdun Sama ajh boong

      Guest
    • Mungkin Motor mudah adalah motor yg “selalu juara”??
      Apakah artinya RC213V team lain yg “ngak podium” berarti motor sulit?
      Logika yg aneh…😁😁😁

      Guest
    • Lu nyuruh bicara fakta 2019?? Faktanya 2019 honda menang mutlak dengan MM,.. kl lu mau komen gitu harusnya di tujukan ke orang ducati, suruh mereka menerima fakta 2019 biar ga berandaiΒ² mulu kerjaannya….

      Guest
    • “Paolo Ciabatti selalu Bilang Bahwa Faktanya Ducati Desmosedici GP19 adalah Motor yang bisa mengantarkan Dua pembalapnya ( Dovizioso dan Petrucci ) Naik ke Podium Tertinggi” konteksnya kan sebenernya terkait motor Desmo GP19, dia gak bahas juara dunia. Semua orang juga tau juara dunia setiap tahunnya cm ada satu yang tercatat sebagai sejarah. Makanya Paolo menyerang sisi yang gak dipunyai Honda tahun 2019. Intinya ya hanya saling klaim prestasi mereka masing2. Buat para fans boy silahkan jotos2an

      Guest
  7. H : 1 orang 18x podium Satu Musim
    D : 18 tahun cuman 1 Jurdun
    Y : 1 Musim Cuman 2x Menang Dan Itu Cuman 1 orang

    Secara Statistik keseluruhan D Msh terlalu Jauh Jika dibandingkan Dengan H . Sma Y ajh dlu

    Guest
  8. Sekarang dibalik, kalau ducati tanpa casey, dapat apa. Jaman casey ducati itu bener bener kyk banteng liar, people champion aja cuma bisa dlongop, nyerah, harga diri dilacurkan, nelen ludah sendiri biar bisa balik balap lagi,

    Guest
  9. Ada kepikiran mau bikin terjemahan artikel ke bahasa inggris ga wak haji bang nugie? Ada orang luar yg baca baca artikel tmcblog

    Guest
      • Haiyaaa… Rossi juara dgn rcv krn pda awal motojipi rcv lah yg paling siap, bandingin waktu itu yamaha yg msih pke karbu n sasis 2T, Desmo blum lahir ky nya 😁

        Heyden juara krn rossi lg apes aja, di seri akhir itu rossi udah unggul 5 poin trus ndlosor, bayangin cak heden juara dunia dgn sepi podium 1.

        Faktor lain balapan disertai keberuntungan jg khususnya pda pmbalapnya.

        Guest
  10. Pembalapnya Dlu udh pernah Di skak

    “Kalo lu Tau Motor Pabrikan tsb tdk bisa lu taklukin Jngn pergi Ke Pabrikan Itu. Kalo lu pergi Ke Pabrikan Itu Maka Diam Dan membalaplah” 🀣🀣🀣

    Guest
  11. Yamaha = Motor yg mudah untuk pemula
    Ducati = Motor yg mudah untuk Podium
    Honda = Mudah dibeli & dijual kembali, eh maksudnya Motor mudah membawa jurdun

    Guest
    • Suzuki = motor yg mudah ganti konfigurasi mesin tanpa ada masalah
      Aprilia = motor yg mudah terbakarπŸ”₯
      KTM = motor yg mudah mudahan kedepannya bisa kompetitif dgn sasis kandang πŸ” 😁

      Guest
  12. Udah dibilang,tuh tiga orang :Ciabatti, tardozzi,dan Domenicali itu mulut mereka itu kalo udah beropini bukannya menaikkan nama Ducati tapi justru menurunkan brand image Ducati

    Mending suppo lah,lebih elegan
    Gigi,suppo, Brivio dah TOP lah

    Guest
    • yg jadi pertanyaan kan JM di paruh ke 2 ckup moncer di banding yang di factory. apalagi itu motor di gadang motor terbaik tahun ini. so keputusan ducita buat rekrut JZ ckup pas buat ane. kalo emang rencana ducita pengen research pembalap. kalo hardware sama software nya udh maksi tapi masih loyo. ya coba brainware nya di ganti (bonus melecut 04, lw loyo lg 2020 gw ganti) CMIIW.

      Guest
  13. Karena motogp yang bikin dorna, yang bikin aturan dorna, semua rules of engagement dia nyang bikin, semua kriteria dan parameter kriteria si mbah dorna nyang bikin, sementara gua cuman duduk manis menikmati saza.

    Kriteria pebalap terbaik udah jelas, pebalap yang punya point rider championship tertinggi.

    Kriteria motor terbaik udah loud and clear jelas, manufacturer dengan point manufacturer championship tertinggi.

    As simple as that.

    Kalo ada principal yang ikut championship dorna, tapi masih ngedumel sana sini, bikin statement seolah begono begini, minta pengakuan ini itu, frankly speaking, ini mah mulut perempuan halu, sono bikin aja championship sendiri, sono bikin kriteria terbaik versi udelnya sendiri!!!

    Guest
    • Kecuali DORNA bikin aturan baru kalo motor terbaik dihitung berdasarkan rata2 poin motor pabrikan yanng adad di grid.
      😁😁😁
      kalo aturan DORNA tetap motor terbaik adalah motor dengan poin pembalap tertinggi, maka sudah pasti kombinasi M Marques dan honda yang menang, pabrikan yang lain cuma bisa andai2.

      Guest
      • logikanya gak gitu juga bray…

        awalnya DORNA bikin rule, juara pabrikan dinilai dari poin pebalap tertinggi, honda dan pabrikan lain fair sama2 nyiapin strategy dunk kalo maunya menggapai juara pabrikan. mungkin strategi honda, karena toh yg diitung poin pebalap tertinggi, sementara pebalap yg bisa handle honda utk saat ini MM93, ya jadi fokusnya ke MM93. Beda kalo DORNA awalnya bikin rule juara pabrikan adalah rerata poin pebalap ditiap serinya, honda dan pabrikan lain mungkin bakal punya strategi lain untuk mencapai itu.
        intinya ada sebab, ada akibat,,,ada target,,,ada strategi,,,ada pencapaian…

        pada akhirnya ya yang dicatet sejarah ya pencapaian akhir (baca:title)
        siapa juara dunianya
        siapa juara pabrikannya
        siapa tim terbaiknya

        orang ga akan inget pabrikan ini pada taun ini berhasil menempatkan sekian pebalapnya juara seri dalam satu musim

        just my opinion

        Guest
  14. Tiga Serangkai nyinyir Duketek kayaknya masih sakit hati banget ya Manufacturer Championship dicolong ama Hondut juga. Ngoahahaha.
    Aih tapi emang tiga serangkai nyinyir ini adalah kawan akrab soal berbangga diri. Dorna pasti gamau kehilangan Duketek juga. Kalau mereka hilang, siapa lagi yang mau nyinyir di paddock tentang hal di luar balapan? Ini yang jadi PR Manager Dorna cerdas nih.

    Guest
  15. Ini mah bukan dukaati doank yg kena kang tp yamama juga kena skak juga … Kalau opini saya sih memang honda pilihannya cuma ini untuk saat ini .. kita flashback ke 5 tahun ke belakang , alangkah stragel nya se orang alien dilalap dilintasan lurus sama dukduk … Padahal itu markes ya dan ecu masih inhouse .. .. dan dia sampek ngotot2 balapnya … Lihat sekarang 2019 dia punya paket lengkap top speed cuma kalah 5 km sama dukduk .. dri 19 seri podium 18 kali .. sapa coba tim lain yg g ketar ketir lihat pencapaian itu .. dan mencari pembalap dan membuat motor yg bagus itu tidak semudah membalikan tangan jd lebih gampangnya psywar adalah jalan yg pling mudah untuk digapai. . motor rcv itu bagus kalau bisa ngendarai dan motor dukduk juga bagus kalau bisa ngendarai .. bedanya honda punya pembalap yg klop dengan motornya , dan dukduk belum punya pembalap yg klop …

    Guest
    • Percuma opini panjang2
      Toh yg juara dunia akhir musim dalam 10 tahun terakhir tuh si marquez dgn honda rcv nya.

      Guest
  16. Kadang ane prihatin sm orang2 macam nickname si anu..tipikal sumbu pendek. kalo ada yg komen nyinyir merk H, lalu si anu/sejenisnya terpicu, selalu aja balesnya nyerang bandingin dg merk Y. Seakan2 si komentator yg nyinyir itu pasti fbeye.
    Poor you si anu

    Guest
  17. Yang 1 hanya perlu 18 seri untuk bisa juara dunia.
    Yang 1 perlu 18 tahun untuk bisa juara dunia.

    simple aja kan πŸ˜„

    Guest
    • Marquez jurdun di thailand. Saat 4 seri tersisa.
      Dan 2019 ada 19 seri.
      Bicara fakta alih alih 18. cukup 15 seri marquez sudah kunci titel kok.

      Guest
  18. judulnya “para penganggap” saya jd bingung nih wak di artikel gak di sebutin “para” itu siapa saja, hanya kubu duc aja yg di sebut dan yg sering nyinyirin HRC, saya rasa ya memang kubu duc aja sih.

    Guest
  19. Saya bukan fans merk ya,mgkn lbh tepatnya kondisi motor 5 tahun trakhir ini. Honda bruntung mendapat MM. Klo bicara pembalap lain yg bs jurdun jg rossi sama stoner jg bisa kan diluar honda. Jadi faktor pembalap bisa menjadi faktor penentu ibarat saat motor 40% pembalap 60% begitu sebaliknyan dan tak bisa dipungkiri dgn MM ibarat faktor MM jauh lebih keliatan dan itu berdasarkan fakta hasil race. Dmana pembalap honda lain jauh dblkg dan byknya pembalap yg jatuh,cedera dan pensiun. DP,JL bahkan CC rcn mau pensiun jg. Kyknya hrc jg sdr,mknya wkt ini ingin cba dr JL ke Zarco utk buat motor lbh friendly. Apa daya mreka jumpalitan,akhirnya pke AM biar bs diajarkan oleh sang kakak gaya flat track ini. Cuma pendapat seh.

    Guest
    • Di dunia balap, Saya sih lebih setuju dgn pendapat Yokoyama bahwa motor sebagai faktor penentu, yaitu saat melibas trek lurus, rider gak bisa berbuat banyak disana. Semua pekerjaan diserahkan pada motor (mesin).

      dan…. rider sebagai faktor penentu, yaitu saat masuk tikungan, berada di tikungan, dan saat keluar tikungan. Dimana motor (mesin) hanyalah sebuah mesin, dan semua pekerjaan diserahkan pada rider dan style berkendaranya.

      Guest
    • Nah itudah,selain motor yang setara, skill pembalap menentukan hasil akhir. Dan juga brapa pembalap yg bisa kompetitif ini bisa ad hub dgn motor juga. Aplgi klo kliatan jomblang antara pembalap satu dgn lainnya dgn motor yang sama. Ini masyrakat bs menilai scr subjektif keadaan itu.

      Guest
  20. maksudnya kan itu mau membaut image, honda besar karena pembalap. dah itu aja.

    kalau yamaha, rider menjadi besar karena motornya.

    kalu ducati,

    Guest
  21. Setingan akselerasi dan topspeed RC213V tiap team beda jauh kok mau disamain “motor mudah”. makin ngaco aja nih puig…😁😁😁

    Guest
  22. miller bisa juara d tim ketiga honda, d ducati?? blum bisa juara… almarhum hayden juga bisa juara seri bahkan juara dunia bersama honda, bersama ducati juara seri saja tak mampu. valentina rosimin udah berkali-kali juara seri dan jurdun dgn honda, dengan ducati juara seri saja tak pernah dgn honda honda, cal cruthclow juga udah lumyan sering juara seri dgn honda, dgn ducati ymha gak pernah juara seri. jdi sklpun terlihat bhwa motor honda itu motor yg susah d tahlukan ataupun motor yg tenaga lebih untuk mengendarainy, tpi data” d atas menunjukan bhwa honda rc-v series adlh motor juara

    Guest
  23. tolong tanya ama marquez… jorge… stoner… ama rossi… motor mana yg paling sulit ditaklukan..??? kemungkinan mereka menjawab.. motor yg stang nya oblax… wk

    Guest
  24. Ini mah menang perang microfon aja wak. Gabisa menyaingi lintasan -yg mana itu arti sebenernya balapan- justru malah lebih ke adu mulut doang.

    Buat melemahkan mental pembalap honda yg lain, seakan tidak diperhatikan, biar benci ke honda. Padahal marc juga fight dan kesusahan, kebetulan saja dia nemu resepnya dan seakanakan honda cuma peduli ama marq. Untungnya marq ga kemakan ama celotehan MURAHAN macam itu.

    Kalau tujuannya menyelamatkan muka ducati di depan sponsor dan calon sponsor, cukup tunjukkan statistik prestasinya aja padahal. Etapi paruh musim ke dia justru kendor ya haha yg rame kedepan malah orang Yamaha

    Guest
  25. kalo tak pikir pikir
    Ngondah mah sebenarnya gak usah riweuuuh ….

    CUKUP FAKTA BICARA

    lawong ada kabar burung bahwa secara REPSOL aja mo “ditendang”

    Biarkan mereka sibuk dengan mikroponnya masing masing

    gak gak gak

    Guest
  26. Motor nyaman kok buat balapan, makanya zonk juara.
    cocoknya buat jalan-jalan sore ama pacar tuh motor nyaman πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Guest
  27. Sebenernya Kalo Bicara Motor Apa Yg Bisa bawa banyak Pembalap podium dalam Satu Musim Itu RCV 16 pernah loh bawa 4 pembalap Di podium

    Guest
  28. Tetap aja diluar mereka masih adaEddie lawson 1x, wayne gardner 1x, freddie spencer 2x, alex criville 1x yg juara makai honda.

    Guest
  29. kurang setuju dengan pendapat si Puig, bursa transfer pembalap honda lebih sering dibanding yamaha, jadi kurang apple to apple, kalo dengan ducati, lebih seimbang, malah ducati lebih banyak berganti pembalap, jadi bisa dibandingkan, dan so far memang ducati cuma menang 1x

    Guest
    • Hm… cukup lucu

      1. Sejak zaman motogp tim factory
      Duc : 13 rider (jurdu 1 rider) 7%
      Hon : 9 rider (jurdu 4 rider) 44%
      Yam : 8 rider (jurdu 2 rider) 25%
      Selisih 1 orang signifikan dgn selisih 19%?

      2. Big question is… emang ngaruh? Kalo pergantian rider memang mempengaruhi jurdu, ganti aja tiap tahun

      Gw juga gak 100% setuju ama omongan puig
      Tp logika ente cukup menggoda untuk dibantai… eh dibantah

      Guest
      • hahaha statistik ente malah menguatkan pendapat sini, selisih 1, tetep aja jumlah pembalap yamaha lebih dikit dari pembalap honda, inti pembahasan disini kan itu

        Guest
        • Wkwkwk…
          Silahkan tanya ke ahli statistik…
          Dgn data diatas apakah signifikan
          Dan bagaimana mungkin 9vs13 lebih seimbang dr 8vs9
          intinya adalah logika ente ngaco

          Guest
  30. Kalau ane jd Puig,ane bakal blg “sejak kapan motor balap mudah dikendarai?kalau mau mudah naik scooter aja,nenekmu jg bisa bawa.”

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.